Sobat Finansialku hendak menunaikan tugas untuk membayar PBB, tapi kesulitan caranya? Tenang, caranya mudah kok…

Sobat Finansialku akan menemukan cara membayar PBB dari artikel berikut ini, mari kita simak bersama.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Siapa yang Harus Bayar PBB?

Membayar pajak merupakan kewajiban bagi masyarakat Indonesia yang telah memenuhi kriteria yang telah ditetapkan, dan salah satunya ialah PBB atau Pajak Bumi Bangunan.

Berdasarkan UU No 12 tahun 1994 tentang Pajak Bumi dan Bangunan, kita bisa mengetahui bahwa PBB ialah pungutan biaya atas tanah dan bangunan karena adanya keuntungan bagi lembaga maupun individu yang mempunyai hak atas properti tersebut.

Objek dari PBB sendiri sangat beragam, mulai dari tempat tinggal, kebun, sawah, tambang, tempat usaha, tempat perbelanjaan, gedung bertingkat, kolam renang dan berbagai jenis objek lainnya.

Hanya saja, bangunan maupun tanah yang dimanfaatkan untuk kepentingan umum seperti sekolah, lahan pemakaman, tempat beribadah, dan jenis bangunan lainnya yang diperuntukkan bagi semua orang, dibebaskan dari Pajak Bumi Bangunan.

Pajak Bumi Bangunan 1

[Baca Juga: Ini Lho Bedanya Subjek Pajak dan Objek Pajak! JANGAN SALAH!]

 

Sedangkan bagi yang wajib pajak, ini sudah merupakan kewajiban yang apabila tidak dilakukan maka oknum yang tersebut akan dikenai sanksi sebagaimana yang telah tercantum dalam peraturan yang berlaku di Indonesia.

Untuk pemungutan PBB sektor Pedesaan dan Perkotaan, kewenangan ini telah diberikan kepada pemerintah kabupaten maupun kota. Sedangkan untuk pemungutan PBB disektor Pertambangan, Perhutanan dan Perkebunan, yang berwenang ialah pemerintah pusat melalui Direktorat Jenderal Pajak.

 

Cara Bayar PBB

Untuk melakukan pembayaran PBB, ada beberapa metode yang bisa kita lakukan, baik itu secara langsung atau yang biasa disebut dengan cara offline maupun dengan cara memanfaatkan teknologi yang ada. Berikut ini cara bayar PBB yang dapat sobat Finansialku lakukan:

 

#1 Metode Offline

Cara yang satu ini bisa dibilang sebagai cara yang banyak dikenal oleh masyarakat, sebab sudah ada sejak lama. Selain itu, untuk sebagian orang, cara ini termasuk mudah, yaitu mendatangi tempat pembayaran yang telah ditentukan, seperti yang tercantum pada Surat Pemberitahuan Pajak Terutang.

Tempat pembayaran tersebut ialah seperti kantor pos, giro, petugas pemungut pajak kelurahan ataupun di bank dan tempat lainnya. Disana hanya perlu memberitahukan kepada petugas bahwa Sobat hendak melakukan pembayaran PBB, dan kemudian mereka akan langsung memprosesnya.

Tetapi terkadang petugas kelurahan juga akan datang kepada kamu, dengan membawa surat pembayaran PBB. Nah… melalui petugas kelurahan tersebut, kamu dapat melakukan pembayaran sehingga tidak perlu kemana-mana lagi.

Pajak Bumi Bangunan 2

[Baca Juga: Jenis-jenis Pajak di Indonesia Serta Penjelasannya]

 

Melakukan pembayaran PBB kepada petugas kelurahan bisa dianggap sebagai cara yang mudah. Untuk itu Sobat Finansialku perlu menyiapkan uang pembayaran pajak, jika sewaktu-waktu petugas datang, maka kamu sudah siap.

 

#2 Membayar Melalui ATM dan Internet Banking

Metode yang satu ini sudah cukup dikenal oleh sebagian besar masyarakat, karena dianggap lebih mudah dan tanpa harus menunggu lama. Bila hendak melakukan pembayaran melalui ATM, tahapannya berikut ini:

  • Datangi mesin ATM dan langsung masukkan kartu serta kode keamanannya
  • Pilih menu Pembayaran, lalu dari pilihan yang tersedia pilih menu Pajak
  • Kemudian akan diminta untuk memasukkan nomor objek pajak, dan setelah memasukkannya pilih juga tahun pembayarannya

  • Kemudian akan muncul informasi mengenai pembayaran pajak, mulai dari nama wajib pajak hingga jumlah tagihannya
  • Setelah memastikannya dengan betul, maka pilih menu Pembayaran dan kemudian hanya perlu mengkonfirmasinya kembali.

 

Untuk pembayaran melalui internet banking, caranya juga cukup mudah yaitu dengan memilih menu pembayaran pada aplikasi, dan tahapnya juga hampir sama dengan menggunakan ATM.

 

#3 Membayar Lewat Tokopedia

Selain sering digunakan untuk berbelanja online, Tokopedia kini telah bekerjasama dengan pemerintah. Sobat dapat melakukan pembayaran pajak melalui aplikasi ini. Berikut caranya:

  • Masuk ke aplikasi Tokopedia dan kemudian masuk ke menu Top-up & Tagihan
  • Kemudian pilih pajak PBB, dan kemudian masukkanlah nomor objek pajak
  • Pilih juga tahun pembayarannya, lalu pilih “Bayar”
  • Setelah itu Tokopedia akan menampilkan detil pembayaran pajak sesuai nomor objek yang Kamu masukkan
  • Kemudian hanya perlu memilih metode pembayaran, dan mengkonfirmasinya hingga selesai
  • Jika pembayaran berhasil, maka kamu akan menerima pesan e-mail dari Tokopedia.

Aset “Tersembunyi” Warga Negara Indonesia 01 (Kantor Pajak) - Finansialku

[Baca Juga: Definisi NJOP atau Nilai Jual Objek Pajak Adalah]

 

Terdapat beragam cara pembayaran yang bisa kita lakukan pada Tokopedia, mulai dari OVO, internet banking, kredit dan jenis pembayaran lainnya. Saat hendak membayar, pastikan bahwa saldo mencukupi (kecuali untuk pembayaran menggunakan kartu kredit).

 

#4 Metode Pembayaran Lainnya

Selain dari ke-3 cara diatas, Sobat juga bisa melakukan pembayaran PBB melalui Indomaret, dengan cara langsung menyampaikannya kepada kasir.

Selain Indomaret, Kamu juga bisa menggunakan aplikasi Traveloka, yang mana caranya tidak terlalu jauh dengan menggunakan Tokopedia.

Bagaimana CARA AMPUH Membeli Rumah Pertama?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

ebook rumah pertama

Download Ebook Sekarang

 

Cara Bayar PBB yang Paling Mudah

Jika melihat cara pembayaran yang telah diuraikan, membayar dengan online cenderung lebih cepat dan tanpa antre. Nah… kalau menurut Sobat Finansialku, cara mana yang paling mudah?

 

Dari penjelasan di atas, semoga memudahkan sobat Finansialku untuk segera menunaikan tugas yang satu ini, yaitu membayar Pajak Bumi dan Bangunan. Jangan lupa juga untuk share artikel ini kepada rekan-rekan kamu ya. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Bobby Agung Prasetyo. 14 Januari 2020. Memahami Cara Bayar PBB Tahun 2020│Dilengkapi Syarat dan Ketentuan. 99.co – https://bit.ly/38AOxyl
  • Farah. 5 Cara Bayar PBB 2020 Online Ataupun Offline. Myjourney.id – https://bit.ly/2TCvU8M

 

Sumber Gambar:

  • Pajak Bumi Bangunan 1 – http://bit.ly/2U1c9Il
  • Pajak Bumi Bangunan 2 – http://bit.ly/390IvqV
  • Pajak Bumi Bangunan 3 – http://bit.ly/3a3K8FF