Menemukan Lokasi Terbaik untuk Bisnis Waralaba

Membangun sebuah bisnis waralaba tidak lepas dari pentingnya sebuah lokasi. Menemukan lokasi terbaik untuk bisnis waralaba Anda adalah proses awal yang sangat menentukan perkembangan bisnis Anda. Kali ini, tim Finansialku akan membahas beberapa lokasi yang tepat untuk bisnis waralaba Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn Franchise

 

Pengertian Bisnis Waralaba

Waralaba atau yang sering dikenal dengan julukan “franchise” adalah sebuah bisnis dimana pihak pertama, sebagai pemilik merek atau “franchisor”, memberikan izin pemakaian merek, produk dan sistem operasional dalam jangka waktu yang telah ditentukan pada perjanjian kepada pihak kedua, sebagai pembeli merek atau “franchisee”.

Di Indonesia sendiri, bisnis waralaba sudah sangat terkenal dan berkembang pesat, ada yang dalam bentuk bisnis makanan seperti CFC, Sapo Oriental, dan lainnya. Ada pula waralaba dalam bentuk minimarket seperti Alfamart, Indomaret dan lainnya. Selain bentuk usahanya, jenis waralaba juga dibagi menjadi waralaba dalam negeri dan waralaba luar negeri.

Menemukan Lokasi Terbaik untuk Bisnis Waralaba 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ini 8 Cara untuk Menjadi Pengusaha Waralaba yang Sukses]

 

Layaknya sebuah bisnis, bisnis waralaba juga tidak lepas dari faktor lokasi. Lokasi tempat Anda memulai bisnis waralaba tergantung dengan jenis usaha yang Anda jalankan. Jika bisnis waralaba Anda membutuhkan pengunjung dalam jumlah banyak, maka Anda harus mencari lokasi yang padat pembeli. Lain halnya jika Anda membutuhkan lokasi yang tenang.

 

Lokasi untuk Bisnis Waralaba

Terdapat beberapa lokasi yang dapat Anda jadikan tempat usaha waralaba. Beberapa lokasi ini berbeda dari segi keramaian, tipe pengunjung hingga harganya.

 

#1 Mall

Mall merupakan pusat perbelanjaan tertutup dimana di dalamnya terdapat beragam jenis usaha. Membuka bisnis waralaba di mall adalah salah satu pilihan lokasi yang mengundang banyak pengunjung, tidak hanya secara kuantitas, namun juga dari segi kualitas sehingga banyak pengunjung berpotensi yang datang.

Tetapi keramaian ini harus dibayar dengan harga yang tidak murah. Menyewa lokasi di mall membutuhkan dana yang cukup besar, dan tidak hanya itu, Anda pun harus membuat iuran bulanan yang terdiri dari uang maintenance, uang iklan dan biaya lainnya  sesuai dengan ketentuan mall.

Ini Manfaat Online Marketing untuk Bisnis Waralaba - Finansialku

[Baca Juga: Ini Manfaat Online Marketing untuk Bisnis Waralaba]

 

#2 Pusat Perbelanjaan

Pusat perbelanjaan ini tidak seperti mall, pusat perbelanjaan ini dapat berupa pusat jajanan, jalanan yang ramai atau pusat kuliner. Di beberapa kota, pusat perbelanjaan ini merupakan destinasi favorit para pengunjung dari luar kota atau turis.

Beberapa kekurangan dari membuka bisnis waralaba di pusat perbelanjaan adalah harga sewa yang cukup mahal serta sulitnya pengunjung untuk menemukan tempat parkir. Selain itu, pengunjung juga tidak dapat menghabiskan terlalu banyak waktu melihat-lihat karena padatnya lokasi tersebut.

 

#3 Pusat Lingkungan

Anda dapat menemukan tempat seperti ini di dekat daerah perumahan, biasanya terdiri dari beberapa ruko (rumah toko) atau beberapa outlet di dalam gedung kecil. Pusat lingkungan ini mempunyai apotek, pasar dan restoran hingga kios-kios makanan kecil lainnya. Anda juga dapat membuka bisnis waralaba di dalam pusat lingkungan seperti ini.

 

#4 Tempat Umum

Tempat umum seperti universitas, bandara, stasiun hingga rumah sakit juga dapat dijadikan lokasi bisnis waralaba. Perbedaannya dengan ketiga pilihan di atas adalah Anda akan mendapatkan pelanggan dengan profesi atau kebutuhan yang sama.

lebih-menguntungkan-bisnis-waralaba-atau-bisnis-sendiri-1-finansialku

[Baca Juga: Tidak Semua Bisnis Waralaba Mampu Mencetak Laba Lho, Kalau Mau Beli Bisnis Waralaba Pilih yang Seperti Ini]

 

Cara Memilih Lokasi yang Tepat

Setelah Anda mengetahui beberapa pilihan lokasi untuk bisnis waralaba, selanjutnya Anda harus mengetahui beberapa tips untuk memilih lokasi bisnis yang tepat. Berikut adalah beberapa saran yang dapat Anda pertimbangkan:

 

#1 Ikuti Saran dari Franchisor

Keuntungan bisnis franchise adalah pihak pertama telah memulai dan mencoba bisnis tersebut sehingga mereka dapat membagi pengalaman mereka kepada Anda. Anda pun dapat mencari lokasi yang serupa dengan lokasi pertama bisnis waralaba tersebut. Dengan cara ini, Anda tidak perlu bingung memilih lokasi yang strategis.

 

#2 Carilah Tempat yang Berkembang

Tentunya Anda mengharapkan agar bisnis Anda dapat berjalan hingga lama dan Anda dapat terus mendapatkan keuntungan. Karena bisnis waralaba merupakan bisnis yang mempunyai jangka waktu, paling tidak Anda harus memastikan bahwa lokasi tersebut dapat menunjang penjualan Anda selama kurun waktu perjanjian waralaba.

memilih-bisnis-waralaba-yang-mampu-mencetak-laba-finansialku

[Baca Juga: Lebih Baik Bisnis Waralaba atau Bisnis Sendiri ? Baca Penjelasan Berikut]

 

#3 Tentukan Target Konsumen Anda

Target konsumen yang berbeda akan memberikan pilihan lokasi yang berbeda pula. Jika Anda ingin membuka bisnis waralaba yang fokus untuk pegawai kantoran, maka Anda dapat mencari lokasi di dalam gedung kantor. Jika bisnis Anda menargetkan anak kecil, maka Anda dapat mencari lokasi dekat dengan sekolah atau Taman Kanak-kanak.

Sedangkan, jika Anda mempunyai target konsumen yang beragam, maka Anda dapat memilih lokasi bisnis di pusat perbelanjaan atau di mall. Anda pun juga harus melihat apakah ada bisnis waralaba lain yang mungkin menjadi kompetitor Anda? Menyesuaikan target konsumen dengan lokasi waralaba adalah salah satu cara yang tepat.

mau-nambah-penghasilan-bulanan-pertimbangkan-8-bisnis-waralaba-ini-finansialku

[Baca Juga: Mau Memulai Bisnis Waralaba? Timbang Untung Ruginya Dulu]

 

#4 Sesuaikan dengan Kemampuan Modal

Jangan memaksakan lokasi bisnis jika Anda tidak mempunyai modal yang cukup. Contohnya, jika modal Anda hanya cukup untuk menyewa lokasi bisnis di pasar, Anda tidak perlu memaksakan menyewa lokasi di mall. Dengan menyesuaikan pilihan lokasi dengan modal Anda, Anda dapat menggunakan modal Anda untuk hal lainnya.

 

Mengerti Kriteria Bisnis Anda

Untuk memilih lokasi bisnis yang tepat, Anda harus mengerti dengan baik kriteria bisnis Anda seperti, target pelanggan atau modal yang Anda miliki. Sebelum Anda memutuskan pilihan, ada baiknya untuk melakukan penelitian langsung pada jam-jam berbeda ke tempat pilihan Anda dan melihat jumlah pengunjung hingga apa yang biasanya dicari oleh para pengunjung.

 

Apakah Anda sedang membangun bisnis waralaba? Selain lokasi, apa lagi faktor yang Anda pikirkan dalam membentuk bisnis tersebut? Berikan komentar Anda pada kolom di bawah ini. Bagikan juga setiap artikel Finansialku.com yang telah Anda baca kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Sora N. 28 Agustus 2015. Inilah Pengertian Waralaba dan Contohnya Terjelas. Pengertianku.net – https://goo.gl/wpHhti
  • Michael Seid. 26 Februari 2017. Finding a Great Franchise Location. Thebalance.com – https://goo.gl/Y2KldM

 

Sumber Gambar:

  • Lokasi – https://goo.gl/ZQAQxH
  • Lokasi Bisnis https://goo.gl/ztrgux

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment