Bagi para fresh graduation, terkadang ada masa transisi dimana kamu harus mulai mengatur keuangan fresh graduation secara mandiri. Namun sayangnya pengaturan keuangan bukanlah mata kuliah yang diajarkan di universitas. Oleh karena itu, mari kita lihat 10 tips cara mengatur keuangan bagi fresh graduation yang seharusnya kamu lakukan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Mempersiapkan Diri untuk Terjun ke Dunia Kerja atau Bisnis

Dunia pendidikan dan dunia kerja tentunya sangat berbeda. Dalam dunia kerja, kamu dituntut untuk mempraktikkan seluruh ilmu dan teori yang telah dipelajari di dunia pendidikan. Oleh karena itu penting untuk mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja.

Salah satu bagian yang akan tampak sulit adalah mengatur keuangan secara mandiri. Dalam dunia kerja, kamu harus mengatur keuangan yang kamu terima lho. Jika upah yang kamu terima tidak terlalu besar, maka belum tentu ada bantuan keuangan seperti saat kuliah dulu.

10 Tips Cara Mengatur Keuangan Fresh Graduation, yang Seharusnya Kamu Lakukan 02 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Tips Sukses Wawancara Kerja atau Interview Kerja untuk Para Fresh Graduate]

 

Disinilah pentingnya mengatur keuangan bagi fresh graduation, karena umumnya upah bagi pekerja yang baru saja lulus dan belum memiliki pengalaman masih kecil. Melalui artikel ini, Finansialku akan mengajak kamu mempelajari 10 tips cara mengatur keuangan fresh graduation yang sebaiknya kamu lakukan:

 

#1 Membekali Diri dengan Ilmu Keuangan Dasar

Menambah ilmu sebagai bekal untuk kehidupan di masa kini dan masa depan tidak pernah ada salahnya. Sebelum memasuki dunia kerja, cobalah bekali diri dengan ilmu keuangan. Tidak perlu mempelajari secara mendalam, kamu bisa mulai dari ilmu yang mendasar terlebih dahulu.

Apa sih gunanya ilmu keuangan bagi fresh graduation? Kan saya tidak berniat bekerja di bidang keuangan? Ilmu keuangan bukan hanya para bankir atau akuntan. Nyatanya semua orang membutuhkan ilmu keuangan, termasuk ibu rumah tangga dan fresh graduation. Ilmu ini akan mempersiapkanmu dalam mengatur arus kas dengan pendapatan yang terbatas, bagaimana mengelola pemasukan dan pengeluaran, serta cara menghemat tanpa mengorbankan hidup. Bingung ingin mulai darimana?

Carilah buku-buku manajemen keuangan yang mudah dipahami, atau kamu juga bisa mengunduh e-book dari Finansialku secara gratis disini:

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

#2 Selalu Buat Anggaran

Setelah memperoleh gaji selama beberapa bulan, tentunya kamu sudah mulai bisa melihat seberapa banyak pemasukan dan alokasi pengeluaranmu bukan? Kini sudah saatnya membuat anggaran secara berkala, bisa mingguan atau bulanan. Anggaran ini akan membantu mengatur pengeluaran, agar tidak melebihi kemampuan keuangan.

Bagaimana cara membuat anggaran yang baik? Cobalah ikuti beberapa langkah mudah berikut ini:

  1. Buat daftar untuk pengeluaran yang wajib atau bersifat HARUS (seperti biaya kost, makan, dan biaya transportasi)
  2. Hitunglah sisa pemasukan setelah dikurangi biaya wajib pada poin nomor (1)
  3. Alokasikan sisanya untuk kebutuhan sekunder (seperti pakaian) dan hematlah jika bisa
  4. Hematlah atau bahkan hapuskan kebutuhan tersier (seperti biaya nongkrong di café)
  5. Simpanlah atau investasikan sisanya

Namun intinya adalah: keluarkan lebih sedikit dari yang kamu peroleh. Jika kamu masih bingung bagaimana cara membuat anggaran, manfaatkan aplikasi Finansialku atau download di Google Play Store dan buatlah anggaranmu sekarang!

 

#3 Minimasi Biaya Tempat Tinggal

Jika kamu menyadari, biasanya biaya tempat tinggal cukup tinggi dan menghabiskan hampir separuh dari pemasukan. Meminimasi biaya tempat tinggal akan sangat membantu dalam pengaturan keuanganmu lho. Kamu bisa mengakalinya dengan tinggal bersama orangtua atau kerabat dekat, atau mungkin mencari kost dengan biaya yang murah.

Jika memungkinkan, kamu juga bisa berbagi kamar kost dengan seorang teman sehingga biaya kost dapat dibagi dua. Biaya kost yang tadinya habis setiap awal bulan kini dapat kamu alokasikan untuk kebutuhan lainnya. Atau kamu juga bisa berinvestasi lebih banyak dengan uang sisa sewa tempat tinggal tersebut.

Ada 7 Alasan Fresh Graduate Susah Cari Kerja. Ini Solusinya! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ada 7 Alasan Fresh Graduate Susah Cari Kerja. Ini Solusinya!]

 

#4 Hindari Utang Sebisa Mungkin

Seperti orangtua selalu mengatakan, “Jangan pernah berutang apapun kondisinya” Mengapa demikian? Karena utang akan mencegahmu meraih impian. Sebagai contoh, jika kamu memiliki kredit kendaraan bermotor, kamu terpaksa menghabiskan sisa upahmu untuk membayar cicilan. Dimana sebenarnya kamu bisa menggunakan angkutan umum dan memanfaatkan uang cicilan untuk berinvestasi atau membeli sesuatu yang menjadi impianmu.

Selain masalah uang, utang juga berbahaya bagi riwayat kredit kamu lho. Apa sih riwayat kredit itu? Riwayat kredit atau credit score adalah sejarah keuangan yang umumnya digunakan pihak pemberi pinjaman untuk mengukur kemampuanmu dalam membayar utang. Semakin buruk riwayat kreditmu, maka akan semakin sulit untuk mencari kredit atau pinjaman di saat kamu membutuhkannya kelak. Dengan demikian, yakinlah bahwa TIDAK ADA UTANG YANG BAIK. So, jangan pernah berutang ya!

 

#5 Jika Sudah Berutang, Lunasi Secepatnya

Seperti dikemukakan Ken Ilgunas, penulis dari Walden on Wheels: On the Open Road from Debt to Freedom:

“Ubah pandanganmu tentang utang, jangan anggap utang sebagai tagihan bulanan, namun asumsikan utang sebagai musuh terbesarmu”.

 

Jangan bersantai-santai dalam melunasi utang, karena semakin lama kamu melunasinya, utang tersebut akan bertambah besar.

Para Fresh Graduate, Lakukan 9 Cara Agar Kamu Bisa Mencapai Kebebasan Finansial 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para Fresh Graduate, Lakukan 9 Cara Agar Kamu Bisa Mencapai Kebebasan Finansial]

 

Tingginya inflasi dan suku bunga yang dikenakan terhadap utang akan membuat utangmu semakin menumpuk dan bisa menjadi bencana keuangan. Jika kamu adalah fresh graduation yang mengemban utang biaya pendidikan, hematlah pemasukanmu dan lunasi utang itu secepatnya. Jangan lupa untuk tidak menambah utang baru.

 

#6 Utamakan Dana Darurat

Seperti telah dijelaskan pada poin sebelumnya, berutang sangatlah berbahaya bagi kondisi keuanganmu. Lalu bagaimana jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat uang bulanan sudah habis? Nah, inilah mengapa kamu perlu menyiapkan dana darurat.

Dana darurat adalah sejumlah uang yang kamu alokasikan dan dipakai ketika terjadi hal yang tidak terduga atau kejadian darurat yang membutuhkan dana cepat. Sebagai contoh, jika kamu tiba-tiba dipecat dan belum menemukan pekerjaan baru. Bagaimana cara bertahan hidup untuk bulan-bulan tanpa pekerjaan? Dana darurat solusinya! Besaran dana darurat yang disarankan umumnya adalah sebagai berikut:

  1. 6 kali pengeluaran bulanan untuk seseorang yang masih lajang (single).
  2. 9 kali pengeluaran bulanan untuk pasangan muda (tanpa anak).
  3. 12 kali pengeluaran bulanan untuk keluarga yang sudah memiliki anak.

Dana darurat harus dipisahkan dari rekening, instrumen investasi ataupun tabungan jangka pendek yang dimaksudkan untuk pemenuhan tujuan keuangan jangka pendek dan harus bersifat likuid atau dapat dicairkan dengan cepat saat dibutuhkan.

 

#7 Mulai Berinvestasi

Berinvestasi sejak dini tidak akan merugikan kamu, yang merugikan adalah jika kamu berinvestasi tanpa mempelajari peluang dan risikonya terlebih dahulu. Saya pernah belajar dari orangtua saya yang sering berkata,

“Kami menyesal tidak berinvestasi pada saat berdagang sedang ramai dan mudah. Dahulu mungkin uang sebanyak ini bisa untuk membeli rumah, kini paling hanya senilai sebuah motor bebek.”

Bagaimana Cara Memulai Investasi Pertama Untuk Saya Fresh Graduate 01 - Finansialku

[Baca Juga: Konsultasi: Bagaimana Cara Memulai Investasi Pertama Untuk Saya Fresh Graduate]

 

Dari pengalaman orangtua tersebut Saya belajar untuk berinvestasi sedini mungkin saat ada uangnya. Bagi kamu fresh graduation, jangan anggap berinvestasi itu sulit dan membutuhkan dana banyak. Berinvestasi, bahkan saham sekalipun, memungkinkanmu untuk memulai dengan nominal yang kecil. Sebagai contoh, jika kamu memutuskan untuk bermain saham, kamu bisa membeli 1 lot (100 lembar) saham saja. Berapa harga per lembarnya? Cek harga saham yang kamu incar di internet dengan mudah.

 

#8 Manfaatkan Keuntungan Dana Pensiunmu

Program investasi dana pensiun dapat memberikan keuntungan bagi kamu, yaitu: menjamin masa depanmu tanpa perlu khawatir untuk mengalokasikan sisa uangnya. Walaupun akan mengambil sebagian pemasukan kamu, tetapi menyiapkan dana pensiun sedari dini tidak ada ruginya. Selain itu, bergantung pada jenis investasi dana pensiun yang kamu ambil, terdapat benefit lainnya lho. Tanyakan pada perusahaan dana pensiunmu dan manfaatkan keuntungannya!

 

#9 Miliki Asuransi Kesehatan

Saat kamu masih berusia 20-an, kamu cenderung beranggapan bahwa kamu tidak membutuhkan asuransi kesehatan karena masih sehat dan kuat. Tetapi nyatanya penyakit dan kecelakaan bisa datang kapan saja. Asuransi kesehatan akan membantumu membayarnya, sehingga kamu tidak perlu berutang atau menghabiskan dana darurat. Namun bukan berarti kamu perlu membeli asuransi kesehatan lho. Jika kamu sudah memperoleh pekerjaan tetap, tanyakan apakah ada tunjangan kesehatan atau program asuransi yang diberikan oleh perusahaan. Jika dikira cakupan tanggungan yang diperoleh kurang, kamu hanya perlu membayar sedikit tambahan premi untuk meningkatkan polis asuransi tersebut.

Membuat Profil LinkedIn Tampak Profesional dan Dilirik Para Pencari Kerja untuk Karyawan dan Fresh Graduate 01 - Finansialku

[Baca Juga: Membuat Profil LinkedIn Tampak Profesional dan Dilirik Para Pencari Kerja untuk Karyawan dan Fresh Graduate]

 

#10 Pengalaman yang Mahal adalah Kunci dalam Belajar

Tips terakhir adalah belajarlah banyak-banyak dari pengalaman. Memang biasanya pengalaman itu mahal, namun hanya dari pengalamanlah kamu dapat mengetahui sebuah kesalahan sekaligus solusi untuk memperbaikinya.

 

Pengalaman adalah guru yang terbaik, begitu pula halnya dalam keuangan. Click to Tweet

 

Sebagai contoh, jika kamu belajar berinvestasi dengan membeli sebuah apartemen. Misalkan, agen real estate mengatakan bahwa produk ini adalah aset yang bagus dan menguntungkan serta payback period-nya cepat. Sebenarnya, belum tentu produk tersebut menguntungkan. Mengapa demikian? Sebuah apartemen baru akan menjadi aset jika apartemen tersebut menghasilkan arus kas yang positif bagi keuanganmu. Jika hanya menghasilkan arus kas negatif, maka apartemen itu hanya menjadi liabilitas.

Misalkan apartemen itu kamu beli untuk disewakan, namun belum laku, maka jelas kamu tidak memperoleh penghasilan dari apartemen tersebut. Malahan kamu membayar cicilan setiap bulan, ditambah biaya keamanan dan kebersihan apartemen tersebut. Pengalaman seperti inilah yang akan membuatmu terpaksa belajar, sehingga kamu tidak akan mengulang kesalahan yang sama di kemudian hari. Kamu akan belajar untuk memperhitungkan pengeluaran dan pemasukan serta waktu yang tepat untuk berinvestasi (dalam kasus tersebut: membeli apartemen).

10 Tips Sukses Wawancara Kerja atau Interview Kerja untuk Para Fresh Graduate 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Merencanakan Karir yang Benar untuk Fresh Graduate]

 

Pengalaman itu tidaklah murah, mungkin bernilai ratusan juta hingga miliaran, namun disini kamu belajar sehingga kelak dapat mengambil keputusan yang lebih baik. Kesimpulannya adalah jangan takut membeli pengalaman.

 

Splurge a bit on experience! Click to Tweet

 

Aplikasikan Tipsnya dan Hindari Bencana Keuangan

Bagi kamu para fresh graduation, kini menerjuni dunia pekerjaan tidak menakutkan lagi. Kamu hanya perlu menyadari bahwa masih sangat banyak yang bisa dipelajari di luar kelas kampus, dan salah satunya adalah tentang keuangan. Dengan belajar dan mengaplikasikan beberapa tips keuangan, kamu bisa sukses layaknya pebisnis profesional pada usia yang masih sangat muda. Sedikitnya, kamu bisa menghindari bencana keuangan yang banyak diemban pegawai muda pada zaman sekarang.

 

Apakah kamu memiliki pertanyaan mengenai tips cara mengatur keuangan bagi fresh graduation lainnya? Tinggalkan komentar kamu di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan kamu pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu kamu, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Kerry Hannon. 29 Mei 2013. 11 Essential Money Tips For New College Grads. Forbes.com – https://goo.gl/GjXGKm

 

Sumber Gambar:

  • Asian College Student – https://goo.gl/uYjsgY
  • Fresh Graduation – https://goo.gl/ocHGa7

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana