Bagaimana cara mengubah mindset agar terbebas dari kemiskinan atau malah mindset miskin yang membuat seseorang tidak berkembang?

Simak informasi selengkapnya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Mental Miskin

Bagi kamu yang gemar membaca buku-buku tentang motivasi dan perkembangan diri, pasti sudah cukup sering mendengar istilah “Mental Miskin”.

Ini bukan masalah tentang seberapa banyak tabungan kamu, bukan seberapa besar gaji kamu, bukan seberapa banyak pengeluaran bulanan kamu atau bahkan bagaimana latar belakang kondisi ekonomi keluarga kamu berasal. Sebab, masih ada saja bahkan si “Kaya” yang bermental miskin.

Misalnya saja, beberapa waktu lalu kita mendengar seorang pejabat negara bermobil mewah menggunakan plat nomor palsu. Dengan demikian, ia tidak memiliki surat tanda nomor kendaraan yang sah, dan tidak membayar pajaknya.

Fenomena lain, si kaya bermental miskin, seperti memanfaatkan bantuan negara yang dikhususkan bagi mereka yang tidak mampu padahal dalam kenyataannya, mereka tidak semiskin orang-orang yang lebih membutuhkan.

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

Kemiskinan mental ini seperti sudah membudaya dan sangat disayangkan kebanyakan orang memiliki mental yang demikian.

Tidak menerima masukan, banyak alasan, tidak suka belajar, maunya seenak dan senang sendiri, lebih suka menghabiskan uang daripada mengaturnya, senang gengsi daripada fungsi, mudah iri daripada berusaha, sulit menerima kesalahan dan mencari kambing hitam.

Dan masih banyak deret mental miskin yang bisa disebutkan berdasarkan rangkuman dari berbagai sumber.

Bagaimana Cara Mengusir Pola Pikir Orang Miskin Dalam Pikiran 01 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Pola Pikir Sukses dari Dalam Diri Sendiri, Tanamkan!]

 

Sobat Finansialku, tentu tidak ingin memiliki mental miskin bukan? Mari simak cara mengubah mental yang tidak membuatmu miskin!

 

5 Cara Mengubah Mindset

Menurut Angie Zimmerman, penulis buku berjudul 7 Steps to Master Your Mind to Increase Sales and Boost Productivity, mengungkapkan bahwa: 

Mindset sukses bisa dilatih, diaplikasikan, dan bahkan dikembangkan, asalkan memiliki pikiran yang terbuka dan bersedia membuka diri terhadap cara berpikir yang baru.

 

#1 Sehat Pikiran & Tubuh Jasmani

Angie Zimmerman menyarankan untuk menjaga kesehatan pikiran dan juga tubuh jasmani.

Dalam kata menjaga, berarti kamu akan memperhatikan sesuatu yang sudah baik untuk dipertahankan. Percayakah kamu, jika kesehatan tubuhmu akan berpengaruh pada pikiranmu?

Ambil saja contoh, jika kamu terluka pada jari atau bagian tubuhmu yang lain. Tidakkah itu sedikit banyak mengganggu pikiranmu?

Bayangkan jika kesehatan kamu terganggu, pikiran kamu juga akan meresponnya. Demikian pula sebaliknya, jika kesehatan pikiran kamu terganggu, tubuh kamu pun akan meresponnya.

 

Dengan olahraga dan menyingkirkan pikiran negatif, kamu akan menjaga kesehatan kedua-duanya.

Jika kamu rutin melatih keduanya, rintangan fisik bukan halangan, pikiran positif menjaga kamu dari hal-hal yang akan menyedot energimu dan tetap membuat kamu dapat fokus mengerjakan hal yang lebih prioritas.

Kamu akan menentukan prioritas utamamu dan menghindari hal-hal yang mengganggu kamu keluar dari track yang seharusnya.

Selain dua hal tersebut, kesehatan keuangan pun penting. Jika kamu memiliki kesehatan keuangan yang baik, maka tubuh dan pikiran cenderung baik juga.

Cek kesehatan keuangan kamu sekarang melalui Aplikasi Finansialku atau klik tombol berikut ini!

CEK KESEHATAN KEUANGAN SEKARANG

 

#2 Rangkul Kesalahan Kamu dan Lanjutkan

Sebuah pepatah mengatakan, perlu keberanian bagi mereka yang mengakui kesalahan, terlebih bagi mereka yang memaafkan.

Manusia tidak lepas dari melakukan kesalahan. Untuk mencapai impian, kesalahan adalah bagian dari risiko yang perlu kamu rangkul.

Seorang anak yang belajar berdiri, mulanya akan terjatuh, seorang yang baru belajar membaca akan sulit untuk mengeja, seorang yang mempelajari sesuatu yang baru, suatu saat akan menguasainya jika tidak berhenti mencoba.

Mereka para ahli berawal dari para pemula!

Seorang perenang tidak perlu tenggelam untuk dapat berenang, mereka hanya perlu menemukan cara agar tidak tenggelam.

Ingin Kaya Kuasai Cara Pikir dan Pola Tindakan Orang Kaya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Growth Mindset Adalah – Rahasia Pola Pikir Orang Sukses]

 

Jangan hanya mendengar nasihat untuk bangkit, melainkan terus melakukan tindakan, maka sebenarnya kita sudah menerima pelajaran dari semuanya itu.

Ambil pelajaran berharga dari sebuah pengalaman akan kegagalan dan berusaha meminimalkan kesalahan di kesempatan selanjutnya.

Jika kamu memutuskan untuk berhenti karena kegagalan yang terus berulang, mungkin kamu perlu mengevaluasi tentang strategi baru dalam mengatasinya.

 

#3 No Risk, No Reward

Terkadang kamu hanya perlu melompat dari sebuah tebing!” Angie Zimmerman.

 

Bukan untuk benar-benar melompat dari atas sana. Ia mengatakan hal ini sebagai sebuah kiasan, di mana artinya kita tidak akan pernah tahu hasilnya jika kita tidak mencoba.

Melakukan sesuatu yang baru di luar zona nyaman membuat pikiran kita “terbangun” dan menjadi lebih gesit.

Hal ini akan membuat kamu belajar untuk mendorong diri sendiri ke “tebing” dengan ketinggian yang baru, lebih tinggi, artinya kamu akan memiliki target yang lebih tinggi dan mencapai kesuksesan yang lebih besar.

Angie Zimmerman mengatakan bahwa mereka yang tidak keluar dari zona nyaman, sering kali hanya akan berakhir dengan mindset atau pola pikir yang kaku, tidak berkembang dan stuck di tengah jalan.

 

Risiko selalu berakhir dengan Reward!

Di setiap kompetisi hanya akan memunculkan mereka yang menang dan mereka yang kalah. Apakah setiap peserta datang dan bersiap untuk kalah?

Jawabannya TIDAK! Mereka siap untuk menang dan mengambil risiko jika mereka kalah.

Banyak orang yang ingin terbebas dari kemiskinan secara finansial dan ingin menjadi kaya. Namun mereka takut dengan risiko yang harus mereka tanggung.

Mengorbankan kebiasaan makan enak, pakaian modis, gadget kekinian, traveling mewah demi mengelola keuangan masa depan? Apakah itu sepadan? Kamu dapat menilainya sendiri.

Merdeka Secara Finansial di Hari Kemerdekaan RI 02 Pola Pikir - Finansialku

[Baca Juga: 9 Pola Pikir Sukses Untuk Meraih Kesuksesan Anda]

 

Investasikan budget yang kamu miliki untuk berkembang, mengikuti seminar, mencoba usaha baru, membuat pertemanan lainnya, mempelajari skill baru, mencoba berbagai investasi keuangan.

Kamu siap untuk menang! Dan kamu tidak takut akan risikonya.

 

#4 Cara Mengubah Mindset dan Bertumbuh

Menurut Angie Zimmerman, hal terpenting yang dapat kamu lakukan adalah menumbuhkan dan mengembangkan mindset sukses di dalam diri.

Bermimpi besar, jika kamu masih bisa meraih itu dengan mudah, maka mimpimu belum cukup besar untuk diimpikan. Dorong diri kamu melebihi batas-batas ide ke tingkat yang baru dan lebih maju.

Mungkin ada banyak kegagalan yang mewarnai pengalamanmu. Namun, menurut Angie Zimmerman, kamu perlu “membingkainya” dalam cahaya yang positif. Keberhasilan kamu bukanlah angan-angan. Selama kamu mengatakan itu mungkin sekalipun sekelilingmu mengatakan sebaliknya.

Keberhasilan Wright bersaudara menerbangkan “Wright Flyer 1” menjadi catatan bersejarah dalam dunia penerbangan. Banyak orang bermimpi untuk bisa terbang, banyak mereka yang mencoba untuk terbang.

Hanya saja, Wright bersaudara menemukan cara yang paling mungkin pada saat itu untuk mewujudkan manusia dapat mengudara.

Pesawat Wright bersaudara berkali-kali diuji coba hingga akhirnya mereka mampu menyempurnakan desain pesawat Wright Flyer 1.

Nama Orville Wright dan Wilbur Wright kian dikenal ke berbagai penjuru dunia sebagai penemu pesawat.

Perusahaan yang didirikan Wright Bersaudara juga ramai mendapatkan pesanan dari Angkatan Darat AS untuk tipe pesawat tertentu hingga jenis pesawatnya digunakan pada Perang Dunia I dan Perang Dunia II.

Kata-kata Bijak Wright Brothers Si Penemu Pesawat 04 - Finansialku

[Baca Juga: Menjadi Orang Kaya dengan Pola Pikir Orang Kaya di Tempat Kerja]

 

Carol Dweck, seorang pakar mindset menjelaskan bahwa jika seseorang tidak mengembangkan mindset sukses dalam dirinya, maka ia hanya akan memiliki mindset tetap, tidak berkembang dan pada akhirnya menghambat kemampuan seseorang dalam mengembangkan diri dan mencapai prestasi yang baru.

Mereka yang memiliki mindset tetap menyadari bahwa dirinya memiliki kualitas dasar, kecerdasan, bakat dan kemampuan, tetapi hanya bersifat tetap atau tidak dapat dikembangkan.

Mereka hanya “berjalan di tempat” dan cepat berpuas diri dengan kesuksesan kecil yang mereka alami.

 

“No one can push harder than themselves.” – Anonymous

Tidak ada satupun yang bisa mendorong lebih keras dari pada diri mereka sendiri.

 

Menurut Carol Dweck, orang-orang yang mampu mengembangkan mindset sukses, mereka tidak akan khawatir tentang seberapa pintar mereka dan bagaimana mereka melakukan kesalahan karena mereka akan selalu menantang diri untuk terus bertumbuh.

 

#5 Kembangkan Rasa Ingin Tahu dan Cara Mengubah Mindset

Rasa ingin tahu membawa Christopher Columbus menemukan benua Amerika.

Rasa ingin tahu juga pada akhirnya membuktikan bahwa bumi berbentuk bulat, rasa ingin tahu membawa manusia menemukan bukti lain yang sebelumnya tersembunyi.

Tidak peduli apa tingkat pendidikanmu, kamu tidak boleh berhenti belajar, karena belajar adalah sebuah proses kehidupan yang tidak pernah berakhir.

Semakin kita tahu akan banyak hal, sebetulnya semakin banyak hal yang belum kita ketahui.

Menurut Angie Zimmerman, kehausan akan pengetahuan adalah sesuatu yang tidak pernah bisa dipadamkan, dan harus menjadi pencarian seumur hidup.

Memiliki rasa ingin tahu yang tiada habisnya adalah kunci untuk melihat kesuksesan dan melampaui hambatan yang ada di depan kamu.

Mungkin sesuatu yang membuat kamu sangat ingin tahu adalah menjadi si kaya dengan mental sukses!

 

Coba lihat video Bill Gates yang memiliki 5 trik jitu yang sangat menginspirasi dalam kehidupan. Kamu bisa mempelajari banyak hal dari Bill Gates:

 

Jangan Lupa Bersyukur!

Selain dari kelima cara diatas, perlu ditambahkan pula untuk bersyukur.

Bersyukur tidak ada kaitannya dengan rasa puas dan ketidakpuasan. Bersyukur adalah cara kamu menikmati keberhasilan ataupun pencapaian kamu saat ini. Meskipun, ada kegagalan yang sedang dan sudah dilewati.

Rasa syukur membawa ketenangan hati dan melepaskan kamu dari rasa iri terhadap orang lain.

Selalu bersyukur!

 

Apakah pelajaran yang bisa kamu dapatkan setelah membaca artikel ini hingga akhir? Yuk beri komentar dan pendapatmu pada kolom di bagian bawah ini.

Jangan lupa untuk share artikel ini kepada sahabat terbaikmu supaya mereka pun belajar mengubah mindset-nya!

 

Sumber Referensi:

  • Hartono Lapan Suroto. 1 September 2016. Kunci Untuk Mengembangkan Strategi Pemasaran yang Sukses. Gomarketingstrategic.com – https://bit.ly/2WPkIHR

 

Sumber Gambar:

  • Cara Mengubah Mindset – https://bit.ly/2VtKI9v