Kenapa orang harus harus tetap mengatur keuangan meski pemasukan kecil?

Yuk, cari tahu jawabannya di artikel Finansialku di bawah ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Kenapa Saya Harus Mengatur Keuangan Meski Pemasukan Kecil?

Selama menjadi perencana keuangan, tidak jarang saya menemui pertanyaan-pertanyaan seperti:

“Pemasukan saya kecil, emang harus mengatur keuangan? Apanya yang harus diatur?”

Lewat pertanyaan ini, saya ingin meluruskan, kalau bicara soal personal finance, itu bukan masalah seberapa besar pemasukan bulanannya.

Karena ini menyangkut manajemen keuangan, tidak peduli besar atau kecilnya pemasukan, kalau tidak bisa mengelola keuangan, semuanya akan menghadapi akhir yang sama, yaitu keuangan yang berantakan. Entah Sobat Finansialku punya pemasukan bulanan miliaran, kalau tidak pandai mengatur keuangan, mau tidak mau uang akan habis juga.

 

Begitu juga dengan Sobat Finansialku yang punya pemasukan kecil. Bagaimana bisa memenuhi kebutuhan bulanan kalau tidak bisa mengatur keuangan dengan baik?

Apalagi, di zaman yang serba mudah seperti sekarang, orang-orang cenderung YOLO atau FOMO, dan berubah jadi manusia yang konsumtif hanya demi memenuhi egonya.

Jadi sebenarnya, hal terpenting adalah bagaimana setiap bulannya, tabungan kita bisa mendapatkan surplus.

Bagaimana kita bisa selalu punya uang lebih untuk diinvestasikan, sehingga kita bisa sampai pada titik di mana kita tidak perlu lagi bekerja untuk menghidupi kebutuhan sehari-hari.

Kenapa Harus Mengatur Keuangan Meski Pemasukan Kecil 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Bijak Menciptakan Resolusi Keuangan 2021]

 

Lalu, bagaimana caranya untuk mengatur keuangan? Hal paling mendasar yang harus diketahui adalah, mengetahui apa saja kebutuhan dasar setiap bulannya, dan mengetahui juga apa saja yang termasuk ke dalam keinginan.

Dari situ, kita mulai bisa memilah, mana yang harus segera dipenuhi, dan mana yang bisa ditunda pemenuhannya.

Nah, untuk bisa begini, tentu Sobat Finansialku juga paham betul kalau harus ada yang diubah dari gaya hidup.

Mulailah untuk terapkan gaya hidup less is more. Sehingga di zaman yang serba konsumtif dan mudah didapatkan ini, Sobat Finansialku tidak terbawa arus buruk.

 

Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala KARYAWAN

Download Sekarang, GRATISSS!!!

4 Ebook Panduan Sukses Mengatur Gaji Ala Karyawan

 

Mulai Dengan Cara Ampuh Ini

Mari kita berandai-andai kalau saat ini, Sobat Finansialku sedang berniat untuk mengubah gaya hidup agar menjadi lebih sehat.

Di hadapan Sobat Finansialku, ada seorang dokter yang bertanya keadaan tubuh Sobat Finansialku dari a sampai z untuk bisa menilai seberapa buruk keadaan tubuh Sobat Finansialku, dan bagaimana cara yang tepat buat dilakukan Sobat Finansialku.

Keadaan itu, sebenarnya berlaku juga untuk Sobat Finansialku yang ingin mengubah kebiasaan finansial.

 

Hal pertama yang harus benar-benar dilakukan sebelum mengelola keuangan adalah dengan melakukan pengecekan secara menyeluruh atau Financial Check Up.

Financial Check Up ini membantu Sobat Finansialku untuk mendapatkan diagnosa lengkap tentang keadaan keuangan saat ini, sebelum mulai membenahi kebiasaan finansial.

Tenang, tidak perlu khawatir dan bingung harus melakukan di mana, karena Sobat Finansialku bisa melakukannya dengan mudah dan cepat di Aplikasi Finansialku yang bisa diunduh di Google Play Store atau Apple Apps Store.

Setelah mengunduh aplikasinya, Sobat Finansialku bisa memanfaatkan fitur Financial Check Up. Setelah itu, Sobat Finansialku tinggal mengikuti prosesnya hingga selesai, dan bisa langsung mendapatkan hasilnya saat itu juga!

Tidak selesai sampai di situ, Sobat Finansialku juga bisa mendapatkan kesempatan untuk mendiskusikan hasil pemeriksaan tersebut secara langsung dan empat mata bersama saya atau perencana keuangan lainnya, GRATIS!

FCU 2020 2

 

Nah, untuk bisa mendapatkan semua fasilitas ini, Sobat Finansialku cuma perlu berlangganan akun premium dengan harga Rp 350 ribu untuk 365 hari alias satu tahun penuh!

Sangat terjangkau, ‘kan? Karena artinya sama saja dengan Sobat Finansialku mengeluarkan dana kurang dari Rp 1.000 untuk mendapatkan masa depan keuangan yang jauh lebih terstruktur dan lebih baik dari sekarang.

Dapatkan juga potongan Rp 50 ribu untuk berlangganan aplikasi Finansialku premium lebih hemat dengan memasukkan kode voucher CUAN50!

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, unduh aplikasi Finansialku sekarang dan capai masa depan finansial yang baik bersama Finansialku! 

 

Bagaimana pendapat Sobat Finansialku mengenai topik di atas? Yuk, utarakan pendapatnya di kolom komentar sekarang!

Jangan lupa juga untuk membagikan informasi ini kepada teman-teman atau keluarga lewat pilihan platform yang tersedia di bawah ini, ya. Terima kasih!

 

 

Sumber Gambar:

  • Mengatur Keuangan Pemasukan Kecil 01 – https://bit.ly/3hMogDi
  • Mengatur Keuangan Pemasukan Kecil 02 – https://bit.ly/3rZWWWY