Semua orang pasti memiliki mimpinya dan tujuan keuangannya masing-masing. Permasalahannya adalah tidak semua orang bisa mewujudkan mimpi dan tujuan keuangan tersebut. Berbicara mimpi beranikah Kita (Anda dan Saya) bermimpi yang besar? Kira-kira bagaimana cara mewujudkan mimpi dan tujuan keuangan kita?

big-dreams Mewujudkan-Mimpi

 

Ada seorang pebisnis bernama Walt Disney, yang mengatakan

If you can dream it you can do it

220px-Walt_disney_portrait
“jika Anda dapat memimpikannya Anda dapat mencapainya”

 

 

Mewujudkan Mimpi

Cara mewujudkan mimpi adalah dengan mulai mengubah mimpi menjadi sebuah tujuan. Ada perbedaan mendasar antara mimpi dan tujuan. Mimpi sifatnya lebih abstrak, lebih luas dan tidak ada periodenya. Tujuan yang baik biasanya kita buat dengan SMART.

 SpecificTujuan harus jelas
 MeasurableTujuan harus dapat diukur
 AttainableTujuan harus dapat dicapai
 RealisticTujuan harus masuk akal
 TimelyTujuan harus dibatasi waktu

 

Ada seorang financial adviser bernama Robert Kiyosaki, yang mengatakan

Robert-T.-Kiyosaki

First make your plans real and then your dreams will come true

“Pertama buat dulu rencananya kemudian mimpi Anda akan menjadi kenyataan“

 

Apapun tujuannya, kapanpun waktunya dan berapapun biayanya tetap buat dulu rencananya. Langkah awal untuk mewujudukan mimpi adalah sebuah rencana yang tepat.

Berdasarkan rencana yang dibuat kemudian jadikan sebuah rencana aksi (action plan) yang sifatnya lebih memungkinkan untuk dilakukan. Ambil langkah kecil untuk mulai, pelajari dari segala masalah atau kegagalan yang dialami. Di akhir masa pembelajaran Kita, adalah sebuah kemenangan atas mimpi Kita. Berikut ini gambar yang menjelaskan perjalanan sebuah mimpi hingga menjadi kenyataan.

dreams-goals-action-plan-reality

 

Tujuan Keuangan

Semua orang boleh bermimpi, termasuk Anda dan Saya dan mimpi itu gratis. Oleh sebab itu jangan sampai kita terkungkung oleh mimpi yang kecil atau kerdil. Kita harus berani untuk bermimpi besar. Bermimpi besar seperti apa? Bisa saja mimpi besar Anda berbeda dengan mimpi besar saya. Tetapi sebagian besar orang bermimpi untuk dapat hidup aman dan nyaman (sebelum bisa menjadi kaya dan bebas keuangan).

Hidup aman dan nyaman adalah kemampuan kita untuk dapat hidup dan memenuhi kebutuhan jangka pendek (kurang dari 1 tahun) dan kebutuhan jangka menengah panjang. Contohnya, Pernakah Anda bermimpi memiliki rumah idaman, menyekolahkan anak sampai ke tingkat pendidikan yang diinginkan anak, pensiun muda dan kaya raya? Jangan takut mulai bermimpi. Bagaimana cara membuat rencananya? Berikut ini ada ceklist yang dapat membantu Anda memberi guide atau tuntunan dalam merencanakan keuangan keluarga dan keuangan pribadi.

 

Apapun,-Kapanpun,-Berapapun

[Baca juga :Mengelola Cash Flow Rumah Tangga]

 

Apapun rencananya, Kapanpun waktunya dan Berapapun biayanya mulailah untuk membuat rencana, menjalankannya dan meraihnya.

 

Sudahkah Anda memiliki:

1.Rencana Dana DaruratCeklist-Box
2.Rencana Manajemen Risiko PribadiCeklist-Box
3.Rencana Dana PendidikanCeklist-Box
4.Rencana Dana PensiunCeklist-Box
5.Rencana WarisCeklist-Box
6.Rencana KayaCeklist-Box

 

Kita boleh dan bebas memiliki mimpi. Hal yang paling penting adalah bagaimana cara mewujudkan mimpi-mimpi kita. Mulailah dari merumuskan mimpi ke dalam sebuah tujuan, membuat rencana, jalankan rencana tersebut dan wujudkan mimpi kita. Apapun tujuan kita, kapanpun waktunya dan berapapun biayanya semua tujuan Anda dan Saya dapat kita wujudkan.

 

Jangan lupa baca juga artikel Finansialku di

finansialkuDonasi (Zakat, Perpuluhan, Derma) bersama Beruang Matahari
finansialkuStrategi Investasi untuk Pribadi dan Keluarga