Bagaimana mencapai bebas keuangan ala single parents? Apakah bisa? Berikut langkah pasti mencapai bebas keuangan ala single parents.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Bebas Keuangan ala Single Parents

Menjadi seorang single parents bukanlah pilihan. Setiap orang yang menikah tentunya tidak pernah berpikir untuk menjadi orangtua tunggal. Namun, kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi.

Banyak hal yang dapat membuat seseorang menjadi single parents. Bisa karena kematian, perceraian, atau bahkan memilih untuk menjadi single parents karena faktor tertentu.

Langkah Pasti Mencapai Bebas Keuangan Ala Single Parents 02 Finansialku

[Baca Juga: Apa itu Kebebasan Keuangan]

 

Namun, bagaimana kondisi keuangan seorang single parents? Terutama untuk single parents yang tidak bekerja.

Bagaimana para single parents melangsungkan kehidupannya agar tetap bisa hidup layak bahkan mencapai bebas keuangan?

Mungkin banyak orang yang mengira bahwa dengan menjadi seorang single parents, Anda tidak bisa mencapai bebas keuangan. Orang-orang tersebut tidak akan pernah percaya sampai hal itu benar-benar terjadi.

Uang memang bukan segalanya, tapi uang itu penting. Anda tidak dapat memungkiri bahwa seluruh manusia butuh uang untuk bertahan hidup.

Namun, banyak single parents di luar sana yang tidak menaruh perhatian lebih kepada perencanaan keuangan, sehingga banyak dari mereka kesulitan untuk mencapai bebas keuangan. Apakah Anda salah satunya?

Oleh karena itu, Anda perlu mempersiapkan diri untuk mencapai kebebasan keuangan dari sekarang! Untuk mengetahui langkah pasti mencapai bebas keuangan ala single parents, mari simak langkah-langkah berikut:

 

11 Langkah Pasti Mencapai Bebas Keuangan Single Parents

Berikut ini 11 langkah pasti dalam mencapai bebas keuangan single parents yang perlu Anda lakukan sekarang!

 

#1 Menyadarkan Diri Bahwa Anda Sekarang Harus Mandiri dalam Hal Keuangan

Anda mungkin masih mendapatkan tunjangan kebutuhan untuk anak Anda dari mantan pasangan Anda. Namun, Anda perlu menyadari bahwa tunjangan yang diberikan itu akan habis seiring berjalannya waktu.

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui bahwa segala sesuatu bisa terjadi pada mantan pasangan Anda. Ia bisa saja kehilangan pekerjaannya, meninggal, sakit, dan lain-lain.

Sanggupkah Single Parents Menyekolahkan Anak Hingga Sarjana Ini Rahasianya 01 Finansialku

[Baca Juga: Ini Rahasia Mencapai Kebebasan Keuangan Ala Brian Tracy]

 

Bukannya menakut-nakuti, namun Anda perlu menyadarinya karena Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi.

Hal ini berarti, ia tidak akan selalu bisa menunjang kebutuhan hidup Anda dan anak Anda.

Maka dari itu, Anda tidak bisa bergantung pada mantan pasangan Anda saja. Anda tidak bisa mengontrol uang yang diberikan oleh mantan pasangan Anda, namun yang bisa Anda lakukan adalah mengontrol berapa banyak yang Anda dapat hasilkan.

 

#2 Mengetahui Seberapa Banyak Uang yang Anda Habiskan

Anda perlu membuat anggaran keuangan (budgeting). Anggaran ini dapat membantu mengetahui berapa banyak uang yang akan Anda keluarkan.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam membuat anggaran, Anda dapat menggunakan aplikasi Finansialku.

Aplikasi Finansialku dapat membantu Anda membuat anggaran dengan mudah. Selain itu Anda juga dapat langsung mencatat setiap pengeluaran di smartphone Anda, sehingga keuangan Anda menjadi lebih terorganisasi.

Download aplikasinya sekarang juga di Google Play Store, atau akses langsung aplikasinya di browser Anda dengan mengklik link berikut ini.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#3 Mengetahui Seberapa Banyak Pemasukan Anda

Jika Anda memiliki berbagai sumber pendapatan, Anda perlu mengetahui berapa jumlah total pendapatan Anda. Hal ini sangat penting karena jika Anda tidak tahu berapa pemasukan yang Anda miliki, Anda akan kesulitan dalam mengatur pengeluaran Anda.

Selain itu, dengan mengetahui jumlah pemasukan Anda maka, Anda dapat mengatur berapa besar uang yang akan Anda gunakan untuk kebutuhan sehari-hari, untuk ditabung, dan uang yang dapat Anda investasikan.

Ibu Single Parent Gaji UMR Bandung Bagaimana Cara Mengatur Keuangannya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Mencapai Kebebasan Keuangan yang Dapat Saya Lakukan?]

 

Namun, sebelum memulai investasi Anda harus memastikan bahwa kondisi keuangan Anda sehat. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan dana darurat Anda terlebih dahulu.

Paling tidak, Anda perlu menyiapkan dana darurat untuk kebutuhan Anda selama 6 bulan. Sehingga, ketika suatu hal terjadi, Anda tetap bisa melangsungkan hidup Anda untuk 6 bulan ke depan.

 

#4 Menghabiskan Uang di Tempat yang Dapat Menghasilkan Uang

Anda dapat menggunakan waktu yang Anda miliki untuk membangun sebuah bisnis. Namun, jika Anda merasa kesulitan Anda bisa mencoba franchise sebagai alternatif pilihan bisnis Anda.

Selain itu Anda juga bisa mencoba investasi di pasar modal seperti saham, reksa dana, obligasi dan lain-lain.

Anda belum paham bagaimana caranya meraih keuntungan tinggi dengan investasi emas? Pelajari dasar-dasar dan kiat sukses investasi emas lewat ebook Panduan Berinvestasi Emas! Download sekarang juga, gratis lho!

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

#5 Memeriksa Skor Kredit Anda

Apakah Anda pernah menghiraukan skor kredit Anda? Skor kredit memiliki peran penting dalam beberapa hal di kehidupan Anda, lho.

Salah satunya adalah memengaruhi jumlah pinjaman yang Anda bisa dapatkan. Jika skor kredit Anda buruk, maka kemungkinan besar pinjaman Anda akan ditolak.

Selain itu, ketika Anda melamar pekerjaan, skor kredit Anda akan diperiksa juga.

Jika skor kredit Anda buruk, maka kemungkinan besar Anda tidak bisa mendapatkan pekerjaan yang Anda mimpikan.

 

#6 Menentukan Tujuan Keuangan Jangka Pendek dan Jangka Panjang

Pernahkah Anda mencatat dengan baik tujuan keuangan Anda?

Tujuan keuangan jangka pendek misalnya membayar tagihan kartu kredit, menyiapkan dana darurat, atau memiliki pendapatan lebih. Sedangkan tujuan keuangan jangka panjang misalnya membeli sebuah rumah, tabungan dana pendidikan anak, atau investasi untuk dana pensiun.

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Rumah - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Untuk mengingatkan Anda akan tujuan keuangan yang perlu Anda capai, Anda bisa menuliskan tujuan keuangan Anda di aplikasi Finansialku.

Setelah mencatat tujuan keuangan di aplikasi Finansialku, Anda bisa mengetahui berapa uang yang harus Anda alokasikan per bulan demi mencapai tujuan tersebut.

Anda juga bisa menentukan investasi mana yang dapat mendekatkan Anda dengan tujuan keuangan Anda.

 

#7 Melindungi Keluarga Anda

Anda perlu memberikan perlindungan pada keluarga Anda dengan asuransi.

Jika budget Anda tidak mencukupi untuk memberikan perlindungan ke seluruh anak Anda, paling tidak Anda melindungi diri Anda sendiri selaku tulang punggung keluarga dengan memiliki asuransi yang paling dasar, yakni asuransi jiwa.

20 Cara Memiliki Kehidupan Keluarga Bahagia untuk Single Parent 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ketahui Pajak Bunga Deposito dan Cara Perhitungannya yang Benar]

 

Asuransi jiwa adalah proteksi yang paling penting untuk membantu Anda memproteksi keluarga Anda, terutama sebagai orangtua tunggal.

Hanya Tuhan yang tahu seberapa panjang umur Anda. Anda tentunya tidak ingin anak-anak Anda terpaksa berhenti sekolah setelah Anda tiada, bukan?

Bila Anda sebagai tulang punggung keluarga memiliki asuransi jiwa, setidaknya ada uang pertanggungan bagi keluarga yang Anda tinggalkan.

 

#8 Menentukan Tujuan Hidup

Selain tujuan secara finansial, Anda juga perlu menentukan tujuan hidup Anda yang berkualitas. Anda bisa mulai dari hal yang sederhana misalnya memiliki quality time dengan anak Anda. Sehingga kehidupan Anda dapat seimbang antara keuangan dan keluarga.

 

#9 Memutuskan Bagaimana Menghasilkan Uang Lebih

Di zaman modern ini Anda tidak perlu bingung menentukan bagaimana menghasilkan uang lebih. Anda dapat browsing di Google bagaimana caranya.

Ada ratusan cara yang dapat membuat Anda menghasilkan uang lebih di waktu luang Anda. Misalnya, membuka online shop, menjadi penulis blog, dan lain-lain.

Anda juga bisa cek artikel-artikel terdahulu Finansialku tentang penghasilan tambahan.

 

#10 Mengurangi Uang yang Anda Keluarkan untuk Shopping

Jika Anda sedang stres, mungkin sekarang shopping bukanlah pilihan yang tepat untuk Anda.

Anda perlu mengurangi hasrat belanja dan membeli barang-barang yang Anda perlukan saja. Lebih bijak lagi apabila sebelum pergi belanja Anda membuat daftar barang yang Anda akan beli.

Mungkin pada awalnya Anda mengalami kesulitan untuk tidak shopping seperti biasanya. Namun, lama kelamaan Anda akan terbiasa melakukannya dan Anda pasti bisa.

 

#11 Mengerti Perpajakan

Apabila Anda sudah mandiri secara keuangan, sekarang waktunya Anda mengetahui bagaimana cara mengisi pajak yang benar sebagai single parents.

Anda tidak harus memahami semua peraturan dan ketentuan pajak. Namun, setidaknya Anda mengetahui hal-hal penting dalam perpajakan.

 

Single Parents Bisa Mencapai Bebas Keuangan

Lakukanlah 11 langkah pasti mencapai bebas keuangan ala single parents di atas, tentunya cara-cara itu dapat membantu Anda mencapai bebas keuangan.

Tidak ada yang tidak mungkin selama Anda mau berusaha mewujudkannya. Konsistensi dan komitmen yang Anda lakukan tidak akan sia-sia.

 

Apakah Anda mempunyai saran lainnya untuk mencapai bebas keuangan ala single parents? Silahkan berikan komentar dan pendapat Anda di kolom yang telah disediakan.

Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

 

Sumber Referensi:

  • Emma Johnson. 25 Mei 2018. 11 Financial Steps to a Reach Life as a Single Mom. Wealthysinglemommy.com – https://goo.gl/F9T45q
  • Honoree Corder. 29 Oktober 2013. Single Mom’s Money Mastery – 3 Steps to Financial Freedom, Part 1 – https://goo.gl/CDiu4Y

 

Sumber Gambar:

  • Single parents – https://goo.gl/BmnqeW
  • Single parents 2 – https://goo.gl/YRjojK