Beranjak dewasa, seorang mahasiswa harus pintar mengatur keuangannya sendiri. Yuk cari tahu cara mengatur keuangan untuk mahasiswa!

Ketahui tips-tips untuk mahasiswa agar keuangan mereka tidak berantakan lewat artikel Finansialku berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pentingnya Mengatur Keuangan untuk Mahasiswa

Rata-rata mahasiswa belum memiliki pendapatan mereka sendiri dan hanya bergantung dari jajan bulanan yang diberikan orangtua mereka.

Bagi mereka yang telah berpenghasilan, penghasilan mereka pun kadang dibutuhkan untuk membayar biaya kuliah atau menghidupi diri mereka sendiri.

Pada tahap ini, dibutuhkan pengaturan keuangan yang baik untuk memastikan bahwa seluruh kebutuhan dapat terpenuhi.

Investasi Menguntungkan Bagi Mahasiswa 01 - Finansialku

[Baca Juga: Begini Cara Mengelola Keuangan Mahasiswa agar Sukses Keuangan]

 

Tidak hanya itu, tahap perguruan tinggi merupakan tahap seorang remaja akan mencapai kedewasaan dan kebiasaan keuangan yang baik dapat menjadi modal untuk nantinya.

Berikut adalah tahapan pengaturan keuangan sesuai dengan prioritas dan kebutuhan seorang mahasiswa.

Supaya lebih memahami tahapan perencanaan keuangan bagi mahasiswa, pelajari lewat ebook dari Finansialku berikut ini. Download sekarang juga! Gratis!

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Pengaturan Awal

Tahap pertama untuk mengatur keuangan seorang mahasiswa adalah dengan mengetahui dan mengerti pengeluaran yang kamu butuhkan.

Sebelumnya, ketika masih hidup dengan orangtua, mungkin kamu tidak pernah menyadari berapa jumlah pengeluaranmu karena ketika uang habis, kamu dapat memintanya kembali.

Sebagai mahasiswa, mulailah dengan tips-tips di bawah ini untuk mengetahui pengeluaranmu.

 

#1 Susun Anggaran

Di setiap pengaturan keuangan, susunan anggaran adalah suatu hal yang tidak boleh terlewatkan.

Susunlah daftar pengeluaranmu, baik dengan memperkirakan barang apa saja serta jumlahnya atau dengan menggunakan referensi pengeluaran bulan sebelumnya.

Bagaimana Cara Mengatur Keuangan untuk Mahasiswa, Agar Keuangan Tidak Berantakan 02 Finansialku

[Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Mahasiswa: Belum Punya Penghasilan Tetap dan Masih Bergantung pada Orang Tua]

 

Mulailah dengan pengeluaran tetap seperti uang sewa, biaya kuliah, tagihan listrik air, buku dan alat tulis, serta konsumsi.

Setelah itu, lanjutkan dengan pengeluaran tidak tetap seperti untuk pakaian atau rekreasi dan entertainment.

Setelah kamu mengetahui jumlah kedua jenis pengeluaran tersebut, maka kamu pun dapat dengan mudah menyusun anggaran yang lebih realistis dan sesuai dengan kebutuhan kamu.

 

#2 Hindari Kebiasaan Berutang

Utang merupakan akar dari permasalahan keuangan karena utang dapat menumpuk dengan mudah dan utang tersebut dapat terus mengikuti kamu bahkan setelah kamu lulus kuliah.

Carilah sumber penyebab kamu berutang, misalnya jika kamu berutang karena biaya kuliah yang terlalu tinggi, maka kamu dapat memilih universitas dengan biaya kuliah yang lebih rendah. Tidak semua pendidikan yang baik membutuhkan biaya tinggi.

Selain itu, jika kamu berutang karena kamu membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan kamu, maka hiduplah dengan lebih sederhana.

Hindari menghabiskan uang hanya untuk gengsi seperti pergi keluar dengan teman, membeli gadget mahal atau sebagainya karena hal tersebut hanya akan menjadi masa lalu.

Hitung dan rencanakan dana pendidikanmu melalui fitur Dana Pendidikan di aplikasi Finansialku! Download aplikasinya sekarang juga dan nikmati fitur-fitur lainnya yang dapat membantumu mewujudkan seluruh tujuan keuanganmu.

 

Pengaturan Tengah

Pengaturan keuangan ini adalah pengaturan keuangan yang berguna untuk kebutuhan kamu selama kamu menempuh pendidikan tinggi.

Pengaturan keuangan ini penting untuk memastikan bahwa kebutuhan kamu  selama kuliah terpenuhi serta kamu mampu mempersiapkan dana untuk kebutuhan masa depan kamu.

 

#1 Menabung

Tabunglah uang sesering dan sebanyak mungkin yang kamu bisa. Jumlah yang terlihat sedikit jika diakumulasikan seiring dengan berjalannya waktu akan menghasilkan jumlah yang cukup banyak.

Walaupun kamu hanya dapat menyisihkan Rp200 ribu setiap minggunya, pada saat lulus nanti kamu sudah dapat menyimpan kurang lebih Rp45 juta.

Hidup kamu belum tentu dapat berjalan sesuai dengan yang kamu rencanakan dan waktu adalah aset terbaik dalam hal menabung.

Semakin awal kamu mulai menabung, semakin baik masa depan yang akan kamu nikmati.

Selain itu, dengan menabung, kamu pun dapat mencapai tujuan finansial kamu dengan lebih mudah.


 

#2 Dana Darurat

Pengaturan keuangan kamu dapat terjaga apabila kamu memiliki pos dana darurat.

Bayangkan jika suatu saat terjadi hal darurat yang tidak kamu inginkan seperti kecelakaan, masalah kesehatan dan sebagainya dan kamu tidak memiliki pos dana darurat.

Pada saat itu, kamu harus merelakan seluruh tabungan serta pengaturan keuangan kamu akan menjadi berantakan.

Salah satu cara untuk mempersiapkan kebutuhan darurat adalah dengan mengikuti program asuransi. Program asuransi dapat melindungi kamu serta keuangan kamu.

Karena kamu adalah seorang mahasiswa, carilah produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan kamu serta premi yang masih di dalam batas kemampuan kamu.

 

Pengaturan Akhir

Tahap terakhir ini adalah tahapan di mana kamu harus fokus dengan masa depan kamu. Setelah kamu lulus kuliah, belum tentu kamu harus mendapatkan pekerjaan yang sesuai.

Untuk itu, kamu harus mempersiapkan dana untuk kebutuhan kamu pada masa pengangguran tersebut.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik:

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Untuk Mahasiswa

Ebook Mahasiswa

Download Ebook Sekarang

 

#1 Investasi

Jangan mengira investasi hanya dapat dilakukan setelah kamu bekerja atau pada saat usia kamu lebih dewasa. Investasi dapat dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja.

Sesuaikan instrumen investasi kamu dengan kebutuhan dan kemampuan kamu. Sebagai mahasiswa, investasi dengan risiko rendah lebih sesuai dibandingkan dengan investasi risiko tinggi.

Beberapa pilihan investasi rendah risiko adalah reksa dana, emas, atau saham.

Mulailah dengan investasi dengan modal rendah, yang mana kamu dapat meningkatnya secara bertahap.

Ingatlah untuk selalu mengetahui dengan jelas asal usul produk investasi agar kamu tidak tertipu dengan investasi gadungan.

 

#2 Dana Pensiun

Masa pensiun merupakan masa di mana produktivitas kamu berkurang dan kamu memerlukan dana untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Jangan menganggap bahwa kamu masih dapat menunggu setelah kamu lulus kuliah dan mulai mempersiapkan dana pensiun setelah kamu mendapatkan pekerjaan.

Lebih baik kamu mempersiapkan dana pensiun sekarang dibandingkan kamu harus memusingkannya nanti ketika kebutuhan dan pengeluaran kamu lebih banyak.

4-Cara-Memiliki-Tabungan-Pensiun-1-Finansialku

[Baca Juga: Para Mahasiswa, Perlukah Memiliki Asuransi Penyakit Kritis?]

 

Manfaatkan faktor waktu yang kamu miliki sebagai mahasiswa. Semakin dini kamu mulai mempersiapkan dana pensiun tersebut, semakin banyak pula yang dapat kamu kumpulkan.

Berapapun jumlah yang dapat kamu sisihkan, semakin sering kamu menyisihkannya, semakin sejahtera pula masa pensiun kamu.

 

Belajar Dewasa Secara Finansial

Mengatur keuangan pribadi kamu serta menabung demi tercapainya tujuan finansial merupakan hal yang sulit untuk semua orang, tidak hanya untuk mahasiswa.

Dengan membiasakan diri mengatur keuangan dengan baik pada saat perguruan tinggi, kamu akan lebih mudah menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan dewasa terhadap keuangan pribadi nantinya.

 

Untuk melengkapi informasi kamu, cek juga video tentang cara cerdas mengetahui kesehatan keuangan kamu sebagai mahasiswa ya…

 

Sudahkah kamu mulai mengatur keuangan kamu sejak dini?  Hal apa saja yang kamu lakukan untuk memastikan bahwa pengeluaranmu sesuai dengan anggaran yang telah kamu susun?

Berikan tips serta informasi yang dapat membantu para mahasiswa agar keuangan mereka tidak berantakan melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Jeremy Vohwinkle. 19 Januari 2016. Financial Planning For College Students. Thebalance.com – https://goo.gl/dwnk6y

 

Sumber Gambar:

  • Rencana keuangan mahasiswa – https://goo.gl/pBt8DH
  • Rencana keuangan mahasiswa 2 – https://goo.gl/TtgXUv