Yuk simak daftar Menteri Jokowi Jilid 2 dan kenali lebih dekat melalui rekam jejaknya yang akan dibahas melalui artikel berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Daftar Menteri Jokowi Jilid 2

Presiden Joko Widodo telah melakukan pelantikan kepada para menterinya yang tergabung dalam Kabinet Indonesia Maju pada pagi hari kemarin dan telah diperkenalkan nama-nama hingga jabatannya.

Perkenalan menteri Jokowi ini dilakukan sebelum pelantikan dengan pemanggilan nama menteri satu per satu yang langsung di absen oleh Presiden Joko Widodo.

Dari beberapa nama yang dipanggil, nama Nadiem Makarim dan Wishnutama unggul dalam situs pencarian. Pasalnya kedua nama ini adalah figur terkenal dari kalangan profesional.

Mengintip Rekam Jejak Susunan Menteri Jokowi Jilid 2 02

[Baca Juga: Mobil Dinas Menteri Sekelas Toyota Crown Hybrid! Ini Dia Harganya]

 

Hal ini membuat masyarakat berpikir bahwa menjadi seorang Menteri tidaklah mutlak dari kalangan politisi. Menjadi seorang profesional yang sukses dapat bisa menjadi langkah untuk memperoleh tanggung jawab yang lebih besar lagi.

Sebelum kita mengenal lebih jauh mengenai biografi dan latar belakang Menteri Jokowi Jilid 2 ini, tahukah Anda bahwa sangat penting bagi seorang profesional untuk memiliki arus kas yang baik?

Jika Anda memiliki aspirasi menjadi seorang professional sukses, Anda bisa mulai memiliki arus kas yang baik dari sekarang.

Untuk memudahkan pencatatan, Anda bisa mengunduh aplikasi keuangan yang mengarahkan Anda untuk mencatat dan mengelola keuangan seperti aplikasi Finansialku.

Nah, untuk lebih dekat dengan Menteri baru Indonesia, berikut daftar Menteri Jokowi Jilid 2 dan rekam jejaknya:

 

#1 Menteri Koordinator Bidang Polhukam – Mahfud MD

Mahfud MD merupakan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi yang ditunjuk menjadi menteri Koordinator Bidang Polhukam oleh Jokowi.

Sebelumnya ia adalah politisi, akademisi dan hakim berkebangsaan Indonesia. Dia pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi periode 2008-2013 dan Hakim Konstitusi periode 2008-2013.

 

#2 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan – Nadiem Makarim

Nadiem Makarim, namanya sangat harum setelah ia berhasil mendirikan ojek online yaitu Go-Jek yang kini telah berkembang pesat hingga mancanegara.

Nadiem telah mengundurkan diri dari CEO Gojek karena mendapat panggilan tugas sebagai menteri Jokowi dan telah diajak berdiskusi terkait pengembangan SDM, reformasi birokrasi serta peningkatan investasi.

 

#3 Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif – Wishnutama

Wishnutama adalah alah satu pendiri dan Komisaris Utama NET Mediatama Televisi. Sebelumnya, ia adalah Direktur Utama Trans 7, Trans TV serta NET.

Wishnutama juga mengakui diminta membantu Jokowi dalam kabinet. Dia memberi bocoran bahwa tugasnya akan berkisar pada meningkatkan kreativitas di Indonesia serta meningkatkan laju devisa.

Mengintip Rekam Jejak Susunan Menteri Jokowi Jilid 201

[Baca Juga: Resmi! Ini Daftar Menteri Kabinet Indonesia Maju 2019-2024]

 

#4 Menteri BUMN – Erick Thohir

Erick Thohir merupakan ketua tim kampanye nasional Jokowi-Ma’ruf pada pilpres 2019 yang kini telah menjadi menteri BUMN.

Erick merupakan seorang pengusaha maka dari itu ia akan lebih banyak mengurus terkait ekonomi. Bos Mahaka group ini bicara soal perang dagang, hingga akan mewujudkan Indonesia menjadi negara maju pada 2045.

 

#5 Menteri Dalam Negeri – Tito Karnavian

Tito Karnavian diberhentikan dari Kapolri setelah mendapatkan mandat dari Jokowi untuk bergabung dengan jajaran menterinya sebagai menteri dalam negeri.

Tito termasuk seorang polisi yang mendapat kenaikan pangkat cukup cepat. Saat masih menyandang pangkat AKBP, ia memimpin tim Densus 88 yang berhasil melumpuhkan teroris.

 

#6 Menteri Koordinator Bidang Perekonomian – Airlangga Hartarto

Airlangga merupakan Ketua Umum Partai Golkar yang juga mantan Menteri Perindustrian kini kembali ditunjuk oleh Jokowi sebagai menteri.

Usai bertemu Jokowi, ia bicara mengenai solusi mengatasi defisit neraca perdagangan, mulai dari pengembangan kawasan ekonomi hingga produksi migas.

 

#7 Menteri Sekretaris Negara – Pratikno

Pratikno yang merupakan mantan Menteri Sekretaris Negara kembali ke Istana untuk bertemu Jokowi. Kini ia telah resmi menjadi Menteri Sekretaris Negara

 

#8 Menteri Pertahanan – Prabowo Subianto

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto menyusul ke Istana. Rival Jokowi di Pilpres 2014 dan 2019 lalu ini diminta untuk masuk ke kabinet Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Prabowo kini ditunjuk sebagai Menteri Pertahanan dan mengaku akan membantu kabinet Jokowi-Ma’ruf.

 

#9 Menteri Kelautan dan Perikanan – Edhy Prabowo

Waketum Gerindra, Edhy Prabowo yang datang ke Istana bersama Prabowo juga ternyata diminta oleh Jokowi untuk bergabung dengan kabinetnya sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.

Edhy Prabowo terpilih kembali menjadi Anggota DPR-RI periode 2014-2019 dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Mengintip Rekam Jejak Susunan Menteri Jokowi Jilid 2 04

[Baca Juga: Indeks Daya Saing Indonesia Ke-4 ASEAN, Turun 5 Peringkat Dunia]

 

#10 Menteri Keuangan – Sri Mulyani

Sri Mulyani adalah wanita sekaligus orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia.

Eks Menteri Keuangan Sri Mulyani menjadi tokoh pertama yang datang ke Istana pada hari Selasa kemarin. Usai bertemu Jokowi, Sri Mulyani secara tegas menyatakan ia ditunjuk kembali untuk menjabat sebagai Menteri Keuangan.

 

#11 Menteri Perindustrian – Agus Gumiwang Kartasasmita

Mantan Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita diminta kembali mengisi kabinet Menteri Jokowi Jilid 2.

Usai bertemu Jokowi, politisi Golkar ini mengaku ditugaskan Jokowi untuk melakukan transformasi manufaktur. Selain itu ia juga diminta mengingatkan industri kecil.

 

#12 Menteri Pertanian – Syahrul Yasin Limpo

Syahrul merupakan mantan Gubernur Sulawesi Selatan yang juga adalah seorang politisi dari partai Nasdem.

Ia ditugaskan untuk membuat 267 juta jiwa penduduk Indonesia lebih baik  kehidupannya, khususnya di bidang pertanian, perkebunan, perikanan dan sebagainya.

 

#13 Menteri Sosial – Juliari Batubara

Wakil Bendahara Umum PDI-P Juliari Batubara mengaku diminta untuk menjadi Menteri Jokowi. Ia ditugaskan untuk pengentasan kemiskinan serta respon yang lebih cepat, komprehensif dan antisipatif terhadap kemungkinan bencana alam.

 

#14 Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan – Siti Nurbaya

Siti Nurbaya dipastikan kembali menjabat Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan di periode kedua Jokowi-Ma’ruf. Politisi Nasdem ini mengemban jabatan yang sama di periode Jokowi-JK.

Ia memulai kariernya pada tahun 1981 di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Lampung.

Di sana, ia pernah menjabat sebagai Kasubid Analisis Stastistik, Kasi Penelitian Fisik, Kasi Pengairan, Kasi Tata Ruang, Kabid Penelitian, Kabid Prasarana Fisik dan Wakil Ketua Bappeda.

 

#15 Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional dan Kepala Bappenas – Suharso Monoarfa

Pelaksana Tugas Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Suharso Monoarfa juga telah resmi jadi menteri di kabinet Jokowi. Sebelumnya Ia pernah menjabat sebagai Menteri Perumahan Rakyat pada Kabinet Indonesia Bersatu II.

Dalam perjalanan karir politiknya, Suharso Monoarfa kemudian terpilih menjadi Pelaksana Tugas (Plt.) Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan pada 16 Maret 2019.

 

#16 Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat – Basuki Hadimuljono

Basuki mengaku diminta Jokowi untuk melanjutkan pembangunan infrastruktur yang telah digenjot selama 5 tahun terakhir. Di kabinet Jokowi-JK, Basuki menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Sebelumnya ia menjabat sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum periode 2005-2007 dan Direktur Jenderal Penataan Ruang Kementerian Pekerjaan Umum 2013-2014.

Mengintip Rekam Jejak Susunan Menteri Jokowi Jilid 2 05

[Baca Juga: Berkat Startup, Ekonomi Digital Indonesia Tembus Rp 560 T]

 

#17 Menteri Agama – Fachrul Razi

Mantan Wakil Panglima TNI Fachrul Razi lulusan Akademi Militer 1970 ini berpengalaman dalam bidang infanteri. Jabatan terakhir jenderal bintang empat ini adalah Wakil Panglima TNI.

Namun kini ia ditunjuk Jokowi untuk menjadi Menteri Agama periode 2019-2024.

 

#18 Menteri Ketenagakerjaan – Ida Fauziyah

Ida Fauzyah adalah politisi Indonesia. Ia duduk sebagai anggota DPR-RI pada 1999 sampai 2018 dari Partai Kebangkitan Bangsa.

 Ia merupakan pendiri dan Ketua Kaukus Perempuan Parlemen. Ida Fauziah juga menjabat Ketua Umum Pengurus Pusat Fatayat NU. Dan saat ini ia menjabat sebagai Menteri Ketenagakerjaan periode 2019-2024.

 

#19 Menteri Pemuda dan Olahraga – Zainuddin Amali

Politisi Golkar Zainuddin Amali mengaku diajak diskusi Jokowi seputar olahraga dan kepemudaan.

Ia juga menegaskan mempunyai pengalaman panjang di bidang itu karena pernah berada di organisasi KNPI dan pernah membentuk liga mahasiswa.

 

#20 Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi – Abdul Halim Iskandar

Sejak 1999, Ia memulai karier politiknya sebagai Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jombang, dan kemudian menjadi Ketua DPW PKB Jatim.

Saat ini ia telah ditunjuk oleh Jokowi sebagai Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

 

#21 Menteri Hukum dan HAM – Yasonna Laoly

Eks Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly kini ditunjuk kembali sebagai Menteri yang sama. Namun, politisi PDI-P ini mengaku diberi tugas oleh Jokowi untuk memangkas aturan-aturan yang menghambat investasi.

 

#22 Menteri Perhubungan – Budi Karya Sumadi

Budi Karya Sumadi mengaku ditunjuk kembali menjadi menteri perhubungan. Budi Karya Sumadi selama ini dikenal sebagai profesional yang bertangan dingin dalam memimpin sebuah perusahaan.

Kiprahnya mulai mentereng sejak memimpin Badan usaha Milik Daerah (BUMD) di Ibukota, yakni PT Pembangunan Jaya Ancol dan PT Jakarta Propertindo (Jakpro). 

Mengintip Rekam Jejak Susunan Menteri Jokowi Jilid 2 06

[Baca Juga: Kepemimpinan Megawati Soekarnoputri, Presiden Pertama Wanita Indonesia]

 

#23 Menteri Agraria, Tata Ruang, dan Kehutanan – Sofyan Djalil

Sofyan Djalil melanjutkan jabatannya sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang di Kabinet Kerja Jilid 2.

Sofyan mengatakan, Jokowi berpesan kepadanya agar menyelesaikan redistribusi lahan dan memperkuat kepastian hukum dalam hal kepemilikan lahan.

 

#24 Kepala Staf Kepresidenan – Moeldoko

Mantan Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko menyatakan dirinya masuk dalam jajaran kabinet kerja jilid 2 sebagai pembantu presiden.

Ia menjabat sebagai Panglima TNI sejak 30 Agustus 2013 hingga 8 Juli 2015. Ia juga pernah menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat sejak 20 Mei 2013 hingga 30 Agustus 2013.

 

#25 Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi – Tjahjo Kumolo

Tjahjo sebelumnya pernah menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Indonesia yang menjabat dari 27 Oktober 2014 hingga 20 Oktober 2019 pada Kabinet Kerja.

Ia juga merupakan salah seorang politikus Indonesia dan terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia periode 2009–2014 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P).

Mengintip Rekam Jejak Susunan Menteri Jokowi Jilid 2 07

[Baca Juga: 34 Pakaian Adat Dari Berbagai Provinsi Di Indonesia, Kenali Namanya!]

 

#26 Menristek dan Kepala Bidang Riset Inovasi Nasional – Bambang Brodjonegoro

Eks Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengaku mendapat tugas baru dari Presiden Joko Widodo. Ia mengaku diajak berdiskusi terkait penguatan SDM serta meningkatkan daya saing perekonomian.

Sebelumnya ia merupakan Wakil Menteri Keuangan Republik Indonesia pada Kabinet Indonesia Bersatu II.

 

#27 Menteri Komunikasi dan Informatika – Johnny G Plate

Sekjen Partai Nasdem Johnny G Plate mengakui ia ditunjuk sebagai menteri oleh Presiden Joko Widodo.

Ia mengaku sempat diajak Jokowi berdiskusi soal perusahaan teknologi rintisan atau start up, sampai pengembangannya menuju status unicorn dan decacorn.

 

#28 Menteri Perdagangan – Agus Suparmanto

Politikus PKB Agus Suparmanto ditugasi Presiden Joko Widodo mengurus sektor perdagangan pada kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin. Agus Suparmanto juga merupakan Direktur Utama PT Galangan Manggar Biliton (GMB).

Ternyata, penugasan Agus Suparmanto tak berkaitan dengan latar belakangnya.

 

#29 Menteri Koperasi dan UKM – Teten Masduki

Teten Masduki merupakan mantan Kepala Staf Kepresidenan yang mengaku diberi tugas yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak, khususnya rakyat kecil.

Ia merupakan seorang aktivis Indonesia yang menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan dan kini ditunjuk menjadi Menteri Koperasi dan UKNM.

 

#30 Menteri Kesehatan – dr. Terawan Agus Putranto

Terawan Agus Putranto mengabdi sebagai dokter TNI Angkatan Darat. Ia menghabiskan kariernya di dunia medis dengan menemukan metode baru; terapi cuci otak, untuk pengobatan stroke

Kepala RSPAD Gatot Soebroto ini ditunjuk Jokowi sebagai Menteri Kesehatan. Terawan akan mundur dari keanggotaan TNI setelah dilantik.

 

#31 Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi – Luhut Binsar Panjaitan

Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan kembali diminta Presiden Joko Widodo mengurus sektor kemaritiman.

Kali ini, Luhut tak hanya mengurusi sektor kemaritiman, tetapi juga investasi. Beberapa hal yang ditargetkan Jokowi ialah meningkatkan investasi di bidang energi dan petrokimia.

Mengintip Rekam Jejak Susunan Menteri Jokowi Jilid 2 08

[Baca Juga: Yuk Kunjungi 10 Destinasi Wisata Prioritas Indonesia yang Bikin Ketagihan]

 

#32 Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan – Muhadjir Effendy

Muhadjir Effendy sebelumnya merupakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada Kabinet Kerja yang menjabat sejak 27 Juli 2016 menggantikan Anies Baswedan.

Sebelumnya ia pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Malang periode yaitu tahun 2000-2016. Selain itu Muhadjir adalah Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Bidang Pendidikan dan Kebudayaan.

 

#33 Menteri Luar Negeri – Retno Lestari Marsudi

Retno Lestari Priansari Marsudi adalah Menteri Luar Negeri perempuan pertama Indonesia yang menjabat dari 27 Oktober 2014 dalam Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo.

Sebelumnya dia menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Belanda di Den Haag. Kini ia dipercaya kembali menjadi Menteri Luar Negeri.

 

#34 Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak – Gusti Ayu Bintang Darmavati

Gusti Ayu Bintang Darmavati merupakan atlet tenis meja andalan Denpasar, Bali. Ia menjadi Ketua Umum Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Provinsi Bali periode 2010-2014.

Wanita kelahiran 24 November 1968 ini menjabat Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asisten II) Kota Denpasar. Selanjutnya ia ditunjuk Jokowi untuk menjadi Menteri PPPA.

 

#35 Jaksa Agung – ST Burhanuddin

Burhanuddin ternyata tak hanya berkiprah di dunia kejaksaan. Dia menjabat Komisaris Utama PT Hutama Karya.

Burhanuddin kemudian dipercaya menjabat Kepala Kejaksaan Negeri B Kejari Bangko pada tahun 1999 hingga tahun 2001.

Kini, Burhanuddin resmi menggantikan Muhammad Prasetyo sebagai Jaksa Agung yang masa jabatannya habis pada 22 Oktober 2019.

 

#36 Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral – Arifin Tasrif

Arifin Tasrif merupakan seorang profesional Indonesia yang kini menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral.

Sebelumnya pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Pupuk Indonesia hingga tahun 2015.

 

#37 Sekretaris Kabinet – Pramono Anung

Pramono Anung merupakan politikus Indonesia yang menjabat sebagai sekretaris kabinet Indonesia sejak 12 Agustus 2015. Ia juga pernah menjadi Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia.

Kini Pramono Anung melanjutkan tugasnya sebagai sekretaris Kabinet periode 2019-2024.

 

Pastinya Anda selangkah lebih mengenal para Menteri Jokowi Jilid 2 lewat ringkasan rekam jejak mereka bukan?

Ayo jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Kompas. 23 Oktober 2019. Jokowi Lantik Kabinet Kerja Jilid 2 Hari Ini, Ini Calon-Calon Menterinya. Kompas.com – https://bit.ly/2p5aqoD

 

Sumber Gambar:

  • Menteri Jokowi 01 – http://bit.ly/2MJ96AO
  • Menteri Jokowi 02 – http://bit.ly/35XaXJP
  • Menteri Jokowi 03 – http://bit.ly/2BGoEix
  • Menteri Jokowi 04 – http://bit.ly/3421CP1
  • Menteri Jokowi 05 – http://bit.ly/2MIFUKo
  • Menteri Jokowi 06 – http://bit.ly/2JhBgAR
  • Menteri Jokowi 07 – http://bit.ly/33Yu8RS
  • Menteri Jokowi 08 – http://bit.ly/2Nbn6SL

 

Bagaimana CARA AMPUH Membeli Rumah Pertama?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

ebook rumah pertama

Download Ebook Sekarang