Apakah kamu mau membeli laptop untuk kuliahmu? Bagaimana cara menabung beli laptop?

Yuk, langsung aja simak cara menabung beli laptop berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Menabung Beli Laptop

Saat ini tidak dapat dipungkiri bahwa laptop telah menjadi kebutuhan bagi setiap pelajar. Hampir semua tugas memerlukan laptop. Mungkin pada awal-awalnya masih bisa meminjam laptop teman atau memanfaatkan komputer di kampus.

Tapi, hal tersebut tidak bisa dilakukan secara terus menerus kan? Ada waktunya kalau kamu harus memiliki laptop sendiri.

Gak Perlu Kuatir Gaes, Ini Cara Menabung Beli Laptop Untuk Kuliahmu 02 Laptop untuk Kuliah 2 - Finansialku

[Baca Juga: Uang Saku Mahasiswa Rp1 Juta Per Bulan? Siapa Takut! Ini Cara Bertahan Hidup Sebagai Mahasiswa]

 

Oleh karena itu, sebagai mahasiswa kamu sangat disarankan untuk memiliki laptop sendiri. Namun, harga laptop sendiri tidaklah murah apalagi untuk kalangan mahasiswa.

Rasanya mungkin canggung jika harus meminta laptop kepada orang tua.  Namun, jangan kuatir ada caranya kok agar kamu bisa membeli laptop sendiri tanpa harus meminta dari orang tua.

Caranya adalah dengan menabung. Yuk, simak kelanjutan cara menabung beli laptop untuk kuliah mu.

 

Cara Menabung Beli Laptop untuk Kuliahmu

Kali ini rubrik Finansialku akan berbagi cara menabung beli laptop.  Berikut 10 cara untuk menabung beli laptop:

 

#1 Memiliki Niat dan Tekad Yang Kuat Untuk Menabung

Hal pertama yang harus dipersiapkan dalam menabung adalah niat. Ya, jika kamu sudah memiliki niat dan tekad yang kuat maka kamu bisa memulai menabung dengan lebih mudah.

Apalagi kamu sudah memiliki tujuan yang jelas untuk apa kamu menabung. Oleh karena itu, kamu harus berniat dan memiliki tekad yang sungguh-sungguh untuk menabung.

Hal ini diperlukan agar kamu tidak mudah diganggu oleh hal-hal lain yang merusak rencana kamu.

Dengan berniat, tentunya kamu juga akan menghasilkan cara menabung dengan cepat sehingga uang kamu untuk membeli laptop bisa terkumpul dengan cepat deh.

 

#2 Menyiapkan Tempat Untuk Tabungan

Untuk menabung kamu juga perlu menyediakan tempat untuk menabung ya. Kamu bisa menggunakan celengan ataupun botol bekas sebagai wadah untuk penyimpanan tabungan kamu.

Kamu juga bisa memilih wadah yang transparan, karena dengan wadah yang transparan maka dapat membuat kamu semakin bersemangat untuk menabung.

15 Tips Menabung untuk Freelance 01 Finansialku

[Baca Juga: Tetap Kuliah Meski Tak Punya Dana, Ini Cara Cerdas Mencari Uang]

 

Oh ya, disarankan untuk memilih wadah yang tidak mudah di ambil ya. Sehingga, kamu tidak mudah untuk mengambil tabungan kamu untuk keperluan lainnya. 

Jangan lupa untuk menjaga wadahnya dengan baik dan simpan di tempat yang aman.

 

#3 Membuka Rekening Baru

Selain memilih tempat wadah tabungan dengan cara yang konvensional seperti di celengan, sekarang kamu sudah bisa memilih cara lain yang lebih modern. Cara tersebut adalah dengan membuka rekening tabungan baru.

Sekarang ini sudah banyak produk tabungan yang bisa kamu pilih lho. Apalagi untuk membuka rekening tabungan tidak membutuhkan modal yang besar.

Selain itu, kamu juga bisa memilih produk tabungan yang tidak dikenakan biaya administrasi bulanan. Salah satunya adalah Tabunganku.

Dengan begitu, maka kamu akan lebih mudah untuk menyisihkan uang kamu untuk membeli laptop. Selain itu kamu juga bisa lebih mudah mengontrol tabungan kamu.

Oh ya, jangan sekali-kali menggabungkan rekening tabungan kamu dengan rekening untuk kebutuhan sehari-hari ya.

 

#4 Survei Spesifikasi Laptop yang Akan Kamu Beli

Sebelum membeli laptop tentunya kamu harus mengetahui laptop apa yang akan kamu beli dong. Hal ini berguna untuk menentukan berapa uang yang perlu kamu siapkan untuk membeli laptop.

Pilihlah laptop yang sesuai dengan kebutuhan kamu ya guys. Tidak perlu yang terlalu canggih. Hal yang terpenting adalah laptop kamu dapat membantu kamu mengerjakan tugas kuliah dengan lebih efektif.

Jangan lupa untuk menyesuaikan harga laptop juga ya guys. Ingat, tidak perlu yang terlalu mahal. Pikirkan kebutuhan dan bukan keinginan.

 

#5 Survei ke Toko-Toko yang Menjual Laptop

Setelah mengetahui laptop apa yang mau kamu beli, maka tiba saatnya kamu untuk mengetahui harga yang dijual di pasaran. Kamu bisa melakukan survei di beberapa toko laptop yang ingin kamu beli.

Gak Perlu Kuatir Gaes, Ini Cara Menabung Beli Laptop Untuk Kuliahmu 03 Laptop untuk Kuliah 3 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Mudah Investasi Untuk Mahasiswa: Belajar Berinvestasi Dari Sekarang!]

 

Dengan begitu, kamu dapat mengetahui berapa uang yang harus kamu tabung sebelum membeli laptop tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba cari tahu tentang promo-promo pembelian laptop seperti cashback, potongan harga, dan sebagainya. Siapa tahu dengan adanya cashback ataupun potongan harga maka kamu dapat lebih berhemat.

 

#6 Targetkan Jumlah Uang yang Mau Ditabung

Setelah kamu mengetahui berapa harga yang ada di pasar maka kamu sudah tahu berapa target tabungan yang harus kamu miliki. Oh ya, buatlah target tabungan se detail mungkin ya.

Misalnya dimulai dari berapa lama kamu menabung. Setelah itu, kamu tentukan target bulanan kamu, mingguan, dan bahkan harian.

Dengan memiliki target yang jelas maka kamu akan lebih mudah mencapainya. Selain itu, kamu juga tidak akan terlalu terbebani.

 

#7 Langsung Dipisahkan

Cara menabung beli laptop selanjutnya adalah dengan langsung menyisihkan. Ya, setelah kamu mendapatkan uang bulanan dari orang tua kamu maka kamu harus langsung memisahkannya.

Jangan tunggu di akhir bulan ya guys, yang ada malah uang kamu sudah habis duluan dan akhirnya tidak jadi menabung deh. Untuk melakukan hal ini perlu adanya komitmen. Jadi kamu harus melakukannya setiap bulan ya. Semangat!

 

#8 Menabung Dengan Sistem 70-30

Cara menabung lainnya adalah menabung dengan sistem 70-30. Apa itu sistem 70-30? Jadi yang dimaksud dengan sistem 70-30 adalah persentase uang yang kamu alokasikan.

Artinya kamu mengalokasikan 70% dari uang bulanan kamu untuk kebutuhan hidup. Sedangkan 30% nya kamu alokasikan untuk menabung beli laptop.

6 Tips dan Trik Meningkatkan Kesadaran akan Pentingnya Menabung 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mahasiswa, Ini Tips dan Trik Menyisihkan Uang Jajan untuk Berinvestasi]

 

Selain sistem 70-30, kamu juga bisa mencoba sistem 60-40 atau bisa juga sistem 50-50. Kamu bisa menyesuaikannya dengan diri kamu. Sistem mana yang paling cocok untuk kamu.

Tentunya semakin besar persentase untuk ditabung maka semakin cepat deh kamu mendapatkan laptop idaman kamu.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#9 Mencari Pekerjaan Sampingan

Jika kamu mau membeli laptop dengan lebih cepat, maka kamu bisa mencoba untuk mencari pekerjaan sampingan.

Sekarang ini sudah banyak pekerjaan sampingan yang bisa kamu coba dan tentunya tidak mengganggu kuliah kamu kok.

Misalnya kamu bisa menjadi guru les privat, content writer, bergabung dalam event organizer, dan sebagainya. Lumayan kan, hasilnya bisa untuk menambah tabungan untuk membeli laptop baru kamu.

 

#10 Membuka Bisnis Sampingan Khas Pelajar

Jika kamu tidak mau bekerja dengan orang, atau lebih memilih untuk membuka bisnis sampingan sendiri juga boleh kok. Dengan membuka bisnis sampingan sendiri maka kamu bisa lebih cepat untuk mengumpulkan uang membeli laptop.

Kamu bisa mencoba bisnis jualan pulsa, jualan makanan, dan sebagainya. Oh ya, kamu juga bisa mengajak teman kamu untuk berbisnis bersama. Tentunya dengan berbisnis bersama teman bisa lebih menyenangkan lho.

 

Mahasiswa Berhasil Membeli Laptop Sendiri

Setelah mengetahui cara menabung beli laptop untuk kuliahmu, tentunya sekarang kamu sudah bisa mulai menabung dari sekarang ya. Jangan menyerah dan patah semangat!

Kamu harus terus tekun menabung untuk dapat membeli sebuah laptop. Percayalah bahwa ketekunanmu dalam menabung untuk membeli laptop pasti akan membuahkan hasil.

Dan pada akhirnya kamu jadi bisa membeli laptop sendiri deh. Semoga berhasil!

Oh iya, agar rencana kamu untuk membeli laptop semakin matang, kamu bisa membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 20 an dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS, selamat membaca.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Jadi, apakah kamu memiliki cara menabung beli laptop lainnya? Yuk berikan komentar dan pendapat kamu di kolom yang telah tersedia.

Kamu juga bisa membagikan artikel ini kepada teman-teman kamu yang membutuhkan sehingga semakin banyak mahasiswa yang bisa membeli laptop mereka sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat. Thank you guys!

 

Sumber Referensi:

  • Rezaharahap. Cara Cepat Mengumpulkan Uang Membeli Laptop untuk Pelajar. Kosngosan.com – https://bit.ly/2YNUJ2c
  • Admin. 8 Juni 2017. Menabung ala Anak Kuliah Buat Beli Laptop dalam Waktu 6 Bulan. Idntimes.com – https://bit.ly/2UZMBZd
  • Kurniawan. 3 Oktober 2017. 11 Tips dan Cara Menabung dengan Cepat ini Membuat Anda Ketagihan. Brangkas.id – https://bit.ly/2Je8Zfm

 

Sumber Gambar:

  • Laptop untuk Kuliah 1 – http://bit.ly/2VjMZa0
  • Laptop untuk Kuliah 2 – http://bit.ly/2PKrlpk
  • Laptop untuk Kuliah 3 – http://bit.ly/2V4Trg2