Komik: Jomblo vs Pacaran, Mana Yang Lebih Jago Mengatur Keuangan?

Apakah Anda merasa status yang Anda miliki membuat Anda susah mengatur keuangan? Mana yang lebih jago mengatur keuangan Jomblo vs Pacaran? 

Anda pasti pernah mengalami hal seperti yang diceritakan dalam komik di bawah ini. Ketahui mana yang lebih jago dalam mengatur keuangan si Jomblo atau si In A Relationship (pacar) di artikel ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Sepenggal Kisah Jomblo Vs Pacaran

 

Suatu hari, seorang laki-laki yang sedang membungkus kado untuk pacarnya bertemu dengan teman kantornya. Teman kantornya ini penasaran apa yang dilakukan oleh temannya ini, bukannya kerja malah membungkus kado.

Ternyata temannya ini membungkus kado buat pacarnya untuk hari jadinya mereka. Temannya yang masih jomblo ini merasa bahwa dengan berada di status in a relationship membuat kita menjadi sulit untuk mengatur keuangan.

Bayangkan saja, pasti setiap mengajak sang kekasih jalan, Anda pasti akan mengeluarkan uang yang lebih untuk Anda dan juga kekasih untuk sekedar jajan.

 

Anda beruntung jika kekasih Anda mau diajak makan di pinggiran, kalau kekasih Anda ingin makan di restoran atau kafe bagaimana?

Dengan pengeluaran yang semakin besar, tentu saja membuat Anda yang sedang dalam status in a relationship sulit untuk mulai berinvestasi.

Sedangkan jika Anda masih jomblo, Anda pasti akan dengan mudah dan santai berinvestasi dan memiliki tujuan keuangan.

Tetapi temannya yang in a relationship ini memiliki keuntungan yaitu tidak merasakan kesendirian dalam hari-harinya. Apakah benar in a relationship membuat Anda kesulitan untuk mewujudkan impian Anda?

Apakah benar dengan Anda menjomblo, Anda akan jauh lebih sukses dalam keuangan dibandingkan dengan teman Anda yang in a relationship? Ketahui jawabannya disini.

 

Keuntungan In A Relationship

Ketika Anda in a relationship tentunya Anda akan bahagia karena Anda memiliki teman yang bisa Anda ajak kemana saja dan Anda pun tidak merasa sendirian. Anda pun akan diperlakukan spesial oleh kekasih Anda.

Tetapi apakah ketika Anda sudah mulai in a relationship membuat Anda kesulitan untuk mengatur keuangan Anda?

Tentu saja tidak, memang pengeluaran Anda akan menjadi lebih banyak, tetapi ketika Anda menyikapinya dengan smart, Anda pun tetap bisa berinvestasi layaknya si jomblo.

 

Tips #1 Manfaatkan Promo

Ketika Anda sedang in a relationship, sudah saatnya Anda menggunakan promo. Seperti promo buy 1 get 1 yang sering dijumpai, dengan memanfaatkan promo ini tentu saja membuat Anda semakin hemat.

Jomblo vs Pacaran, Mana Yang Lebih Jago Mengatur Keuangan 02 - Bergandengan

[Baca Juga: Pilih Pacar yang Hebat Mengatur Keuangan Dong! Ini Ciri-cirinya!]

 

Tidak hanya itu saja, jika memang pasangan Anda tidak menyukai makan di pinggiran. Anda pun bisa menyiasatinya dengan menggunakan promo. Anda bisa mengecek promo yang berlangsung dari sosial media di setiap restoran.

 

Tips #2 Mengikuti Kelas Untuk Menambah Skill

Ketika Anda in a relationship, sebenarnya Anda bisa mengikuti kelas-kelas yang bisa menambah keahlian baik untuk Anda dan pasangan Anda. Tentu saja belajar menjadi seru dan mudah saat Anda tidak sendirian.

Jika Anda ingin untung, Anda bisa mengikuti kelas-kelas yang mengusung tema keuangan.

Apalagi Anda bisa mengikuti kelas-kelas investasi, sehingga Anda dan pasangan pun akan semakin melek dengan investasi dan seberapa pentingnya mengelola keuangan.

Dengan sama-sama mengetahui keuntungan investasi, tentu akan membuat Anda dan pasangan semakin mudah untuk mewujudkan impian bersama, salah satunya adalah impian menikah.

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Anda bisa mengobrolkan dengan pasangan bagaimana dana persiapan pernikahan, bagaimana pembagiannya dan bagaimana juga menabung untuk mewujudkannya.

Sehingga, Anda tidak perlu kerepotan untuk menabungnya sendirian. Dimana dana pernikahan ini dari tahun ke tahun semakin naik.

 

Tips #3 Sudah Saatnya Berinvestasi

Setelah Anda tahu pentingnya berinvestasi, untuk mempercepat rencana yang Anda dan pasangan inginkan. Sudah saatnya Anda dan pasangan melakukan investasi.

Anda bisa mulai melakukan investasi reksadana yang tentunya mudah dan juga murah tetapi tidak murahan. Anda bisa berinvestasi dengan modal minimal Rp100.000 saja.

Cukup kecil bukan? Anda dan pasangan pun tidak akan merasa berat untuk menabung setiap minggu sebesar Rp100.000. Tujuan keuangan Anda dan pasangan pun tercapai dengan cepat.

Jika Anda ingin belajar lebih banyak tentang investasi reksadana, Anda dapat download ebook tentang investasi reksadana untuk pemula yang bisa Anda dapatkan di bawah ini.

Free Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Tips #4 Buat Anggaran dan Catatan Keuangan Untuk Pacaran

Memang terdengar tidak penting, tetapi anggaran dan catatan keuangan ini menjadi modal awal Anda dalam mengelola keuangan dengan baik dan benar. Ketika Anda sudah menganggarkannya, seharusnya Anda tidak perlu menikmati boros setiap bulan bahkan minggu.

Jika Anda dan pasangan sudah mulai menerapkan disiplin keuangan, kehidupan setelah menikah pun akan menjadi lebih mudah karena Anda dan pasangan sudah tahu bagaimana cara yang benar untuk mengelola keuangan.

 

Keuntungan Seorang Jomblo & Mengatur Keuangan Jomblo

Buat Anda yang jomblo, tenang meskipun Anda belum memiliki partner untuk menyiapkan dana pernikahan bersama tetapi Anda memiliki banyak kesempatan untuk mewujudkan impian lainnya.

 

#1 Tulislah Impian Anda

Untuk mengusir kesepian dalam kehidupan Anda, ada baiknya Anda menuliskan impian-impian apa saja yang ingin Anda capai. Mungkin Anda lebih familiar dengan tujuan keuangan dibandingkan dengan impian.

Anda bisa menuliskan impian apa yang ingin  Anda capai dalam waktu 1 tahun, 3 tahun, 5 tahun atau lebih dari 5 tahun. Dengan Anda menuliskan impian Anda, Anda pun akan disibukkan dengan bagaimana Anda dapat mencapainya.

Jomblo vs Pacaran, Mana Yang Lebih Jago Mengatur Keuangan 03 - Sendiri

[Baca Juga: Masih Single di Usia 30 an? Tenang, Banyak Kegiatan Bermanfaat Yang Bisa Anda Lakukan]

 

Sehingga Anda bisa fokus untuk meraih impian Anda tanpa harus Anda merasa kesepian dalam kehidupan Anda. Ketika impian Anda terwujud Anda pun dapat merasakan kebahagiaan.

 

#2 Buatlah Rencana yang Matang

Anda pun sekarang sudah memiliki impian yang harus Anda tulis dengan sejelas mungkin. Berapa lama Anda akan mencapainya, apa saja yang Anda butuhkan dan bagaimana Anda akan mencapainya.

Ketika Anda sudah tahu apa yang ingin Anda wujudkan, maka selanjutnya Anda bisa mencari cara membuat rencana yang matang untuk mewujudkan impian Anda.

Anda pun bisa membaca ebook mengenai perencanaan keuangan usia 20 an secara gratis dengan klik tombol download di bawah ini yang dapat membantu Anda untuk mewujudkan semua impian Anda.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

#3 Banyak Berinvestasi Sesuai dengan Impian Anda

Anda tentu saja sudah memiliki impian lebih dari satu dan Anda pun sudah tahu bagaimana caranya Anda akan mewujudkan impian Anda. Anda pun bisa berinvestasi ke berbagai macam instrumen.

Jika Anda ingin menghasilkan imbal hasil yang besar, maka investasi saham dapat menjadi pilihan Anda. Belum lagi Anda memiliki waktu untuk mengamati saham.

Eits, sebelum berinvestasi saham, ada baiknya Anda membaca ebook mengenai investasi saham untuk pemula di bawah ini. Supaya Anda tidak merasa bahwa investasi saham seperti berjudi.

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

#4 Semakin Tertata Hidup Anda maka Pasangan Anda Pun Akan Datang

Ketika Anda sudah berhasil menata keuangan Anda dan juga kehidupan Anda. Anda tidak perlu khawatir dengan pasangan Anda, pasangan Anda pasti akan datang ketika Anda memang membutuhkannya.

Anda pun sudah tahu bagaimana caranya mengatur keuangan dan mewujudkan impian, Anda tinggal mengarahkan hal yang benar ke pasangan Anda mengenai mengatur keuangan.

Sehingga saat tiba waktunya Anda dan pasangan mulai mempersiapkan dana menikah. Anda tidak akan merasa kewalahan.

 

Status Tidak Masalah Asal Anda Tahu Caranya

Dari kedua keuntungan tersebut, tidak ada yang tidak untung, kedua-duanya memang menguntungkan asalkan Anda tahu bagaimana caranya mengatur keuangan yang benar.

Tidak masalah apakah Anda memiliki pasangan atau tidak, ketika Anda sudah smart dalam keuangan, Anda pun bisa mengatasinya. Jangan sampai status membuat Anda tidak bisa mewujudkan impian Anda.

Yuk kita mulai mewujudkan impian kita dengan dibantu Aplikasi Finansialku yang tidak akan membiarkan Anda tersesat dalam mencari cara mengatur keuangan. Yuk download aplikasinya di bawah ini.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin Anda telah mengetahui lebih menguntungkan mana Jomblo Vs In A Relationship pacaran.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara Anda yang belum mengetahui lebih menguntungkan mana Jomblo Vs In A Relationship. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Gambar:

  • In relationship – https://goo.gl/QaQigX
  • Bergandengan – https://goo.gl/fr5AuS
  • Sendiri – https://goo.gl/D6m3DL

About the Author:

Widya Yuliarti CFP®
Widya Yuliarti, SST., MM., CFP® adalah seorang Financial Planner dari Finansialku bersertifikasi (FPSB ID: 1800 0526), ahli dalam keuangan syariah. Menempuh Pendidikan Diploma 4 Teknik Kimia di Politeknik Negeri Bandung dan menempuh Pendidikan S2 Manajemen di Universitas Padjadjaran.

Leave A Comment