Penasaran apa saja tempat wisata di Mandalika Lombok yang menarik dan wajib banget untuk kamu kunjungi? Cari tahu yuk!

Kali ini Finansialku akan memberikan 10 rekomendasi destinasi wisata di wilayah Mandalika. Yang pastinya sangat menarik untuk dikunjungi. Simak terus artikel ini ya….

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Rekomendasi Tempat Wisata di Mandalika

Mandalika, wilayah ini semakin terkenal akhir-akhir ini. Sebab daerah inilah yang akan dicanangkan oleh pemerintah sebagai lokasi perhelatan ajang balap MotoGP yang rencananya diselenggarakan pada tahun 2021.

Ajang balap dunia bergengsi lainnya yakni World Superbike juga berencana untuk melangsungkan balapan di Sirkuit Mandalika.

Hingga saat ini pemerintah terus mengupayakan dan mempercepat proses pembangunan sirkuit agar bisa digunakan pada balapan musim 2021.

Tempat Wisata di Mandalika 05 Finansialku

[Baca Juga: Hidden Gems! Tempat Wisata di Tasikmalaya yang WAJIB Kamu Kunjungi!]

 

Perlu kamu ketahui juga, bahwasanya Mandalika yang berada di wilayah Lombok Tengah ini juga ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 52 tahun 2014 sebagai KEK Pariwisata.

Ada banyak sekali keindahan alam yang bisa di explore dari wilayah Mandalika. Seperti keindahan biota laut, hingga keindahan pantainya yang langsung menghadap ke Samudera Hindia.

Nah kali ini, Finansialku akan memberikan beberapa rekomendasinya, ini dia;

 

#1 Bukit Merese

Tempat yang pertama adalah Bukit Merese. Bukan hanya sekedar menikmati landscape perbukitannya saja, di tempat ini kamu bisa menikmati pemandangan yang luar biasa indah.

Apalagi di saat petang, menjelang matahari terbenam, itu adalah waktu yang tepat untuk menikmati sensasi keindahan yang luar biasa. 

Pemandangan hamparan laut yang sangat luas semakin menambah pengalaman yang tak akan pernah terlupakan.

Lokasi Bukit Merese sendiri berada di Jl. Kuta Lombok, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Tempat Wisata di Mandalika 04 Finansialku

[Baca Juga: Bingung Mau Ke Mana? Coba Deh ke 10+ Tempat Wisata Karawang ini!]

 

#2 Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan adalah lokasi yang paling tepat untuk kamu kunjungi, bila ingin melakukan banyak kegiatan yang menyenangkan seperti berjemur, berenang, dan lainnya.

Ditambah, lokasi pantai ini tidak jauh dari sirkuit yang akan menyelenggarakan balapan MotoGP. Di pantai ini, kamu juga bisa membeli berbagai macam souvenir yang dijajakan oleh para pedagang setempat.

 

#3 Pantai Gerupuk

Hobi berselancar? Tenang, pantai Gerupuk adalah tempat yang sangat tepat. Di pantai ini besarnya ombak menjadi hal yang sangat cocok, juga menantang bagi kamu yang hobi olahraga berselancar.

Tentu saja keindahan panorama-nya juga bisa kamu nikmati. Dijamin tempat wisata di Mandalika yang satu ini, kamu akan merasa tertantang untuk taklukan ombak besar, dengan papan selancar andalanmu.

 

#4 Desa Adat Sade

Di Mandalika juga terdapat satu desa yang sangat mengimplementasikan kearifan lokal wilayah tersebut, yakni Desa Adat Sade.

Desa ini merupakan tempat tinggal dari Suku Sasak yang setiap harinya menjalankan aktivitas sesuai dengan adat istiadatnya.

Wisatawan dari mancanegara pun mengetahui kehidupan adat dari suku asli Lombok ini. Selain berwisata, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk edukasi mengenai kebudayaan lokal di Mandalika.

Para wisatawan dapat berkeliling desa dan menyaksikan banyak sekali kegiatan adat yang masih dilestarikan. Baik itu tarian, permainan, menenun kain songket khas Lombok, dan masih banyak lagi.

Lokasi Desa Adat Sade sendiri berada di Desa Rambitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB. Wahhh jadi tertarik ya?!

 

#5 Desa Adat Ende

Masih dari destinasi wisata kebudayaan, kamu juga bisa meng-explore kebudayaan khas NTB dan suku sasak dengan mengunjungi Desa Adat Ende.

Kamu bisa meng-explore kehidupan suku sasak yang sangat tradisional. Caranya berinteraksi dengan masyarakatnya.

Desa Adat Ende sendiri dihuni oleh 37 kepala keluarga yang mendiami rumah-rumah adat khas suku sasak. Di mana rumah tersebut terbuat dari anyaman alang-alang dan bambu serta beralaskan tanah.

Nah jika kamu beruntung, kamu bisa menyaksikan prosesi pernikahan yang sangat unik. Desa Adat Ende berlokasi di Desa Sengkol, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, NTB.

 

#6 Pantai Kuta Mandalika

Pantai ini merupakan tempat diselenggarakannya festival atau upacara Bau Nyale. Festival Bau Nyale sendiri merupakan kegiatan mengumpulkan cacing laut yang nantinya akan diolah menjadi makanan khas Lombok.

Eitss… tenang di pantai ini, kamu tetap bisa menikmati berbagai macam wahana permainan, seperti banana boat, paralayang, hingga wind-surfling.

Tempat Wisata di Mandalika 04 Finansialku

[Baca Juga: 10 Tempat Wisata Pontianak, Pernah Berkunjung Ke Mana Aja Nih?]

 

#7 Pantai Seger

Guys… nama pantainya keren yah… Seger! Dalam pikiran langsung berpikir seberapa ‘seger’ alias ‘segar’ bila berada di pantai ini?

Nah buat yang pengen tahu seberapa ‘segernya’, coba kunjungi langsung pantai ini. Eh, di Pantai Seger ini, kamu juga bisa menikmati keseruan festival tahunan Bau Nyale loh.

 

#8 Batu Payung

Kamu harus tahu, kalau Batu Payung merupakan salah satu Landmark dari Mandalika. Tempat Wisata di Mandalika yang satu ini wajib banget kamu kunjungi!

Batu Payung bukan sekedar bongkahan batu karang raksasa biasa, batu ini memiliki bentuk yang sangat unik dan khas layaknya sebuah payung.

Letaknya yang berada di tepian laut yang menambah kesan sangat estetis. Karenanya tak jarang para turis atau wisatawan menjadikan Batu Payung sebagai latar berfoto.

Lokasi dari Batu Payung sendiri berada di Jalan Kuta Lombok, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB, atau tidak jauh dari Pantai Tanjung Aan.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

15 Ebook Perencanaan Keuangan 20an

 

#9 Goa Kotak

Keunikan tidak bisa lepas begitu saja dari Mandalika, salah satu tempat wisata di Mandalika yang unik dapat kamu nikmati di Goa Kotak.

Bentuk goa yang tak lazim, dan kesan eksotis-nya sangat terasa di sini. Sehingga Goa Kotak semakin hits dan dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata.

Lokasinya berada di Jl. Pantai Mawi, Sengkol, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB.

 

#10 Pantai Serenting

Dan rekomendasi yang terakhir adalah Pantai Serenting. Tenang, kamu tidak akan bosan bila ke pantai ini. Pantai Serinting punya hal unik yang akan membuat liburan kamu tidakB ajah.

Uniknya pantai ini adalah kamu bisa ambil foto pada spot ikon berupa tengkong atau jamur yang berada di tengah laut. Intinya instagrammable banget!

 

Mau Liburan ke Mandalika? Rencanakan Keuangannya

Keseruan berlibur ke Mandalika, tentu harus dibarengi dengan perencanaan keuangan yang baik. Jangan sampai setelah kamu asyik liburan, pulangnya justru bingung mau makan apa.

Nah supaya liburanmu ke Mandalika menjadi semakin menyenangkan, lakukan dulu perencanaan keuangan bersama Aplikasi Finansialku.

Rencana liburanmu ini bisa kamu masukkan dalam fitur rencana keuangan. Tentukan atau estimasi berapa biaya yang harus kamu keluarkan selama liburan.

Nantinya secara otomatis, aplikasi akan memberikan advice berupa jumlah uang yang harus kamu kumpulkan untuk merealisasikan rencana liburan tersebut.

Tempat Wisata di Mandalika 04 Finansialku

[Baca Juga: Daftar Tempat Wisata di Sentul Ini Asik! Sudah Pernah Datang Belum?]

 

Sehingga kamu tak perlu bingung lagi soal alokasi anggaran liburan yang harus dikumpulkan.

Tidak hanya itu, Aplikasi Finansialku juga menyediakan beberapa fitur, yakni fitur anggaran, financial check up, konsultasi keuangan, dan masih banyak lagi.

Jadi ayo rencanakan terlebih dahulu liburanmu dengan Aplikasi Finansialku. Buruan download aplikasinya di PlayStore maupun AppStore.

Praktisnya, klik link di bawah ini untuk mulai download ya…

Download Aplikasi Finansialku Sekarang!!

Download Aplikasi Finansialku

 

Nah itulah 10 rekomendasi tempat wisata di Mandalika. Jadi tempat wisata mana nih yang akan kamu kunjungi lebih dulu?

Buat kamu yang mungkin rencana mau liburan ke Mandalika adalah liburan pertama kamu dan masih bingung ngatur keuangan liburan.

Coba pelajari tips mengatur dana buat liburan ala Finansialku dari video di bawah ini ya.

 

Nah guys… udah selesai nih pembahasan kita hari ini. Jangan lupa buat berbagi artikel ini ke banyak teman kamu ya.

Siapa tahu mereka juga lagi cari referensi tempat wisata di Mandalika kayak kamu. 

Oh iya, tempat wisata mana nih yang bakal kamu kunjungi lebih dulu, boleh donk share di kolom komentar. Thank you ya….

 

Sumber Referensi:

  • Muhammad Yanuar. 25 Februari 2019. 10 Destinasi Wisata di Mandalika, Kawasan Ekonomi Khusus Di Lombok Dengan Sejuta Pesona. Tripzilla.id – https://bit.ly/39lQDFX
  • Tiara. 1 September 2020. 7 Destinasi Wisata yang Ada di Dekat Sirkuit MotoGP Mandalika. Havehalalwilltravel.com – http://bit.ly/39hsnEE
  • Yudi Supriyanto. 8 September 2020. Ini 8 Rekomendasi Tempat Wisata di Mandalika. Bisnis.com – http://bit.ly/39lnue2

 

Sumber Gambar:

  • Tempat Wisata di Mandalika 01 – http://bit.ly/39TsGWD
  • Tempat Wisata di Mandalika 02 – http://bit.ly/3tFeokv
  • Tempat Wisata di Mandalika 03 – http://bit.ly/3pQFq5U
  • Tempat Wisata di Mandalika 04 – http://bit.ly/3cYWKST
  • Tempat Wisata di Mandalika 05 – http://bit.ly/3jpA4vT