Banyak negara-negara di dunia yang tidak bisa mengelola negaranya sendiri sampai masuk ke dalam daftar negara miskin. Negara apa saja itu? Yuk, cari tahu dalam artikel ini! Salah satunya dekat dengan Indonesia, lho!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Kriteria Negara Miskin

Negara yang luas dengan sumber daya melimpah bukan jaminan masyarakatnya sejahtera. Buktinya, banyak negara-negara dengan kategori tersebut justru masuk dalam daftar negara termiskin di dunia.

Berdasarkan patokan dari IMF, kriteria negara miskin bisa dilihat dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Per Kapita negara yang bersangkutan.

Ini adalah besaran pendapatan rata-rata penduduk di suatu negara, yang diperoleh dari hasil pembagian pendapatan nasional suatu negara dengan jumlah penduduk negara tersebut.

Daftar Negara Termiskin Di Dunia Saat Ini, Nomor 4 Bikin Kaget! 2

[Baca Juga: Pantes Aja Miskin! 30% Gaji Gue Abis Buat Ini Nih! Kalo Lo?]

 

Semakin besar PDB-nya, semakin makmur negaranya. Namun, besar kecilnya PDB suatu negara tergantung dari banyak faktor.

Beberapa di antaranya yaitu konflik sipil yang tak berkesudahan, korupsi, kepemimpinan yang otoriter, konflik agama, dan lain-lain.

 

Daftar Negara Termiskin Di Dunia

Penasaran dengan negara yang masuk kriteria negara miskin? Berikut ini daftarnya!

 

#1 Malawi

Malawi berada di posisi pertama sebagai negara termiskin di dunia dengan PDB sebesar US$ 226,5 (setara dengan sekitar Rp 3,3 juta). Negara dengan jumlah penduduk sebesar 16 juta jiwa ini terbelakang di beberapa sektor.

Misalnya saja, di bidang pendidikan dan kesehatan. Buruknya fasilitas pendidikan dan kesehatan membuat negara ini semakin terpuruk dalam kemiskinan.

Selain itu, negara ini pun masih mengandalkan cara bertani primitif yang tentunya sangat rentan cuaca.

 

#2 Sudan Selatan

Sudan Selatan merupakan salah satu wilayah bagian dari Sudan yang memilih untuk memerdekakan diri pada tahun 2011.

Sektor pertanian adalah tulang punggung perekonomiannya. Namun, PDB-nya masih terhitung kecil, yaitu sebesar US$ 246 (setara dengan sekitar Rp 3,6 juta).

Walaupun sudah merdeka, aktivitas militan bersenjata masih cukup tinggi. Hal ini membuat konflik perebutan kekuasaan terus berlangsung.

 

#3 Republik Afrika Tengah

PDB negara yang satu ini yaitu sekitar US$ 333,2 (setara dengan sekitar Rp 4,9 juta). 45% pendapatan negeri ini didapat dari ekspor berlian.

Walaupun begitu, pengelolaan pemerintahannya sangat buruk. Hal ini membuat perekonomian tak kunjung stabil.

Kondisi politik yang tidak stabil mengakibatkan perang sipil yang terus muncul. Selain itu, sentimentil agama juga menjadi alasan lain mengapa negara ini sangat terpuruk.

 

#4 Timor Leste

Sudah 18 tahun setelah merdeka dari Indonesia, Timor Leste masuk dalam daftar negara miskin di dunia.

Timor Leste dulunya merupakan provinsi ke-27 Indonesia, dengan nama Timor Timur. Namun, melepaskan diri dari Indonesia pada tanggal 20 Mei 2002 pasca-referendum.

PDB per kapita Timor Leste diperkirakan akan mencapai US$ 2.356 (Rp 34,8 juta. Jumlah ini masih di bawah pendapatan per kapita Indonesia tahun 2019 lalu, yaitu sebesar US$ 4.174,9 (Rp 61,5 juta).

Kemiskinan di Indonesia 07 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Cara Mengubah Mindset yang Tidak Membuatmu Miskin]

 

Penyebabnya, pertumbuhan investasi swasta di Timor Leste itu masih melempem dari tahun ke tahun pasca-merdeka, Hal ini terkait dengan stabilitas politik dan ekonomi di negara itu yang masih bergejolak.

Berhubung kondisi politik dan ekonominya masih bergejolak, Timor Leste agak kesultitan untuk berkembang.

Apalagi dengan adanya pandemi virus COVID-19. Menurunnya jumlah turis yang berkunjung, melambatnya pasar ekspor-impor, serta pengeluaran pemerintah yang sangat besar untuk menanggulangi pandemi merupakan faktor utama Timor Leste masuk daftar negara miskin.

 

#5 Nigeria

PDB Nigeria sekitar US$ 415,4 (Rp 6,1 juta). Perekonomian negara ini hanya bergantung pada hasil sumber daya alam dan pertanian skala kecil.

Kedua hal tersebut justru sangat rentan oleh iklim dan cuaca yang tidak menentu. Ini mengakibatkan negara ini sulit berkembang.

 

#6 Yaman

Yaman memiliki cadangan minyak. Namun, jumlahnya ternyata tidak terlalu melimpah. Selain itu, negara yang ada di kawasan Timur Tengah ini bergantung pada sektor industri agrikultur, perikanan, dan pariwisata.

Walaupun begitu, PDB-nya bisa dibilang masih rendah. PDB per kapitanya hanya sekitar US$ 449 (Rp 6,6 juta). Ini dikarenakan perang saudara yang berlangsung sejak 2015.

 

#7 Mozambique

Perekonomian Mozambique bergantung pada sektor pertanian dan sektor pariwisata. Selain itu, Mozambique juga terkenal sebagai produsen aluminium.

Walaupun begitu, PDB negara ini hanya mencapai US$ 472 (Rp 6,9 juta). Penyebabnya, korupsi yang merajalela di negeri ini. Utang yang besar pun merupakan faktor utama mengapa Mozambique sulit keluar dari keterpurukan.

 

Pendidikan Anak: Bagaimana Caranya MENYEKOLAHKAN ANAK dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan Download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Ebook Sekarang

 

#8 Burundi

Dengan PDB US$ 339 (Rp 5 juta-an), Burundi masuk dalam kategori negara miskin. Hal ini dikarenakan konflik etnis antara suku Hutu dan Tutsi yang masih berlangsung.

Pasalnya, Burundi dikuasai oleh diktator militer dari suku Tutsi. Perang tak berkesudahan menghancurkan negara ini dari dalam.

 

#9 Republik Demokratik Kongo

PDB Republik Demokratik Kongo US$ 849 (Rp 12,5 juta). Pasalnya, negara ini dipenuhi dengan ketidaksatabilan politik, kekerasan, serta pemimpin diktator.

Akibatnya, 60% penduduk negara ini memiliki pendapatan di bawah US$ 2 per hari.

Selain itu, perang yang tak berkesudahan membuat kesejahteraan masyarakat menurun. Buktinya, banyak orang yang menderita malnutrisi.

 

Belajar dari Negara Miskin

Bersyukurlah kita hidup di Indonesia. Dibandingkan keadaan orang-orang yang tinggal di negara-negara yang disebut di atas, kita masih bisa merasakan hidup nyaman.

Walaupun begitu, kita tidak boleh lengah. Kita harus membantu negara ini supaya tetap stabil. Salah satu caranya, meningkatkan pengetahuan finansial. Minimal, kita bisa mengatur finansial kita sendiri.

Aplikasi Finansialku dapat membantu Anda. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang memudahkan Anda untuk mencapai tujuan keuangan Anda, seperti mengatur cashflow, anggaran keuangan, dan sebagainya.

Yuk, unduh aplikasi Finansialku di Google Play Store atau Apple App Store.

 

Itu dia daftar negara termiskin di dunia saat ini. Semoga bermanfaat. Bagaimana pendapatmu soal negara-negara miskin tersebut? Yuk, sampaikan pendapatmu di kolom komentar!

 

Sumber Referensi:

  • Mukhammad Iqbal. 25 Juni 2020. 8 Negara Termiskin Di Dunia. Terpuruk Karena Konflik Agama & Sipil!. 99.co – https://bit.ly/3iGR3Z9
  • Muhammad Idris. 6 Juli 2020. Dulu Ngotot Lepas dari Indonesia, Timor Leste Kini Masuk Daftar Negara Termiskin di Dunia. Wow.tribunnews.com – https://bit.ly/31ZD3mO

 

Sumber Gambar:

  • Miskin 1 – https://bit.ly/2Cx1z5W
  • Miskin 2 – https://bit.ly/3kOQCxG