Liburan telah berakhir, saatnya anak-anak kembali ke sekolah untuk menimba ilmu. Moms & Dad, sudahkah menyiapkan dana pendidikan di awal tahun ini?

Masalah biaya pendidikan anak tentunya tidak bisa dianggap sepele, harus dipersiapkan secara matang demi masa depan agar terhindar dari utang. Lalu bagaimana caranya menyiapkan dana pendidikan di awal tahun?

Mari kita bahas!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Siapkan Dana Pendidikan Anak Di Awal Tahun

Tahun telah berganti, tantangan ekonomi pun semakin meningkat, kebutuhan semakin banyak diikuti keinginan yang juga sama banyaknya.

Tak salah memang sesekali memanjakan diri dengan berlibur kesana-kemari, tapi jangan sampai kebablasan sampai lupa memikirkan biaya pendidikan anak ya Moms & Dad.

Jangan Terlambat Lagi! Begini Cara Menyiapkan Dana Pendidikan di Awal Tahun 02 Pendidikan Anak 2 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Coba Hitung Hasil Deposito Untuk Dana Pendidikan Anak Anda]

 

Sudah menjadi rahasia umum jika biaya pendidikan dari tahun ke tahun terus bertambah mahal, namun sebagai orang tua tentunya tidak ingin anaknya putus sekolah hanya karena tak bisa bayar sekolah, ya kan?

Oleh karenanya tak jarang orang tua rela berutang demi membiayai pendidikan anaknya.

Perlu Moms & Dad ketahui, saat ini di Amerika Serikat sendiri utang untuk biaya pendidikan sudah menjadi utang konsumen tertinggi kedua setelah Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Utang ini sudah semakin besar pada tahun 2017, sehingga bisa dikategorikan sebagai suatu masalah serius, dan jika didiamkan begitu saja tanpa solusi yang tepat, masalah utang biaya pendidikan ini akan semakin memburuk.

Apa solusinya dan bagaimana mengatasinya?

Iklan Banner Perencanaan Dana Pendidikan Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Pendidikan adalah hal dasar yang harus didapatkan setiap warga negara, bahkan untuk sebagian orang, pendidikan dipercaya bisa menentukan jalan hidup seseorang. Tapi, apa iya sekolah aja harus ngutang?

Sebetulnya jika Moms & Dad adalah orang tua yang sudah merencanakan dana pendidikan untuk anak dari jauh-jauh hari, maka tenang saja karena Anda tidak perlu berutang.

Tapi kembali lagi, tidak sedikit orang tua diluar sana yang merasa dana pendidikan tidak perlu direncanakan.

Disisi lain, ada orang tua yang sangat peduli untuk perkara biaya pendidikan anak tapi mereka tidak mengerti bagaimana cara merencanakan dana pendidikan anak secara tepat.

Finansialku memiliki ebook yang membahas secara detail cara merencanakan dana pendidikan anak. Anda dapat dengan mudah membacanya pada link di bawah ini secara gratis.

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

 

Finansialku juga akan membeberkan beberapa cara rahasia untuk membantu Anda menyiapkan dana pendidikan anak, diantaranya:

 

#1 Ketahui Biaya Yang Dibutuhkan

Dalam upaya merencanakan dana pendidikan anak dengan baik, hal pertama yang bisa Moms & Dad lakukan adalah ketahui berapa biaya pendidikan yang dibutuhkan untuk sekolah anak.

Meski banyak orang tua merasa jika biaya pendidikan sulit terprediksi secara akurat karena Moms & Dad tidak akan bisa meramal kondisi perekonomian di masa yang akan datang, minimal kita ketahui angka estimasinya.

Caranya adalah dengan mempertimbangkan besaran inflasi setiap tahunnya. Untuk amannya, Anda bisa membulatkan nilai rata-rata inflasinya menjadi 10%.

Moms & Dad juga bisa menggunakan angka ini untuk menghitung kenaikan biaya pendidikan setiap tahunnya.

Contoh:

Biaya Pendidikan anak saat ini: Rp2.000.000

Tingkat inflasi: 10%

Jangka waktu: 10 tahun

 

Maka:

Biaya pendidikan 10 tahun lagi = Rp2.000.000 * (110%) * (10-1) =Rp4.715.895

Walau demikian, pertimbangkan juga beberapa hal berikut saat melakukan perhitungan biaya pendidikan, karena harga bisa berbeda sesuai dengan beberapa keputusan berikut:

  • Level atau tingkat pendidikan yang ingin diambil kelak.
  • Sekolah atau tempat pendidikan.
  • Biaya lain-lain, misalnya saja biaya kehidupan sehari-hari, biaya asrama atau kos, biaya ekstrakurikuler dan berbagai biaya lainnya.

 

Nah, kini Moms & Dad sudah bisa mengestimasikan biaya pendidikan yang perlu disiapkan sejak sekarang.

Iklan Banner Perencanaan Dana Pendidikan Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#2 Rencanakan Biaya Pendidikan

Setelah mengetahui berapa jumlah uang yang harus disiapkan untuk dana pendidikan anak, sekarang lah saatnya Moms & Dad mulai merencanakan jenis tabungan atau investasi yang akan dipilih untuk mengumpulkan dana tersebut.

Adapun beberapa contoh tabungan dana pendidikan yang umum digunakan adalah sebagai berikut:

  • Tabungan Biasa
  • Tabungan Pendidikan
  • Deposito
  • Asuransi
  • Investasi

 

#3 Ajak Anak Ikut Serta Rencanakan Biaya Pendidikannya

Jika sudah siap memulai persiapan dana pendidikan, maka tidak ada salahnya Moms & Dad turut mengajak dan melibatkan anak untuk merencanakan biaya pendidikannya.

Selain mempererat hubungan anak dan orang tua, cara ini bisa mengajarkan anak belajar lebih bertanggung jawab.

Caranya bermacam-macam, misalnya saja Moms & Dad bisa mulai mengajarkannya untuk menabung sejak kecil.

Selain untuk membantu dana pendidikannya, secara tidak langsung sudah memberinya pendidikan keuangan yang penting bagi masa depannya kelak.

 

Hindari Cara Ini dalam Mempersiapkan Dana Pendidikan

Kendati setiap orang tua memiliki caranya sendiri dalam merencanakan keuangan terlebih dana untuk pendidikan anak, Moms & Dad perlu mencermati hal-hal yang memang seharusnya tidak dilakukan dalam mempersiapkan dana pendidikan.

Jangan Terlambat Lagi! Begini Cara Menyiapkan Dana Pendidikan di Awal Tahun 03 Pendidikan Anak 3 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Dana Pendidikan Itu Penting, Tapi Jangan Boros Dengan 5 Hal Berikut Ya!]

 

Agar tidak mengulangi kesalahan yang sama, perhatikanlah beberapa kesalahan berikut ini:

 

#1 Tidak Menyimpan Cukup Dana

Hal ini yang paling umum terjadi sehingga mengakibatkan tumpukan utang dana pendidikan. Adapun beberapa penyebab terjadinya kekurangan dana pendidikan adalah sebagai berikut:

  • Terlambat memulai persiapan dana pendidikan.
  • Kesalahan mengestimasi dana pendidikan.
  • Lupa mempertimbangkan biaya-biaya yang mungkin muncul dalam tabungan atau investasi pendidikan.
  • Tidak disiplin dalam menyetor tabungan dan investasi pendidikan, dan sebagainya.

 

#2 Mengandalkan Pinjaman

Moms & Dad, hati-hati jika Anda termasuk yang tidak bisa menyimpan uang dengan cara menabung. Alih-alih menabung, banyak orangtua yang memilih untuk meminjam uang.

Namun hal inilah yang menjadi awal dari tumpukan utang dana pendidikan.

Anda perlu berhati-hati dan mengumpulkan seluruh informasi mengenai ketentuan peminjaman uang serta pengembaliannya kelak agar tidak hidup dalam utang yang tidak ada habisnya.

Iklan Banner Perencanaan Dana Pendidikan Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#3 Melibatkan Anak dalam Persiapan Dana Pendidikan

Seperti disinggung pada poin sebelumnya, Moms & Dad disarankan untuk melibatkan anak dalam mempersiapkan dana pendidikannya. Hal ini penting lho, mengapa demikian?

Karena meskipun biaya pendidikan mereka merupakan tanggung jawab orang tuanya, mereka perlu mengetahui betapa sulitnya mengumpulkan biaya yang tidak sedikit itu.

Jangan Terlambat Lagi! Begini Cara Menyiapkan Dana Pendidikan di Awal Tahun 04 Pendidikan Anak - Finansialku

[Baca Juga: PENTING! Perlukah Menyiapkan Dana Pendidikan Saat Anak Masih Balita?]

 

Dengan demikian, mereka akan lebih menghargai pendidikan yang didapat dan juga belajar mengenai manajemen keuangan dari contoh yang Anda berikan. Secara tidak langsung, Moms & Dad juga memberikan pendidikan karakter agar anak lebih serius dalam menimba ilmu.

 

Kalau Bukan Sekarang, Kapan Lagi Mempersiapkannya?

Menyongsong tahun yang baru, saatnya Moms & Dad juga merealisasikan perencanaan baru, salah satunya dana pendidikan anak. Mulailah duduk bersama pasangan dan lakukan 3 langkah di atas sejak saat ini.

Percayalah, harapan tidak akan menjadi nyata tanpa adanya rencana yang direalisasikan. Jika Moms & Dad masih belum yakin, Aplikasi Finansialku siap membantu.

Aplikasi Finansialku dapat membantu Moms & Dad untuk merencanakan dan mengelola keuangan dengan terarah dan tepat. Aplikasi Finansialku dapat dengan mudah Anda download pada link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai cara menyiapkan dana pendidikan anak Anda lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Ayo bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Pendidikan Anak – https://goo.gl/JDGSvk
  • Pendidikan Anak 2 – https://goo.gl/4ykwCv
  • Pendidikan Anak 3 – https://goo.gl/APPKHT
  • Pendidikan Anak 4 – https://goo.gl/27vDTN