Siapa pun tidak akan bisa meraih kesuksesan mereka sebelum memiliki pola pikir sukses yang menjadi dasar dari kesuksesan.

Pola pikir seperti apa yang harus dimiliki? Anda bisa membaca artikel ini untuk mengetahui jawabannya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Pola Pikir Sukses yang Membawa Anda Meraih Kesuksesan

Akar dari sebuah kesuksesan adalah pola pikir yang bisa menggiring Anda menuju kesuksesan tersebut. Yuk miliki pola pikir berikut yang bisa membuatmu meraih kesuksesan.

 

#4 Kembangkan Berbagai Bidang Kehidupan dan Minat

Semakin beragam dan bermakna bidang kehidupan Anda, semakin penuh pula hidup Anda dengan pencapaian.

Orang yang berinvestasi dalam banyak hal memiliki kemungkinan lebih kecil untuk mengalami depresi dan kelelahan dibandingkan dengan mereka yang memiliki sedikit minat dalam hidup.

Baca 9 Pola Pikir Sukses Ini Untuk Meraih Kesuksesan Anda 02

[Baca Juga: HRD dan Startup Founder Perlu Tahu Kompensasi dan Benefit untuk Karyawan]

 

Untuk mengetahui minat diri, Anda dapat memperhatikan hobi atau kesukaan Anda, meminta pendapat dari orang lain atau bahkan mengikuti tes minat dan bakat.

Ketika Anda melakukan kegiatan yang merupakan minat dan passion Anda, tak perlu khawatir untuk merasa bosan bahkan stres saat melakukannya.

 

#5 Cintai Diri Anda Sendiri

Adat timur biasanya mengedepankan orang lain ketimbang diri sendiri. Di satu sisi, kebiasaan ini baik, artinya kita memiliki budaya keramahan yang tinggi, namun di sisi lain juga membuat kebiasaan yang kurang baik.

Karena misalnya ketika ada tamu yang datang, walaupun sebenarnya suguhan makanan seadanya bisa disediakan, kita cenderung membeli ke warung dan tak jarang berutang, walau mungkin sebenarnya kita tidak berkekurangan.

Budaya kita juga cenderung mudah mentraktir teman kita menggunakan kartu kredit meski sebenarnya tidak punya uang.

Memiliki keramah-tamahan itu baik sekali, tapi jangan sampai ‘keblinger’ bahkan membuat kita tersiksa dengan merusak arus kas pribadi dan masa depan finansial.

Fakta menyedihkannya adalah seringkali bukan kita yang ‘terjebak’ dalam situasi di atas, tetapi kita sendiri yang dengan sengaja membiarkan diri kita masuk dalam kebiasaan yang lebih mementingkan orang lain daripada masa depan sendiri.

Sobat Finansialku, mulai cintai diri sendiri! Beranilah untuk mengatakan ‘tidak’ untuk sesuatu yang memang tidak perlu Anda lakukan.

Lakukan hal-hal yang membuat diri Anda semakin baik, misalnya merencanakan keuangan sesuai usia dengan membaca E-Book gratis dari Finansialku berikut ini:

 

Intinya, buatlah hidup Anda seimbang, tetap cintai diri sendiri dan juga mengedepankan kepentingan bersama.

Cara lain untuk mencintai diri sendiri misalnya, Anda dapat mengambil waktu cuti untuk merelaksasi pikiran dan mengambil waktu liburan atau setidaknya ‘me time’ seperti melakukan window shopping, jalan-jalan, nonton bioskop, atau liburan ke destinasi wisata yang on budget.

Cara lainnya adalah dengarkan tubuh Anda. Jika Anda merasa terlalu lelah untuk pergi keluar atau bahkan pergi bekerja, lewati saja dan jangan merasa sedih karenanya.

Komik_ Mau Sukses_ Miliki Dulu 6 Kualitas Hebat Orang Sukses Ini03

[Baca Juga: 5+ Bisnis Mahasiswa dan Fresh Graduate Sambil Menunggu Panggilan Kerja]

 

Jika Anda seorang pekerja keras, kemungkinan besar Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan hari libur.

Matikan ponsel Anda untuk satu malam atau sepanjang hari. Tunjukkan kepada orang-orang bahwa Anda membutuhkan waktu sendirian dan mereka tidak dapat selalu bergantung pada Anda.

Cobalah bersikap egois untuk suatu perubahan. Jika Anda biasanya tipe yang patuh, coba beri tahu orang lain apa yang Anda sukai atau bagaimana Anda ingin sesuatu terjadi.

 

#6 Coba Pekerjaan Baru

Sangat mudah untuk terjebak dalam rutinitas kehidupan sehari-hari, pekerjaan dan tugas keluarga.

Mungkin Anda salah satu dari jutaan manusia di dunia ini yang juga terjebak dalam lingkaran ‘rat race’, yang membuat kita tidak dapat membayangkan bagaimana hidup di luar apa yang Anda hidupi hari ini.

Tapi tahukah bahwa Anda dapat keluar dari ‘rat race’ yang membuat Anda jenuh dan tidak dapat menikmati hidup ini?

Meski jutaan orang masih terjebak di dalamnya, tapi sudah banyak orang yang membuktikan diri mereka mampu keluar dari ‘rat race’ kehidupan mereka.

Dengan penghasilan yang stabil dari pekerjaan yang membosankan, mereka juga menambah penghasilan bahkan kepuasan dalam melakukan hobi mereka melalui pekerjaan sampingan yang mereka lakukan.

Melalui pekerjaan sampingan ini, mereka menemukan tujuan mereka dan kebahagiaan lain yang belum mereka temui selama berada dalam ‘rat race’ hidup mereka.

Komik_ Mau Sukses_ Miliki Dulu 6 Kualitas Hebat Orang Sukses Ini 01

[Baca Juga: Solusi UKM: Peluang Usaha dan Bisnis Unik Lukisan Kertas Dengan Laba Jutaan]

 

Jadi, apa yang menjadi hobi Anda dan bisa menjadi pekerjaan sampingan yang membahagiakan bahkan menghasilkan?

Anda bisa mulai dengan sesuatu yang kecil. Manfaatkan bisnis online dan bantuan dari teknologi untuk melipatgandakan penghasilan tambahan Anda.

Jika Anda berpikir bahwa Anda tidak mahir dalam bisnis online dan itu bukan salah satu dari hobi atau kesenangan Anda?

Coba hobi Anda yang lain seperti melakukan kerajinan, menjadi sukarelawan, olahraga atau melukis.

Lihat perspektif baru daru melakukan hobi Anda namun tetap fokuskan pada pengembangan finansial yang lebih profesional.

 

Itu dia pola pikir sukses yang bisa Anda terapkan untuk mencapai kesuksesan. Apa tanggapanmu? Anda bisa menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini.

Masih banyak orang yang tidak tahu sama sekali mengenai informasi ini, mungkin banyak dari teman Anda menjadi salah satu dari mereka.

Yuk jadilah pahlawan bagi mereka dengan membagikan artikel ini pada rekan-rekan Anda.

 

<< Sebelumnya, Strategi Sukses

 

Lanjut Cara Pandang Sukses >>

 

 

Sumber Referensi:

  • Ieva Baranova. 30 Oktober 2019. How to Change Your Mindset for a Happy And Successful Life. Lifehack.org – https://bit.ly/2Kez5OS

 

Sumber Gambar:

  • Strategi Sukses 01 – http://bit.ly/37lEayH
  • Strategi Sukses 02 – http://bit.ly/2rT2mZ6
  • Pola Pikir Sukses 01 – http://bit.ly/2pwA1al
  • Pola Pikir Sukses 02 – http://bit.ly/2Xqeht4
  • Cara Pandang Sukses 01 – http://bit.ly/2CVvtNV
  • Cara Pandang Sukses 02 – http://bit.ly/35gwYlG