Apa kunci sukses dalam memimpin perusahaan? Pada artikel ini Anda akan menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut. Bagi para leader!

Selamat membaca.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Kunci Sukses dalam Memimpin Perusahaan

Dalam sebuah perusahaan, peran seorang pemimpin sangatlah penting dalam membawa perusahaan tersebut agar sukses dan berkembang dengan baik.

Di lain hal, apabila seorang pemimpin tidak dapat berperan sebagaimana mestinya, maka perusahaan bisa saja menjadi kacau dan tidak mengalami perkembangan.

Mengingat pentingnya andil seorang pemimpin, kali ini Finansialku akan memberikan 8 kunci kesuksesan dalam memimpin perusahaan. Berikut ini ulasannya untuk Anda: 

 

#1 Memimpin Perusahaan Harus Seorang Pemberani

Dibutuhkan sebuah keberanian dalam memimpin perusahaan, terlebih lagi jika perusahaan tersebut sudah menjadi semakin besar. Keberanian seorang pemimpin akan sangat dibutuhkan ketika perusahaan tersebut sedang menghadapi sebuah tantangan maupun masalah.

Leaders_ Segera Miliki 4 Faktor Penting Pemimpin yang Berpengaruh! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Andrea Hirata, Sang Bapak ‘Laskar Pelangi’]

 

Pemimpin yang berani tidak akan menjadi mudah putus asa ketika perusahaan yang ia pimpin mengalami sebuah goncangan. Sebaliknya pemimpin yang berani dan tangguh akan menjadikan masa sulit ini sebagai salah satu pembelajaran untuk membentuk perusahaannya menjadi lebih berkembang lagi.

 

#2 Membangun Sikap Rendah Hati

Selain prestasi yang telah dicapai, hal penting lain yang selalu dilihat dari seorang pemimpin ialah karakter yang ia miliki.

Sebagai manusia, memang tidak jarang kita menjadi tinggi hati ketika telah memiliki suatu pencapaian yang membanggakan. Namun untuk menjadi seorang pemimpin yang baik, rasa tinggi hati ini benar-benar harus dihilangkan.

Pasalnya, kebanggaan atas semua prestasi yang telah dicapai dalam sekejap tidak akan berarti lagi jika orang disekitar dan ataupun karyawan memandang pemimpinnya sebagai orang yang angkuh.

Sebaliknya, apabila pemimpin mampu membangun sikap rendah hati, maka terdapat nilai tambah tersendiri di mata karyawan maupun orang lain. Bahkan pemimpin yang terkenal rendah hati sesungguhnya akan lebih disegani dan dihormati oleh para pengikutnya.

 

#3 Memimpin Perusahaan Harus Siap Mendengar

Pemimpin yang baik dan sukses adalah seorang pemimpin yang mau mendengar hal-hal baru dari orang lain. Termasuk dari karyawannya sendiri.

Pasalnya, untuk membangun sebuah perusahaan yang sukses tentu tidak cukup jika hanya mengandalkan ide-ide dari satu orang saja. Terkadang pemimpin harus mau mendengar masukan dari orang di sekitarnya.

Inilah 10 Ciri Kepemimpinan Visioner atau Visionary Leadership yang Harus Dimiliki Setiap Orang Hebat seperti Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses dr. Terawan, Dari “Cuci Otak” Sampai MenKes RI]

 

Walau masukan tersebut tidak sesuai dengan pendapatnya sendiri. Selain masukan, pemimpin juga harus siap mendengar keluhan dan aspirasi dari bawahannya.

Pemimpin yang ingin sukses juga harus siap apabila sewaktu-waktu mendapat kritikan dari pihak lain, hal ini agar perusahaan yang dipimpin menjadi lebih baik dan tidak mengalami konflik.

 

#4 Berwawasan Luas

Dalam memimpin perusahaannya, pemimpin tidak jarang menghadapi masalah dan perlu membuat sebuah keputusan untuk menyelesaikannya. Dalam hal ini, dibutuhkan wawasan yang luas agar pemimpin dapat mengambil langkah dan keputusan yang tepat.

Dengan wawasan yang luas, pemimpin diharapkan mampu membawa perusahaannya keluar dari masalah tersebut, dan mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan. Wawasan luas dapat Anda miliki dengan baca membaca buku. 

 

#5 Mampu Memotivasi Karyawan

Apa jadinya jika hanya pemimpin saja yang semangat bekerja, sedang karyawannya tidak memiliki semangat yang sama? Tentu akan kacau bukan?

Maka dari itu, pemimpin juga perlu memiliki kemampuan untuk memotivasi para karyawannya, hingga setiap karyawan yang ada memiliki sebuah visi yang sama dengan pemimpinnya.

Motivasi dari seorang pemimpin juga akan sangat dibutuhkan ketika karyawan mulai merasakan kejenuhan setelah bekerja dalam waktu yang lama.

Hal ini setidaknya mampu memberi dua keuntungan, yaitu karyawan kembali bersemangat, dan pemimpin juga semakin dicintai oleh karyawannya.

 

#6 Mampu Menangkap Peluang

Setiap pemimpin tentu berkeinginan agar perusahaan yang ia pegang semakin maju dan berkembang, namun tentu saja ada begitu banyak tantangan dan saingan yang perlu dihadapi.

Maka dari itu pemimpin dituntut untuk mampu melihat jauh ke depan dan menangkap setiap peluang yang ada. Untuk itu pemimpin perlu melakukan pengamatan dan mempersiapkan strategi-strategi untuk kelangsungan perusahaannya.

 

#7 Mampu Mengapresiasi Karyawan

Sehebat apapun seorang pemimpin, tentu perusahaan tidak akan dapat berjalan tanpa adanya peran dari karyawan yang bekerja begitu giat. Oleh karena itu, seorang pemimpin yang ingin sukses perlu memberi apresiasi kepada para karyawannya.

Kenali Kelebihan dan Kekurangan Gaya Kepemimpinan Otokrasi 02 Leader 2 - Finansialku

[Baca Juga: VIDEO: Dita Karang, Ditolak JKT48, Anak Pemilik Tegel Kunci Yang Sukses Debut di Dunia KPOP]

 

Dengan itu, karyawan akan merasa dihargai dan menjadi lebih semangat dalam melaksanakan tanggung jawabnya. Hal ini pastinya akan sangat berpengaruh pada perkembangan perusahaan itu sendiri.

 

#8 Mampu Menjaga Citra Baik

Citra diri seorang pemimpin dan perusahaan merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Sebab setiap harinya Anda akan bertemu dengan begitu banyak orang, baik itu karyawan maupun klien dari perusahaan.

Apabila Anda dan perusahaan memiliki citra yang baik, tentu perusahaan akan menjadi lebih baik di mata orang lain, termasuk rekan bisnis Anda.


 

Ketahui dan Lakukan!!

SELAMAT!! Sekarang Anda sudah mengetahui apa saja kunci kesuksesan dalam memimpin perusahaan. Lebih baik lagi, jika Anda mulai menerapkannya pada perusahaan yang Anda pimpin.

 

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Entrepreneur & Freelance

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

 

Bila Anda memiliki tanggapan atau saran, Anda bisa meninggalkannya pada kolom komentar, dan sempatkan waktu Anda untuk membagikan artikel ini agar semakin banyak orang yang mendapat informasi bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Tri Andry. 17 Januari 2018. 8 Tips Agar Anda Bisa Sukses Memimpin Perusahaan. entrepreneurcamp.id – https://bit.ly/2U9q9iS