Apakah Anda memiliki siklus hidup yang sama seperti hamster yang berada di roda putar? Bagaimana caranya supaya Anda dapat keluar dari roda putar tersebut? Yuk raih kebebasan finansial!

Jika Anda masih hidup dalam lingkaran roda putar seperti hamster, sudah saatnya Anda memikirkan bagaimana Anda akan keluar dari roda putar tersebut. Yuk kita simak bagaimana caranya di artikel berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Siklus Kehidupan Seperti Roda Putar

 

Jika Anda memiliki cerita yang kurang lebih sama dengan cerita komik di atas, sudah saatnya Anda mulai memikirkan untuk keluar dari roda putar tersebut.

Apakah Anda tidak merasa lelah dengan siklus hidup yang seperti itu? Jika Anda pikirkan lagi, jika memang liburan atau hal lainnya menjadi tujuan hidup setiap akhir tahun Anda, tetapi Anda selalu merasa di awal tahun tabungan Anda selalu berkata, mulai dari 0 ya.

Anda pun merasa bingung mengapa hal itu kerap terjadi. Padahal Anda merupakan seseorang yang pekerja keras, Anda selalu memanfaatkan lembur Anda bahkan tidak jarang juga Anda menjadi freelance.

Atau Anda sekarang sedang terjebak dalam membayar cicilan? Memang benar, Anda masih akan terjebak cicilan dalam tenor yang sudah Anda setujui. Tetapi seharusnya, ketika Anda sudah mengambil cicilan, Anda sudah mengetahui bagaimana Anda akan membayarnya.

Sehingga, seharusnya kondisi keuangan Anda masih ideal, meskipun memiliki utang.

Coba Anda pikirkan lagi dengan siklus hidup yang seperti itu, tidak masalah jika Anda masih muda dan memiliki tenaga yang cukup. Lalu, saat usia Anda sudah mendekati masa pensiun, apakah tubuh Anda masih kuat untuk bekerja lebih dari jam kerja yang seharusnya?

Jika Anda berpikir dan merasa bahwa ketika Anda sudah mendekati masa pensiun ternyata Anda sudah tidak kuat, maka lebih baik Anda mencari cara bagaimana caranya keluar dari siklus hidup seperti hamster yang berada di roda putar.

Komik Mau Keluar Dari Roda Putar Yuk Raih Kebebasan Finansialmu Mulai Sekarang! 02 Dana Pensiun - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mengecek Kesehatan Keuangan Dengan Mudah dan Sederhana]

 

Selagi Anda masih muda, masih belum memiliki cicilan yang banyak atau bahkan belum memiliki cicilan. Sudah saatnya Anda mengetahui tips untuk mencapai kebebasan finansial.

Kebebasan finansial ini bukan sekedar impian untuk Anda, tetapi Anda dapat mewujudkannya juga. Tentu saja untuk mewujudkannya Anda perlu memiliki rencana yang handal.

Sebelum Anda mengetahui tips meraih kebebasan finansial, akan lebih baik jika Anda mengecek kesehatan keuangan Anda di bawah ini. Supaya Anda tahu bagaimana mengaplikasikan tips meraih kebebasan keuangan.

 

Raih Kebebasan Keuangan Mulai Dari Sekarang

Untuk keluar dari roda putar, Anda harus sudah mengetahui apa itu kebebasan finansial. Seperti komik di atas, tanpa Pendidikan, pengetahuan dan perencanaan keuangan yang baik, akan sulit untuk Anda meraih kebebasan finansial.

Kebebasan keuangan itu artinya Anda sudah merasa lebih dari cukup, bebas membeli barang yang Anda inginkan, kapanpun dan berapapun.

Anda pun tidak perlu untuk melihat rekening Anda ketika Anda bertransaksi bahkan Anda tidak perlu mengeluarkan kartu kredit Anda untuk bertransaksi.

Komik Mau Keluar Dari Roda Putar Yuk Raih Kebebasan Finansialmu Mulai Sekarang! 03 Belanja Senang - Finansialku

[Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat Untuk Cek Kesehatan Keuangan?]

 

Mengapa kita membutuhkan kebebasan keuangan? Jika jawaban dari semua pernyataan di bawah ini adalah “ya”, maka Anda membutuhkan kebebasan keuangan.

  1. Anda ingin bebas memilih sebuah karier yang Anda cintai tanpa khawatir tentang uang.
  2. Anda ingin memiliki kebebasan untuk berlibur setiap tahun tanpa membebani anggaran Anda.
  3. Anda ingin memiliki kebebasan untuk membeli kendaraan baru dengan uang tunai.
  4. Anda ingin memiliki kebebasan untuk pensiun lebih cepat daripada waktunya.

 

Sudah saatnya Anda mengetahui bagaimana tips mencapai kebebasan keuangan. Mari kita simak tips yang berikut ini.

 

Tips #1 Milikilah Target/Tujuan

Sebelum Anda memulai, sudah seharusnya Anda memiliki sebuah target atau tujuan. Misalkan, dalam jangka waktu sekian tahun Anda ingin memiliki barang A, B, C, D dengan harga sekian.

Anda harus menuliskan target atau tujuan Anda dengan sangat spesifik. Supaya Anda tahu berapa sih yang harus Anda siapkan, bagaimana caranya Anda mempersiapkannya.

Jika Anda tidak tahu bagaimana caranya, finansialku akan membantu Anda membuat target atau tujuan Anda. Anda tinggal download Aplikasi Finansialku di bawah ini.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Kemudian Anda tinggal klik menu rencana keuangan yang nantinya akan diarahkan ke beberapa tujuan keuangan yang mungkin menjadi tujuan keuangan Anda.

Selanjutnya, Anda tinggal mengisi data yang harus Anda isi sesuai dengan keinginan Anda.

 

Tips #2 Mulai Perbaiki Arus Kas Anda

Anda sudah melakukan cek kesehatan keuangan kan? jika belum, saya mau mengingatkan Anda untuk cek kesehatan keuangan Anda di bawah ini.

 

Ketika Anda sudah mengetahui kesehatan keuangan Anda, selanjutnya Anda melihat rasio keuangan mana saja yang tidak ideal yang kemudian Anda konsultasikan ke perencana keuangan bagaimana caranya mengubah kondisi tidak ideal menjadi ideal.

Anda dapat menghubungi kami melalui formulir online, telepon (022 – 2056 5890) atau email (Solusi@Finansialku.com). Untuk informasi lebih lengkap, Anda dapat menghubungi Finansialku.

Setelah Anda mengetahui apa yang harus Anda perbaiki dan bagaimana caranya, berarti Anda sudah siap untuk melanjutkan ke langkah yang berikutnya.

 

Tips #3 Langkah awal, Atur Keuangan Anda

Ketika Anda sudah mengerti apa saja yang harus Anda perbaiki, maka sekarang Anda mulai mengatur keuangan Anda dengan cara yang paling mudah dan simpel.

Anda bisa menyiapkan smartphone Anda maupun kertas dan pulpen Anda. Tugas Anda sangatlah mudah, Anda hanya diminta untuk membuat anggaran keuangan dan catatan keuangan.

Anggaran keuangan ini merupakan catatan yang berisikan kemana saja uang yang Anda dapatkan dalam 1 bulan untuk dihabiskan. Biasanya, Anda akan menuliskan pengeluaran yang tetap.

Setelah Anda menuliskan anggaran keuangan yang pasti Anda keluarkan setiap bulannya, selanjutnya Anda diminta untuk membuat catatan keuangan harian.

Berarti, Anda diwajibkan untuk menulis berapa saja uang Anda yang masuk dan berapa saja uang Anda yang keluar, setiap harinya. Fungsinya, supaya Anda tahu kemana uang Anda benar-benar pergi.

Selain itu, Anda pun bisa mengerem pengeluaran Anda ketika pengeluaran Anda sudah mencapai anggaran keuangan yang sudah Anda buat di awal bulan.

Dengan dimilikinya catatan keuangan akan memudahkan Anda untuk mengetahui pos mana saja yang bisa Anda hemat.

 

Tips #4 Mulailah Buat Rencana Keuangan

Sekarang Anda sudah tahu kemana saja uang Anda pergi, Anda bisa membuat rencana keuangan Anda. Anda telah memiliki tujuan yang sudah Anda tuliskan di awal bukan?

Anda sekarang tahu berapa yang bisa Anda alokasikan untuk mencapai tujuan tersebut dan kemana saja uang Anda akan ditabung atau diinvestasikan.

Jika Anda ingin mengetahui bagaimana caranya merencanakan keuangan untuk usia 30 an lebih banyak lagi. Anda bisa membaca ebook mengenai perencanaan keuangan usia 30 an di bawah ini secara gratis.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Tips #5 Mulai Investasi

Ingat jika Anda hanya menabung di rekening bank, apakah uang yang Anda miliki akan terhindar dari risiko inflasi? Bunga di tabungan saja hanya mencapai 0,30 persen.

Sedangkan inflasi per November 2018 sudah mencapai 3,18%, bagaimana dengan tahun selanjutnya, apakah Anda yakin dengan menabung di bank akan membuat Anda aman dari risiko inflasi?

Memang banyak sekali pilihan investasi di luar sana, sudah seharusnya Anda upgrade ilmu mengenai investasi. Jika Anda masih bingung ke investasi mana seharusnya Anda menabung atau berinvestasi.

Finansialku akan membantu Anda dalam berinvestasi. Anda bisa membaca ebook mengenai investasi reksa dana untuk pemula di bawah ini. Anda tinggal klik link di bawah ini.

Free Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Yuk Kita Raih Kebebasan Finansial

Jika Anda masih menanti-nanti untuk meraih kebebasan keuangan Anda, sudah sebaiknya Anda memulainya dari sekarang. Mengingat waktu yang Anda punya pun akan semakin sedikit dan akan membuat Anda semakin kelabakan.

Jangan lupa juga, Anda pasti akan selalu berhadapan dengan risiko inflasi yang akan selalu menghantui Anda. Jika hanya Anda saja yang bekerja tentu akan terasa berat, sudah saatnya Anda membuat uang Anda juga bekerja.

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin Anda telah mengetahui bagaimana caranya keluar dari roda putar.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara Anda yang belum mengetahui bagaimana caranya keluar dari roda putar. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Gambar:

  • Kebebasan Keuangan – https://goo.gl/R4NWRA
  • Dana Pensiun – https://goo.gl/5ZmRc7
  • Belanja Senang – https://goo.gl/7FJykS