Menjadi orang tua bukan hal yang mudah. Apalagi kalau anak sudah mulai memasuki usia pra sekolah. Memilih preschool untuk balita ternyata tidak semudah yang dibayangkan.

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan, oleh karena itu Anda perlu menyimak artikel berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Memilih Preschool untuk Anak

Bagi Anda yang baru pertama kali memiliki anak usia prasekolah, memilih preschool untuk anak bisa menjadi tantangan tersendiri. Memilih preschool ternyata tidak sesederhana yang dipikirkan.

Ada banyak faktor yang harus orang tua pertimbangkan sebelum melepaskan anak ke sekolah. Mulai dari fasilitas, kurikulum, kualitas, hingga biaya sekolah yang harus dibayarkan.

Memikirkan banyak hal untuk memilih preschool memang cukup merepotkan. Akan tetapi, sebagai orang tua tentu saja Anda ingin memberikan yang terbaik untuk anak.

Karena itu, begitu Anda menemukan preschool yang tepat, segala kerepotan tersebut akan langsung terbayar.

Sebagai acuan, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda jadikan acuan untuk menemukan preschool terbaik bagi anak:

 

#1 Persempit Pilihan

Terlalu banyak pilihan sering kali malah membuat Anda merasa bingung. Karena itu, untuk memilih preschool bagi anak, Anda perlu mempersempit pilihan preschool yang ada.

Para Orangtua, Ini Faktor Penting Dalam Memilih Preschool Untuk Balita 02 Memilih Preschool 2 - Finansialku

[Baca Juga: Anti Galau! Pahami Cara Cerdas Menyiapkan Dana Pendidikan Anak]

 

Anda bisa mempersempit pilihan berdasarkan beberapa hal. Misalnya lokasi, jam sekolah, biaya, kepribadian anak, dan tujuan pendidikan yang ingin dicapai.

Misalnya, jika Anda dan pasangan sama-sama bekerja, sebagai orangtua Anda dan pasangan memiliki waktu yang cukup terbatas.

Karena itu, Anda bisa mempersempit pilihan berdasarkan jam sekolah atau lokasi yang tidak terlalu jauh dari rumah atau searah dengan kantor Anda atau pasangan.

Selain itu, faktor biaya juga perlu diperhatikan agar kesehatan keuangan keluarga tetap bisa terjaga.

Anda bisa cek kesehatan keuangan Anda melalui Aplikasi Finansialku dengan klik link di bawah ini.

 

Akan tetapi, meskipun biaya menjadi salah satu faktor pertimbangan, yang lebih penting adalah apakah preschool yang Anda pilih akan membuat anak Anda merasa nyaman dan betah?

Dan apakah kualitas serta tujuan pendidikan yang mereka miliki sesuai dengan nilai yang Anda tanamkan dalam rumah atau tidak.

Tujuan pendidikan yang dibawa preschool biasanya terlihat dari kurikulum atau cara pengajaran yang diterapkan oleh sekolah. Secara umum, ada beberapa kategori preschool yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan anak:

 

PAUD

PAUD adalah singkatan dari Pendidikan Anak Usia Dini. Sekolah tipe ini biasanya dibuat untuk anak usia prasekolah atau preschool dan mengikuti sistem sekolah yang umum.

PAUD memiliki biaya yang terjangkau bahkan gratis dibandingkan dengan preschool lainnya. Dan ditargetkan untuk membantu anak dari keluarga yang tidak mampu.

 

Preschool Beragama

Preschool beragama memiliki sistem pembelajaran yang menyesuaikan dengan nilai-nilai yang dianut oleh anak dan keluarga orang tua. Di preschool tipe ini, kurikulum diajarkan dengan didasari oleh nilai-nilai agama.

Iklan Banner Perencanaan Dana Pendidikan Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Preschool Montessori

Preschool Montessori bisa dibilang adalah sistem kurikulum yang cukup baru.

Dalam sistem ini, anak diajarkan berbagai hal dengan menggunakan metode bermain. Selain itu, kecepatan pengajaran juga sangat menyesuaikan dengan kecepatan anak menangkap informasi.

 

Preschool Kreatif

Sesuai namanya, preschool kreatif menekankan aspek kreativitas sebagai metode pembelajaran.

Biasanya, preschool kreatif mengajarkan kreativitas pada anak melalui interaksi dengan alam juga sesama, dan membantu anak mengenal berbagai skill hidup dasar secara langsung.

 

#2 Lakukan Kunjungan

Meskipun zaman sudah modern dan dikuasai teknologi. Ada beberapa hal yang tidak dapat diwakilkan oleh teknologi.

Memilih sekolah untuk anak misalnya. Akan lebih baik jika Anda datang langsung dan melihat bagaimana suasana sekolah tersebut.

Dengan berkunjung langsung ke sekolah, Anda akan bisa melihat bagaimana cara interaksi antara guru dan murid di sekolah tersebut.

Para Orangtua, Ini Faktor Penting Dalam Memilih Preschool Untuk Balita 03 Memilih Preschool 3 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Dana Pendidikan Itu Penting, Tapi Jangan Boros Dengan 5 Hal Berikut Ya!]

 

Misalnya tentang bagaimana cara guru mendamaikan masalah antar anak, cara guru menghadapi kenakalan, cara guru melakukan kegiatan di kelas. Juga apakah kelas berlangsung dengan menyenangkan bagi anak atau tidak.

Selain itu, sebaiknya kelas juga memberikan ruang bagi anak untuk bisa bergerak aktif.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah kenyamanan guru dan staff dalam bekerja. Apakah para guru dan staff betah bekerja di preschool ini atau tidak.

Hal ini bisa menjadi suatu indikator tersendiri. Karena, jika pergantian guru di preschool terlalu sering, ada kemungkinan bahwa manajemen preschool tersebut kurang baik.

 

#3 Kualifikasi Guru dan Staf

Anda juga perlu mengetahui bagaimana kualifikasi guru dan staf yang bekerja dalam preschool tersebut. Apakah terdapat pelatihan yang sesuai dengan bidang dan pekerjaan mereka atau tidak.

Para Orangtua, Ini Faktor Penting Dalam Memilih Preschool Untuk Balita 04 Memilih Preschool 4 - Finansialku

[Baca Juga: PENTING! Perlukah Menyiapkan Dana Pendidikan Saat Anak Masih Balita?]

 

Preschool yang bagus biasanya memiliki kualifikasi tertentu untuk guru dan stafnya dan juga memberikan pelatihan yang sesuai untuk menunjang pekerjaan mereka.

Sebenarnya, Anda bisa mengetahui hal ini tanpa menanyakan secara langsung. Preschool yang memiliki guru dan staf dengan kualifikasi khusus dapat terlihat dari kenyamanan anak didik saat belajar.

Guru dan staf yang baik dan peduli akan membuat anak lebih mudah tersenyum dan tertawa saat berada di ruang kelas.

Selain itu, anak juga akan lebih mudah mengekspresikan perasaan dan saling berinteraksi. Misalnya dengan saling bercanda, memberikan pelukan, atau tos.

 

#4 Lingkungan dan Keamanan

Hal lain yang penting untuk Anda perhatikan adalah lingkungan dan keamanan preschool. Perhatikan apakah gerbang preschool selalu terkunci atau tidak. Dan bagaimana kemungkinan orang asing akan keluar masuk ke area preschool.

Para Orangtua, Ini Faktor Penting Dalam Memilih Preschool Untuk Balita 05 Memilih Preschool 5 - Finansialku

[Baca Juga: Perlukah Berhutang Untuk Dana Pendidikan Kuliah Anak?]

 

Perhatikan juga apakah permainan dan fasilitas yang dimiliki oleh preschool tersebut cukup aman bagi anak atau tidak.

Beberapa preschool memiliki area outdoor yang bisa digunakan untuk bermain. Hal ini tentu saja membuat guru harus lebih mampu mengawasi anak saat beraktivitas di sekitar lingkungan sekolah.

Anda bisa menanyakan bagaimana rasio guru dan murid yang ada di preschool tersebut. Apakah cukup ideal sehingga anak bisa selalu berada dalam pengawasan guru atau tidak.

 

Pilih dengan Penuh Pertimbangan

Nah, itulah beberapa cara mempertimbangkan preschool untuk anak. Memilih preschool memang tidak semudah yang dipikirkan.

Hal ini karena preschool adalah bagian dari pendidikan anak dan akan berpengaruh juga kepada masa depan anak nanti. Karena itu, memilih preschool untuk anak tidak bisa sembarangan.

Yang terpenting, sebaiknya Anda tidak terburu-buru saat mencari preschool yang tepat untuk anak.

Ada baiknya Anda lebih banyak bertanya kepada orang yang diperlukan. Termasuk kepada anak yang akan menjalani kegiatan di preschool tersebut.

Namun, dalam beberapa hal, intuisi Anda sebagai orang tua juga perlu dipertimbangkan untuk bisa menemukan preschool terbaik untuk anak.

Tentunya setiap orang tua ingin bisa menyekolahkan anak-anaknya hingga jenjang yang tinggi. Sudahkah Anda merencanakan dana pendidikan untuk anak Anda?

Jangan sampai karena tidak merencanakan dengan baik Anda malah terdesak oleh waktu dan memilih berutang untuk menyekolahkan anak Anda. Inilah SOLUSI-nya, Anda bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS.

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

 

Apakah Anda memiliki kriteria preschool ideal untuk anak? Jika ada, Anda bisa menuliskan hal tersebut di kolom komentar untuk berbagi dengan pembaca lainnya.

Silakan bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Khususnya yang masih memiliki anak usia prasekolah. Siapa tahu informasi ini akan bermanfaat juga untuk mereka. Selamat mencari preschool terbaik untuk anak Anda.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 26 April 2018. 4 Hal Yang Harus Moms Perhatikan Saat Memilih Preschool Untuk Balita. Orami.co.id – http://bit.ly/2vOA5S5

 

Sumber Gambar:

  • Memilih Preschool 1 – http://bit.ly/2VaBVHy
  • Memilih Preschool 2 – http://bit.ly/2H66dqM
  • Memilih Preschool 3 – http://bit.ly/2V5kBn1
  • Memilih Preschool 4 – http://bit.ly/2PTGS6y
  • Memilih Preschool 5 – http://bit.ly/2Yceqja