Penting bagi kita untuk kreatif dalam memilih menu takjil buka puasa. Ternyata, takjil memiliki fungsi untuk appetite saat berbuka lho!

Biar murah, ketahui menu-menu takjil yang tidak menguras kantong ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Takjil Buka Puasa: Harus Ada Tapi Tak Harus Mahal

Takjil buka puasa menjadi menu yang paling dinanti saat menjalankan ibadah puasa. Setelah berperang dengan rasa lapar dan haus seharian, momen berbuka dengan menu yang segar sangat ditunggu oleh banyak orang.

Anda harus selalu memilih menu yang sehat agar puasa Anda memberikan manfaat berlimpah bagi tubuh.

 

Menu Takjil Buka Puasa yang Murah dan Sehat

Menu takjil yang paling diincar oleh setiap orang adalah menu yang murah. Meskipun murah, menu tersebut haruslah tetap sehat.

Ingat! Jangan sampai hanya karena ingin murah malah mendatangkan penyakit. Berikut beberapa menu takjil yang murah dan menyehatkan.

 

#1 Es Darah Merah

Nama minuman ini terdengar unik bukan? Warna merah yang dihasilkan dari campuran fanta yang membuat minuman ini sangat menarik.

Bahan yang dibutuhkan adalah fanta, blewah, agar-agar, selasih dan susu kental manis.

Anda bisa mengganti fanta dengan sirup cocopandan untuk menghindari soda. Es ini mengandung vitamin dan serat tinggi yang berasal dari blewah dan agar-agar.

 

#2 Es Jelly

Menu takjil yang satu ini kaya akan serat. Dengan bahan utama jelly atau agar-agar, Anda bisa mencampurnya dengan sirup dan susu kental manis.

Tambahkan es batu untuk mendapatkan rasa segar dan sensasi dingin dari minuman ini. Jelly atau agar-agar dapat membantu melancarkan pencernaan Anda. Jadi selain murah, minuman ini juga menyehatkan.

 

#3 Es Selendang Mayang

Minuman khas dari Jakarta ini berbahan utama tepung hunkwe sebagai isinya. Kuahnya terbuat dari campuran santan dan gula merah yang direbus hingga matang. Tepung hunkwe yang berasal dari kacang hijau ini sangat menyehatkan, lho. Jadi es ini sangat cocok untuk Anda nikmati.

 

Penasaran dengan menu lainnya? Sebelum lanjut, coba lihat video ini dulu ya!

 

#4 Es Kelapa Muda

Menu takjil yang satu ini sangat mudah ditemukan. Selain murah, es kelapa muda juga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Anda hanya perlu membeli kelapa muda untuk diambil daging dan airnya.

5+ Menu Takjil Buka Puasa Murah dan Menyehatkan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Gejala dan Penyebab Penyakit Asam Lambung, Berikut Dengan Cara Mengatasinya]

 

Keruk daging kelapa, campurkan dengan air kelapanya dan beri es batu untuk rasa segar tiada tara. Anda juga bisa menambahkan sirup, gula atau madu jika menginginkan rasa yang lebih manis.

 

#5 Es Shanghai

Anda memerlukan buah alpukat dan nangka untuk es ini. Selain itu, daging kelapa muda, rumput laut, kolang kaling dan cincau kaya akan serat. Campurkan semua bahan dengan es serut, sirup dan susu kental manis. Rasa lezat, segar dan menyehatkan akan Anda dapatkan.

 

#6 Salad Buah

Salad buah sangat terkenal akan buahnya yang kaya vitamin. Anda bisa menggunakan buah apa saja yang Anda sukai.

Potonglah buah-buahan yang Anda miliki lalu campurkan dengan mayonais, keju dan juga susu kental manis. Segar buah yang dipadukan dengan manis gurih mayonais, susu dan keju sangat menyehatkan tubuh.

 

#7 Sop Buah

Menu takjil ini sangat mudah dibuat. Siapkan buah-buahan yang dipotong kecil-kecil. Tambahkan yoghurt dan es batu sesuai selera. Sop buah sangat menyehatkan karena mengandung banyak vitamin dan serat.

 

Alasan Mengkonsumsi Menu Takjil Buka Puasa yang Sehat

Menu buka puasa yang sehat banyak dipilih karena tubuh membutuhkan asupan gizi yang baik saat berpuasa. Dengan begitu, tubuh akan lebih kuat dan terjaga kesehatannya. Anda perlu mengganti menu buka puasa biasanya dengan menu yang lebih sehat agar dapat menjalani puasa dengan baik.

Itulah beberapa menu buka puasa yang bisa Anda konsumsi untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat. Tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, karena makanan sehat juga bisa diperoleh dengan harga yang murah. Jadi selalu pilih menu yang sehat ya!

 

Puasa malah bikin kantong bolong? Ini artinya Anda perlu perencanaan keuangan yang matang selama Ramadan. Download aplikasi Finansialku untuk membantu Anda!

playstore icon
appstore icon

 

Setelah membaca artikel di atas, maka hidup sehat selama bulan puasa akan terdengar lebih mudah bukan?

Jadi, yuk bagikan inspirasi menu recommended ini untuk teman-teman pecinta kuliner, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Mamikos. 8 Mei 2018. Menu Takjil Buka Puasa Paling Enak. Mamikos.com – https://bit.ly/3beFgNE

 

Sumber Gambar:

  • Menu Takjil 01 – https://bit.ly/2SHInao
  • Menu Takjil 02 – https://bit.ly/3ds0PvM