Deposito merupakan instrumen investasi yang paling aman lantaran risiko yang kecil daripada investasi lain, salah satunya adalah deposito BCA.

Baca informasi selengkapnya dalam artikel Finansialku berikut.

 

Summary

  • Deposito BCA adalah instrumen investasi berupa simpanan berjangka dalam bentuk tabungan dengan bunga di atas bunga tabungan.
  • Deposito dianggap sebagai instrumen investasi yang paling aman lantaran risiko yang kecil dibandingkan bentuk investasi lainnya.
  • Simpanan deposito BCA terdiri dari berbagai jenis dan dibedakan berdasarkan jangka waktu penyimpanan serta kurs mata uang yang digunakan.

 

Mengenal Deposito 

Salah satu instrumen investasi yang populer adalah deposito. Cara kerja deposito sebetulnya mirip dengan tabungan biasa. Namun, uang yang Anda simpan dalam deposito, tidak hanya aman, tetapi juga bertambah nilainya.

Umumnya, penarikan atau penyetoran deposito dilakukan pada waktu yang sudah ditetapkan saja. Nilai bunga deposito lebih besar daripada bunga tabungan biasa.

Deposito juga dianggap sebagai instrumen investasi yang paling aman lantaran risiko yang kecil dibandingkan bentuk investasi lainnya.

Bank Central Asia atau lebih kita kenal dengan BCA menyediakan berbagai layanan untuk nasabah, salah satunya yaitu investasi deposito. Banyak orang yang tertarik untuk membuka rekening di bank BCA karena bunga depositonya terbilang cukup tinggi.

Di Bank BCA, bunga yang diberikan kepada penanam modal selalu berubah mengikuti pasaran yang ada. Selain itu, besarannya juga dipengaruhi oleh mata uang yang digunakan beserta jangka waktu simpanan.

Sobat Finansialku perlu mengetahui seluk-beluk deposito bank BCA sebelum menetapkan berinvestasi;

 

Deposito BCA

Deposito bank BCA adalah instrumen investasi berupa simpanan berjangka dalam bentuk tabungan dengan bunga di atas bunga tabungan. Suku bunga deposito dari Bank BCA ini pun tidak kalah dengan bank besar lainnya seperti BNI, BRI, dan sebagainya.

Simpanan deposito terdiri dari berbagai jenis dan dibedakan berdasarkan jangka waktu penyimpanan serta kurs mata uang yang digunakan. Terdapat beberapa pilihan jangka waktu, mulai dari satu bulan, tiga bulan, enam bulan, dan 12 bulan.

Bank BCA menyediakan sembilan pilihan mata uang deposito, mulai dari Rupiah (IDR), US Dollar (USD), Australia Dollar (AUD), Singapore Dollar (SGD), Hong Kong Dollar (HKD), Yen (JPY), Poundsterling (GBP), Euro (EUR), dan China Yuan (CNH) sesuai dengan kebutuhan kamu.

Untuk mempermudah, tersedia fitur yang bisa Anda gunakan untuk menghitung simulasi deposito bank BCA melalui berbagai platform yang tersedia di internet.

 

Cara Buka Deposito BCA

Cara membuka rekening tabungan BCA deposito berjangka cukup mudah asalkan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Anda bisa mendatangi kantor BCA dengan membawa persyaratan berupa nominal minimum dan KTP.

Prosedur pembukaan rekening deposito sebagai berikut:

  1. Kunjungi kantor BCA terdekat, selanjutnya sampaikan kepada satpam hendak membuka rekening deposito.
  2. Kemudian satpam akan mengarahkan dan memberi nomor antrean.
  3. Tunggu sampai nomor antrean dipanggil.
  4. Kamu bisa datangi counter dan ikuti panduan yang disampaikan oleh petugas BCA.
  5. Kamu akan lebih mudah membuka rekening deposito bila sudah memiliki rekening tabungan BCA karena pihak bank sudah punya data kamu.

[Baca Juga: Mengenal Deposito, Tabungan dan Investasi yang Mudah Dilakukan]

 

Buat kamu yang belum punya pengalaman, cara mengajukan deposito cukup mudah. Persyaratannya sebagai berikut:

  1. Membawa dana yang memenuhi setoran awal minimum.
  2. Melengkapi serta menandatangani formulir pembukaan rekening deposito.
  3. Bagi Warga Negara Indonesia, membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP (jika ada).
  4. Bagi Warga Negara Asing, membawa Paspor dan Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP).
  5. Ketika ingin mencairkan dana deposito, nasabah harus membayar biaya meterai.
  6. Pihak Bank BCA berhak untuk menolak pembukaan rekening apabila pendaftar tidak memenuhi persyaratan.
  7. Hubungi Halo BCA untuk informasi lebih lanjut di 1500888 atau email di halobca@bca.co.id atau langsung mendatangi kantor cabang BCA.

 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Bank BCA menyediakan layanan deposito untuk berbagai mata uang. Berikut ini nilai setoran minimum untuk masing-masing mata uang yang digunakan.

Mata Uang

Nominal

Rupiah (IDR/Rp)

8.000.000

US Dollar (USD)

1.000

Australia Dollar (AUD)

2.000

Singapore Dollar (SGD)

2.000

Hong Kong Dollar (HKD)

8.000

Yen (JPY)

150.000

Poundsterling (GBP)

1.000

Euro (EUR)

1.000

China Yuan (CNH)

7.000

 

Simulasi Cara Hitung Deposito Bank BCA

Bagaimana menghitung bunga deposito 100 juta Bank BCA? Simpanan deposito akan dikenai potongan Pajak Penghasilan (PPh) sebesar 20% apabila jumlah dana lebih dari Rp 7,5 juta. Tentu tidak ada potongan untuk dana kurang dari Rp 7,5 juta.

Deposito bank BCA mensyaratkan dana minimal Rp 8 juta, berarti akan dikenakan potongan Pajak Penghasilan (PPh) sebesar 20%. Sobat Finansialku bisa menggunakan simulasi deposito BCA untuk bisa menghitung kisaran imbal balik dari dana yang kamu depositokan.

Misalkan, kamu memiliki dana Rp 100 juta dan ingin mendepositokan uang itu ke Bank BCA selama 12 bulan, berarti perhitungannya sebagai berikut:

  • Dana deposito awal: 100.000.000
  • Tenor deposito bulan: 12
  • Suku bunga deposito tahunan: 3%
  • Pajak bunga deposito: 20%

 

Rumus bunga deposito = Dana Deposito x (Bunga Tahunan / 12) x Jumlah Bulan Tenor

Bunga deposito = 100.000.000 x (3%/12) x 12

                          = 3.000.000

 

Hasil perhitungannya:

  • Bunga deposito sebelum pajak: Rp 3.000.000
  • Bunga deposito setelah pajak: Rp 2.400.000
  • Dana setelah tenor berakhir: Rp 102.400.000

[Baca Juga: Apakah Deposito Cocok Untuk Dana Kecil? Inilah Jawabannya!]

 

Bagaimana, sudah tahu kan besaran bunga deposito 100 juta Bank BCA? Kamu bisa menggunakan simulasi deposito di atas dengan angka maupun tenor waktu yang berbeda.

Rumus deposito di atas bisa untuk digunakan di semua bank. Untuk saldo deposito di bawah Rp 7,5 juta, kamu tidak perlu menyertakan pajak bunga deposito karena tidak dikenakan pajak itu.

Cara lain untuk menghitung keuntungan deposito adalah dengan menggunakan aplikasi Finansialku. Kamu hanya perlu masukkan data yang kamu miliki, maka hasilnya akan otomatis keluar.

Selain untuk menghitung keuntungan investasi, kamu juga bisa membeli instrument investasi, lho. Yuk, coba sekarang.

Download Aplikasi Finansialku Sekarang!!

Download Aplikasi Finansialku

 

Bagaimana menurutmu tentang artikel di atas? Yuk saling berbagi tanggapan atau pendapat lewat kolom komentar di bawah ini.  Jangan lupa bagikan artikel ini lewat berbagai platform yang tersedia. Semoga bermanfaat.

 

Editor: Ratna SH

Sumber Referensi:

  • Brigitta Winansis. 20 September 2021. Kenali Deposito BCA: Kelebihan, Jenis, hingga Cara Membuka. Modalrakyat.id – https://bit.ly/3D5KVDu
  • Yogarta Awawa. 13 April 2021. Deposito B CA: Pengertian, Suku Bunga, hingga Simulasi Hitung. Qoala.app – https://bit.ly/3E9bid1
  • Admin. 22 November 2021. Pahami Nilai Bunga Deposito BCA Dan Simulasi Perhitungannya. Pinhome.id – https://bit.ly/3E8gQVo

 

Sumber Gambar:

  • Cover – Unsplash