Pandemi Covid-19 bisa jadi momentum kebangkitan UMKM dan bisa tangguh di pasar global.

Ketahui pembahasan selengkapnya di artikel Finansialku di bawah ini.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh

Logo The Iconomics

 

Pandemi Covid-19 Jadi Momentum Penting Untuk Kebangkitan UMKM

Erick Thohir, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengatakan kalau pandemi Covid-19 memang sudah menyebabkan UMKM terdampak.

Tapi, perkembangan digital saat ini juga bisa jadi peluang bagi UMKM untuk tumbuh dan berkembang, dan ekspansi ke pasar global.

“Momentum krisis ini bisa kita manfaatkan menjadi peluang dan lompatan bagi kita untuk berinovasi dan mengembangkan potensi UMKM.” Ujar Erick ketika memberikan sambutan dalam webinar Strategi BRI Sebagai BUMN untuk Menyiapkan UMKM yang Tanggung di Pasar Global’, Rabu (09/12/20).

Pandemi Covid-19 Jadi Momentum Kebangkitan UMKM di Pasar Global 02

[Baca Juga: PENTING! Cara Mengelola Keuangan UMKM Agar Bertahan]

 

Dalam acara tersebut, Erick juga mengatakan jangan sampai Indonesia hanya menjadi tujuan pasar pelaku ekonomi dari negara lain.

Oleh karena itu, diperlukan strategi yang tepat untuk menyiapkan UMKM yang tangguh di pasar global.

“Dalam hal ini, pemerintah dan BUMN memberikan dukungan bagi UMKM berupa iklim usaha yang sehat, ketersediaan peluang pasar, serta berbagai kebijakan yang mampu mendukung dunia usaha agar bisa menjalankan bisnis dengan kondisi yang baik.” katanya.

Erick juga menyatakan kalau saat ini Indonesia memiliki 55 juta orang dalam middle income class yang ke depan juga diperkirakan terus bertumbuh.

Prediksi ini juga dibarengi dengan bertumbuhnya daya beli yang setiap tahun juga mengalami peningkatan.

Middle income class tentu saja lebih selektif dalam memilih produk-produk UMKM. Sehingga pelaku UMKM sendiri juga diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan kualitas produk agar mampu mengambil pasar domestik bersaing dengan produk atau layanan perusahaan perusahaan luar negeri tentunya.” Ujar Erick.

Kementerian BUMN juga berkomitmen untuk membuka apsar luas dengan menerapkan sistem pasar digital UMKM atau ‘Padi UMKM’.

Padi UMKM sendiri merupakan platform digital untuk mempertemukan UMKM dengan BUMN.

Erick mengatakan, dengan bergabungnya UMKM ke dalam ekosistem ini, pelaku usaha dapat memperluas jaringan UMKM secara online.

Selain itu, diharapkan, para pelaku UMKM juga dapat meningkatkan transaksi penjualan dan memiliki suatu pengalaman dalam memasuki dunia transaksi digital serta memperluas akses pembiayaan bagi UMKM yang perlu dukungan modal kerja.

Erick mengatakan, untuk ekspansi ke pasar global, tantangan yang harus dijawab adalah inovasi dan pemanfaatan teknologi digital dalam setiap proses bisnis agar lebih efektif dan efisien.

Program UMKM EXPO (RT) BRILIANPRENEUR yang diluncurkan BRI, menurut Erick menjadi real partner bagi UMKM untuk naik kelas dan sebagai inkubator untuk membantu meningkatkan kapasitas dan kualitas UMKM untuk berorientasi ekspor.

Lebih jauh lagi, dalam acara ini, BRI juga mendatangkan investor atau pembeli dari luar negeri.

Ini bertujuan agar bisa membuka akses produk UMKM Indonesia ke pasar global.

Program ini juga sejalan dengan program BUMN go global, yaitu sebuah upaya untuk mengembangkan dunia usaha tanah air di tingkat dunia dengan memasarkan produk BUMN dan memperbaiki rantai pasok di Indonesia atau pun luar negeri.

“Harapan kita, setelah melewati masa survive dan restart, UMKM mampu bangkit dan melakukan inovasi untuk bisa berkompetisi dengan produk dari negara-negara lain. Saya yakin UMKM Indonesia mempunyai potensi segera pulih dari pandemi Covid-19 dan meningkatkan kapasitasnya. Karena kita memiliki sumber daya alam yang melimpah dan dukungan dari pemerintah. Kedua hal tersebut perlu kita manfaatkan sebaik-baiknya dengan itikad baik dengan kerja keras saya yakin UMKM Indonesia semakin tangguh di pasar global.” Pungkasnya.

 

 

Bagaimana pendapat Sobat Finansialku mengenai berita di atas? Mari kita diskusikan di kolom komentar!

Sobat Finansialku juga bisa mendiskusikan informasi di atas bersama sahabat, teman, atau keluarga dengan membagikan artikel dari Finansialku lewat pilihan platform yang tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

GRATISSS, Yuk Download SEKARANG!!!

Ebook Pentingnya MENGELOLA KEUANGAN Pribadi dan Bisnis

14 Ebook Mengelola Keuangan Bisnis dan Pribadi

 

Sumber Referensi:

 

Sumber Gambar:

  • UMKM 01 – https://bit.ly/2LLLzky
  • UMKM 02 – https://bit.ly/2XCuKLU