Mungkin sebagian dari kalian, para pembaca, masih kebingungan bagaimana cara mengubah file JPG ke PDF.

Biasanya jenis file PDF ini dibutuhkan ketika kamu mau upload file ke yang mengharuskannya menggunakan jenis file PDF.

Kali ini Finansialku akan membahas tentang caranya merubah file JPG ke PDF. Agar lebih jelas, mari simak ulasannya berikut ini. selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pada Saat Inilah File JPG Harus Diubah ke PDF

Pada saat kamu ada di situasi harus melengkapi administrasi seperti daftar kuliah atau melamar kerja atau tes CPNS secara online, pasti kamu diharuskan untuk meng-upload beberapa file.

Jenis file yang biasanya dibutuhkan untuk meng-upload suatu file adalah JPG, DOC, PDF. Saat ini sudah banyak software yang bisa kita gunakan untuk membaca bahkan membuat file format PDF.

Saat ini juga file format PDF sudah terintegrasi dengan internet seperti di Google Drive kita bisa langsung melihat file format PDF tanpa harus meng-install aplikasi di komputer.

Tapi bagaimana jika keadaan terdesak yang mengharuskan kamu meng-upload file pada saat itu juga dengan format PDF, sedangkan file yang kamu miliki adalah format JPG?

Cara Mudah Mengubah File JPG ke PDF di Android dan PC 02

[Baca Juga: 20 Cara Seorang Pemimpin Meningkatkan Semangat Kerja Tanpa Mengandalkan Uang. Silakan Anda Buktikan Sendiri!]

 

Tidak perlu khawatir, karena sekarang ini telah banyak layanan yang bisa membantu kamu untuk mengubah file dengan format JPG menjadi PDF dengan mudah.

Ada beberapa cara yang bisa kamu pilih ketika ingin mengubah JPG ke PDF di Android atau pun melalui PC.

Untuk mengubah file ini ada dua metode yaitu secara online dan secara offline., nah untuk cara offline, kamu membutuhkan software tambahan yang bisa dijalankan di Android

Sedangkan untuk cara online, ada banyak pilihan situs atau web yang bisa kamu kunjungi.

 

Perbedaan File Format JPG dan PDF

Yuk pelajari dulu apa perbedaan file berformat JPG dan PDF. JPG (Joint Photographic Group) berfungsi untuk menggabungkan berbagai elemen terpisah menjadi sebuah file tunggal yang tidak bisa dipisahkan.

Jika dilihat dari ukurannya pun JPG lebih kecil. Fitur JPG ini tidak bisa untuk meng-copy teks atau elemen lain.

Cara Mudah Mengubah File JPG ke PDF di Android dan PC 03

[Baca Juga: Ini Dia Contoh Soal Psikotes Gambar dan Tips Menghadapinya]

 

Mengkonversi JPG ke PDF melindungi tata letak dari gambar untuk menjadi sebuah dokumen.

Sedangkan PDF (Portable Document Format) fungsinya untuk mempertahankan layout asli dokumen dan dapat diedit pada software tertentu.

File format PDF diperlukan untuk kegiatan pertukaran dokumen digital dan juga untuk mempresentasikan dokumen dua dimensi.

Di dalam format PDF kita bisa membuat teks huruf dan juga gambar grafik vektor dua dimensi. Bahkan saat ini file format PDF sudah mampu membaca gambar grafik vektor tiga dimensi.

Ukuran file dari PDF ini juga lebih besar jika dibandingkan dengan JPG. Fitur PDF bisa untuk meng-copy teks menggunakan software tertentu.

Konversi PDF ke JPG akan menghasilkan gambar terkompresi dari sebuah dokumen.

 

3 Cara Mengubah JPF ke PDF

Berikut adalah cara mudah mengubah file JPG ke PDF dengan cepat. Dijamin kamu gak akan kebingungan.

 

#1 Convert JPG ke PDF Secara Online di Android dan PC

Dalam mengubah file JPG ke PDF secara online memiliki beberapa kelebihan. Pertama kamu bisa melakukannya di banyak platform yang tersedia asalkan terhubung dengan internet.

Cara Mudah Mengubah File JPG ke PDF di Android dan PC 04

[Baca Juga: Cinta Fotografi? Ketahui Situs Menjual Foto dengan Harga Tinggi]

 

Selain itu, kamu bisa merubah file tanpa harus mengunduh software tambahan karena cukup menggunakan browser yang sudah ada.

  • Pertama kalian harus membuka situs Small PDF yaitu https://smallpdf.com/jpg-to-pdf di browser
  • Selanjutnya klik opsi Choose file yang ada di bagian tengah layar untuk memilih file JPG yang ingin dirubah. Kamu juga bisa drag and drop file yang diinginkan langsung dari file manager ke browser.
  • Ketika file sudah dipilih, tunggu beberapa saat hingga file selesai diunggah, setelah diunggah kamu bisa langsung mengatur format file PDF yang diinginkan.

  • Tak hanya itu, kamu bisa memilih ukuran kertas, orientasi (portrait atau landscape) dan ukuran margin. Setelah memilih, klik Create PDF Now!.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses konversi selesai, setelah selesai, kalian bisa langsung mengunduh file JPG yang sudah diubah menjadi PDF langsung ke HP Android atau PC.

 

#2 Convert JPG ke PDF Secara Offline di Android

Jika kamu ingin mengubah format JPG ke PDF tapi tidak memiliki jaringan internet, kamu bisa mengubahnya secara offline.

Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk konversi JPG ke PDF adalah ‘JPG to PDF Converter’ yang merupakan garapan Weeny Software.

  • Pertama unduh terlebih dahulu aplikasi JPG to PDF Converter di Google Play Store.
  • Setelah selesai download, buka aplikasi tersebut dan pilih file JPG yang ingin dirubah dengan klik opsi Files di sisi kiri atas.
  • Kamu juga bisa mengubah filefile JPG yang sudah dikumpulkan dalam satu folder dengan klik opsi Folder di sebelahnya.

  • Selanjutnya, kamu bisa mengatur format sesuai yang diinginkan seperti ukuran kertas, orientasi, kompresi gambar, serta proteksi password untuk melindungi file PDF kalian agar lebih aman.
  • Jika pengaturan telah sesuai, klik Convert to Maka secara otomatis file JPG sudah diubah menjadi PDF akan disimpan di memori internal Android kalian.

 

#3 Convert JPG ke PDF Secara Offline di PC

Buat kamu yang menggunakan Windows 10 juga bisa menggunakan fitur bawaan untuk dapat langsung convert JPG ke PDF offline lho.

  • Pertama, buka foto dengan format JPG yang akan kamu ubah menjadi PDF. Klik dua kali untuk membuka foto dengan aplikasi Photos bawaan dari Windows 10.
  • Tidak ada batasan berapa besar dan selebar apa pixel foto yang akan kamu ubah.

  • Setelah aplikasi Photo terbuka, klik opsi Print dengan ikon printer pada bagian atas untuk mengubah JPG ke PDF secara online di PC atau Laptop.
  • Sebelumnya, kamu udah dulu printer default menjadi Microsoft Print to PDF pada menu dropdown yang ada di bagian atas terlebih dahulu.
  • Kamu bisa mengatur setting lainnya, seperti ukuran kertas, ukuran foto, dan margin Jika sudah klik tombol print.
  • Terakhir kamu simpan file PDF pada folder yang diinginkan di PC.

 

Itulah cara merubah file berformat JPG ke PDF dengan mudah yang bisa kamu praktikan di rumah.

Bagaimana? Mudah bukan? Ayo bagikan artikel ini kepada teman-teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

 

Hati-hati terhadap penipuan mengatasnamakan Finansialku! Finansialku.com tidak pernah memungut biaya atau pun menjanjikan produk apa pun di luar aplikasi dan official media kami.

 

Sumber Referensi:

  • Virgina Maulita Putri. 26 Septemebr 2019. 3 Cara Ubah File JPG ke PDF di Android dan PC. Detik.com – https://bit.ly/2n3ELCN
  • Naufaludin Ismail. 9 Mei 2019. 4 Cara Mudah Mengubah JPG ke PDF di Android & PC Gratis I Bisa Online & Offline Juga!. Jalantikus.com – https://bit.ly/2n7cP0A

 

Sumber Gambar:

  • Jpg ke Pdf 01 – http://bit.ly/2nbFuSc
  • Jpg ke Pdf 02 – http://bit.ly/2n8z1aL
  • Jpg ke Pdf 03 – http://bit.ly/2n8vxFc
  • Jpg ke Pdf 04 – http://bit.ly/2nLhea0

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang