Apakah Anda sudah tahu dimana saja tempat wisata Jawa Timur yang indah dan eksotik?

Tidak hanya tempat wisata untuk traveller kaum muda, tetapi juga tersedia tempat wisata yang cocok untuk keluarga dan lansia. Yuk simak ulasannya berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

10+ Tempat Wisata Jawa Timur yang Indah Nan Eksotik

Jawa Timur adalah salah satu provinsi yang banyak memiliki koleksi tempat wisata eksotik.

Jadi, ada sangat banyak spot wisata menarik ketika Anda berencana untuk main ke Jawa. Lalu, apa saja sih objek wisata yang menarik di sana? Inilah ulasannya.

 

#1 Air Terjun Madakaripura, Probolinggo

Air terjun setinggi 200 meter ini merupakan air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia.

Air terjun ini terletak di lereng Gunung Bromo. Air terjun Madakaripura berada di ujung lembah sempit dan berbentuk ceruk yang dikelilingi tebing-tebing curam.

Air terjun Madakaripura ini juga sering disebut Air Terjun Abadi. Hal ini karena air yang dialirkan selalu melimpah.

Untuk menikmati air terjun ini, Anda harus berjalan melewati sungai yang berbatu-batu dan licin. Perjalanan menuju air terjun tersebut lumayan jauh dengan berjalan kaki. Wisata ini lebih cocok untuk para traveller berusia muda.

Tempat Wisata Jawa Timur 03 Kawah Ijen - Finansialku

[Baca Juga: Mau Keliling Dunia atau Kerja Di Luar Negeri? Buat Paspor Dulu Dong!]

 

#2 Kawah Ijen, Bondowoso

Kawah Ijen terletak di perbatasan Bondowoso dan Banyuwangi.

Kawah Ijen berada di puncak Gunung Ijen dengan ketinggian 2.443 meter di atas permukaan laut dengan kedalaman danau 200 meter dan luas kawah yang mencapai 5.466 hektar.

Setiap dini hari sekitar pukul 02.00 WIB hingga 04.00 WIB, di sekitar kawah dapat dijumpai fenomena blue fire atau api biru, yang merupakan keunikan tempat ini.

Disini juga Anda bisa menyaksikan kegiatan para penambang emas yang sangat pemberani. Mengambil emas mulai dari turun ke bawah dekat Kawah Ijen dan memanggul hasil tambang naik ke atas.

Tempat Wisata Jawa Timur 03 Kawah Ijen - Finansialku

[Baca Juga: Gaji Rp5 Juta Sebulan, Mau Liburan Keliling Eropa? Ini Caranya]

 

#3 Pantai Papuma, Jember

Pantai Papuma adalah salah satu pantai eksotis yang terletak di Kecamatan Wuluhan, 45 kilometer arah selatan Kota Jember.

Pantai Papuma dikenal juga sebagai Pantai Tanjung Papuma yang memiliki pemandangan indah dengan perpaduan dari pasir putih dan batu karang yang menyebar di pinggir pantai.

Tempat Wisata Jawa Timur 04 Pantai Papuma - Finansialku

[Baca Juga: Perhitungan Dana Liburan ke Jogja Budget Minim (Bonus: Daftar 100+ Tempat Wisata Jogja)]

 

Hal yang menarik dari Pantai Papuma adalah tujuh karang besar yang menjulang di pantai yang menyerupai sebuah pulau. Pantai Papuma ini sangat cocok untuk wisata keluarga.

Selain pantainya yang eksotis namun perjalanan untuk sampai ke pantai tersebut sangatlah mudah bagi anak-anak dan para lansia, tanpa harus mendaki atau berjalan kaki jauh terlebih dahulu.

Anda akan menjumpai pedagang di pinggir-pinggir pantai Papuma.

 

#4 Gunung Bromo, Malang

Gunung Bromo merupakan gunung berapi aktif yang terkenal di Jawa Timur dengan ketinggian 2.392 meter dari atas permukaan laut dan berada dalam empat lingkup kabupaten yaitu Probolinggo, Pasuruan, Lumajang dan Kabupaten Malang.

Gunung Bromo juga termasuk dalam satu kawasan Bromo Tengger Semeru National Park sebagai tempat wisata.

Menikmati sunrise dan menjelajah pasir dengan luas sekitar 10 km adalah hal yang harus Anda lakukan disini.

Anda dapat menjelajahi pasir dengan menaiki kuda atau menaiki mobil jeep yang bisa disewa di daerah sana. Pada malam hari Anda akan merasakan udara sangat dingin seperti es bila berada di sini.

Tempat Wisata Jawa Timur 05 Gunung Bromo - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Liburan Ke Korea Selatan? Yuk Cek Dulu Dana Perjalanan (Plus Info Liburan Murah dan Wisata Gratis)]

 

#5 Pantai Klayar, Pacitan

Pantai Klayar berlokasi di kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Perjalanan kesini bisa ditempuh kurang lebih 1 jam dari kota Pacitan.

Untuk dapat sampai ke pantai ini, Anda harus melewati jalan pegunungan yang berliku-liku dan lumayan jauh.

Tempat wisata ini terbilang masih alami dengan keistimewaan batu karang yang bentuknya menyerupai Spinx dan adanya sumur yang tersembunyi.

Sumur ini terletak di celah-celah batu karang di belakang tebing batu yang dijadikan arena pemandian. Hal ini konon dipercaya dapat membawa berkah.

Tempat wisata ini memiliki pemandangan yang masih sangat alami dan disana akan banyak ditemukan pedagang ikan yang khas daerah pantai Klanyar.

Tempat Wisata Jawa Timur 06 Pantai Klayar - Finansialku

[Baca Juga: Apa Bisa Liburan Murah ke Malaysia Dibawah Rp2 Jutaan? Siapkan Dana Perjalanan Anda!]

 

#6 Songa Rafting, Probolinggo

Songa Rafting merupakan wisata alam yang menyuguhkan petualangan arum jeram yang berlokasi di desa Ranu Gendang Tiris, Probolinggo, provinsi Jawa Timur.

Sungai yang digunakan untuk rafting adalah sungai Pakelan dengan lebar sungai mencapai kisaran 5-10 meter dengan kedalaman air kurang lebih 1-3 meter.

Arusnya yang deras dan berliku-liku serta bebatuan membuat peserta rafting di sungai ini akan semakin merasa tertantang.

Ditambah juga lingkungan sekitar rafting yang masih asli dengan udara yang sejuk dan banyak dikelilingi pohon-pohon. Selain rafting, disana juga terdapat fasilitas wisata yang lain yang sangat cocok untuk keluarga.

Ayo segera kunjungi Songa Rafting! Anda dijamin akan puas bermain rafting disana.

Tempat Wisata Jawa Timur 07 Songa Rafting - Finansialku

[Baca Juga: 7 Tips Memilih Hotel dan Alternatif Penginapan untuk Menghemat Budget Liburan]

 

#7 Ranu Kumbolo, Malang

Ranu Kumbolo adalah danau yang terletak di Pegunungan Tengger kaki Gunung Semeru, kabupaten Lumajang, provinsi Jawa Timur. Danau ini merupakan bagian Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Danau ini memiliki pemandangan yang cantik dan cocok untuk melepas penat dengan melihat indahnya pemandangan matahari terbit maupun matahari terbenam dari sudut danau.

 

Ranu Kumbolo kerap dijadikan pos peristirahatan bagi para pendaki. Kebanyakan dari mereka mendirikan tenda untuk bermalam sejenak sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak Gunung Semeru.

Untuk para traveller yang hobi mendaki, silahkan mampir ke Ranu Kumbolo untuk beristirahat dan menikmati keindahan danau Ranu Kumbolo.

Tempat Wisata Jawa Timur 08 Ranu Kumbolo - Finansialku

[Baca Juga: Wisata Murah: Berapa Dana Liburan ke Raja Ampat ala Backpacker? Lihat Perhitungannya!]

 

#8 Taman Nasional Baluran, Situbondo

Taman Nasional Baluran adalah salah satu Taman Nasional di Indonesia yang terletak diantara wilayah Wongsorejo, Banyuwangi dan Banyuputih, Situbondo, provinsi Jawa Timur.

Taman Nasional Baluran merupakan padang savana terluas di pulau Jawa dengan spesies hewan yang hidup lepas dan tumbuhan yang beraneka ragam seperti berada di Afrika.

Taman ini merupakan kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli. Para traveller yang berkunjung kesana pasti akan diberikan peraturan-peraturan agar tidak merusak taman tersebut.

Tempat Wisata Jawa Timur 09 Taman Nasional Baluran - Finansialku

[Baca Juga: 15 Tips untuk Liburan Murah dan On Budget]

 

#9 Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Pulau Merah adalah sebuah pantai dan objek wisata di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi.

Selain pemandangan sunset yang sangat indah, Pulau Merah juga menjadi tujuan peselancar kelas dunia di Pulau Jawa, dengan ketinggian ombak mencapai 4-5 meter.

Untuk mania selancar, tidak harus lagi berselancar di pantai Pulau Bali, karena pantai ini juga memiliki ketinggian ombak yang digemari para peselancar. Nah tempat wisata alam ini sangat cocok bagi Anda yang suka berselancar.

Tempat Wisata Jawa Timur 10 Pulau Merah - Finansialku

[Baca Juga: Save Your Trip! Liburan Terbaik di Pulau Wakatobi]

 

#10 Pulau Sempu, Malang

Pulau Sempu merupakan wisata yang bersatu lokasinya dengan Pantai Sendang Biru tepatnya di desa Tambakrejo, Kabupaten Malang, provinsi Jawa Timur.

Pulau Sempu merupakan cagar alam yang memiliki beragam ekosistem seperti hutan bakau, hutan pantai dan hutan tropis.

Keistimewaan pulau ini adalah Laguna Segara Anakan yang terdapat di dalam pulau. Anda bisa melakukan kegiatan berenang atau pun camping bersama-sama.

Namun Pulau Sempu ini benar-benar dijaga kelestariannya dan keaslian ekosistemnya.

Tempat Wisata Jawa Timur 11 Pulau Sempu - Finansialku

[Baca Juga: Wisata Thailand, Lebih Murah Mana: Liburan Sendiri atau Paket Liburan Travel Agent]

 

#11 Air Terjun Coban Rondo, Malang

Ini dia salah satu air terjun yang terletak di kecamatan Pujon, kota Batu, kabupaten Malang, Jawa Timur.

Coban Rondo adalah salah satu objek wisata air terjun di Kota Malang yang paling populer dengan daya tarik air terjunnya.

Tersedia beberapa fasilitas seru yang bisa dilakukan para wisatawan. Tempat ini juga cocok sebagai tempat wisata keluarga.

Coba deh, jika Anda sedang berkunjung di kawasan Malang, jangan lupa mampir ke wisata air terjun Coban Rondo.

Tempat Wisata Jawa Timur 12 Air Terjun Coban - Finansialku

[Baca Juga: Mempersiapkan Dana Liburan ke Hong Kong dengan Aplikasi Finansialku]

 

Ayo Jalan-Jalan Ke Jawa Timur!

Betapa indahnya wisata alam ciptaan Tuhan yang membuat kita terkagum-kagum akan keajaiban-Nya. Pembahasan di atas hanyalah sebagian dari banyaknya tempat wisata alam di Jawa Timur.

Nah, tunggu apalagi, ayo segera kunjungi wisata alam yang eksotis di Jawa timur dan tentukan kemana liburan Anda dengan keluarga Anda kali ini!

 

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Jangan lupa untuk mencatat rekomendasi tempat-tempat wisata yang ada di atas ya! Apakah Anda sudah pernah liburan ke Jawa Timur? Bagikan pengalaman Anda pada kolom komentar di bawah.

Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada orang lain di sekitar Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 6 Februari 2018. 15 Tempat Wisata di Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi. Anekatempatwisata.com – https://goo.gl/bNQZYJ

 

Sumber Gambar:

  • Tempat Wisata Jawa Timur – https://goo.gl/yFgbcb