Berapa skor kredit Anda? Apakah Anda sudah mengetahui bagaimana cara meningkatkan skor kredit Anda?

Mari simak artikel berikut untuk mengetahui cara jitu meningkatkan skor kredit Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Meningkatkan Skor Kredit

Banyak orang yang berpikir bahwa mereka belum memiliki skor kredit. Namun, ternyata jika Anda memiliki rekening bank atau pernah mengajukan pinjaman, kartu kredit, KTA (Kredit Tanpa Agunan) dan sebagainya maka sebenarnya Anda sudah memiliki skor kredit.

Tapi, apakah Anda sudah mengetahui apa itu skor kredit? Skor kredit adalah nilai yang diberikan kepada setiap individu atau debitur.

Tujuan skor kredit adalah untuk digunakan oleh pihak kreditur dalam menentukan kemampuan para debitur atau calon debiturnya untuk memenuhi tanggung jawab serta menentukan kredit yang mereka ajukan.

Jangan Disepelekan! Banyak Manfaat Dari Asuransi Kartu Kredit 02 Kartu Kredit - Finansialku

[Baca Juga: Pakai Kartu Kredit untuk Modal Usaha Cek Dulu Deh Informasi Ini]

 

Skor kredit merupakan hal yang penting. Mengapa skor kredit itu penting? Karena skor kredit Anda akan mempengaruhi ketika Anda mau mengajukan pinjaman. Jika skor kredit Anda baik, tentunya Anda juga akan mendapatkan banyak manfaat lho.

Skor kredit yang baik dapat membantu Anda untuk lebih mudah mendapatkan pinjaman. Selain itu, bunga pinjaman yang diberikan kepada Anda juga bisa lebih rendah. Hal itu berarti risiko yang Anda tanggung menjadi lebih kecil. Sangat menguntungkan kan?

Namun, jika skor kredit Anda rendah maka Anda diindikasikan berisiko tinggi. Tingkat suku bunga pinjaman yang diberikan kepada Anda akan menjadi lebih tinggi. Bahkan besar kemungkinan pengajuan pinjaman Anda akan ditolak.

 

Skor kredit tersebut biasanya berkisar antara 300-850. Jika skor kredit diatas 720 maka menunjukkan zona aman. Sedangkan nilai yang dibawah 640 dapat membuat Anda sulit untuk mendapatkan pinjaman.

Oleh karena itu, Anda perlu meningkatkan skor kredit Anda. Bagaimana cara meningkatkan skor kredit Anda? mari simak caranya.

 

5 Cara Jitu Meningkatkan Skor Kredit

Kali ini rubrik Finansialku akan berbagi cara jitu untuk meningkatkan skor kredit Anda. Sehingga, Anda dapat lebih mudah dalam mendapatkan pinjaman dan tentunya dengan bunga yang lebih rendah.

Berikut 5 cara jitu meningkatkan skor kredit:

 

#1 Memperbaiki Error yang Ada

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum meningkatkan skor kredit Anda adalah memastikan bahwa informasi laporan kredit Anda akurat. Anda harus memeriksa apakah ada kesalahan pada penulisan alamat atau rekening yang bukan milik Anda.

Jika terdapat informasi yang salah, maka sebaiknya Anda langsung menghubungi perusahaan laporan kredit Anda. Untuk memastikan bahwa data Anda selalu benar dan akurat, maka Anda dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan ini minimal setahun sekali.

Pemeriksaan ini perlu dilakukan agar Anda terhindar dari masalah yang berkepanjangan.

 

#2 Tidak Membuat Kartu Kredit Baru

Biasanya, semakin tinggi skor kredit Anda maka semakin banyak juga penawaran kartu kredit yang datang kepada Anda. Dengan berbagai tawaran yang mungkin menarik bagi Anda, sebaiknya Anda membatasi jumlah kartu kredit Anda. Anda bisa memiliki 1-4 kartu kredit saja.

 

Jika sekarang Anda sudah memiliki lebih dari 4 kartu kredit, maka sebaiknya Anda mengurangi beberapa kartu kredit yang tidak Anda gunakan. Jangan mudah tergiur dengan tawaran-tawaran kartu kredit yang ada.

 

#3 Membuat Pembayaran Otomatis

Karena terlalu sibuk, biasanya banyak orang yang lupa untuk membayar tagihan kartu kredit mereka. Alhasil mereka menjadi terlambat bayar tagihan. Padahal, jika terlambat bayar maka akan mempengaruhi skor kredit mereka.

Apalagi jika ditambah dengan denda yang dikenakan karena terlambat bayar. Tentunya Ada tidak mau seperti itu kan?

Oleh karena itu, salah satu cara untuk menghindari terlambat bayar tagihan adalah dengan mengatur pembayaran otomatis untuk tagihan Anda.

BERHASIL! 5 Cara Jitu Meningkatkan Skor Kredit Anda 02 Pembayaran - Finansialku

[Baca Juga: 3 Hal untuk Bebas Utang Kartu Kredit]

 

Sekarang ini, hampir semua bank sudah memiliki fitur “pembayaran tagihan”. Fitur tersebut dapat memudahkan Anda untuk mengatur pembayaran secara berulang. Anda bisa melihat riwayat tagihan kartu kredit Anda. Lalu, tuliskan tanggal jatuh tempo tagihan pada selembar kertas yang terpisah.

Namun, Anda juga harus memastikan bahwa Anda memiliki pemahaman yang baik tentang arus kas Anda. Hal tersebut berguna untuk mengetahui berapa banyak uang yang tersisa setiap bulannya.

Anda dapat menggunakan jumlah uang yang tersisa untuk membayar kartu kredit tambahan.

 

#4 Sesuaikan Tanggal Penagihan

Setiap orang memiliki siklus pembayaran yang berbeda-beda. Oleh karena itu, Anda perlu menyesuaikan tanggal jatuh tempo tagihan Anda dengan tanggal yang memudahkan Anda.

Jika tanggal tagihan Anda jatuh sebelum tanggal gajian Anda, maka Anda bisa mencoba untuk mengubah tanggal pembayaran Anda.

Walaupun mengubah tanggal pembayaran tidak mudah atau bahkan tidak memungkinkan. Namun, tidak ada salahnya jika Anda mencobanya.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

#5 Jangan Menggunakan Kartu Kredit Secara Berlebihan

Anda harus memastikan bahwa pemanfaatan kartu kredit Anda kurang dari 30%. Jika Anda menggunakan kredit lebih dari 30%, hal tersebut bisa menimbulkan kesan bahwa Anda mengalami kesulitan dalam finansial.

Usahakan untuk tidak bergantung pada kartu kredit Anda ketika berbelanja sehari-hari.

Lebih baik jika Anda menggunakan kartu debit. Jika Anda menggunakan kartu debit, maka akan membuat Anda menjadi tidak cenderung melakukan impulse buying.

Apa itu impulse buying? Impulse buying adalah sebuah keputusan tidak terencana untuk membeli barang atau jasa.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang impulse buying Anda bisa membaca artikel Finansialku tentang impulse buying.

Apakah Anda Saat Belanja Sering Over budget Ternyata Ini Lho Alasannya 04 Produk Wanita - Finansialku

[Baca Juga: Impulsive Buying (Pembelian Impulsif) + Solusinya ]

 

Sukses Meningkatkan Skor Kredit

Setelah mengetahui cara jitu meningkatkan skor kredit Anda, tentunya sekarang Anda sudah bisa menerapkan cara-cara tersebut untuk meningkatkan skor kredit Anda.

Jika skor kredit Anda sudah tinggi, maka Anda bisa mendapatkan pinjaman dengan lebih mudah dan dengan bunga yang rendah. Manajemen keuangan yang baik juga akan sangat membantu Anda dalam meningkatkan skor kredit Anda.

Namun, tentu saja meningkatkan skor kredit tidak dapat dilakukan dalam semalam saja. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan cara jitu diatas secara rutin.

Dengan melakukan cara jitu secara rutin dan melakukan kebiasaan finansial yang baik maka niscaya Anda akan mendapatkan skor kredit yang baik.

 

Jadi, apakah Anda memiliki cara jitu untuk meningkatkan skor kredit lainnya? Silahkan berikan komentar dan pendapat Anda di kolom yang telah tersedia.

Anda juga dapat membagikan artikel ini kepada rekan-rekan Anda agar semakin banyak orang yang dapat meningkatkan skor kredit mereka.

Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 11 November 2018. Tingkatkan Skor Kredit Anda dengan 5 Trik Ini. Liputan6.com – https://goo.gl/GskTGa
  • Admin. 12 Febuari 2018. Mau Kredit? Pahami Skor Kredit Anda. Moneysmart.id – https://goo.gl/gaUNRB

 

Sumber Gambar:

  • Kartu Kredit – https://goo.gl/UuEcg6
  • Pembayaran – https://goo.gl/gsuyqQ