Mau Olahraga Beban Tanpa Alat? BISA! Lakukan 5+ Gerakan Ini!

Masih beranggapan jika olahraga hanya dilakukan dengan alat ditempat Gym saja? Berikut adalah beberapa gerakan olahraga beban tanpa alat!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Kendala Memulai Berolahraga 

Olahraga dalam pengertiannya untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh, sejatinya perlu dilakukan oleh setiap individu.

Dalam menjaga kebugaran perlu diingat jika akan selalu berkaitan dengan ketiga hal ini:

  1. Olahraga, sebagai rangsangan dan tantangan aktivitas bagi tubuh
  2. Nutrisi, bekerja seperti bahan bakar dan bahan baku pemulihan tubuh.
  3. Istirahat, sebagai masa atau jeda yang diperlukan tubuh untuk pulih dan beradaptasi dari rangsangan yang diterima.

 

Berbagai macam cabang dan aktivitas olahraga kini sudah cukup banyak dan mudah ditemui.

Olahraga seperti bela diri juga merupakan kegiatan yang cukup menarik dan memiliki nilai tambah untuk melindungi diri ditengah maraknya aksi kejahatan.

Selain itu, dibantu dengan nutrisi yang tepat akan mempercepat hasil usaha Anda. Bukan hanya makan bernutrisi seperti mengandung protein dan karbohidrat yang baik.

Anda juga perlu mengingat untuk mencukupi kebutuhan tubuh Anda akan vitamin dan air. Meminum air putih akan lebih disarankan terutama setelah Anda berolahraga.

Mau Olahraga Beban Tanpa Alat BISA Lakukan 5+ Gerakan Ini 03

[Baca Juga: Berpotensi Mengancam Jiwa, Apa Itu Olahraga Crossfit?]

 

Perlu diingat, bahwa istirahat merupakan bagian yang sama penting dari pola hidup sehat. Riset menunjukan istirahat yang cukup dapat berguna untuk meredam stres, memperpanjang usia dan mencegah stroke.

Terlalu memaksakan tubuh mengikuti jadwal kegiatan kerja ataupun bahkan olahraga tidak disarankan.

Sebab, pada dasarnya menjaga tubuh dan kebugaran dengan beristirahat dengan batas cukup akan memulihkan kondisi fisik.  

Namun tentu, lingkungan kerja dengan banyak tuntutan, tekanan stres terutama bagi para pegiat usaha atau karyawan di ibu kota. Membuat sejumlah orang mengabaikan ketiga hal penting tersebut.

Terutama aktivitas olahraga yang memerlukan tenaga dan waktu ekstra setelah aktivitas lainnya.

Namun, terdapat beberapa kendala dalam memulai berolahraga. Seperti sibuknya jadwal, kurang percaya diri, ataupun umur yang sudah cukup tua.

Setelah Anda dapat mengatasi kendala Anda selama ini untuk berolahraga, coba beberapa gerakan ini untuk semakin memotivasi Anda untuk menjadi kebugaran dan kesehatan tubuh

 

5+ Gerakan Olahraga Beban Tanpa Alat!

#1 Tinju Bayangan

Terdengar seperti bukan sebuah aktivitas olahraga memang.

Meskipun begitu dengan kecepatan maksimum yang bisa Anda kerahkan akan menggerakkan lengan, pundak dan otot inti Anda hingga bisa membuat jantungmu berdetak kencang. Tidak hanya itu, olahraga ini juga terlihat gagah walau Anda tidak memiliki alat sasaran pukul.

 

#2 Plank

Gerakan sederhana ini sepintas terlihat sangat mudah dilakukan. Dengan menahan badan dengan kedua tangan anda.

Gerakan ini berguna untuk melatih otot dan mengecilkan perut. Tantangan terletak bukan Anda bisa melakukannya atau tidak. Tetapi durasi dan ketahanan Anda yang konsisten yang lebih perlu diperhatikan.

Mau Olahraga Beban Tanpa Alat BISA Lakukan 5+ Gerakan Ini 02

[Baca Juga: Dijamin Seru! 5+ Ide Olahraga Bersama Pasangan Anti Mainstream]

#3 Lunge

Anda bisa melatih gerakan ini saat Anda bangun tidur, istirahat kerja atau bahkan mungkin dikombinasikan dengan gerakan sebelumnya. Lunge merupakan sebuah gerakan menahan berat tubuh untuk melatih kaki. Gerakan ini dapat melatih paha belakang dan otot-otot keseimbangan, khususnya pada bagian bokong.

 

#4 Bench dip

Anda hanya memerlukan tangan dan penyangga apapun yang dapat menahan badan anda. Pada dasarnya gerakan ini hanya menaik-turunkan badan Anda dengan bertumpu pada tangan Anda.

Mau Olahraga Beban Tanpa Alat BISA Lakukan 5+ Gerakan Ini 04

[Baca Juga: 10 Rekomendasi Fitness Tracker Buat Kamu yang Suka Olahraga]

 

Anda perlu berpegangan pada sesuatu yang cukup kokoh untuk melakukan gerakan ini. Itu bisa berupa bangku atau meja rendah yang bisa Anda temukan di mana saja. Gerakan ini membantu melatih dan membentuk otot dada maupun tangan Anda.

 

#5 Push Up

Seolah seperti sebuah gerakan wajib jika berolahraga. Gerakan ini merupakan gerakan tanpa peralatan terbaik yang bisa Anda lakukan di manapun.

Karena gerakan ini melibatkan banyak sekali kelompok otot, gerakan ini sangat efektif dalam membakar lemak dan bisa mendukung pembentukan otot. Seperti otot dada, otot perut, tangan dan bahu.

 

#6 Naik Turun Tangga

Tidak sulit bukan menemukan tangga disekitar anda? Tangga ataupun posisi level lantai yang lebih tinggi bisa Anda manfaatkan untuk gerakan kardio. Awali dengan ritme atau kecepatan ringan kemudian Anda bisa menambah kecepatannya dengan konsisten.

Gerakan seperti ini akan berguna untuk melatih betis, mengencangkan bokong dan paha, dan membakar lemak tubuh.

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

 

Yuk Mulai Olahraga Beban Tanpa Alat!

Setelah Anda mengetahui informasinya, apakah Anda akan mencoba gerakan itu sekarang? Mari Hidup Sehat!

Selain hidup sehat, anda juga perlu merencanakan keuangan dengan aplikasi Finansialku. Download aplikasinya di Google Play dan App Store ya!

 

Berikan tanggapan dan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Anda juga dapat membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 15 Desember 2019. Tanpa Peralatan Khusus, 9 Gerakan Gym ini Bisa Kamu Lakukan Di Rumah. Idn.times.com- https://bit.ly/2VcxUG1
  • Admin. Fitness adalah Kebugaran. Asiafitnesscenter.com- https://bit.ly/38R52Hq

 

Sumber Gambar:

  • Olahraga 01 – https://bit.ly/2TntE56
  • Olahraga 02 – https://bit.ly/2VKUK7Z
  • Olahraga 03 – https://bit.ly/2TGoBf4
  • Olahraga 04 – https://bit.ly/3cqeKCG

About the Author:

Angga Tammara, A.Md.
Seorang karyawan di sebuah perusahaan swasta di Bandung. Menyukai berbagai kegiatan dan pengalaman yang dapat menambah wawasan dalam pengembangam diri, khususnya dalam mempelajari manajemen, strategi bisnis, kuliner dan fenomena yang terjadi sehari-hari. Gunung, danau, pantai dan menikmati perbedaan kultur dan kultus di waktu lepas, menjadi cara untuk mengaktualisasi diri dan menempatkan itu semua sebagai warisan cerita dalam bersosialisasi.

Leave A Comment