Semakin hari semakin banyak kerjaan, pikiran rasanya semakin penat, itu tandanya kamu butuh liburan. Pantai Nihiwatu Sumba menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib kamu coba.

Mari kita bahas!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pesona Alam Pantai Nihiwatu, Sumba!

Saat saya menulis artikel ini, saya sambil membayangkan keindahan Pantai Nihiwatu yang saya datangi beberapa bulan yang lalu.

Sebuah pantai nan indah yang terletak di daerah Sumba, sebuah pulau yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Kalo kamu mengaku sebagai seorang traveler, belum sah rasanya jika belum datang ke pulau ini.

Tak hanya indah, Pulau Nihiwatu menyajikan paket komplit untuk kamu yang semakin merasa bosan dengan hiruk pikuk perkotaan.

Di pulau ini kamu bisa menikmati keindahan pantai yang memukau dan memanjakan mata, tak hanya itu pulau ini juga memiliki perbukitan yang berundak-undak serta danau yang menawan.

Oh ya, Nihiwatu juga menjadi salah satu destinasi wisata yang instagramable lho! Gak percaya?

Coba aja kamu cek di Instagram dengan hashtag #Nihiwatu, banyak sekali wisatawan, baik lokal maupun mancanegara yang telah memamerkan keindahan pulau ini.

Pantai Nihiwatu Sumba 02 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Sudah Tahu Bagaimana Cara Mengatur Dana Liburan]

 

Dan buat kamu yang baru menikah, pulau ini juga sangat layak untuk dijadikan tempat berbulan madu, gak perlulah kamu ke Maldives atau ke Hawaii, kamu cukup datang kesini, sumpah! Tempatnya indah banget.

Masalah penginapan disini tak usah diragukan lagi, kamu tidak perlu khawatir kesulitan mendapat penginapan yang nyaman, karena pengelola tempat wisata di Nihiwatu sudah terorganisir dengan baik.

Oh ya, untuk memperkuat niat kamu agar bisa liburan di Nihiwatu, saya akan sharing beberapa penginapan yang recommended, check it out!

 

Menginap Nyaman di Nihiwatu, Sumba

Banyak sekali resort yang ada di pulau Nihiwatu, tapi saya hanya akan memberikan rekomendasi beberapa saja, biar kamu gak pusing milihnya.

 

#1 Nihi Sumba

Bagaikan permata di Sumba Barat, setiap sudut resort di Nihi Sumba ini begitu memukau dan mampu bikin siapa saja betah untuk berlama-lama tinggal.

Karena kemewahannya, resort ini sempat mendapat penghargaan “World’s Best Travel Awards” di tahun 2016 dan 2017.

Nihi Sumba terletak di Desa Hobawawi, Wanukaka.

Jika ingin bermalam, minimal kamu harus menginap selama tiga hari. Budget yang disiapkan pun tak main-main, yakni mulai dari Rp40 juta.

Cukup mahal? Ya… tapi worth it lah untuk liburan keren yang bakalan balikin lagi semangat kamu untuk menghadapi kembali keseharian.

Pantai Nihiwatu Sumba 03 Nihi Sumba - Finansialku

Nihi Sumba

 

Karena budget-nya cukup mahal, ada baiknya kalo kamu nabung dan merencanakan dana liburan dari jauh-jauh hari, biar kamu gak ganggu arus kas keuangan.

Biar gak ngawang-ngawang, kamu bisa coba rencanakan dana liburan menggunakan aplikasi Finansialku.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#2 Lelewatu Resort

Resort ini bukan sekadar tempat menginap biasa, Lelewatu memberikan sentuhan gaya tradisional Sumba pada bangunan beserta interiornya.

Ketika kamu kesana, kamu akan disuguhkan dengan hidangan bertaraf internasional. Bagi yang ingin memanjakan diri, bisa mencoba layanan spa.

Jika berminat untuk memilih Lelewatu Resort, kamu harus memesan kamar jauh-jauh hari, maklum namanya juga tempat eksklusif, tempatnya terbatas dan banyak yang minat.

Pantai Nihiwatu Sumba 04 Lelewatu Resort - Finansialku

Lelewatu Resort

 

Oh ya, masalah harga, kamu harus merogoh lumayan juga lho, yakni mulai Rp10,9 juta per malam.

Sesuai dengan namanya, resort ini berlokasi di Jl. Lelewatu No.168, Wei Mangoma, Hobawai, Wanokaka.

 

#3 Rua Beach Resort

Selain Nihi Sumba dan Lelewatu, kamu juga bisa menginap di Rua Beach Resort. Jika menginap disini, kamu akan merasakan sensasi bermalam sambil ditemani deburan ombak karena langsung berhadapan dengan pantai.

Buat kamu yang ingin ketenangan, resort ini sangat cocok karena terletak di kawasan yang tenang, suasana resort terasa begitu romantis sehingga resort sekitar Pantai Nihiwatu satu ini pas dijadikan sebagai destinasi bulan madu.

Pantai Nihiwatu Sumba 05 Rua Beach Resort - Finansialku

Rua Beach Resort

 

Rua Beach menawarkan beberapa pilihan bungalow, untuk tipe standar biaya per malamnya berkisar mulai dari Rp650 ribu.

Resort sekitar Pantai Nihiwatu ini juga telah dilengkapi dengan fasilitas kolam renang.

Bagi yang penasaran, bisa langsung berkunjung ke alamatnya yang berada di Jalan Pantai Rua No.1, Wanokaka.

 

#4 Watukaka Resort

Jika resort lain menyediakan tempat menginap di bungalow dan villa, tidak dengan Watukaka Resort.

Resort ini menawarkan fasilitas berbeda, kamu akan tidur di glamping (glamour camping), sehingga bisa merasakan sensasi berkemah versi mewah, pemandangan hutan hijau dan pantai dari kejauhan dapat dinikmati dari balkon pribadi.

Jika berminat untuk menghabiskan malam di sini, silakan merogoh kocek sebesar Rp10,5 juta selama tiga hari menginap. Letak resort berada di Gaura, Laboya Barat.

Pantai Nihiwatu Sumba 06 Watukaka Resort - Finansialku

Watukaka Resort

 

Gimana? Keren-keren bukan penginapan di Nihiwatu?

Pasti keren, tapi kocek yang harus dikeluarkan lumayan besar, sekali lagi, kamu harus merencanakan dana liburannya dengan matang ya guys.

 

Manfaat Yang Didapat Jika Kamu Merencanakan Dana Liburan

Mungkin kamu bertanya, gimana sih cara memperhitungkan dan merencanakan dana liburan?

Perhitungan dan perencanaan dana liburan adalah hal yang penting kamu lakukan agar dana liburan dapat terkendali. Tapi sayangnya, kebanyakan orang Indonesia belum memahami cara mempersiapkannya.

Lalu apa untungnya jika saya merencanakan dana liburan?

 

#1 Budget Tidak Kurang, Tidak Berlebih

Semakin rinci dan akurat dana yang kamu rencanakan, maka semakin pasti berapa dana yang dibutuhkan.

Dengan membuat perencanaan dana liburan kamu tidak perlu khawatir kekurangan uang selama berada di tempat berlibur karena semua sudah diperhitungkan.

Nyicil Dana Liburan Apakah Bijak dan Dianjurkan Guys 03 Dana Liburan 3 - Finansialku

[Baca Juga: Nyicil Dana Liburan? Apakah Bijak dan Dianjurkan Guys?]

 

#2 Semua Kebutuhan Tidak Akan Terlewat

Ada banyak kebutuhan yang harus dipersiapkan ketika berlibur karena kamu harus tinggal di tempat lain selama beberapa hari.

Dengan rencana liburan yang matang kamu akan memiliki checklist untuk memenuhi seluruh kebutuhan tersebut.

Perencanaan dana liburan yang kamu buat nantinya dapat menjadi checklist untuk liburanmu.

Memiliki daftar kebutuhan liburan adalah hal yang penting lho. Jangan sampai ada kebutuhan penting yang terlewatkan sehingga kamu kebingungan ketika sampai di tempat berlibur.

 

#3 Mudah Mengontrol Keuangan

Perencanaan dana liburan juga dapat menjadi kontrol keuangan kamu. Ketika merencanakan liburan biasanya sudah menyiapkan patokan budget yang disediakan.

Dengan begitu, kamu bisa mengetahui apakah budget tersebut sudah cukup untuk liburan yang kamu rencanakan atau belum.

Jika kebutuhan melebihi budget maka kamu dapat segera mencari alternatif lain untuk mengurangi dana liburan.

Atau jika memang masih gak cukup, kamu bisa mempertimbangkan alternatif liburan lain yang sesuai dengan budget yang kamu miliki.

cara-menghitung-dan-merencanakan-dana-liburan-yang-perlu-dicoba-1-finansialku

[Baca Juga: Kunjungi 10+ Tempat Wisata Jawa Timur yang Indah Nan Eksotik]

 

Selain berguna untuk kontrol sebelum pergi berlibur, perencanaan dana liburan juga dapat membantu kamu mengontrol keuangan saat berlibur.

Perencanaan tersebut dapat menjadi daftar kontrol saat kamu akan akan mengeluarkan uang di tempat berlibur. Jangan sampai kamu over mengeluarkan uang berlebih pada saat berlibur.

Pastinya masih ada hari esok yang harus dilalui setelah berlibur kan?

Nah maka dari itu, perencanaan dan pendidikan bisa menjadi patokan kamu untuk bisa menggunakan uang secara bijak saat berlibur.

 

Yuk, Agendakan Liburanmu!

Tertarikkah untuk memasukkan Pantai Nihiwatu ke dalam list destinasi yang akan kamu kunjungi saat liburan?

Nampaknya kocek yang dikeluarkan untuk berlibur ke salah satu pulau ini, pada akhirnya terbayarkan dengan keindahan yang bisa kamu nikmati.

So guys, tunggu apalagi? Buat perencanaan matang dan agendakan liburanmu! Oia, supaya tambah seru ajak keluarga dan sahabat terdekat untuk bersama-sama menikmati Pulau Nihiwatu dijamin deh gak akan nyesel…

 

Semoga artikel ini bermanfaat, dan semoga kamu yang sudah merasa bosan bisa segera berlibur agar hari-hari yang dijalani semakin bertambah semangat.

Jangan lupa untuk share artikel ini sebanyak-banyaknya hya! Dan jika ada yang ingin ditanyakan langsung tulis di kolom komentar ya!

 

Sumber Referensi:

  • Renada Vischa. 8 Maret 2019. Resort Sekitar Pantai Nihiwatu Sumba, Menginap Sambil Ditemani Desiran Ombak. Travelingyuk.com – https://goo.gl/ZroHkJ

 

Sumber Gambar:

  • Pantai Nihiwatu Sumba 01 – https://bit.ly/2OXySRe
  • Pantai Nihiwatu Sumba 02 – https://bit.ly/2UGcBgj
  • Nihi Sumba, Pantai Nihiwatu Sumba – https://bit.ly/2G0moV8
  • Lelewatu Resort, Pantai Nihiwatu Sumba – https://bit.ly/2UsBs80
  • Rua Beach Resort, Pantai Nihiwatu Sumba – https://bit.ly/2uWoBvv
  • Watukaka Resort, Pantai Nihiwatu Sumba – https://bit.ly/2YXVpC5