Apa yang dimaksud dengan SSE Pajak? Bagaimana cara mendapatkan SSE Pajak? Lalu, apa manfaat yang didapatkan dengan menggunakan SSE Pajak?

Kali ini Finansialku akan membahas mengenai SSE Pajak yang kami siapkan untuk Anda!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Apa Itu SSE Pajak?

Pemerintah mulai mengarahkan cara pembayaran pajak dari yang manual menjadi online dengan menggunakan SSE (Surat Setoran Elektronik). Kebijakan tersebut diberlakukan mulai tanggal 1 Januari 2016.

Bagi Anda yang menjalankan usaha atau memperoleh penghasilan di atas PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak), tentunya wajib untuk membayar kewajiban pajak Anda dengan salah satu alat pembayaran elektronik ini.

SSE (Surat Setoran Elektronik) Pajak adalah suatu sistem pembayaran pajak yang diadministrasikan oleh Biller Direktorat Jenderal Pajak dengan menerbitkan billing system.

DJP menyediakan website yang dinamakan sse.pajak.go.id untuk diakses agar mendapatkan e-billing atau ID Billing.

ID Billing yang diterbitkan dapat digunakan oleh Wajib Pajak (baik badan usaha maupun perorangan) untuk membayar pajak secara online maupun melalui bank.

Keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan ID Billing, yaitu dapat menyimpan informasi data pembayaran secara real time.

 

Cara Mendapatkan SSE Pajak

Untuk dapat menggunakan fasilitas SSE Pajak, Anda harus registrasi terlebih dahulu.

Cara registrasinya pun cukup mudah, registrasi dapat dilakukan dengan mengunjungi website sse.pajak.go.id tanpa harus datang dan mengantre di KPP (Kantor Pelayanan Pajak).

Mengetahui dan Memahami SSE Pajak Itu Banyak Manfaatnya Lho 02 - Finansialku

[Baca Juga: Tidak Lengkap Tanpa Mengenal Surat Tagihan Pajak (STP)]

 

Saat ini SSE (Surat Setoran Elektronik) memiliki banyak versi diantaranya versi 1, versi 2 dan versi 3. Berikut penjelasan tentang masing-masing versi:

 

E-Billing Versi 1

SSE1 atau SSE versi 1 dapat diakses dan didapatkan di halaman website sse.pajak.go.id. Namun, untuk saat ini, SSE Pajak versi 1 telah ditutup dan telah di-update menjadi E-Billing Versi 2 dan E-Billing Versi 3.

E-Billing Versi 2 diperuntukkan bagi Anda yang telah memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) dan memiliki PIN pada E-Billing Pajak versi 1.

Sedangkan E-Billing Versi 3 diperuntukkan bagi Anda yang telah memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), namun belum pernah terdaftar di Sistem Billing Pajak.

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

E-Billing Versi 2

SSE2 atau SSE versi 2 dapat diakses dan didapatkan di halaman website sse2.pajak.go.id.

Wajib Pajak yang memilih untuk membuat SSE (Surat Setoran Elektronik) dengan versi 2, maka tampilan yang akan keluar adalah tampilan seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini:

Mengetahui dan Memahami SSE Pajak Itu Banyak Manfaatnya Lho 03 - Finansialku

 

Isi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) secara lengkap dan benar, nama lengkap seperti yang tercantum dalam NPWP, isi email pin yang dapat digunakan.

Setelah mendaftarkan NPWP, Wajib Pajak harus memasukkan dengan pin nomer. Selanjutnya pilih konten SSE yang berwarna hijau.

Mengetahui dan Memahami SSE Pajak Itu Banyak Manfaatnya Lho 04 - Finansialku

 

Nama Wajib Pajak, NPWP dan alamat akan digunakan untuk memperoleh SSE (Surat Setoran Elektronik).

Untuk memperoleh SSE Pajak, Anda juga harus mengisi jenis pajak, kode setoran pajak, periode pajak dan tahun pajak beserta jumlah yang harus dibayarkan. Pastikan jenis pajak dan jenis setoran tidak salah.

 

E-Billing Versi 3

SSE3 atau SSE versi 3 merupakan versi alternatif. Layanan SSE versi 3 diciptakan sebagai backup jika layanan E-Billing SSE Pajak versi 1 maupun versi 2 mengalami error.

Untuk melakukan pendaftaran SSE Pajak versi 3 sangatlah mudah.

Pertama, silahkan akses website sse3.pajak.go.id. Lalu pilih registrasi dan isi seluruh data yang dibutuhkan dalam formulir tersebut.

Mengetahui dan Memahami SSE Pajak Itu Banyak Manfaatnya Lho 05 - Finansialku

 

Setelah terisi semua, silakan klik “Daftar”. Kemudian sistem akan mengirim link aktivasi ke email yang Anda daftarkan.

Mengetahui dan Memahami SSE Pajak Itu Banyak Manfaatnya Lho 06 - Finansialku

 

Silahkan cek email Anda, kemudian buka email yang dikirim oleh sistem E-Billing Pajak.

Mengetahui dan Memahami SSE Pajak Itu Banyak Manfaatnya Lho 07 - Finansialku

 

Klik link aktivasi yang ada di email tersebut, kemudian log in menggunakan nomor NPWP dan password Anda.

Jika sudah berhasil masuk, maka Anda akan diarahkan untuk pembuatan kode E-Billing Pajak seperti dibawah ini:

Mengetahui dan Memahami SSE Pajak Itu Banyak Manfaatnya Lho 08 - Finansialku

 

Meskipun SSE versi 3 dibuat paling akhir namun pada website ini Anda tidak dapat membuat kode E-Billing untuk NPWP, selain NPWP yang Anda gunakan untuk mendaftar pada website ini.

NPWP yang tertera dalam formulir pembuatan kode E-Billing Pajak tidak dapat diubah.

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Lalu, Apa Manfaat dari Penggunaan SSE Pajak?

Adanya SSE Pajak akan meningkatkan ketertiban Wajib Pajak.

Sistem pembayaran pajak secara online ini akan memudahkan Wajib Pajak dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya. Prosedur penggunaan SSE yang relatif mudah akan mengalihkan Wajib Pajak untuk melakukan pembayaran pajak secara online.

SSE Pajak dapat memberikan manfaat seperti membayar pajak bisa dari mana saja, kapan saja, hemat waktu serta tenaga. Datanya pun sangat akurat. Anda tidak perlu antre di KPP (Kantor Pelayanan Pajak) berjam-jam.

SSE Pajak dapat membuat pekerjaan Anda menjadi lebih mudah.

 

#1 Bayar Pajak Lebih Fleksibel

Di tengah kesibukan Anda sebagai Pengusaha Wajib Pajak, kini Anda dapat membayar pajak di mana saja dan kapan saja. Anda dapat menyetor kewajiban perpajakan Anda tanpa harus datang untuk mengantre di Kantor Pajak.

Dengan mengunjungi website sse.pajak.go.id, Anda bisa membayar pajak dengan mudah. Anda juga dapat melakukan transaksi pembayaran pajak online via ATM atau internet banking/mobile banking dengan hanya memasukkan kode E-Billing yang Anda dapatkan.

 

#2 Prosesnya Menghemat Waktu dan Tenaga

Transaksi pembayaran pajak dengan menggunakan SSE hanya dilakukan dalam hitungan menit saja bahkan hitungan detik.

Hadirnya SSE dapat membantu Anda menghemat waktu lebih banyak karena tidak menghabiskan waktu dan tenaga di jalan menuju bank maupun kantor pajak.

Para Entrepreneur! Kenali Dulu Aturan Pajak Untuk Mendirikan Usaha Baru 01 - Finansialku

[Baca Juga: Menakjubkan! Ini Dia 7 Negara Pajak Terendah di Dunia]

 

Selain itu, proses pembayaran pajak dengan menggunakan ATM atau internet banking/mobile banking dapat menghemat waktu dan tenaga Anda, karena prosesnya dapat dilakukan tanpa harus menunggu jam operasional bank.

 

#3 Sistem yang Lebih Akurat Mengurangi Kesalahan

SSE dapat memudahkan Anda dalam membayar pajak secara akurat dan meminimalisasi kesalahan input Kode Akun Pajak (KAP) dan Kode Jenis Setoran (KJS), seperti yang sering terjadi pada pembayaran pajak secara manual.

Sistem akan mengarahkan Anda untuk mengisi formulir SSE Pajak dengan benar dan tepat.

 

Kemudahan dari SSE (Surat Setoran Elektronik) Pajak

Dengan adanya SSE Pajak, maka pembayaran pajak dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Selain itu, Anda dapat mengemat waktu dan dapat membayar pajak dengan akurat. Jadi, tunggu apalagi?

Segera daftarkan diri Anda dalam aplikasi yang diberikan oleh Pemerintah melalui SSE Pajak! Jadilah warga Negara yang taat pajak!

 

Menurut Anda, apakah fasilitas pajak yang diberikan pemerintah memberikan kemudahan bagi anda? Berikan jawaban dan pendapat Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Kang Ads. 27 Agustus 2018. Pahami Pengertian dan Manfaat Surat Setoran Elektronik Pajak. Medium.com – https://goo.gl/dQ5ZDS
  • Kartika Ratnasari. 14 Oktober 2017. Mengenal SSE Pajak: Pengertian, Keuntungan, dan Cara Daftar. Cekaja.com – https://goo.gl/L84VZG

 

Sumber Gambar:

  • Lapor SSE Pajak Online – https://goo.gl/6ENxYo
  • SSE Pajak – https://goo.gl/89Vnqg