Pasien virus corona terus bertambah, RSPI Sulianti Saroso kewalahan karena ruang isolasi penuh!

Simak informasi selengkapnya di berita Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Pasien Virus Corona Terus Bertambah, RSPI Sulianti Saroso Kewalahan

Sejak kasus wabah virus corona pertama diumumkan pertama kali oleh Presiden Jokowi pada Senin (02/03) lalu, hingga saat ini angka pasien terjangkit virus corona di Indonesia semakin bertambah.

Oleh karena itu, ruangan isolasi khusus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso dinyatakan penuh, membuat pasien pengidap gejala virus corona harus dialihkan ke rumah sakit lain.

Per hari Kamis (05/03) kemarin, dikatakan oleh Mohammad Syahril selaku Direktur utama RSPI kalau pihaknya sudah mengisolasi dan merawat sembilan pasien.

Kemarin pasien ada 9 dan siang hari masuk 1, tadi malam masuk 1, semua close contact, kemudian ada pulang 1, karena dinyatakan sembuh. Lalu ada satu pindah ke ruangan, tidak perlu diisolasi. Jadi hari ini jumlahnya 9.” Ungkap Syahril.

“Jadi tolong disampaikan, jangan ada kesan RSPI menolak pasien, karena memang penuh, enggak mungkin dimasukkan dalam ruangan yang bukan isolasi.” Lanjutnya.

Pasien Virus Corona Bertambah, RSPI Kewalahan! 02

[Baca Juga: Bisa Tangkal Corona, Ini 5 Manfaat Jahe Merah Bagi Tubuhmu]

 

Oleh karena itu, pasien yang awalnya dirujuk ke RSPI Sulianti Saroso harus dirujuk ke rumah sakit rujukan lainnya.

Mohon disampaikan kalau ada RS swasta yang ingin dirujuk dan di sini penuh. tetapi kalau nanti ada pasien di sini pulang dan ada yang kosong, bisa lagi masuk sini.” Ungkapnya.

Awalnya, rumah sakit rujukan di Jakarta sendiri terdiri dari RSPAD Gatot Soebroto, RSUD Persahabatan, dan RSPI Sulianto Saraso.

Tapi kemudian Kemenkes memutuskan untuk menambah lima Rumah Sakit rujukan, yaitu RSUD Cengkareng, RSAL Mintoharjo, RS Bhayangkara Soekanto, RS Fatmawati, dan RSUD Tangerang.

Mengglobal, Ini Daftar Negara yang Dijajah Virus Corona 01

[Baca Juga: Terinfeksi, Siapa yang Tanggung Biaya Berobat Virus Corona?]

 

Meski tidak bisa lagi menerima pasien untuk dirawat di ruang isolasi, RSPI masih memperbolehkan pasien yang ingin berkonsultasi ketika merasa khawatir terjangkit virus corona.

“Meski tidak menerima pasien rawat inap, tapi yang mau berkonsultasi di pos pemantauan 24 jam RSPI Sulianti Saroso dipersilakan, karena masih menerima pengaduan.” Lanjutnya.

Adapun setelah pengumuman dari Presiden Jokowi Senin (02/03) lalu, jumlah pasien dan masyarakat yang datang untuk berkonsultasi di RSPI meningkat sebanyak empat kali lipat.

Per Kamis (05/03), dikatakan kalau pihaknya sudah menerima sekitar 500 pasien yang melapor. Dari hasil pemeriksaan itu, kemudian diputuskan satu orang untuk dipantau di ruang isolasi.

 

Sobat Finansialku, kami hadir mengajak kepedulian Anda untuk membantu dan memberikan harapan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan. Sampai saat ini, mereka masih berjuang untuk mendapatkan makanan, pekerjaan bahkan kehidupan saat situasi seperti ini.

Sudah saatnya! Anda dan Finansialku, bersama-sama membantu mereka!

Finansialku Bangun Empati Di Tengah Pandemi(1)

KLIK DI SINI UNTUK DONASI

 

Bagaimana pendapat sobat Finansialku soal kabar ini? Sampaikan pada kami di kolom komentar, ya!

Jangan lupa untuk sampaikan kabar ini pada rekan dan keluarga, agar semakin banyak yang mengetahui kabar terbaru soal virus corona!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 6 Maret 2020. Ruang Isolasi RSPI Penuh, Suspect Virus Corona Dirujuk ke Delapan Rumah Sakit di Indonesia. Radartegal.com – http://bit.ly/2VQzcH0
  • Nila Chrisna Yulika. 5 Maret 2020. RSPI Sulianti Saroso Penuh, Pasien Suspect Corona Dipindah ke RS Rujukan Lain. Liputan6.com – http://bit.ly/2TqNuMN
  • Admin. 5 Maret 2020. Ruang Corona Penuh, RS Sulianti Saroso Rujuk ke RS Lain. Cnnindonesia.com – http://bit.ly/38rHjMX
  • Carlos Roy Fajarta. 5 Maret 2020. 500 Pasien Melapor ke RSPI Sulianto Saroso, 1 Masuk Ruang Isolasi Corona. Beritasatu.com – http://bit.ly/32SqfOQ
  • Admin. 6 Maret 2020. Maaf, Ruang Isolasi RSPI Sulianti Saroso Penuh Pasien Corona. Genpi.co – http://bit.ly/3cAGqF6
  • Admin. 5 Maret 2020. Ruang Isolasi RSPI Sulianti Saroso Tinggal Dua yang Kosong. Republika.co.id – http://bit.ly/3aCAwlb

 

Sumber Gambar:

  • RSPI 01 – http://bit.ly/2TAmZU0
  • RSPI 02 – http://bit.ly/2VNh3dh