Donald Sihombing Orang Terkaya Indonesia dengan Penghasilan Rp19,8 Triliun

Akhir-akhir ini ada nama baru yang menduduki jajaran orang terkaya di Indonesia. Inilah dia Donald Sihombing!

Agar lebih jelas, mari simak pembahasannya berikut ini. Selamat Membaca.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Donald Sihombing Masuk Jajaran Orang Terkaya

Beberapa hari ini Indonesia kembali dikejutkan dengan nama baru yang masuk jajaran orang terkaya di Indonesia. Nama Donald Sihombing masuk kedalam daftar 21 orang terkaya di Indonesia versi Majalah Forbes.

Dilansir dari Majalah Forbes pada Kamis (7/3/2019), Donald Sihombing menempati peringkat 14 diantara 21 nama orang terkaya tersebut.

Berdasarkan data dari Forbes, selain mendapatkan predikat orang terkaya di Indonesia, Donald pun menempati peringkat 1.605 dalam daftar miliarder dunia.

Forbes memperkirakan kekayaan Donald Sihombing mencapai US$1,4 miliar atau setara dengan Rp19,6 triliun.

Donald Sihombing Orang Terkaya Indonesia dengan Penghasilan Rp19,8 Triliun 02 Donald Sihombing 2 - Finansialku

[Baca Juga: Hindari 5 Kesalahan Keuangan yang TIDAK Dilakukan Oleh Orang Super Kaya!]

 

Donald kini merupakan pengusaha konstruksi di Indonesia. Donald merupakan lulusan teknik sipil dari salah satu universitas di Amerika Serikat dan pendiri sekaligus direktur utama PT Totalindo Eka Persada Tbk.

Di dalam perusahaannya ini, Donald merupakan pemegang saham terbesar dan memiliki 74 persen saham perseroan.

Menurutnya Totalindo berada di jajaran elite perusahaan konstruksi swasta yang mampu menyelesaikan proyek konstruksi yang nilai proyeknya triliunan rupiah.

Donald Sihombing merintis karir nya di bidang konstruksi dimulai dari nol. Karena Donald tidak memiliki silsilah keluarga pengusaha atau mewarisi bisnis keluarga.

Ayahnya hanya seorang pegawai negeri sipil dan ibunya adalah wanita rumah tangga. Jadi bisa dipastikan bahwa profesinya yang saat ini dicapai adalah hasil rintisan pribadinya.

Donald pun disebut memiliki pengalaman di bidang konstruksi lebih dari 33 tahun. Sebelum mendirikan Totalindo, Donald bekerja sebagai site manager di Shimizu Corporation Indonesia, PT Balfour Beatty Sakti, dan PT Total Bangun Persada.

Ada fakta menarik di balik kesuksesan Donald Sihombing, dirinya pernah dipecat dari perusahaan konstruksi yang saat ini telah mengangkat namanya. Ia di pecat pada tahun 1995.

 

Sebelum dirinya mendirikan perusahaan dan menjadi direktur utama, ia hanya seorang karyawan biasa di PT Total yang katanya bekerja hingga 20 jam sehari. Namun akhirnya ia mendapatkan hal yang tidak diinginkan oleh seluruh karyawan, yaitu terkena Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK.

Namun karir Donald Sihombing tidak berhenti disitu saja. Donald mendapatkan kepercayaan untuk membangun Mal taman Anggrek milik Grup Mulia.

Proyek ini memiliki konsep superblock terbesar di Asia Tenggara. Sejak saat itu dia membangun PT Totalindo Eka Persada.

Melihat Track Record nya ini Totalindo bahkan merupakan salah satu perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada 16 Januari 2017. Saat ini kapitalisasi pasar Totalindo mencapai Rp25 Triliun.

Dalam edisi terbaru Forbes menyebutkan Hartono bersaudara masih menjadi ‘crazy rich’ Indonesia. Dengan total kekayaan US$37,1 miliar atau setara dengan Rp5.119,4 triliun.

Berikut ini adalah 21 orang terkaya di Indonesia versi Majalah Forbes.

  1. Budi Hartono, US$18,6 miliar
  2. Michael Hartono, US$18,5 miliar
  3. Sri Prakash Lohia, US$7,3 miliar
  4. Tahir Family, US$4,5 miliar
  5. Chairul Tanjung, US$3,7 miliar
  6. Prajogo Pangestu, US$3,5 miliar
  7. Low Tuck Kwong, US$2,4 miliar
  8. Mochtar Riady & Family, US$2,3 miliar
  9. Theodore Rachmat & Family, US$1,7 miliar
  10. Martua Sitorus, US$1,7 miliar
  11. Peter Sondakh, US$1,7 miliar
  12. Alexander Tedja, US$1,6 miliar
  13. Murdaya Poo, US$1,4 miliar
  14. Donald Sihombing, US$1,4 miliar
  15. Eddy Kusnaidi Sariaatmadja, US$1,3 miliar
  16. Djoko Susanto, US$1,3 miliar
  17. Sukanto Tanoto, US$1,3 miliar
  18. Ciputra & Family, US$1,1 miliar
  19. Harjo Sutanto, US$1,1 miliar
  20. Hary Tanoesoedibjo, US$1,1 miliar
  21. Soegiarto Adikoesoemo, US$1 miliar

Mengutip dari Totalindo. Saat ini Totalindo sedang mengerjakan beberapa proyek konstruksi antara lain Podomoro City Deli Medan oleh pengembang Agung Podomoro Land, Apartemen Puri Mansion dan masih banyak lagi.

Dilansir di Kompas.com, Totalindo mengerjakan proyek pemerintah dengan skema joint venture dengan PD Pembangunan Sarana Jaya. Proyek tersebut antara lain pengembangan Transit Oriented Development Lebak Bulus.

Pengembangan senilai Rp3 triliun tersebut, Totalindo memegang porsi 49 persen sedangkan PD Pembangunan Sarana Jaya sebesar 15 persen.

Donald Sihombing Orang Terkaya Indonesia dengan Penghasilan Rp19,8 Triliun 03 Donald Sihombing 3 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Strategi Mendapatkan Kekayaan Dari Buku Keuangan Terlaris Dunia]

 

Sejak perusahaan Donald berdiri, ia telah berhasil menggarap banyak proyek seperti Hotel Mulia Senayan, Hotel Four Seasons Kuningan, Roxy Square, Kalibata City, Basura City Tower, dan Grand Indonesia West Mall.

Bahkan selain itu, Totalindo terlibat dalam pembangunan perumahan murah dengan DP Rp0 yang dirancangkan Pemprov DKI Jakarta.

Jika melihat proyek yang dikerjakan oleh perusahaannya, pantas saja jika Donald Sihombing menempati peringkat 14 orang terkaya di Indonesia. Bahkan penghasilan yang didapatkannya pun bukan dengan jumlah yang sedikit.

Dilansir di Tribunnews.com, Donald Sihombing mengatakan bagaimana cara menjadi sukses. Ia mengatakan semua dapat sukses apabila ada kemauan bekerja keras dan tekun berdoa kepada Tuhan.

Ia pun pernah bekerja dengan waktu 20 jam sehari. Dari 20 jam, dirinya meluangkan waktu untuk berdoa kepada Tuhan dengan waktu 8 jam satu hari, pagi, siang, sore, dan malam.

Bahkan dirinya menyebutkan bahwa ia belum dapat menandai ayat alkitab apabila belum dalam dipahami apa isi ayat yang tertulis. Selain itu jangan lupa untuk berbagi dengan sesama, karena itu merupakan rahasia kesuksesan.

Hal ini dilakukan karena dirinya pernah mengalami masa-masa sulit dan semua itu kembali pada kepercayaan pada diri sendiri terutama pada Tuhan.

Donald Sihombing pun mengatakan apabila ada seseorang menyampaikan beban pikirannya kepada dirinya, dan itu sudah dianggap menjadi beban dirinya juga, dan itulah prinsip hidup Donald melalui kata-kata Tuhan.

 

Donald Sihombing Menginspirasi

Sangat menginspirasi sekali bukan perjalanan hidup Donald Sihombing dari mulai dipecat hingga bisa mendirikan perusahaan elite yang memiliki penghasilan tinggi.

Bahkan ketika namanya tercatat di majalah Forbes sebagai jajaran orang terkaya di Indonesia dan dunia itu seolah membuktikan hasil kerja kerasnya selama ini.

Penghasilan Donald Sihombing yang mencapai Rp19,6 triliun tersebut kira-kira jika diinvestasikan bisa berupa apa ya? Bahkan jika dikali 10 tahun kekayaan Donald Sihombing pasti setinggi langit.

Saat ini perusahaan Totalindo yang dipimpin oleh Donald Sihombing ini mendiversifikasi usahanya di bidang program pemerintah. Totalindo pun kini menggarap konstruksi rumah dengan harga terjangkau.

Usaha tidak akan mengkhianati hasil, tentunya Donald Sihombing pun mengerahkan berbagai usaha sehingga bisa mencapai hal ini.

Perlu diperhatikan bahwa merencanakan keuangan merupakan hal yang penting, semua akan tidak ada hasilnya jika keuangan tidak dapat dikelola dengan baik, bisa berujung boros sehingga tidak bisa memiliki tabungan untuk kedepannya.

Oleh karena itu, Atur keuangan Anda mulai saat ini. Anda bisa merencanakan dan mengatur keuangan Anda menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku. Aplikasi ini bisa Anda download melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Selain itu, Anda juga bisa membaca ebook Pentingnya mengelola keuangan Pribadi dan Bisnis di bawah ini secara GRATIS.

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Apa pendapat Anda setelah membaca artikel tentang Donald Sihombing yang masuk jajaran orang terkaya Indonesia? Berikan tanggapan Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Ayo bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Hendaru Purnomo. 6 Maret 2019. Mengejutkan! Donald Sihombing Masuk Jajaran rang Terkaya RI. Cnbcindonesia.com – https://goo.gl/6mJWUY
  • Sakina Rakhma. 7 Maret 2019. Siapa Donald Sihombing yangMasuk Jajaran Orang Terkaya Indonesia?. Money.kompas.com – https://goo.gl/HUJCid

 

Sumber Gambar:

  • Donald Sihombing – https://goo.gl/Fwa6sM
  • Donald Sihombing 2 – https://goo.gl/NySxh1
  • Donald Sihombing 3 – https://goo.gl/UzFGc4

About the Author:

Nisrina Mustika, S.I.Kom
Nisrina Mustika, S.I.Kom. Sempat mengenyam pendidikan S1 Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Humas di Universitas Komputer Indonesia. Seseorang yang memiliki ketertarikan di dunia seni dan kejurnalistikan. Pernah menjabat sebagai Ketua Pers Mahasiswa Birama UNIKOM.

Leave A Comment