Menjadi orangtua bukanlah hal yang mudah, apalagi ketika menjadi orangtua tunggal. Jangan salah, terkadang beberapa perkara yang dialami orangtua tunggal bisa membuat stres loh!

Yuk simak artikel berikut untuk mengatasi hal tersebut..

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

10 Cara Untuk Mengurangi Stres Untuk Orangtua Tunggal

Sebuah keluarga tentu tidak hanya memiliki satu tujuan keuangan.

Biasanya, dalam sebuah keluarga ada banyak tujuan keuangan yang ingin dicapai, seperti mempersiapkan dana pendidikan anak, mempersiapkan masa pensiun, mengantisipasi risiko, mengelola keuangan sehari-hari, mengatur anggaran, dan lain sebagainya.

Di Amerika, satu dari empat anak Amerika tinggal di rumah orangtua tunggal. Dan meskipun keadaan berpisah dengan berbagai kisah seperti bercerai, jadi janda atau lain-lain, kenyataannya adalah bahwa orangtua tinggal sering stres, menuntut, dan sibuk.

Jika Anda adalah seorang orangtua tunggal, yuk ketahui 10 cara untuk mengurangi stres berikut ini:

 

#1 Mengatur Sistem Dukungan

Semua orangtua tunggal membutuhkan bantuan, apakah seseorang untuk mengawasi anak saat Anda sedang bertugas atau seseorang yang bisa diajak bicara ketika Anda merasa kewalahan.

Terutama saat Anda memiliki bayi, pada saat ini Anda membutuhkan dukungan orang lain untuk menguatkan dan membantu Anda. Sebagai single mother, hal wajar jika Anda merasa kelelahan, stres dan emosional, karena Anda harus mengerjakan semuanya sendiri.

5 Kesalahan Single Parent Menyiapkan Dana Pendidikan 02 Anak - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Sepelekan! 10 Kesalahan Mengelola Keuangan Single Parents yang Sering Dilakukan]

 

Menurut penulis Sheila Ellison dari buku The Courage to be a single mother mengatakan, bahwa sebagai orangtua tunggal sering kali merasakan terisolasi dan kewalahan, jadi penting untuk merasa bahwa Anda memiliki semacam komunitas di belakang Anda.

Anda juga bisa membangun support system bagi ibu tunggal yang terdiri dari sahabat, orangtua dan orangtua yang lain di masyarakat.

Karena sahabat atau orangtua akan mengingatkan Anda dan memberikan semangat untuk Anda dan juga bisa membantu Anda untuk menjaga anak-anak Anda.

 

#2 Meminta Bantuan

Kadang-kadang sulit untuk ibu tunggal meminta bantuan atau bahkan mengakui mereka membutuhkannya.

Tetapi jika Anda mendambakan satu jam atau dua saja sehingga Anda dapat tidur siang atau istirahat dari anak-anak, perlu bantuan di rumah atau mengatasi masalah keluarga, jangan takut untuk meminta bantuan, dan spesifik tentang apa yang Anda butuhkan.

Banyak ibu tunggal yang merasa tidak nyaman meminta bantuan, atau khawatir bahwa Anda akan menjadi beban buat keluarga dan teman.

Jane Mattes, psikoterapis New York City dan pendiri Single Mothers by Choice mengatakan bahwa mungkin ada orang-orang dalam hidup Anda yang ingin membantu Anda tetapi tidak yakin apa yang harus dilakukan.

 

#3 Menyesuaikan Prioritas Anda

Menurut Jane Mattes banyak ibu tunggal yang jatuh ke dalam perangkap sebagai superwoman, merasa bahwa selain bekerja sepanjang hari, mereka harus menjaga rumah yang bersih, menyiapkan makanan dan kebutuhan anak-anaknya.

Tetapi ibu tunggal harus realistis tentang apa yang mereka bisa dan tidak bisa dicapai dalam satu hari. Terlebih mereka seharusnya tidak merasa seolah-olah harus memberikan kompensasi berlebihan hanya karena mereka orangtua yang bercerai atau berpisah.

Sanggupkah Single Parents Menyekolahkan Anak Hingga Sarjana Ini Rahasianya 03 Finansialku

[Baca Juga: 5+ Rahasia Mengurus Anak Menjadi Sukses Ala Single Parents]

 

Anda perlu menurunkan harapan Anda dan memberikan diri Anda istirahat. Tidak perlu sempurna dalam segala hal. Tidak apa-apa untuk memberikan anak Anda sereal atau makanan cepat saji untuk makan malam.

 

#4 Mengatakan Selamat Tinggal Rasa Bersalah

Tidak peduli apa alasan Anda untuk menjadi seorang ibu tunggal, Anda mungkin juga merasakan rasa bersalah, misalnya tentang bekerja terlalu banyak, tidak memiliki cukup waktu atau uang, yang membuat Anda merasa bersalah kepada anak Anda karena “retak” rumah tangga Anda.

Untuk itu Anda perlu menghilangkan rasa bersalah. Menurut Mattes hal ini akan membantu Anda fokus pada apa yang baik dan benar tentang keluarga Anda daripada apa yang salah atau kurang.

Tanyakan pada diri Anda, misalnya, apakah anak-anak Anda dicintai dan terawat dengan baik, apakah kebutuhan dasar terpenuhi dengan konsisten, dan apakah rumah Anda adalah tempat yang nyaman dan membahagiakan untuk anak-anak Anda?

Hal-hal non material pada akhirnya akan lebih penting daripada mainan yang terbaru untuk anak Anda.

 

#5 Menetapkan Tujuan untuk Diri Sendiri

Bahkan jika Anda berbagi hak asuh dengan mantan suami, Anda mungkin merasa sulit untuk mendapatkan hal-hal yang Anda sudah rencanakan untuk dilakukan.

Tetapi sangat penting untuk Anda bisa menetapkan tujuan diri sendiri terutama per hari, per minggu, per bulan atau per tahun, Anda harus memiliki sesuatu untuk melihat ke depan.

Hal ini dikatakan oleh Patrice Karst, penulis The Single Mother’s Survival Guide,

“Memiliki cita-cita, tidak peduli seberapa sederhana, dapat menjaga semangat Anda dan menjaga Anda untuk maju.”

 

Beberapa ibu tunggal memiliki ambisi jangka panjang, seperti kembali ke sekolah, hilangkan berat badan, memulai hubungan yang baru, atau pindah ke lingkungan yang lebih baik.

Dana Darurat Single Parents 05 Single Parents 5 - Finansialku

[Baca Juga: Jadi Single Parent Memang Berat! 7+ Cara Maksimal Membahagiakan Anak!]

 

Tetapi untuk banyak ibu, tujuan yang paling cepat, hemat, sadar melibatkan beberapa waktu pribadi, apakah ia akan pergi di malam minggu, mendengarkan musik, menulis dalam jurnal, mendapatkan udara segar dan latihan, atau menghabiskan beberapa menit sehari untuk refleksi.

Selain menetapkan tujuan, ibu tunggal harus mengurus diri sendiri.

Apakah itu membuat Anda yakin dapat makan dengan baik, meluangkan waktu untuk latihan, menjaga hubungan teman-teman, mendapatkan istirahat yang cukup, atau bahkan kita mencari konseling profesional jika Anda membutuhkannya.

Anda akan menjadi ibu yang lebih baik jika membuat diri Anda sebagai prioritas.

 

#6 Berdamai dengan Masa Lalu

Sangat penting untuk semua single mother mencoba untuk menciptakan kehidupan rumah yang damai dan harmonis. Untuk beberapa, ini berarti mengesampingkan perasaan pahit terhadap mantan atau menemukan cara untuk mengurangi permusuhan dengan mantan.

 

#7 Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Sangat penting untuk menjadwalkan waktu untuk diri sendiri.

Bahkan jika itu adalah sesuatu yang sederhana seperti membaca buku, berendam air hangat, atau sekedar berbicara dengan teman Anda, mengatur waktu menyisihkan sedikit untuk memberikan Anda kesempatan untuk mengisi bahan bakar pribadi.

Takut Jadi Single parent Ketahui Sekarang 5 Keuntungan Single parent 01 - Finansialku

[Baca Juga: Takut Jadi Single Parent? Ketahui Sekarang 5 Keuntungan Single Parent]

 

#8 Tetap Positif

Tidak aneh jika kewalahan oleh semua tanggung jawab dan tuntutan orangtua tunggal. Selain itu, Anda mungkin mengalami rasa sakit dari perceraian atau kematian pasangan.

Meskipun semua itu perasaan Anda sendiri, penting untuk menjaga sikap yang positif, karena anak-anak Anda dipengaruhi oleh suasana hati Anda.

Cara terbaik untuk mengatasi stres adalah dengan berolahraga secara teratur, mempertahankan diet yang tepat, mendapatkan istirahat yang cukup, dan mencari keseimbangan dalam hidup Anda.

Jika Anda merasa sedih, tidak apa-apa untuk berbagi beberapa perasaan Anda dengan anak-anak Anda, tetapi mereka harus tahu bahwa mereka tidak menyebabkan masalah, dan bahwa hal ini akan baik untuk masa depan anak-anak Anda.

 

#9 Mempertahankan Rutinitas Sehari-hari

Mencoba untuk memiliki jadwal, tugas, waktu tidur seperti pada jam sebelumnya sehingga anak Anda tahu persis apa yang akan terjadi setiap hari. Rutin konsisten akan membantu anak Anda merasa lebih aman dan membantu Anda merasa lebih terorganisir.

 

#10 Mempersiapkan Keuangan Keluarga

Anda perlu mempersiapkan keuangan Anda terutama saat Anda menjadi penanggung jawab keuangan satu-satunya di rumah Anda.

Anda tidak hanya memperhitungkan uang jangka pendek dari pemasukan dan pengeluaran, tetapi juga mengenai asuransi dan investasi. Hal ini perlu Anda pertimbangkan karena bila anak Anda masih kecil, bagaimana bila terjadi sesuatu pada Anda.

Sanggupkah Single Parents Menyekolahkan Anak Hingga Sarjana Ini Rahasianya 02 Finansialku

[Baca Juga: Cara Atur Keuangan Khusus Single Parents Tanpa Ribet]

 

Sebagai contoh, kalau Anda mau menabung dana pendidikan untuk jangka pendek, misalnya 2-5 tahun, lebih cocok memakai tabungan pendidikan. Memang bunganya tidak terlalu besar, hanya 3-6% (sebelum potong pajak) dan juga ada biaya administrasi.

Tetapi setidaknya dengan bunga yang pasti jadi lebih mudah memperkirakan berapa banyak uang yang bakal didapat. Biasanya tabungan pendidikan juga disertai dengan asuransi jiwa, jadi kalau ada apa-apa dengan kita, anak kita tetap akan mendapatkan keuntungannya.

 

Rencanakan Keuangan Rumah Tangga Dengan Tepat

Bila Anda membutuhkan konsultasi tambahan untuk penataan keuangan rumah tangga Anda, Anda dapat hubungi Finansialku.com. Karena di Finansialku terdapat perencana-perencana keuangan yang dapat membantu Anda untuk mengatur keuangan rumah tangga Anda agar aman di masa akan datang.

Anda bisa menggunakan bantuan fitur Tanya Jawab pada Aplikasi Finansialku, sehingga bisa langsung berkonsultasi dengan Perencana keuangan Finansialku (CFP). Aplikasi Finansialku bisa Anda download secara GRATIS di Google Play Store.

Jika Anda ingin berlangganan, Anda bisa menggunakan kode referral POTONG50RIBU untuk mendapatkan potongan Rp50.000 saat upgrade premium Aplikasi Finansialku untuk satu tahun penuh.

Selain itu, Anda juga bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini agar tujuan keuangan Anda bisa tercapai sesuai rencana. Selamat membaca..

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda ya! Semoga bermanfaat, terima kasih..

 

Sumber Referensi:

  • Laura Broadwell. 6 Strategies for Single Mom Success. Parents.com – http://bit.ly/2lHPx0G
  • Laura Broadwell. 10 Ways to Reduce Single-Parent Stress. Parents.com – http://bit.ly/2krgCVT

 

Sumber Gambar:

  • Orangtua tunggal – http://bit.ly/2m9VqnP