Ternyata musik klasik bisa sangat membantu lho kalau kamu sedang butuh konsentrasi saat belajar. Simak ulasan instrumen musik klasik untuk belajar di sini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Tingkatkan Konsentrasi dengan Musik Klasik

Mungkin kamu bertanya-tanya, kok bisa musik klasik membantu meningkatkan konsentrasi seseorang? Penelitian mengatakan bahwa saat mendengarkan musik klasik, syaraf di otak akan berkerja semakin aktif.

Sinyal listrik dari musik akan merangsang hubungan antara otak kiri dan kanan secara bersamaan sehingga kinerja otak akan berjalan lebih baik.

Psikologi klinis bidang Cognitive Behavioral Therapy, Dr. Emma Gray, dari The British CBT & Counselling Service, London, melakukan sebuah penelitian terhadap siswa yang mendengarkan genre musik klasik dengan pengaruh kinerja otak.

Hasil penelitian mengatakan bahwa musik klasik yang didengarkan dalam sesi belajar, mampu merangsang otak, meningkatkan konsentrasi, hingga mengasah kecerdasan terhadap materi jauh lebih baik ketimbang siswa yang tidak mendengarkan.

Tak hanya itu, instrumen musik klasik juga memiliki efek menenangkan pikiran, loh! Dengan mendengarkan musik klasik, kamu dapat menjaga vitalitas fisik bahkan mental.

Sebuah studi dari Music Therapy Association menyebutkan bahwa mendengarkan lagu-lagu klasik akan merangsang produksi hormon endorfin di otak, sehingga mood kamu terjaga dan terus dalam keadaan stabil.

Inilah yang membuat kamu semakin fokus dengan konsentrasi penuh ketika belajar atau bekerja sambil mendengarkan musik klasik.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Untuk Mahasiswa

Ebook Mahasiswa

Download Ebook Sekarang

 

Instrumen Musik Klasik yang Cocok untuk Belajar

Ternyata, hanya dengan mendengar alunan nada pada musik klasik dapat membantu seseorang dalam memperbaiki kinerja otak, keadaan psikologis, mental, bahkan pemulihan kesehatan fisik.

Download Instrumen Musik Klasik yang Cocok Untuk Belajar 02 - Finansialku

[Baca Juga: 8 Aplikasi Streaming Musik Terbaik 2020]

 

Dengan kata lain, kamu bisa meningkatkan kualitas hidupmu dengan membiasakan diri menikmati musik klasik dari sekarang. Sebagai rekomendasi, berikut ulasan beberapa pilihan musik klasik yang cocok untuk kamu dengarkan, khususnya saat belajar.

 

#1 Wolfgang Amadeus Mozart: “Symphony No. 40 in G Minor”

Salah satu karya musik fenomenal dari Mozart hadir dalam lagunya yang berjudul “Symphony No. 40 in G Minor”. Alunan musik klasik ini bisa membantu proses kinerja auditory dan motorikmu dalam meningkatkan konsentrasi.

Seringkali, musik ini didengarkan sewaktu seseorang membutuhkan daya konsentrasi yang tinggi, seperti saat hendak belajar. Selain itu, musik ini juga dikenal karena dapat digunakan sebagai terapi psikologis.

The Mozart Effect pun mendunia karena diyakini bahwa lagu karya Mozart dapat meningkatkan kinerja otak saat kamu mendengarkannya. Keren!

 

#2 Ludwig Van Beethoven: “Emperor Concerto for Piano No. 5”

Musisi klasik ternama lainnya adalah Ludwig van Beethoven. Dalam karya musiknya yang berjudul “Emperor Concerto for Piano No. 5”, ia mampu menghadirkan nada-nada unik nan rumit.

Tapi jangan salah, di balik rumitnya nada yang kamu dengar, lantunan musik yang indah tersebut dapat memberikan efek tertentu bagi yang mendengarkan. Kinerja otakmu akan meningkat tajam sesaat setelah kamu mendengarkan musik ini! Putar lagunya sekarang yuk biar gak penasaran.

 

#3 Johann Sebastian Bach: “Brandenburgh Concertos”

Composer sekaligus musisi asal Jerman, Johann Sebastian Bach, menciptakan banyak karya musik klasik mendunia yang menakjubkan. Salah satunya adalah musik instrumen dengan judul “Brandenburgh Concertos”.

Tahukah kamu bahwa di balik spektakulernya musik yang satu ini, ternyata alunan lagunya dapat menciptakan perubahan electromagnetic frequencies pada otak dalam hitungan 7,5 cycles setiap detiknya?

Artinya, proses Alpha Mode yang dapat meningkatkan daya konsentrasi dan atensi untuk belajar atau bekerja akan terjadi setiap mendengarkan musik ini. Jenius, bukan?

 

#4 Peter Ilyich Tchaikovsky: “Concerto for Piano No. 1”

Jika seseorang memiliki gangguan kinerja otak seperti Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) yang mengakibatkan perilaku hiperaktif dan sulit memusatkan perhatian, maka musik karya Peter Ilych akan sangat membantu.

Nada-nada piano nan indah ini mampu meningkatkan konsentrasi, memori, hingga spational reasoning seseorang.

Jika kamu mendengarkannya saat melakukan suatu aktivitas, jiwamu akan jauh terasa lebih tenang dan pikiranmu akan lebih terpusat dalam melakukan aktivitas yang sedang kamu kerjakan.

Bahkan, apabila seseorang menderita gangguan perkembangan otak, musik ini juga akan membantu memulihkannya, loh!

 

#5 Johann Pachelbel: “Canon in D”

Untuk kamu yang sedang banyak pikiran dan jadi gak mood untuk melakukan aktivitas, cobalah pasang instrumen musik “Canon In D”. Musisi sekaligus guru asal Jerman ini berhasil merangkai nada yang bersifat meditatif.

Lagu ini dikenal di seluruh dunia sebagai lagu yang dapat menenangkan batin dan jiwa. Pasalnya, Johann menciptakan lantunan yang memang digunakan untuk membantu meringankan beban di otak. Jika pikiran tenang, konsentrasi pun akan meningkat!

 

#6 Antonio Vivaldi: “The Four Seasons”

Karya musik jenius lainnya berasal dari composer terkenal asal Italia yang berjudul “The Four Seasons”. Lagu ini menarik perhatian masyarakat dunia karena efeknya yang dapat membantu proses pemulihan kesehatan fisik seseorang.

Download Instrumen Musik Klasik yang Cocok Untuk Belajar 03 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Alat Musik Termahal di Dunia, Harganya Setara Puluhan Apartemen]

 

Selain meningkatkan kesehatan, “The Four Seasons” juga dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi, kemampuan dalam mengingat sesuatu, hingga kemampuan berbicara.  A lot of benefits only in one song!

 

#7 Johannes Brahms: “Concerto for Violin, D Major”

Jika kamu menginginkan suasana tenang namun menghidupkan, dengarlah lagu karya Johannes Brahms yang satu ini! “Concerto for Violin, D Major” memiliki alunan nada yang mampu menghasilkan proses Alpha Mode dengan sangat baik pada orang yang sedang mendengarkan.

Di mana, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, konsentrasimu akan jauh meningkat. Memutarkan lagu ini saat membaca atau menulis rasanya pas banget!

 

Dapatkan Ragam Manfaat Mulai dari Mendengarkan Musik Klasik

Musik klasik dapat membantu kamu dalam meningkatkan kualitas hidup. Baik itu secara psikologis maupun fisik. Tak ada salahnya jika kamu mulai mendengarkan musik klasik dari sekarang dan dapatkan ragam manfaat luar biasa yang ditawarkan.  

Terlebih untuk kamu yang membutuhkan konsentrasi tinggi, entah itu saat belajar ataupun bekerja. Yuk, buat diri tetap fokus, produktif, dan tenang. Apalagi di masa-masa seperti saat ini. Selamat mencoba!

 

Mendengarkan lagu klasik bisa juga lho didengarkan sambil kerja. Jika kamu susah banget fokus kerja, yuk simak tips dari Finansialku berikut ini!

 

Sudah fokus belajar, sekarang saatnya kamu fokus untuk mengatur keuangan. Dengan menggunakan aplikasi Finansialku, kamu bisa menggunakan fitur budgeting, pencatatan keuangan, perencanaan keuangan, hingga fitur Finansialku check-up yang akan memberi laporan mengenai seberapa sehat keadaan finansial kamu.

Download aplikasinya sekarang yuk!

playstore icon
appstore icon

 

Nah, setelah membaca, apakah kamu terkejut dengan manfaat dari musik klasik? Ternyata, musik klasik tidak hanya sekedar musik melainkan sebuah ide jenius yang dapat membantu perkembangan mental dan fisik seseorang ya.

Apa kamu punya pengalaman tersendiri dengan musik klasik? Bagikan pengalamanmu di kolom komentar dan jangan lupa share artikel ini. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Referensi:

  • Mariana Politton. 19 Maret 2018. 7 Musik Klasik yang Bisa Meningkatkan Konsentrasi Anak Saat Belajar. Popmama.com – https://bit.ly/3gOuh1d
  • Bella Jufita Putri. 19 Oktober 2016. Dengarkan Musik Ini Mampu Tingkatkan Kecerdasan Otak. Liputan6.com – https://bit.ly/3drNnZ9

 

Sumber Gambar:

  • Musik Klasik 01 – https://bit.ly/2XrEfOH
  • Musik Klasik 02 – https://bit.ly/2UAdLbW
  • Musik Klasik 03 – https://bit.ly/30zcm9m