Menjadi orang tua tentu saja bukan pekerjaan yang mudah. Apalagi jika Anda adalah orang tua tunggal atau single parent. Namun, menjadi single parent bahagia bukanlah hal yang mustahil lho!

Sebagai orang tua, tentu banyak hal yang harus Anda lakukan dan kerjakan. Hal ini tentu saja akan sangat menuntut mental dan fisik Anda. Jangan khawatir, yuk simak pembahasan lengkap berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Peran Orang Tua

Orang tua adalah suatu pekerjaan yang perlu kesabaran dan energi ekstra. Apalagi jika Anda menjadi orang tua tunggal. Baik karena perceraian atau kematian pasangan.

Anda perlu menjalankan berbagai peran sebagai orang tua. Mulai dari mengurus dan mendidik anak, juga mencari nafkah. Selain itu, Anda menjalani hal ini tanpa adanya partner dan membuat kondisi ini terasa semakin berat.

Banyak orang tua tunggal yang akhirnya mengabaikan kesehatannya dan lupa menjaga diri sebagai pribadi yang positif. Padahal, dengan cara yang tepat, bukan tidak mungkin untuk bisa menjadi single parent bahagia.

Bagaimana pun juga, setiap orang memiliki hak untuk sehat dan bahagia. Termasuk Anda yang menjadi orang tua tunggal. Anda bisa menjadi pribadi yang bahagia, namun tetap tidak mengabaikan hak-hak anak Anda.

Jangan lupa juga, bahwa untuk bisa memiliki keluarga yang harmonis dan bahagia, kebahagian orang tua adalah hal yang tidak kalah penting.

Orang tua yang bahagia akan lebih mampu memberikan kasih sayang, mendidik, dan menciptakan keluarga yang harmonis. Dengan begitu, anak Anda juga lebih mungkin untuk bisa memiliki masa depan yang baik.

Lalu, bagaimana cara untuk menjadi single parent yang bahagia?

 

Tips Single Parent Bahagia

Untuk bisa menjadi single parent yang bahagia, banyak hal yang bisa Anda lakukan. Berikut ini adalah beberapa tips menjadi single parent bahagia:

 

#1 Berpikir Positif

Konsep dasar untuk menjadi pribadi yang bahagia adalah dengan selalu menjaga pikiran tetap positif. Begitu pula untuk menjadi single parent yang bahagia. Penting bagi Anda untuk tetap berpikir positif.

Takut Jadi Single parent Ketahui Sekarang 5 Keuntungan Single parent 02 Single Parent 2 - Finansialku

[Baca Juga: Takut Jadi Single Parent? Ketahui Sekarang 5 Keuntungan Single Parent]

 

Meskipun pada praktiknya, menjaga pikiran tetap positif bukanlah hal yang mudah, tapi bukan berarti tidak mungkin dilakukan.

Anda bisa mulai dengan mencoba membuang segala rasa takut, rasa bersalah, dan kekhawatiran terhadap masa depan yang masih tidak pasti.

Yakinkan diri bahwa Anda bisa melalui situasi tersebut dengan baik. Dan bahwa nantinya segala hal akan berjalan dengan lancar.

Jika ada hal yang tidak sesuai dengan prediksi Anda, Anda bisa menyesuaikan kembali hal tersebut dengan situasinya. Dan yakinkan diri Anda, bahwa itu bukanlah sesuatu yang buruk.

 

#2 Berikan Pemahaman Pada Anak

Saat menjadi single parent, kerja sama dengan anak adalah hal yang penting. Apalagi jika Anda menjadi single parent disebabkan oleh perceraian.

Bisa jadi, anak juga memiliki pertanyaan dan mungkin rasa bersalah yang menjadi beban pikirannya.

Sampaikan kepada anak mengenai alasan mengapa Anda dan pasangan memutuskan untuk berpisah.

Namun, pastikan Anda tidak menceritakan sesuatu yang negatif. Juga, gunakan kalimat positif yang lebih mudah dipahami dan dimengerti oleh anak.

Bisa jadi, anak juga akan menyampaikan keluh kesah dan pertanyaan-pertanyaan lainnya. Biarkan anak berbagi perasaannya dengan Anda dan dengarkan hal tersebut dengan baik.

Takut Jadi Single parent Ketahui Sekarang 5 Keuntungan Single parent 03 Single Parent 3 - Finansialku

[Baca Juga: Jadi Single Parent Memang Berat! 7+ Cara Maksimal Membahagiakan Anak!]

 

Yakinkan juga, meskipun Anda dan pasangan Anda sudah berpisah, ia tetap disayang dan dicintai sebagaimana sebelumnya.

Selain itu, berikan juga pemahaman kepada anak mengenai hak dan kewajiban, serta tanggung jawab.

Anda bisa membangun suatu rutinitas bersama anak, seperti waktu makan malam, waktu bermain, jam tidur, jam bangun tidur, dan berbagai hal lainnya.

Libatkan juga anak Anda dalam melakukan pekerjaan rumah sehari-hari. Mulai dari menyapu, menjemur pakaian, hingga berbelanja.

Hal ini selain membantu anak menjadi pribadi yang lebih baik, juga bisa menjadi me time antara Anda dengan anak.

 

#3 Memenuhi Kebutuhan Finansial

Hal penting lain dalam rumah tangga adalah pemenuhan kebutuhan finansial. Anda perlu mencari pekerjaan yang dapat menopang kebutuhan hidup Anda dan juga anak Anda.

Sanggupkah Single Parents Menyekolahkan Anak Hingga Sarjana Ini Rahasianya 02 Finansialku

[Baca Juga: Jangan Sepelekan! 10 Kesalahan Mengelola Keuangan Single Parents yang Sering Dilakukan]

 

Carilah pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan pendidikan Anda. Namun, akan lebih baik jika Anda bisa menemukan pekerjaan yang cukup fleksibel secara waktu. Dengan begitu, Anda bisa tetap fokus terhadap pengasuhan anak.

Selain itu, usahakan untuk menyisihkan sebagian gaji Anda untuk keperluan jangka panjang anak. Misalnya biaya pendidikan, kesehatan, dan biaya lainnya.

 

#4 Libatkan Orang Terdekat

Menjadi single parent bukan berarti Anda harus mengambil semua beban sendiri. Anda memiliki tanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan finansial dan juga bertanggung jawab terhadap perkembangan anak.

Sanggupkah Single Parents Menyekolahkan Anak Hingga Sarjana Ini Rahasianya 03 Finansialku

[Baca Juga: 5+ Rahasia Mengurus Anak Menjadi Sukses Ala Single Parents]

 

Akan tetapi, tidak ada salahnya juga jika Anda ingin meminta tolong kepada orang terdekat Anda. Misalnya, pada saat Anda sedang bekerja, Anda bisa menitipkan anak Anda kepada orang tua, saudara, atau bahkan tetangga.

Tidak ada salahnya juga untuk tetap bekerja sama dengan mantan pasangan Anda perihal tanggung jawab pengasuhan anak.

Jika memungkinkan, Anda juga bisa menggunakan jasa pengasuh anak atau pembantu rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan anak.

 

#5 Merawat Diri

Merawat diri juga adalah salah satu cara untuk menjadi single parent bahagia. Pastikan Anda memiliki pola makan yang sehat dengan gizi berimbang.

Perhatikan juga olahraga dan juga pola istirahat Anda. Pastikan Anda memiliki waktu istirahat yang cukup.

Takut Jadi Single parent Ketahui Sekarang 5 Keuntungan Single parent 01 - Finansialku

[Baca Juga: 11 Langkah Pasti Mencapai Bebas Keuangan Ala Single Parents]

 

Sesekali tidak ada salahnya juga untuk memberikan kelonggaran untuk diri sendiri, misalnya dengan melakukan perawatan diri ke salon atau hangout bersama teman.

Hal ini akan membantu membangun mental yang kuat dan bahagia dalam diri Anda.

Dengan melakukan perawatan diri dengan baik, Anda menjadi yakin bahwa Anda sama berharganya dengan orang lain. Dengan begitu, Anda bisa lebih menghargai diri Anda dan akan menjadi pribadi yang lebih bahagia.

 

Single Parent Bukanlah Kesalahan

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar menjadi single parent bahagia. Di samping berbagai tips tersebut, yang terpenting adalah jangan sampai Anda menyalahkan diri Anda sendiri karena menjadi single parent.

Sadari bahwa menjadi single parent bukanlah sebuah kesalahan. Terlepas apapun alasan dan sebab mengapa Anda menjadi single parent.

Yakinkan juga diri bahwa Anda bisa menjadi orang tua yang baik dan mampu memberikan yang terbaik bagi anak, meskipun Anda menjalani peran sebagai orang tua tunggal.

Mewujudkan mimpi bukanlah hal yang mustahil, Anda bisa memulainya dengan membaca buku ‘Make A Plan And Get Your Financial Dreams Come True’ yang ditulis oleh Melvin Mumpuni CFP, CEO Finansialku.

Yuk dapatkan bukunya dengan klik link di bawah ini..

Review Buku Make A Plan And Get Your Financial Dreams Come True 01 - Finansialku

DAPATKAN BUKUNYA!

 

Jika Anda memiliki tips lain untuk menjadi single parent bahagia, Anda bisa membagikan tips tersebut dengan pembaca lainnya. Yaitu dengan menuliskan tips tersebut di kolom komentar.

Dan jika Anda merasa bahwa artikel ini bermanfaat, akan lebih baik jika Anda juga membagikannya kepada kerabat, keluarga, atau kenalan Anda lainnya. Khususnya jika saat ini mereka sedang menjalani peran sebagai single parent.

Dengan begitu, mereka bisa memahami bahwa menjadi single parent dan bahagia adalah hal yang wajar untuk dilakukan.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Kiat Menjadi Single Parent yang Bahagia. Alodokter.com – http://bit.ly/2m7RfIO

 

Sumber Gambar:

  • Single Parent Bahagia – http://bit.ly/2mDCspz