Apa saja untung rugi tabungan emas? Memiliki investasi adalah suatu hal penting yang harus Anda miliki agar masa depan Anda secara finansial dapat lebih terjamin.

Selain itu, investasi juga bisa menjadi dana darurat yang bisa Anda gunakan jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan dana.

Ada banyak instrumen investasi yang bisa Anda pilih. Salah satu yang menjadi favorit adalah investasi emas.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Untung Rugi Tabungan Emas

Saat Anda ingin menyimpan dana untuk kebutuhan di masa depan, investasi dinilai lebih efektif daripada menabung uang. Karena, seiring waktu nilai dari uang akan cenderung mengalami penurunan, sedangkan investasi justru akan semakin bertambah.

Ada berbagai jenis investasi yang bisa Anda pilih. Bagi Anda yang lebih menyukai investasi dalam bentuk fisik, emas dan properti hingga saat ini masih menjadi instrumen investasi favorit.

Akan tetapi, untuk berinvestasi di properti, Anda perlu memiliki dana yang cukup besar lebih dulu. Karena itu, sebagai investor pemula, emas dirasa menjadi pilihan investasi yang cukup menarik.

Selain karena harganya yang cukup terjangkau untuk investasi, harga emas juga cenderung meningkat dari waktu ke waktu.

Bahkan semakin lama Anda menyimpan emas Anda, keuntungan yang bisa Anda dapatkan juga akan semakin besar.

Meskipun lebih terjangkau dibandingkan dengan properti, harga emas juga bisa dikatakan cukup mahal jika Anda tidak memiliki dana yang cukup. Tapi Anda tidak perlu khawatir, saat ini Anda bisa lebih mudah berinvestasi emas dengan cara menabung emas di Pegadaian.

Mengetahui Untung Rugi Tabungan Emas 02 Pegadaian - Finansialku

[Baca Juga: Investasi Emas Batangan adalah Sarana untuk Hedging dan Diversifikasi Portofolio Investasi]

 

Selain program menabung emas, Pegadaian juga memiliki program lain seperti kredit emas dan arisan emas. Adanya berbagai program ini akan semakin memudahkan Anda untuk bisa memiliki emas sebagai investasi.

Namun, sebelum itu ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Utamanya adalah tentang untung rugi tabungan emas. Karena dengan mengetahui hal tersebut, Anda akan lebih bijak dalam mengambil keputusan terkait strategi investasi yang akan Anda lakukan.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Keuntungan Menabung Emas

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat memilih investasi dengan cara menabung emas.

Beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan adalah:

 

#1 Biaya yang Sedikit

Dengan adanya sistem menabung, Anda bisa memiliki emas dengan harga yang lebih terjangkau dan sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Anda tidak harus membeli emas dalam nominal tertentu secara langsung, tapi bisa mencicilnya sedikit demi sedikit sesuai dana yang Anda miliki. Bahkan Anda bisa mulai menabung emas di Pegadaian hanya dengan 5 ribu Rupiah saja.

 

#2 Aman

Saat Anda memutuskan untuk menabung emas, pastikan Anda melakukannya di tempat yang aman. Pegadaian dan bank terpercaya bisa menjadi alternatif tempat yang dapat Anda pilih untuk memulai tabungan emas Anda.

Selain itu, memilih emas sebagai tabungan juga dirasa lebih menguntungkan dibandingkan jika Anda menabung uang.

Investasi-Emas-Batangan-3-Finansialku

[Baca Juga: Sebelum Investasi Emas Antam Online, Perhatikan Beberapa Hal Berikut Ini!]

 

Hal ini karena harga emas yang cenderung stabil dan meningkat akan lebih mampu menghadapi inflasi dibandingkan dengan nilai mata uang yang cenderung menurun saat terjadi inflasi.

 

#3 Mudah Digadaikan

Emas adalah salah satu instrumen investasi yang cukup likuid. Sehingga jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan dana tunai, Anda bisa menggadaikan atau menjual emas Anda.

Hal ini akan semakin mudah lagi jika Anda menabung emas di Pegadaian.

Dana tunai yang Anda dapatkan dari menggadaikan emas akan sangat bergantung pada berat emas yang Anda punya. Semakin berat emasnya, maka akan semakin banyak dana tunai yang bisa Anda dapatkan.

 

#4 Bersertifikat

Saat Anda menabung emas, Anda juga akan mendapatkan sertifikat untuk emas yang Anda miliki. Sertifikat ini menunjukkan bahwa Anda adalah pemilik dari emas tersebut.

Pada umumnya, sertifikat emas yang banyak beredar adalah sertifikat dari PT Antam. Tapi jika Anda menabung emas di Pegadaian, Anda akan mendapatkan sertifikat emas dari Pegadaian.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#5 Syarat Mudah dan Cepat

Hal lain yang cukup menguntungkan dari menabung emas adalah prosesnya yang cepat dan mudah.

Tidak ada proses yang terlalu berbelit-belit saat Anda ingin mengajukan tabungan emas sehingga hanya dalam waktu beberapa menit saja, Anda bisa memulai tabungan emas Anda.

 

Kerugian Menabung Emas

Saat Anda ingin memulai suatu investasi, Anda harus tahu lebih dulu apa saja untung rugi dari investasi tersebut, termasuk saat menabung emas.

Anda harus tahu dulu apa saja untung rugi tabungan emas. Hal ini akan membuat Anda bisa lebih mudah mengambil keputusan untuk kepentingan Anda.

Naik-Turun-Harga-Emas-2-Finansialku

[Baca Juga: Sebelum Berinvestasi Emas, Ayo Kenali Dulu Karat Emas dan Alasan Investasi Emas]

 

Selain berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan, menabung emas juga memiliki beberapa kerugian atau risiko yang mesti Anda hadapi.

Beberapa di antaranya adalah:

 

#1 Berat Emas yang Ditentukan

Saat Anda akan menabung emas, ada berat minimal yang perlu Anda miliki sebelum tabungan Anda bisa dicairkan.

Pada umumnya, nilai minimal emas untuk dicairkan adalah sebesar 5 gram. Jika tabungan Anda belum mencapai berat ini, maka Anda harus menunggu lebih dulu untuk bisa mendapatkan manfaatnya.

 

#2 Ada Kurs

Dalam jual beli emas juga terdapat kurs jual dan kurs beli. Biasanya kurs jual emas akan lebih rendah dibandingkan dengan kurs belinya.

Kurs jual dan kurs beli ini sebenarnya tidak terlalu berpengaruh jika Anda telah menyimpan emas Anda dalam waktu yang cukup.

Akan tetapi, jika Anda tidak menyimpan emas Anda dalam waktu yang cukup sebelum menjualnya, Anda akan mendapat kerugian dari selisih antara harga Anda membeli emas dengan harga saat Anda menjual emas.

 

#3 Biaya Cetak

Harga emas saat menabung emas memang cenderung lebih murah dibandingkan saat Anda membelinya secara langsung di toko emas. Akan tetapi, saat Anda menabung emas, sebenarnya Anda tidak langsung bisa memiliki emas tersebut secara fisik.

Jika Anda ingin memiliki emas tersebut secara fisik, maka Anda harus mencetaknya lebih dulu dan membayar biaya cetak dalam jumlah tertentu.

 

Untung Rugi Tabungan Emas Harus Anda Ketahui

Itulah beberapa untung rugi tabungan emas yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk menabung emas.

Akan tetapi, pada dasarnya sistem menabung emas ini cukup menarik bagi Anda yang ingin memiliki emas namun tidak memiliki dana tunai yang cukup untuk membeli emas dalam berat tertentu secara langsung.

Naik-Turun-Harga-Emas-1-Finansialku

[Baca Juga: Investor Pemula, Ketahui Cara Memulai Investasi Emas Agar Tidak Salah!]

 

Jadi, apakah Anda berencana untuk memulai menabung emas?

Atau jika Anda sudah memiliki tabungan emas, Anda bisa menceritakan pengalaman Anda saat menabung emas. Misalnya bagaimana untung rugi tabungan emas yang Anda rasakan atau kesulitan dan kemudahan saat Anda akan menabung emas.

Tuliskan pengalaman Anda di kolom komentar agar bisa berbagi dengan pembaca lainnya.

 

Jika menurut Anda artikel ini bermanfaat, Anda juga dapat membagikannya kepada teman, kerabat, atau keluarga Anda.

Hal ini dilakukan supaya mereka mengetahui apa saja untung rugi tabungan emas dan bisa lebih bijak membuat keputusan terkait tabungan dan investasi emas.

Selamat berinvestasi!

 

Sumber Referensi:

  • Lhm di. 20 Juli 2017. Seperti Ini Untung Rugi Tabungan Emas Pegadaian. Cekaja.com – https://goo.gl/CDdNdm
  • Sakti. 23 Oktober 2017. Buka Tabungan Emas Pegadaian Rugi atau Untung? Tamasia.co.id – https://goo.gl/WycYyZ
  • Rizfan. 30 Juli 2017. 9 Plus Minus Menabung Emas di Pegadaian. Carainvestasibisnis.com – https://goo.gl/ZuJhuu

 

Sumber Gambar:

  • Untung Rugi Tabungan Emas – https://goo.gl/CSUCJu
  • Untung Rugi Tabungan Emas Pegadaian – https://goo.gl/N75jeu
Summary
Sebagai Investor Pemula, Anda Harus Mengetahui Untung Rugi Tabungan Emas
Article Name
Sebagai Investor Pemula, Anda Harus Mengetahui Untung Rugi Tabungan Emas
Description
Apa saja untung rugi tabungan emas? Memiliki investasi adalah suatu hal penting yang harus Anda miliki agar masa depan Anda lebih terjamin.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo