Kata siapa mahasiswa tidak bisa menghasilkan pendapatan tambahan? Bisa, kok!

Bagaimana caranya? Yuk simak ide-ide Finansialku berikut, siapa tahu bisa menginspirasimu untuk keluar dari zona nyaman dan melampauinya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Menghasilkan Pendapatan Tambahan Itu Menyenangkan

Tahukah kamu kalau kamu itu beruntung? You’re a lucky one karena bisa menikmati berbagai kesempatan yang ditawarkan dunia, meskipun kamu masih berstatus mahasiswa.

Salah satu kesempatan itu adalah bekerja. Iya bekerja. Ada berbagai jenis pekerjaan yang bisa kamu geluti tanpa mengandalkan gelar sarjana atau gelar akademik lainnya.

Menggeluti pekerjaan sejenis ini selagi masih kuliah bukan hanya akan menambah pengalamanmu, melainkan juga pundi-pundimu.

Nah mulai sekarang, waktu luangmu bisa kamu manfaatkan untuk mengerjakan beberapa jenis pekerjaan berikut ini.

 

Cara Menghasilkan Pendapatan Tambahan #1 Penulis Lepas

Kalau kamu memiliki bakat atau gemar menulis, itu sesuatu yang sangat bagus! Di luar sana ada banyak sekali pihak yang membutuhkan jasamu.

Kamu hanya perlu mempromosikan portofoliomu di berbagai situs penghubung klien dan freelancer, salah satunya Sribulancer.

Kalau kamu punya keahlian tertentu, itu lebih bagus lagi! Banyak klien membutuhkan jasa penulisan karya tulis dengan topik yang lebih spesifik, seperti kesehatan, keuangan, dan sebagainya.

Sebagai informasi, kamu juga bisa menjual jasa lain melalui situs sejenis Sribulancer, seperti pembuatan website dan desain logo.

Kalau kamu memiliki keahlian di bidang IT, banyak klien yang bersedia membayar lebih tinggi asal kamu bisa menyelesaikan permasalahannya secepat dan setepat mungkin.

banner -perencanaan keuangan freelancers

 

#2 Guru Les Online/Offline

Statusmu sebagai mahasiswa, apalagi jika kampusmu terkenal bagus, akan menarik adik-adik yang sedang mencari guru les privat.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan ini! Kamu juga bisa jadi tambah pintar karena secara otomatis jadi sering membahas soal.

Lingkaran relasimu juga semakin luas karena bertambahnya kenalan dari anak didikmu kelak.

Apalagi sekarang sudah ada platform yang mempertemukan pengajar dan murid didiknya secara online, seperti Ruanglesonline milik Ruangguru.com.

Kamu bisa mengurangi biaya transportasi dan menghemat waktu perjalanan, hanya perlu kuota dan kemampuan komunikasi yang baik.

 

#3 Reseller atau Dropshipper

Tidak bisa dipungkiri bahwa Revolusi Industri 4.0 mengubah perilaku konsumen dan produsen akhir-akhir ini.

Semakin banyak konsumen yang memilih belanja online sehingga produsen yang menjual secara offline semakin berkurang. Produsen lebih bergantung pada distributor sebagai jembatan antara dirinya dan konsumen.

Kamu bisa memanfaatkan peluang ini dengan menjadi reseller atau dropshipper. Sebagai reseller, kamu menjual kembali produk yang telah dibeli distributor dari produsen.

Kalau kamu tidak punya cukup modal, kamu bisa jadi dropshipper dengan hanya menyebarluaskan informasi mengenai produk tersebut di berbagai marketplace, seperti Tokopedia.

Dengan kata lain, kamu tidak perlu membeli produknya dari distributor. Kamu hanya perlu effort ekstra dalam mengelola dan mempromosikan toko onlinemu.

 

#4 Social Media Influencer

Ada banyak platform media sosial yang bisa jadi fokus targetmu, kamu tinggal pilih: Youtube, Instagram, Facebook, Blogger. Menjadi seorang influencer di media sosial memang memerlukan konsistensi, tapi bukan berarti kamu tidak bisa.

 Sudah banyak influencer yang membuktikan bahwa tidak selalu artis yang bisa menjadi influencer di media sosial.

Pertama-tama, kamu sebaiknya menentukan self-branding-mu dan fokus konten yang menarik, lalu kembangkan kreativitas dan attitude baikmu.

Semua proses menjadi influencer memang membutuhkan kesabaran dan kegigihan hingga pada saatnya banyak tawaran endorsement menanti jawabanmu. Kalau sudah begitu, niscaya rekeningmu tidak akan pernah kosong!

 

#5 Kontributor Survei Online

Kita patut bersyukur Bapak Internet, Leonard Kleinrock, pernah lahir ke dunia. Dengan internet yang ia ciptakan, informasi bisa dengan mudahnya diperoleh berbagai kalangan.

Keuntungan ini lah yang dimanfaatkan perusahaan besar untuk mendapatkan data mengenai konsumen mereka, salah satunya dengan mengadakan survei online. Mereka memberikan rewards kepada konsumennya yang bersedia mengikuti survei-survei tersebut.

Rewards yang ada biasanya berupa poin yang bisa ditukarkan menjadi e-money atau pulsa jika sudah mencapai angka tertentu. Ada banyak platform survei online seperti ini, salah satunya Nusaresearch.

Kalau kamu sedang gabut, kamu bisa isi waktu luangmu dengan ikut survei online di sana.

 

#6 Main Saham Lapis Satu atau Dua

Jangan bilang belum saatnya mahasiswa itu main saham karena Warren Buffett saja sudah memulainya sejak masih 11 tahun! Memang agak menyita waktu karena mesti memantau grafik supaya untung banyak.

Padahal jadwal kelasmu padat, belum lagi rapat-rapat organisasi kampus dan kegiatan kemahasiswaan lainnya.

7 Ide untuk Menghasilkan Pendapatan Tambahan Bagi Mahasiswa 05

[Baca Juga: 6 Investasi untuk Mahasiswa yang Penting untuk Kamu Ketahui]

 

Kalau begitu kamu bisa ikut reksadana karena ada manajer investasi yang akan mengurus danamu.

Pastikan bahwa saham yang kamu investasikan bukalah saham gorengan. Kalau kamu punya uang bulanan yang agak besar, kamu bisa sisihkan untuk investasi di saham-saham lapis satu.

Kalau tidak, kamu bisa pilih saham-saham yang cenderung lebih terjangkau, yaitu saham-saham lapis dua.

 

#7 Pengemudi Ojek Online

Terakhir, kamu masih bisa menghasilkan pendapatan tambahan kala menunggu kelas dengan menjadi supir ojek online. Selain mendapatkan rupiah, seringkali pengemudi ojek online mendapatkan cerita-cerita menarik dari para penumpangnya.

Banyak dari cerita tersebut yang dapat memotivasimu untuk lebih tegar dalam menghadapi kehidupan yang keras ini.

Selain itu, kamu juga memiliki kesempatan untuk belajar cara menghadapi berbagai jenis kepribadian pelanggan.

Hal ini bisa jadi aset berharga bagimu untuk kehidupan pasca kuliahmu nanti. Jadi, tidak ada salahnya kamu mencoba pekerjaan ini, guys!

 

Tetap Fokus pada Tujuan Awal

Status masih mahasiswa tetapi sudah punya penghasilan itu keren. Selain saldo rekening, kamu juga memiliki nilai lebih dari sisi pengalaman hidup.

Namun lebih keren lagi kalau prestasi akademikmu sejalan dengan keberhasilan usahamu. Oleh sebab itu, jangan pernah lari dari tujuan awalmu berada di kampusmu saat ini.

Jangan lupakan harapan dan usaha orangtua supaya kamu lulus dengan IPK baik dan memiliki kehidupan pasca kuliah yang menjanjikan. Tujuan utamamu adalah menuntaskan kuliah hingga dapat berdiri di atas kaki sendiri pasca menyelesaikan studi.

Jadilah pribadi yang bertanggung jawab atas pilihan yang telah kamu buat dan kerjakan sampai selesai.

Berikan tanggapan dan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Anda juga dapat membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan.

 

Sumber Referensi:

  • Erin Huffstetler. 20 November 2019. Easy Ways to Earn Extra Money. Thebalanceeveryday.com- https://bit.ly/2GP0Nzx

 

Sumber Gambar:

  • Mahasiswa 01 – https://bit.ly/394fxqr
  • Mahasiswa 02 – https://bit.ly/31nSeFn
  • Mahasiswa 03 – https://bit.ly/2UpdJEq
  • Mahasiswa 04 – https://bit.ly/2u7KwDr
  • Mahasiswa 05 – https://bit.ly/31mQAE5
  • Mahasiswa 06 – https://bit.ly/393ekj3