Pekerja kena PHK tahun ini tercatat ada 3.000 pekerja. Dari sektor apa saja yang paling banyak mengalami PHK?

Kali ini Finansialku akan membahas artikelnya, Agar lebih jelas mari simak penjelasannya berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Pekerja Ritel Lebih Banyak Kena PHK

Maraknya kasus Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang terjadi belakangan ini seolah memperlihatkan kondisi memprihatinkan ketenagakerjaan saat ini.

Hal ini pun diungkapkan oleh Ketua Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (ASPEK), Mirah Sumirat yang menyatakan pihaknya mencatat sejak awal tahun hingga Agustus 2019, sudah terjadi 3.000 kasus PHK.

Menurutnya Jumlah itu terdiri dari 2.000 pekerja yang bekerja di ritel dan adanya PHK kepada 1.000 pekerja karena dampak otomatisasi pembayaran jalan tol.

PHK di sektor ritel ini disebabkan oleh penutupan sejumlah gerai ritel yang berimbas kepada pengurangan pegawai dan menurunnya daya beli masyarakat.

Mirah mengatakan PHK tersebut dilakukan bisnis di jalan tol karena keberadaan program otomatisasi pembayaran di sejumlah ruas jalan tol.  

Meski para pekerja yang kena PHK ini dapat pesangon yang sesuai, Mirah tetap menyayangkan pihak perusahaan yang melakukan PHK.

Hal ini karena pihak perusahaan tidak memberikan pelatihan kewirausahaan atau pelatihan untuk meningkatkan kemampuan pekerja.

Padahal dalam UU Nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan, perusahaan atau pengusaha wajib memberikan pelatihan kepada pekerjanya selama bekerja, tidak hanya saat akan di PHK atau masa persiapan pension (MPP).

“Kenyataannya sebelum di PHK, pekerja belum pernah mendapatkan pelatihan apapun tentang wirausaha dan sebagainya.”

 

Maka dari itu, pihaknya meminta pemerintah menciptakan lapangan kerja baru dan memberikan vokasi kepada pekerja-pekerja yang terkena PHK.

Selain itu, Mirah meminta pemerintah membuat regulasi secara bertahap agar tidak semakin banyak PHK. Seperti yang terjadi ketika pemberlakuan kebijakan otomatisasi pembayaran jalan tol.

 

Pekerja Kena PHK Terjadi di Beberapa Wilayah

Sebelumnya, Ketua Departemen Komunikasi dan Media Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Kahar S. Cahyono mengatakan gelombang PHK ini telah terjadi di beberapa wilayah seperti Batam, Riau, Cilegon (Banten), Surakarta (Jawa Tengah).

Melihat kasus PHK seperti ini, Aseki berharap pemerintah segera menciptakan lapangan kerja baru dan memberikan vokasi kepada pekerja yang terkena PHK.

Karena PHK, Tarik Dana Jaminan Hari Tua - Dana Darurat untuk Menyiasati PHK - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Jika Karyawan Resign atau Kena PHK, Bagaimana Status Kepesertaan BPJS Kesehatan?]

 

Mirah juga meminta kepada pemerintah untuk tidak cepat mengeluarkan kebijakan yang berimbas kepada PHK. Ini terjadi saat program otomatisasi pembayaran di sejumlah ruas jalan tol berlangsung.

ASPEK berharap pemerintah memperbanyak balai latihan kerja (BLK) dan memperbaiki fasilitas BLK yang selama ini telah ada. Sebab BLK saat ini kurang mengikuti perkembangan zaman.

Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (ASPEK) mencatat, sejak 2015 hingga Agustus 2019 sebanyak 50.000 lebih pekerja terkena PHK.

Dari jumlah itu sekitar 30.000 orang bekerja di sektor perbankan dan 12.000 orang bekerja di sektor ritel.

 

Siapkan Dana Darurat Dari Sekarang

Tidak dapat dipungkiri, Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dapat terjadi kapan saja, kepada siapa saja, bahkan tanpa mengenal jabatan sekalipun.

Maka penting bagi Anda untuk pandai-pandai dalam mempersiapkan dana darurat.

Dana darurat ini bisa menjadi salah satu pos yang wajib diadakan di dalam keuangan, sebab dana ini sangat penting dan akan menjadi sumber dana di saat-saat yang tidak terduga.

Fakta Menyimpan Dana Darurat Supaya Keuangan Anda Sehat 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Menghitung Dana Darurat Dengan Aplikasi Finansialku]

 

Cara mempersiapkan dana darurat diantaranya:

  • Tentukan target jumlah dana darurat
  • Persiapkan dana darurat
  • Monitor jumlah dana darurat

 

Dengan memiliki dana darurat, jika ada PHK seperti ini Anda tidak akan terlalu kelabakan kebingungan mencari dana. Karena dana darurat ini dapat diperlukan kapanpun dan dimanapun dengan keadaan yang tak terduga.

Kelola keuangan dengan lebih bijak dan siapkan dana darurat saat ini dengan disiplin dan komitmen yang tinggi, agar keuangan siap menghadapi kondisi darurat yang mungkin saja terjadi setiap waktu.

Untuk mengatur keuangan dan mempersiapkan dana darurat Anda bisa mengkonsultasikannya dengan Perencana Keuangan Finansialku yang sudah memiliki sertifikat lisensi CFP.

Anda bisa menggunakan bantuan fitur Tanya Jawab pada Aplikasi Finansialku, sehingga bisa langsung berkonsultasi dengan Perencana keuangan Finansialku (CFP).

Aplikasi Finansialku bisa Anda download secara GRATIS di Google Play Store.

Jika Anda ingin berlangganan, Anda bisa menggunakan kode referral POTONG50RIBU untuk mendapatkan potongan Rp50.000 saat upgrade premium Aplikasi Finansialku untuk satu tahun penuh.

Selain itu, jika Anda membutuhkan referensi untuk merencanakan keuangan, Anda bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Bagaimana pendapat Anda terkait artikel di atas? Berikan tanggapan Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Referensi:

  • Vendy Susanto. Aspek Mencatat Sudah 3.000 Pekerja Kena PHK. Tabloid Kontan

 

Sumber Gambar:

  • Pekerja Kena PHK – http://bit.ly/2kouwaY