Bagaimana cara mengatur keuangan keluarga jika punya gaji minim? Ternyata, diperlukan beberapa trik khusus untuk bisa memaksimalkan perencanaan keuangannya.

Ikuti tips dan trik ala Finansialku ini agar kondisi finansial bisa stabil.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Keuangan Keluarga vs Gaji Minim

Mengatur keuangan keluarga mungkin terasa sulit bagi Anda yang belum tahu caranya. Anda pasti pernah berpikir kalau mengatur keuangan keluarga prosesnya ruwet dan bikin pusing.

Apalagi jika pendapatan atau gaji yang masuk per bulannya terbilang minim. Anda tentunya harus pintar-pintar dalam mengatur keluar-masuknya uang pada rekening Anda supaya dapat memenuhi kebutuhan keluarga Anda dalam satu bulan.

 

Cara Mengatur Keuangan Keluarga Bergaji Minim

Nah untuk itu, artikel ini akan memberi tahu Anda cara-cara ampuh dalam mengatur keuangan keluarga yang gajinya terbilang minim supaya dapat memenuhi kebutuhan keluarga. Simak di bawah ini penjelasan lengkapnya.

 

#1 Lakukan Evaluasi Terhadap Biaya Rumah

Biaya yang dikeluarkan untuk rumah umumnya sangat menguras pendapatan. Apalagi jika Anda belum mempunyai rumah sendiri, biaya yang dikeluarkan akan lebih banyak mulai dari biaya sewa rumah atau kontrakan, biaya listrik, biaya air, dan lain-lainnya.

Lain halnya jika Anda memiliki rumah sendiri, Anda akan menghemat uang Anda sekian persen. Meskipun begitu, baik yang sudah memiliki rumah sendiri ataupun masih menyewa, melakukan evaluasi terhadap biaya rumah sangat diperlukan.

Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Keluarga Dengan Gaji Minim 01 - Finansialku

[Baca Juga: BAHAYA!! Ternyata Selama Ini Hidup Kita Enggak Aman!]

 

#2 Membuat Planning Belanja Bulanan

Membuat planning untuk belanja bulanan sangat penting. Namun, Anda harus ingat juga kalau gaji yang masuk ke rekening terbilang minim jadi usahakan belanja keperluan yang memang dibutuhkan saja.

Barang-barang lain yang Anda inginkan sebaiknya dibeli satu per satu, tidak sekaligus dalam satu waktu. Itu akan menghabiskan gaji Anda.

Supaya lebih teratur, Anda sebaiknya membuat daftar belanjaan yang dibutuhkan untuk periode satu bulan berikut harganya.

Jika biaya yang dikeluarkan memiliki sisa, ada baiknya sisa uang tersebut Anda gunakan untuk kebutuhan lainnya yang penting.

 

#3 Mengurangi Aktivitas yang Berpotensi Menghabiskan Uang

Mungkin sering kali Anda merasakan jenuh terhadap pekerjaan Anda dan membutuhkan sedikit liburan. Akan tetapi, hal itu sebenarnya bukan solusi terbaik jika dilakukan secara terus-menerus karena dapat menghabiskan gaji Anda secara tidak langsung. 

Jika Anda memang butuh aktivitas di luar pekerjaan, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan seperti jalan-jalan sore, berolahraga di luar rumah, dan lain sebagainya.

Setidaknya aktivitas yang Anda lakukan tidak terlalu menghabiskan banyak uang.

Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Keluarga Dengan Gaji Minim 02 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Ini 8 Cara Mengatur Keuangan Keluarga dengan Gaji Kecil]

 

#4 Jangan Terlalu Sering Makan di Luar

Kebiasaan makan di luar sering kali menguras uang Anda. Pasalnya, sekali makan di luar Anda dapat menghabiskan uang paling sedikitnya lima puluh ribu.

Belum lagi kalau Anda terbiasa mengunjungi restoran yang umumnya memasang harga yang cukup mahal untuk sebuah menu.

Bayangkan kalau itu dilakukan setiap hari. Berapa banyak uang yang harusnya Anda hemat? Sebaiknya Anda mengunjungi restoran hanya sesekali dalam sebulan dan buatlah makanan sendiri di rumah.

Sekarang ini sudah banyak resep yang bisa Anda tiru dengan mudah. Tentunya itu akan menghemat pengeluaran biaya makan keluarga Anda.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 30-an, GRATIS!

12 Ebook Perencanaan Keuangan 30an

 

#5 Berburu Promo dan Diskon Tidak Ada Salahnya

Bagi Anda yang pendapatannya minim. Anda wajib memanfaatkan promo dan diskon yang biasanya diadakan oleh toko-toko offline maupun online pada tanggal tua.

Tidak ada salahnya berburu promo dan diskon justru hal itu lagi-lagi akan menghemat pengeluaran Anda.

Banyak promo yang bisa Anda coba, seperti promo cashback, promo gratis ongkos kirim bagi toko online, promo buy 1 get 1, dan promo lainnya yang tentunya sangat menggiurkan saat tanggal tua.

Namun, ada yang perlu diperhatikan, nih saat berburu promo dan diskon. Jangan sampai kalap, ya.

Beli saja kebutuhan-kebutuhan keluarga Anda yang mungkin sudah habis. Ini akan menghemat pengeluaran Anda di bulan selanjutnya.

 

#6 Membayar Tagihan Bulanan Tepat Waktu

Membayar tagihan bulanan seperti tagihan listrik, telepon, internet, dan lainnya sebaiknya dilakukan tepat waktu. Adapun jika beberapa di antara tagihan tersebut ada yang bisa Anda hentikan langganannya, kenapa tidak?

Ini akan menghemat pengeluaran Anda. Misal saja Wi-Fi, jika masih memungkinkan menggunakan layanan hotspot, maka penggunaan Wi-Fi ini tidak terlalu dibutuhkan. Uang tagihannya pun bisa Anda pakai untuk kebutuhan lain atau diinvestasikan.

Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Keluarga Dengan Gaji Minim 03 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Liburan Bersama Keluarga? Ini Cara Mendapatkan Promo Tiket Akhir Tahun]

 

#7 Carilah Pekerjaan yang Dapat Menghasilkan Uang Tambahan

Adanya penghasilan tambahan akan sangat membantu keuangan keluarga Anda. Akan tetapi, perlu diingat juga kalau Anda bekerja untuk mendapat penghasilan tambahan, usahakan pekerjaan itu tidak menyita banyak waktu Anda.

Karena, Anda sebagai manusia juga butuh waktu untuk istirahat yang cukup. Pekerjaan yang mungkin bisa dilakukan adalah penulis lepas, jualan online, dan lain sebagainya yang waktunya fleksibel.

Jika Anda benar-benar tidak mempunyai waktu untuk pekerjaan tambahan tersebut, sebaiknya jangan dilakukan.

 

#8 Jangan Terlalu Sering Menggunakan Kendaraan Pribadi

Pengeluaran untuk kebutuhan akomodasi lumayan besar jika Anda menggunakan sering kendaraan pribadi dalam setiap perjalanan.

Untuk menghemat pengeluaran, Anda sebaiknya mengurangi penggunaan kendaraan pribadi Anda karena biayanya yang lumayan besar.

Sebagai gantinya, Anda bisa sesekali menggunakan kendaraan umum untuk pergi ke kantor atau berjalan kaki jika mengunjungi tempat yang dekat.

Atau jika kantor Anda dekat dengan rumah atau kontrakan, Anda bisa menempuhnya dengan berjalan kaki hitung-hitung olahraga.

Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Keluarga Dengan Gaji Minim 04 - Finansialku

[Baca Juga: Waspada 7 Penyebab Keuangan Berantakan Ini, Sebelum Terlambat!]

 

#9 Menghindari Kebiasaan Konsumtif

Cara terakhir mengatur keuangan keluarga adalah hindari kebiasaan konsumtif. Sering kali saat berbelanja, apapun terlihat  dibutuhkan di mata pembeli. Padahal sebetulnya tidak begitu penting.

Apalagi ketika berbelanja pakaian atau fashion item lain, Anda harus menahan keinginan Anda untuk memborong semua barang yang Anda inginkan.

Jika tidak begitu, Anda akan terus-menerus berbelanja barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Belum lagi, tergoda oleh makanan-makanan di restoran mahal yang terlihat menggiurkan.

Furniture-furniture unik yang terlihat menawan yang belum tentu Anda butuhkan. Jika Anda mengikuti keinginan Anda, tentunya itu akan sangat menguras saldo rekening Anda.

Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Keluarga Dengan Gaji Minim 05 - Finansialku

[Baca Juga: Strategi Mengatur Keuangan Keluarga Muda Di Tengah Resesi]

 

Pentingnya Financial Planning Dalam Keluarga

Itulah cara-cara yang bisa dilakukan dalam mengatur keuangan keluarga. Hal yang berkaitan dengan financial planning sangat penting dilakukan di dalam keluarga.

Hal tersebut akan sangat membantu pengelolaan keuangan Anda apalagi jika gaji yang Anda dapatkan terbilang minim.

Dengan begitu, Anda dapat membuat perencanaan yang matang dan kebutuhan keluarga Anda pun bisa tercukupi dengan baik.

Anda dapat melakukan perencanaan keuangan dengan aplikasi Finansialku. Dengan aplikasi ini Anda dapat merencanakan keuangan keluarga Anda dengan baik.

Anda bisa mencatat keuangan, merencanakan keuangan, mengecek kesehatan keuangan, hingga konsultasi keuangan. Download aplikasinya di sini dan rencanakan keuangan keluarga Anda.

playstore icon
appstore icon

 

Kini, tentu Anda akan lebih mudah dalam mengatur keuangan keluarga meski dengan gaji kecil. Yuk bagikan artikel bermanfaat ini pada orang terdekat, terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • R Quiserto. 12 Januari 2014. Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Setelah Hadirnya Anak. Duwitmu.com – https://bit.ly/3mVFjV1
  • Admin. 01 Juli 2020. Cara Mengatur Keuangan Keluarga dengan Gaji Kecil. Blog.modalku.co.id – https://bit.ly/34PR2ya
  • Nisa Mutia Sari. 16 Maret 2019. 5 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Kecil, Pasti Cukup untuk Sebulan. Liputan6.com – https://bit.ly/2JtDAHZ

 

Sumber Gambar:

  • Keuangan 1 – https://bit.ly/3266mVz
  • Keuangan 2 – https://bit.ly/3242d4g
  • Keuangan 3 – https://bit.ly/382Keis
  • Keuangan 4 – https://bit.ly/3ej2Pbg