Strategi sukses untuk meraih kesuksesan itu butuh kedisiplinan dan konsistensi dalam menerapkan mindset sukses.  

Lakukan tips praktis dari Finansialku di bawah ini dan mulailah menyapa kesuksesan Anda setiap hari!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Siapkan Strategi Sukses Sebelum Berperang

Sebelum memenangkan sebuah peperangan, ternyata strategi perang adalah senjata abstrak yang sangat ampuh untuk mendapatkan kemenangan.

Hal yang sama juga berlaku untuk sebuah kesuksesan. Sebelum terjun dalam medan perang untuk mencapai kesuksesan, Anda perlu mengatur strategi sukses mulai dari mindset sukses sekarang juga. Ini dia strateginya:

 

#1 Menghitung Kebaikan yang Kita Terima

Di abad ke-21 dengan segala kegemilangan teknologinya, kita terbiasa untuk selalu menginginkan lebih dan berusaha untuk menjadi lebih baik. Namun, terkadang kita hanya perlu menghargai apa yang sudah kita miliki.

Mengubah pola pikir Anda untuk bersyukur bisa membuat mata kita terbuka untuk melihat dan merasakan hal-hal yang tak dapat kita lihat sebelumnya.

Bersyukur dan menghitung setiap kebaikan yang kita terima setiap hari memang membutuhkan latihan setiap hari bahkan setiap waktu.

Miliki Strategi Sukses Dengan 9 Mindset Sukses Yang Jitu 02

[Baca Juga: Belum Mengutamakan Program Pelayanan Karyawan? Hati-hati Anda Bisa Kehilangan Karyawan!]

 

Ketika kita mau memfokuskan pikiran kita pada ucapan syukur untuk setiap hal yang kita terima dan rasakan, kita akan berhenti memperhatikan berbagai gangguan dan hal-hal negatif yang mengambil alih rasa damai dan sukacita dalam hati.

Sebaliknya, kita akan terfokus pada hal-hal yang baik, membangun dan positif, yang akan memberikan pelajaran berharga dari setiap hal buruk yang pernah kita rasakan.

Berlatihlah setiap hari dengan cara menuliskan hal ini sebelum Anda tidur. Mulailah dengan melakukan latihan sederhana ini setiap malam sebelum tidur:

  • Tuliskan 7 hal membahagiakan yang terjadi hari ini dan yang bisa Anda syukuri.

Hal-hal tersebut tidak harus berupa sesuatu yang besar seperti mendapatkan hadiah mobil atau berhasil masuk sebagai juara marathon.

Anda bisa menuliskan rasa syukur Anda ketika mendapatkan ciuman kecil dari anak bungsu Anda atau menerima sebuah lemparan senyuman ramah dari salah satu tetangga yang pernah mengecewakan Anda.

Anda pun bisa tuliskan rasa syukur untuk setiap tagihan bulanan yang masih bisa Anda bayarkan meski harus menata keuangan dengan lebih ketat dan teliti.

Praktikkan rasa syukur ini setiap malam, setiap hari dan jangan sampai terlewatkan satu hari pun untuk mendisiplinkan diri mengucap syukur atas setiap hal yang terjadi dalam hidup Anda.

Hidup ini adalah berkat, anugerah, dan kesempatan, yang patut Anda syukuri setiap waktu.

  • Hitung berkat Anda satu per satu setiap hari dan mulailah untuk bersyukur.

Rasa syukur perlu sebuah konsistensi dan kedisiplinan untuk bertumbuh menjadi sebuah kebiasaan yang terpola dan melekat dalam hidup Anda.

 

#2 Temukan Tujuan Anda

Menetapkan tujuan memerlukan waktu yang tidak sebentar untuk dipikirkan dan direncanakan. Namun Anda bisa mengerucutkannya dengan berbagai pengalaman dan informasi yang Anda dapatkan. Ambil waktu khusus untuk memikirkan tentang pencapaian tujuan Anda.

Pada awalnya, mungkin masih agak kabur atau belum terlalu jelas. Namun, melalui perjalanan hidup dan pengalaman, Anda akan semakin tertuju pada satu titik tujuan yang akan Anda capai.

Semua orang tentu ingin mengalami hidup yang sukses dan bahagia, termasuk Anda bukan? Oleh sebab itu, luangkan waktu untuk melihat lebih dalam tentang konsep dari keberhasilan dan kesuksesan dalam pikiran Anda yang mungkin masih abstrak untuk diwujudkan secara konkret.

Tujuan Anda mungkin untuk melakukan sesuatu yang bermakna setiap hari, atau menjadikan dunia tempat yang lebih baik dengan melakukan apa yang Anda sukai. Tujuan Anda itu dapat bertumbuh setiap waktunya secara pribadi maupun profesional.

Komik_ Mau Sukses_ Miliki Dulu 6 Kualitas Hebat Orang Sukses Ini 02

[Baca Juga: Para HR: Literasi Keuangan di Tempat Kerja Menjadikan Karyawan Lebih PRODUKTIF dan SEHAT Secara Keuangan]

 

Anda juga dapat menetapkan tujuan yang lebih konkret untuk diri sendiri. Misalnya, habiskan sepanjang akhir pekan bersama keluarga Anda, dapatkan promosi atau lakukan perjalanan yang membuka mata ke tempat eksotis.

Dalam hal ini, coba atur kerangka waktu tertentu untuk mencapai tonggak ini termasuk rencana persiapan dana liburan yang diperlukan.

 

#3 Carilah Pemenuhan Kepuasan, Bukan Kebahagiaan Semata

Alih-alih berusaha untuk sekadar bahagia, Anda harus mencari kepuasan yang berkelanjutan.

Semakin banyak psikolog dan pemikir yang menekankan bahwa kebahagiaan bukanlah produk dari mendapatkan apa yang Anda inginkan, melainkan produk sampingan dari berbagai tantangan yang telah Anda atasi dan tonggak pencapaian yang telah Anda capai untuk sampai ke sana.

Dengan kata lain, kebahagiaan saja tidak cukup tanpa perjuangan yang berarti dan membuat kita merasa puas.

Faktanya, ketika kita mengejar kebahagiaan semata dan kuatir bahwa kita tidak bisa mengejar rasa bahagia tersebut, malah membuat kita stres dan jauh dari rasa bahagia.

Ingatlah bahwa kebahagiaan bukanlah tujuan utama tetapi hanyalah sebuah efek samping yang mewarnai perjalanan hidup yang sedang Anda lalui.

 

Itu dia strategi sukses yang bisa Anda terapkan untuk mencapai kesuksesan. Apa tanggapanmu? Anda bisa menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini.

Masih banyak orang yang tidak tahu sama sekali mengenai informasi ini, mungkin banyak dari teman Anda menjadi salah satu dari mereka.

Yuk jadilah pahlawan bagi mereka dengan membagikan artikel ini pada rekan-rekan Anda.

 

Lanjut Pola Pikir Sukses >>

 

 

Sumber Referensi:

  • Ieva Baranova. 30 Oktober 2019. How to Change Your Mindset for a Happy And Successful Life. Lifehack.org – https://bit.ly/2Kez5OS

 

Sumber Gambar:

  • Strategi Sukses 01 – http://bit.ly/37lEayH
  • Strategi Sukses 02 – http://bit.ly/2rT2mZ6
  • Pola Pikir Sukses 01 – http://bit.ly/2pwA1al
  • Pola Pikir Sukses 02 – http://bit.ly/2Xqeht4
  • Cara Pandang Sukses 01 – http://bit.ly/2CVvtNV
  • Cara Pandang Sukses 02 – http://bit.ly/35gwYlG