Kenapa pasangan yang baru menikah perlu mengelola keuangan dengan benar? Berikut ini 5 alasan utama kenapa Anda perlu mengelola keuangan dengan benar.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch 

5 Alasan Anda dan Pasangan Perlu Mengelola Keuangan dengan Benar

Dalam sebuah pernikahan, ternyata selalu ada saja perbedaan. Termasuk dalam hal mengelola keuangan, terkadang ada kebiasaan-kebiasaan lama yang dapat merusak keuangan keluarga Anda. Sebenarnya kenapa Anda dan pasangan perlu mengelola keuangan dengan benar?

mengapa-pasangan-baru-perlu-mengelola-keuangan-dengan-benar-finansialku

[Baca Juga: Apa Yang Harus Dilakukan Jika Pasangan Tidak Jago Mengelola Keuangan?]

 

Berikut ini beberapa alasan yang perlu Anda ketahui:

 

#1 Anda Terhindar dari Sakit Finansial dan Kebangkrutan

Alasan pertama, Anda dan pasangan harus dapat mengelola keuangan dengan benar agar terhindar dari sakit finansial dan kebangkrutan. Banyak orang yang jatuh dalam kondisi sakit finansial (bahkan sekarat finansial) hanya karena mereka tidak dapat mengatur pemasukan dan pengeluaran. Ada juga orang yang bangkrut karena mereka tidak bisa membedakan antara aset dan kewajiban (liabilitas). Nah jika saat ini Anda masih bingung dengan pemasukan, pengeluaran, aset dan liabilitas, itu tandanya Anda perlu meningkatkan edukasi keuangan Anda.

Ketahui Ini! Sebelum Investasi di Website Peer to Peer Lending Indonesia 2 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mengelola Keuangan Keluarga yang Benar]

 

#2 Anda dapat Hidup Lebih Bahagia, Sejahtera Tanpa Memiliki Masalah Keuangan

Salah satu tujuan dari perencanaan keuangan dan mengelola keuangan yang baik adalah Anda dan keluarga dapat hidup lebih sejahtera, tidak perlu bingung mengenai masalah keuangan. Apakah Anda pernah melihat teman atau kenalan Anda yang harus :

  • pusing memikirkan bagaimana cara membayar cicilan kartu kredit, cicilan utang dan lain sebagainya?
  • pusing memikirkan bagaiman cara membayar cicilan KPR?
  • pusing memikirkan uang sekolah anak
  • dan lain sebagainya

 

Dengan Anda dan pasangan membiasakan mengelola keuangan keluarga dengan benar, maka Anda dapat memiliki kontrol atas keuangan Anda. Anda dapat tahu kondisi keuangan Anda saat ini dan apa yang harus Anda lakukan untuk kedepannya.

8 Cara Merencanakan Keuangan dan Mengelola Keuangan Setelah Menikah yang Harus Kamu Praktekkan - Finansialku

[Baca Juga : 5 Manfaat Jika Anda dan Pasangan Kompak Mengurus Keuangan Keluarga]

 

#3 Anda Dapat Segera Mewujudkan Tujuan-Tujuan Keuangan

Ketika Anda dan pasangan memiliki rencana keuangan, menjalankan rencana keuangan dan mulai mengelola keuangan keluarga dengan benar, maka Anda dapat segera mewujudkan tujuan-tujuan keuangan.

  • Mungkin saja orang tua Anda tidak mengajarkan Anda untuk merencanakan keuanga.
  • Mungkin saja orang tua Anda tidak mengajarkan Anda untuk berinvestasi.
  • Mungkin saja orang tua Anda tidak mengajarkan Anda untuk memiliki lebih dari satu sumber pemasukan.

Sekraang saatnya dan pasangan melakukan perubahan. Buatlah sebuah rencana keuangan yang dapat memandu Anda untuk segera mewujudkan tujuan-tujuan keuangan jangka pendek, menengah dan jangka panjang Anda.

11 Alasan yang Membuat Karyawan Tetap Betah Bekerja di Perusahaan - Finansialku

[Baca Juga: Karyawan Juga Butuh Konsultasi Perencanaan Keuangan]

 

#4 Anda dapat Menggunakan Lebih Banyak Waktu Anda untuk Keluarga

Alasan keempat, dengan terbiasa mengelola keuangan dengan benar, Anda tentu saja memiliki lebih banyak watu. Sekarang ini banyak orang tua yang bekerja semakin keras untuk menambah pemasukan. Namun pemasukan yang bertambah seringkali diiringi dengan pengeluaran yang bertambah bahkan utang yang bertambah. Hal tersebut bukanlah hal aneh dan mengherankan bagi kami, perencana keuangan. Permasalahan yang ada adalah semakin besar penghasilan seseorang, biasanya semakin banyak godaan yang datang.

Dengan pengelolaan keuangan yang benar, Anda dapat hidup lebih sejahtera, terhindar dari utang-utang konsumtif, memiliki proteksi yang sesuai kebutuhan, memiliki investasi dan Anda terhindar dari masalah keuangan. Masalah keuangan seringkali menyita waktu dan pikiran kita. Dengan kondisi keuangan yang sehat, kita dapat memiliki lebih banyak waktu untuk dihabiskan bersama keluarga. Apakah Anda sudah sehat secara keuangan? Cek di sini (gratis).

 

#5 Anda dapat Hidup Lebih Bahagia dan Besyukur

Terakhir dan yang paling penting, ketika Anda bebas dari masalah keuangan Anda dan pasangan dapat hidup lebih bahagia dan bersyukur atas segala berkat yang Anda terima. Inilah tujuan yang paling final dalam perencanaan keuangan dan kemampuan mengelola keuangan yang benar.

 

Mengelola Keuangan adalah Skill yang Perlu Dimiliki Oleh Setiap Pasangan

World Economic Forum pernah merilis sebuah laporan mengenai 16 kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap orang pada abad ke 21. Salah satu kemampuan tersebut adalah kemampuan dalam hal keuangan (financial literacy). Sayangnya pendidikan di Indonesia dan di dunia saat ini, belum mengarah pada pendidikan keuangan. Oleh sebab itu tidak heran jika banyak orang yang masih belum bisa mengelola keuangan dengan benar.

Anda dan pasangan dapat menggunakan Aplikasi Finansialku untuk membantu mengelola keuangan dan merencanakan keuangan. Anda dapat mulai membuat anggaran dan mencatata keuangan. Selamat mencoba.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Siapakah orang yang bertanggung jawab mengenai keuangan dalam keluarga Anda? Apakah istri, apakah Anda atau apakah Anda berdua? Menurut Anda bagaimana cara mengelola keuangan yang benar?

 

Sumber gambar:

  • Family – http://goo.gl/pRsz6B

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang