Selain kecerdasan mengelola keuangan, penting bagi seseorang untuk memiliki modal supaya bebas finansial bisa benar-benar terjadi.

Kali ini, Finansialku akan memberikan 5 modal yang harus Anda miliki untuk dapat mencapai kebebasan finansial.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Kebebasan Finansial

Kebebasan finansial atau financial freedom memiliki arti yang berbeda bagi setiap orang. Ada yang merasa bebas secara finansial berarti dapat membeli apa pun yang diinginkan.

Ada pula yang menganggap bebas finansial adalah ketika Anda tidak memiliki utang atau cicilan. Secara garis besar adalah sebuah kondisi di mana Anda dapat bebas dari beban keuangan.

Selain Cerdas Mengelola Keuangan, Kamu Butuh 5 Modal Supaya Bebas Finansial 02

[Baca Juga: Karyawan Milenial! 5+ Kiat Mencapai Kebebasan Finansial yang Perlu Kamu Tiru]

 

Anda tidak perlu khawatir ketika deadline tagihan sudah dekat atau Anda tidak perlu panik mencari pinjaman sana sini ketika Anda membutuhkan uang mendadak.

 

Modal Supaya Bebas Finansial

Mencapai kebebasan finansial tidak dapat dicapai hanya dalam satu malam. Kebebasan finansial membutuhkan proses dan strategi keuangan yang tepat. Salah satunya adalah pengelolaan keuangan yang baik.

Pengelolaan keuangan yang baik merupakan kunci untuk mencapai kebebasan finansial. Selain pengelolaan keuangan, Anda juga membutuhkan modal lain, yaitu sebagai berikut.

 

#1 Karier

Karier merupakan salah satu modal yang Anda butuhkan untuk dapat bebas secara finansial. Salah satu modal terbesar Anda untuk membangun kekayaan adalah penghasilan atau pendapatan.

Kunci dalam memilih karier yang tepat adalah memilih karier atau pekerjaan yang Anda nikmati dan juga mendapatkan penghasilan dari pekerjaan tersebut.

Kecintaan Anda pada pekerjaan yang Anda lakukan menjadi kunci agar Anda dapat bertahan pada jenjang karier tersebut.

5 Kebiasaan Sederhana Yang Bisa Mengantarkan Anda Meraih Financial Freedom Di Usia Muda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Komik: Mau Keluar Dari Roda Putar? Yuk Raih Kebebasan Finansialmu Mulai Sekarang!]

 

Selain itu, secara realistis, Anda membutuhkan ‘modal’ untuk dapat mencapai kebebasan finansial. Pilihan karier Anda akan berdampak besar bagi rencana finansial jangka panjang.

Beberapa hal yang dapat Anda perhatikan ketika memilih karier adalah:

  • Apa yang ingin Anda capai dalam 10 tahun ke depan? Memulai dari tujuan akhir akan memudahkan Anda mengetahui langkah pertama yang harus Anda ambil.
  • Apakah ada potensi kenaikan penghasilan? Anda tidak perlu memulai dengan gaji impian, namun karier Anda harus memiliki potensi jumlah gaji yang sesuai dengan tujuan Anda.

  • Dapatkah Anda berkembang? Apakah ada kemungkinan Anda dapat berkembang secara profesional dan pribadi?
  • Apakah Anda menikmati pekerjaan tersebut? Jangan habiskan waktu Anda untuk bekerja di pekerjaan yang Anda benci.
  • Apakah manfaat tambahan dari pekerjaan tersebut mendukung tujuan kebebasan finansial Anda? Kebebasan finansial juga didukung oleh faktor lain seperti dana pensiun, asuransi kesehatan yang juga didukung oleh karier Anda.

 

#2 Edukasi

Banyak yang meremehkan edukasi sebagai modal hidup. Memang benar, edukasi yang tinggi tidak menjamin karier atau kesuksesan seseorang. Namun dengan adanya edukasi, Anda telah mendapatkan jaminan penghasilan.

Edukasi merupakan modal selanjutnya untuk mencapai kebebasan keuangan. Sebagai mahasiswa, edukasi merupakan modal untuk mendapatkan karier dan jabatan yang lebih baik.

Dijamin Ampuh! Ini Strategi Mencapai Financial Freedom

[Baca Juga: Semakin Lebih Dekat, 4 Rahasia Menuju Kebebasan Finansial]

 

Untuk karyawan, edukasi adalah modal untuk peningkatan karier dan pengembangan diri. Melalui edukasi, Anda akan membuka kesempatan dan pandangan baru.

Selain itu, edukasi juga dapat membantu keuangan misalnya melalui pengetahuan akan keuangan, investasi serta cara-cara untuk meningkatkan literasi keuangan.

Edukasi bukan hanya berarti ilmu yang Anda dapatkan melalui institusi formal. Anda bisa mendapatkannya di mana pun, bahkan yang gratis sekalipun seperti buku-buku elektronik (e-book) keuangan Finansialku.

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Edukasi juga berarti ilmu yang Anda dapatkan melalui seminar atau kegiatan umum yang memang diadakan untuk penyebaran ilmu.

 

#3 Investasi

Pengelolaan keuangan yang baik memang kunci untuk mendapatkan kebebasan finansial. Namun, pengelolaan keuangan tanpa didukung oleh investasi akan membuat Anda lebih lama mencapai kebebasan tersebut.

Tidak ada cara lain yang lebih baik untuk mengembangkan keuangan Anda dibandingkan investasi. Bunga majemuk yang tumbuh dari investasi yang tepat dapat membuat Anda mencapai kebebasan keuangan dengan lebih cepat.

Mulai dari investasi jangka pendek dengan risiko rendah jika modal Anda tidak banyak. Beberapa contoh investasi tersebut misalnya investasi emas logam mulia, deposito, saham, atau reksa dana.

Selanjutnya lakukan investasi jangka panjang khususnya yang dapat menghidupi masa pensiun Anda. Salah satu investasi yang dapat Anda pilih adalah investasi properti.

 

#4 Asuransi

Modal supaya bebas finansial ketiga yang Anda butuhkan untuk dapat mencapai kebebasan finansial adalah asuransi. Asuransi bertindak sebagai perlindungan atas risiko finansial yang mungkin terjadi.

Salah satu asuransi yang minimal harus Anda miliki adalah asuransi kesehatan. Kesehatan merupakan modal yang tidak ada bandingannya dan untuk dapat menikmati kebebasan keuangan, Anda harus dalam keadaan yang sehat.

Financial Freedom untuk Entrepreneur, Seperti Apa dan Bagaimana Caranya 01 - Finansialku

[Baca Juga: 11 Langkah Menuju Kebebasan Finansial, Di Posisi Manakah Anda?]

 

Biaya perawatan adalah salah satu biaya yang memakan jumlah sangat banyak. Anda tidak dapat memprediksi kapan risiko kesehatan akan datang. Tentu hal terakhir yang Anda inginkan adalah uang simpanan Anda habis karena harus membayar biaya rumah sakit atau pengobatan.

Mencapai kebebasan finansial berarti Anda tidak perlu khawatir dengan masalah keuangan, salah satu cara agar Anda terbebas dari khawatir tersebut adalah dengan memiliki perlindungan atas aset Anda.

Selain asuransi kesehatan, tentu masih banyak asuransi yang dapat Anda pertimbangkan, misalnya asuransi pendidikan untuk anak, asuransi penyakit kritis, asuransi perjalanan dan lain sebagainya.

Jika Anda kebingungan mengenai perlindungan aset seperti apa yang harus Anda ambil, atau bagaimana melindungi keuangan Anda, Anda bisa berkonsultasi dengan perencana keuangan Finansialku melalui fitur Tanya Jawab dari aplikasi Finansialku.

 

#5 Tujuan

Modal terakhir yang tidak kalah penting adalah tujuan keuangan Anda. Banyak yang berkata ingin mencapai kebebasan keuangan tanpa mengetahui apa sebenarnya tujuan kebebasan keuangan mereka.

Mengapa Anda membutuhkan uang? Itu merupakan pertanyaan yang harus Anda tanyakan ke diri sendiri. Tujuan setiap orang ketika mencapai kebebasan keuangan sangat berbeda.

Jika Anda berumur 22 tahun dan baru selesai kuliah, mungkin bagi Anda financial freedom adalah ketika Anda dapat terbebas dari utang dana pendidikan. Tentu pengelolaan keuangan dan sikap finansial yang dibutuhkan akan berbeda dengan seseorang yang menganggap pensiun dini sebagai kebebasan keuangan.

Financial freedom bukan berarti hanya 1 tujuan, financial freedom adalah sebuah tujuan finansial akhir yang dapat Anda capai dalam sebuah rentan masa hidup Anda.

Untuk itu, Anda harus memahami bahwa tujuan keuangan Anda sangat penting. Dengan mengetahui tujuan Anda, Anda akan lebih mudah mengetahui jalan mana yang harus Anda pilih untuk mencapai tujuan tersebut.

 

Kebiasaan yang Tepat Sebagai Modal Supaya Bebas Finansial

Kebebasan finansial dapat dicapai melalui sebuah proses. Namun, tidak semua proses berarti membutuhkan waktu yang panjang.

Dengan modal di atas dan pengelolaan keuangan yang benar, Anda pasti akan mencapai kebebasan finansial dengan cepat.

 

Saat ini, Anda sudah tahu, bukan, modal apa saja yang harus Anda punya untuk memiliki kebebasan finansial?

Tapi ternyata, masih banyak lho orang yang tidak mengetahui hal ini, mereka malah kebingungan mengatur keuangan mereka.

Jadi, yuk jadi pahlawan bagi teman-teman Anda dengan membagikan artikel bermanfaat ini. Siapa tahu Anda berkontribusi dalam kebebasan keuangan salah seorang teman Anda.

 

Sumber Referensi:

  • Chris Hogan. How do I Achieve Financial Freedom. Daveramsey.com – https://bit.ly/2wcIemg

 

Sumber Gambar:

  • Modal Supaya Bebas Finansial 01 – http://bit.ly/2pri5O7
  • Modal Supaya Bebas Finansial 02 – http://bit.ly/2Jvkiis