Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo mengatakan wisata Bali memang bisa kembali dibuka dengan sejumlah pertimbangan.

Baca selengkapnya dalam artikel Finansialku berikut.

 

Wisata Bali Akan Dibuka Kembali, Ini Persiapannya

Pemerintah tengah bersiap untuk membuka kembali wisata Bali bagi wisatawan mancanegara pada Juli 2021 mendatang. Hal ini dilakukan untuk memperbaiki keterpurukan sektor pariwisata dan memulihkan ekonomi penduduk setempat.

Meski demikian, untuk saat ini pemerintah memang masih melarang wisatawan mancanegara untuk masuk ke Indonesia. 

“Bulan Juli harapan kami sudah terbentuk herd immunity (kekebalan kelompok) dan Bali jadi green zone, dan dapat segera membuka akses untuk wisatawan asing meskipun kunjungan wisatawan domestik,” ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan, mengutip dari Swa.co.id.

Sementara itu, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo mengatakan wisata Bali memang bisa kembali dibuka dengan sejumlah pertimbangan.

Pertama, khusus untuk negara-negara yang telah bisa menangani Covid-19 dengan baik. “Karena kita ingin mengurangi risiko ketika kita membuka Bali untuk turis asing,” jelasnya.

Mulai Juli Mendatang Pemerintah Akan Buka Kembali Wisata Bali

[Baca Juga: Cakep! Ini 10 Rekomendasi Tempat Wisata di Mandalika Lombok]

 

Pemerintah juga mempertimbangkan membuka pariwisata Bali untuk turis asing dengan kemampuan finansial yang lebih baik. Sebab, pemerintah sedang mendorong pariwisata berkualitas (quality tourism).

“Selain itu kita berfokus kepada quality tourism, di mana turis-turis itu yang spending-nya lebih tinggi,” katanya.

Seperti diketahui, Indonesia telah menutup akses bagi warga negara asing, kecuali yang memiliki kepentingan khusus sejak 2020 sebagai langkah pengendalian Covid-19.

Situasi tersebut menyebabkan jumlah kunjungan wisatawan ke Tanah Air, termasuk Bali, menurun 75 persen pada 2020 yang berdampak pada sektor pariwisata.

Pemerintah saat ini memproyeksikan Bali sebagai kawasan wisata zona hijau Covid-19 agar dapat segera dikunjungi oleh wisatawan asing. Zona Hijau yang dimaksud adalah wilayah Ubud, Nusa Dua, dan Sanur.

Saat ini, sudah ada sekitar 100.000 pelaku pariwisata di Bali yang telah mendaftarkan diri untuk program vaksinasi.

Kendati demikian, dari jumlah tersebut, baru sekitar 10.000-an yang telah divaksin, melansir dari laman Kompas.com.

 

Syarat Wisatawan Mancanegara Masuk Ke Bali

Pemprov Bali dan Dinas Pariwisata Bali sedang merancang syarat masuk turis asing ke Pulau Dewata, Bali.

Adapun, syarat tersebut diberlakukan untuk wisatawan mancanegara yang tiba melalui koridor perjalanan (travel corridor) Bali-China.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Putu Astawa menyampaikan bahwa syarat untuk tarvel bubble Bali-China kemungkinan akan disesuaikan lagi oleh pemerintah pusat.

“Ini domainnya pusat, pak Sandiaga. (Penyesuaian tergantung) negara yang disasar, kemudian bagaimana perlakuannya setelah di bandara, bagaimana apply visa. Kurang lebih sama, tapi akan ada penyesuaian,” tuturnya.

Bagi wisatawan mancanegara yang tiba di Bali melalui koridor perjalanan Bali-China harus memenuhi syarat yakni sebagai berikut:

  1. Sudah vaksinasi Covid-19
  2. Bawa surat keterangan negatif Covid-19
  3. Ikuti tes Covid-19 lagi di Bandara I Gusti Ngurah Rai
  4. Jika hasilnya negatif, wisman dapat menginap di hotel-hotel yang ada dalam program travel bubble
  5. Wisman hanya diizinkan jalan-jalan di kawasan tertentu di Bali

 

banner -mengapa perlu menyiapkan dana liburan (1)

 

Rencanakan Liburan dengan Atur Keuangan

Bagi sebagian orang berlibur sudah menjadi kebutuhan. Selayaknya kebutuhan lain, liburan juga memerlukan persiapan keuangan, untuk bayar penginapan, tiket pesawat, makanan, beli oleh-oleh dan seterusnya.

Aplikasi Finansialku bisa membantu kalian dalam pencatatan keuangan, termasuk menentukan kondisi keuangan untuk liburan.

Kalau Sobat Finansialku rutin melakukan pencatatan keuangan di aplikasi Finansialku, baik itu dari penghasilan maupun pengeluaran akan dapat semacam laporan kondisi keuangan yang bisa terlihat dalam fitur Finansial Check Up.

Selain itu, ada beragam fitur menarik lainnya seputar pencatatan keuangan yang memudahkan, seperti pengaturan Dana Darurat.

Aplikasi Finansialku ini bisa langsung diunduh Google Play Store dan Apple Apps Store.

Download Aplikasi Finansialku Sekarang!!

Download Aplikasi Finansialku

 

Untuk yang baru pertama kali download bisa menikmati free trial selama 30 hari, lho. Setelah download kalian bisa langsung rencanakan anggaran untuk liburan. Jadi, manfaatkanlah segara!

BONUS! Dapatkan juga potongan sebesar Rp 50 ribu untuk Sobat Finansialku yang ingin berlangganan aplikasi Finansialku premium selama satu tahun dengan menggunakan kode voucher CUAN50.

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel di atas? Kamu bisa berbagi pendapat lewat kolom komentar di bawah ini.

Bagikan informasi ini lewat berbagai platform yang tersedia, kepada kawan atau sanak-saudara mu, agar mereka juga tahu apa yang kamu ketahui.

 

Sumber Referensi:

  • Redaksi. 28 Maret 2021. Pemerintah Segera Buka Pintu Masuk Wisman ke Bali. Swa.co.id – https://bit.ly/2QOXEbp
  • Imam Bachtiar. 28 Maret 2021. Ini Syarat Jika Turis Asing Mau Wisata ke Indonesia Lagi, Cek Disini. Minews.id – https://bit.ly/3w9h4HZ
  • Billy Mulya Putra. 28 Maret 2021. Hidupkan Kembali Sektor Pariwisata, Bali Bersiap Kembali Sambut Turis Asing. Pikiran-rakyat.com – https://bit.ly/3sJsX5i
  • Nabilla Ramadhian. 28 Maret 2021. Bali akan Sambut Turis Asing Juli 2021, Begini Persiapannya. Kompas.com – https://bit.ly/3w9ZAeE

 

Sumber Gambar:

  • 01 – https://bit.ly/31rWS67
  • 02 – https://bit.ly/39mHA7h