Tahukah Anda bagaimana cara mengelola keuangan untuk wanita single parents? Menjadi sosok single parent (orangtua tunggal) memang bukan suatu hal yang mudah. Anda harus mampu membesarkan anak seorang diri, ketika keluarga lainnya bisa membagi tugas itu dengan para pasangannya. Seringkali skenario terburuk seperti kehilangan pekerjaan atau sakit sehingga tidak dapat bekerja bisa terjadi pada Anda. Karena itu, persiapan dan perencanaan keuangan yang baik dibutuhkan agar single parent bisa mengatur kondisi keuangannya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

8 Tips Mengelola Keuangan untuk Wanita Single Parents

Menjadi single parent bukanlah hal yang diinginkan setiap orang. Sebagian orangtua harus menjadi single parent dikarenakan pasangannya telah meninggal terlebih dahulu. Sebagian lagi akibat suami istri sudah tidak merasa harmonis dan sudah tidak sepaham dalam membina rumah tangga dan pada akhirnya memilih dan memutuskan untuk bercerai.

8 Tips Mengelola Keuangan untuk Wanita Single Parents 02 - Finansialku

[Baca Juga: 11 Langkah Keuangan agar Hidup Kaya Sebagai Single Moms]

 

Orangtua tunggal tentu akan membuat Anda memiliki segudang kebijakan di dalam keuangan. Berbagai pos pengeluaran yang harus ditutupi setiap bulannya, akan menjadi kewajiban yang ditanggung oleh Anda sendiri selaku single parents. Apa saja dalam hal keuangan yang harus diperhatikan?

 

#1 Menambah Pemasukan Anda

Tidak mudah menjadi seorang single parent, selain menjadi tulang punggung satu-satunya dalam keluarga dalam urusan mencari nafkah, juga harus mendidik dan mengurus keluarga. Sama seperti keluarga lainnya, single parent harus mampu mengalokasikan dan menyiapkan pendapatan untuk kehidupan sehari-hari, pengeluaran mendadak, dan pengeluaran jangka panjang.

Tidak ada salahnya untuk mencari dan menemukan sebuah pekerjaan sampingan yang dapat menambah penghasilan Anda, terutama jika Anda memiliki sejumlah kebutuhan yang tidak terpenuhi dengan hanya mengandalkan penghasilan dari pekerjaan yang ada saat ini. Namun, selalu ingat bahwa ini hanyalah penghasilan tambahan, dimana pekerjaan saat ini masih tetap menjadi sumber penghasilan utama di dalam keuangan Anda.

 

#2 Membuat Anggaran dan Catatan Keuangan

Anda tidak bisa mengelola rekening tabungan Anda jika Anda tidak tahu dimana semua Anda dan kemana tujuannya. Memiliki anggaran merupakan tahapan yang paling penting dalam perencanaan keuangan. Anda harus melakukannya dengan teliti dan menggunakan perkiraan yang tepat, agar tidak ada ketimpangan di dalam perencanaan yang telah Anda atur.

Catatlah setiap perencanaan, penerapan anggaran secara rinci dan jelas. Anda dapat mengetahui pola pemasukan dan pengeluaran Anda melalui catatan keuangan Anda. Dengan mengetahui pola, Anda dapat memprediksi jumlah pengeluaran di waktu yang akan datang. Anda dapat mulai menyiapkan dananya mulai dari sekarang, sehingga tiba waktunya Anda tidak perlu berhutang.

Gunakan aplikasi Finansialku sebagai alat bantu membuat anggaran dan catatan keuangan untuk Anda. Anda bisa download di Google Play Store.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

#3 Miliki Asuransi Jiwa dan Kesehatan

Setiap single parent sebaiknya memiliki polis asuransi yang tepat bagi diri dan anak-anaknya. Asuransi yang perlu dimiliki adalah asuransi jiwa, sehingga ada dana yang bisa digunakan bagi pengganti Anda untuk mengurus anak-anak jika terjadi kematian.

Orang-orang terkadang mengeluhkan besarnya uang yang harus dikeluarkan untuk asuransi. Namun, apabila Anda harus menghadapi tindakan medis yang tak terduga, tentu biaya yang harus Anda keluarkan menjadi lebih banyak daripada premi asuransi yang harus Anda bayarkan. Jadi sebaiknya Anda juga membeli asuransi kesehatan dan pendidikan agar gaji yang telah Anda kumpulkan bertahun-tahun tidak habis hanya untuk membiayai perawatan medis, dan supaya Anda mampu menyiapkan pendidikan anak dengan baik tanpa terhalang biaya pendidikan yang semakin naik.

 

#4 Lunasi Utang-utang yang Masih Ada

Anda perlu membuat daftar kewajiban finansial yang harus dibayar, maka Anda bisa merencanakan pembayaran untuk utang-utang tersebut sesuai dengan aset yang dimiliki, setidaknya untuk jangka waktu beberapa bulan sebelum kondisi keuangan Anda pulih kembali.

Ketika Anda menjadi single parent karena perceraian Anda perlu mendiskusikan dan menyepakati pembagian kewajiban pelunasan utang seperti KPR maupun kredit kendaraan bermotor yang tidak akan berubah dan masih atas nama suami istri yang bercerai, apakah harus dibagi dua atau dilanjutkan sesuai dengan porsi kemampuan masing-masing. 

 

Bahaya! Utang harus Anda lunasi Click to Tweet

 

#5 Bangun Dana Darurat (Emergency Fund)

Mempunyai dana darurat biasanya sangat sulit dilakukan, terutama apabila Anda menjadi satu-satunya sumber finansial bagi keluarga. Namun demikian, menyiapkan dana cadangan merupakan cara terbaik untuk melindungi Anda.

Dana darurat adalah sejumlah uang yang Anda alokasikan dan dipakai ketika kejadian darurat; kejadian ini dapat berupa biaya rumah sakit atau biaya kecelakaan atau pemenuhan biaya kebutuhan ketika tiba-tiba Anda di PHK. Idealnya, Anda dapat mengalokasikan kurang dari 10% dari total pendapatan Anda untuk dana darurat. Usahakan untuk terus mengalokasikan dana darurat dengan jumlah minimal 6-12 kali lebih besar dari total pendapatan Anda tergantung pada status dan jumlah orang yang harus dihidupi.

Perencanaan Dana Darurat - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Perencanaan Dana Darurat Keluarga]

 

#6 Belajar Berinvetasi

Lakukan investasi di dalam keuangan, agar keluarga memiliki jaminan masa depan di masa yang akan datang. Tidak harus dalam jumlah besar saja, Anda juga bisa melakukan investasi dalam jumlah yang kecil terlebih dahulu, tentunya yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda saat ini.

Namun sangat penting untuk selalu berhati-hati dalam memilih instrumen investasi, terutama bagi Anda yang belum terbiasa dan memiliki pengetahuan yang cukup mengenai hal ini. Berinvestasilah dalam berbagai instrumen yang jelas dan memiliki risiko yang rendah, agar uang tidak hilang dan menguap dengan percuma. Jangan lupa untuk melakukan investasi dalam beberapa instrumen, agar risiko dapat terbagi dan keuangan tetap memiliki jaminan yang baik di dalam investasi yang Anda lakukan tersebut.

Anda dapat mempertimbangkan investasi reksa dana. Finansialku memiliki e-book reksa dana untuk Anda pelajari. Silakan download e-book reksa dana secara gratis.

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

 

#7 Buat Rencana Keuangan, Khususnya Dana Pendidikan Anak dan Persiapan Pensiun Anda

Rencana selalu menjadi sebuah langkah awal yang tepat di dalam keuangan, dimana berbagai keinginan dan juga kebutuhan Anda terhadap keuangan keluarga bisa Anda susun dengan matang dan tepat pada sasaran. Dalam menyusun sebuah rencana keuangan, Anda akan membutuhkan berbagai pertimbangan terlebih dahulu, sehingga berbagai pos di dalam keuangan tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan keluarga secara keseluruhan.

Selalu bedakan dengan baik, antara keinginan, kebutuhan dan kewajiban. Hal ini akan membuat Anda memahami apa saja dan bagaimana cara Anda dalam memenuhi berbagai pos di dalam keuangan Anda. Pemahaman ini juga akan sangat membantu Anda untuk bisa memilih dan mendahulukan berbagai kebutuhan di dalam keuangan, termasuk menentukan berbagai pos lainnya yang harus dipenuhi untuk kebutuhan masa depan. Upayakan untuk selalu memikirkan masa depan sejak awal, misalnya dengan mempersiapkan: asuransi kesehatan, asuransi pensiun, dana pendidikan, atau bahkan liburan ketika Anda sudah pensiun nanti.  

Dalam mempersiapkan dana pendidikan, dana liburan atau tujuan keuangan lainnya, Anda bisa memakai aplikasi Finansialku. Silakan kunjungi aplikasi Finansialku atau Anda dapat download di Google Play Store.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

#8 Persiapkan Waris

Saat ini, Anda merupakan satu-satunya orangtua, sehingga jika sampai terjadi sesuatu dengan Anda, Anda dapat mengatur mengenai waris atau kekayaan untuk anak. Terlebih lagi bila Anda memiliki anak yang masih dibawah 17 tahun. Oleh sebab itu, diskusikan dengan notaris dan perencana keuangan untuk mengamankan waris dan distribusikan harta ke anak.

 

Menikah Lagi, Apakah Termasuk Solusi Keuangan?

Single parent dengan memiliki anak biasanya lebih sering untuk melepaskan impian menemukan cinta dan hidup bersama seseorang lagi. Memang tidak ada kepastian bahwa menikah lagi pasti akan lebih sejahtera hidupnya. Hal ini sangat bergantung dengan pasangan dan komitmen dari Anda berdua.  

8+ Cara Jenius Mengatur Keuangan untuk Single Mom 1 - Finansialku

[Baca Juga: 8+ Cara Jenius Mengatur Keuangan untuk Single Mom]

 

Sebenarnya menurut Jim T Miller dalam Huffingtonpost.com mengatakan bahwa menikah lagi sebenarnya dapat membawa banyak masalah finansial dan hukum yang jauh berbeda dan lebih rumit dibandingkan dengan pasangan muda yang baru akan menikah. Ada beberapa masalah umum yang perlu Anda pikirkan.

 

#1 Warisan

Menikah kembali bisa memberi pengaruh besar pada warisan yang secara hukum milik Anda. Bahkan jika Anda akan meninggalkan segalanya untuk anak-anak Anda, di sebagian besar negara, pasangan secara otomatis memiliki hak untuk mendapatkan warisan (biasanya sepertiga sampai setengah).

Jika Anda tidak ingin meninggalkan sepertiga atau lebih aset Anda ke pasangan baru Anda, dapatkan perjanjian pranikah dimana Anda berdua setuju untuk tidak mengambil apapun dari warisan pasangan Anda.

 

#2 Rumah 

Jika Anda berencana tinggal di rumah pasangan atau sebaliknya, Anda juga perlu memikirkan apa yang akan terjadi pada rumah saat pemiliknya meninggal. Jika, misalnya Anda berdua memutuskan untuk tinggal di rumah Anda, tapi Anda ingin anak-anak Anda mewarisi tempat itu setelah Anda meninggal, menempatkan rumah di kedua nama bukanlah pilihan. Tapi, Anda mungkin juga tidak ingin ahli waris Anda mengusirnya begitu Anda meninggal. Salah satu solusinya adalah agar Anda memberi pasangan Anda hak untuk tinggal di properti Anda selama hidupnya. Kemudian setelah ia meninggal, rumah tersebut akan diberikan kepada ahli waris Anda.

Slide Bagaimana Cara Melunasi Hutang Sebelum Menikah Coba Praktikkan Cara Ini 01 - Finansialku

[Konsultasi: Bagaimana Cara Melunasi Hutang Warisan Keluarga?]

 

#3 Jaminan Sosial, Tunjangan dari Mantan dan Manfaat Pensiun

Menikah lagi juga dapat mempengaruhi manfaat banyak orangtua yang bercerai atau janda yang menerima jaminan sosial dari mantan pasangan mereka.

Janda dan duda pegawai negeri, seperti polisi dan pemadam kebakaran, sering menerima pensiun yang bisa hilang akibat mereka menikah lagi. Selain itu, janda dan duda personil militer yang terbunuh saat bertugas dapat kehilangan manfaat uang pensiun apabila menikah kembali.

 

Keuangan Harus Dikelola

Apapun yang terjadi atau bagaimana pun situasinya, keuangan setiap orang harus dikelola dengan baik. Hal ini akan membuat setiap masalah keuangan dapat berkurang atau setidaknya dapat Anda atur sebaik mungkin. Silakan hubungi tim perencana keuangan kami jika Anda memiliki kesulitan dalam mengelola keuangan. Kami hadir untuk Anda!

 

Bagaimana dengan pendapat Anda? Apakah wanita single parents akan lebih sejahtera jika menikah lagi? Silakan tulis pendapat Anda pada kolom komentar dan Yuk kita diskusikan jawaban Anda. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Andrea Murad. 27 Februari 2012. Financial Tips for Single Parents. Foxbusiness.com – https://goo.gl/YZvpEm
  • Jennifer Wolf. 23 Juni 2017. Money Management 101 for Single Parent Going it Alone. Thespruce.com – https://goo.gl/zrks88
  • Sharon Epperson. 20 Juli 2016. Finance tips for Single Parents. Cnbc.com – https://goo.gl/3CSfsQ
  • Siti Hadijah. 15 November 2016. Cara Atur Keuangan Khusus Single Parent. Cermati.com – https://goo.gl/oTeuNx
  • Jim T Miller. 27 Desember 2012. Financial Considerations for Remarrying Later in Life. Huffingtonpost.com – https://goo.gl/c4cmnd

 

Sumber Gambar:

  • Wanita Single Parents – https://goo.gl/hPzxCq dan https://goo.gl/Ldqi4t

 

Download Ebook Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download ebook Investasi Emas