Simak yuk pemaparan mengenai pemasaran digital langsung dari ahlinya yakni CEO Tram Digital Solution, Erwin Panigoro.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Digital Marketing, Media Pemasaran di Era Digitalisasi

Transformasi digital tumbuh dengan sangat pesat dalam satu dekade terakhir. Tentu saja pertumbuhan internet menyebabkan banyak sekali pelaku bisnis mulai mengalihkan platform mereka dalam menjalankan mobilitas bisnisnya dari konvensional menuju digital.

Tentu hal tersebut juga menyikapi perubahan perilaku masyarakat selaku konsumen yang juga beralih ke platform digital.

Berkaca dari data Kemenkominfo, pengguna internet di Indonesia tahun 2020 ini telah mencapai 196,7 juta jiwa atau setara dengan 73,7 persen keseluruhan populasi.

Sementara untuk pengguna social media telah mencapai 160 juta jiwa.

Selain itu e-commerce di Indonesia juga mengalami pertumbuhan yang mencapai 91%.

Tidak hanya itu, pemerintah juga memproyeksikan sumbangsih e-commerce untuk tahun 2020 ini sebesar US$ 32 miliar atau setara dengan Rp 448 triliun. Dan nantinya pada tahun 2025 mendatang sumbangsih tersebut diproyeksikan mencapai US$ 83 miliar.

See, dengan pemaparan singkat di atas bisa kita lihat bagaimana alur transaksi jual beli dan pergerakan ekonomi sudah berpindah haluan menuju platform digital.

Sehingga sudah saatnya Anda memulai untuk terlibat dalam transformasi ini.

Menyikapi hal tersebut, ada satu upaya yang bisa Anda lakukan selaku pelaku usaha untuk bisa bersaing di tengah arus digitalisasi di era Industri 4.0.

Upaya tersebut tak lain ialah digital marketing.

Jika ingin mengetahui secara garis besar apa itu digital marketing, maka kali ini Finansialku akan mengulasnya untuk Anda.

Tak main-main, ilmu mengenai digital marketing kali ini disampaikan oleh ahlinya yakni CEO Tram Digital Solution, Erwin Panigoro.

 

Erwin Panigoro

Erwin Panigoro sendiri merupakan salah satu pegiat digital marketing di Indonesia.

Bersama perusahaan dipimpinnya yakni Tram Digital Solution, ia membantu beberapa pihak selaku klien dalam segi pengelolaan maupun strategi pemasaran, campaign, dan branding melalui platform digital.

Founder & Money CEO Tram Digital Solution, Erwin Panigoro 02 - Finansialku

[Baca Juga : Kamu INTP? Intip Fakta Unik sampai Tokoh di Dunia yang INTP Juga!]

 

Kredibilitasnya pun tak  diragukan lagi. Sudah banyak sekali perusahaan besar yang mempercayakan kendali pemasaran digital mereka kepada praktisi brand and marketing yang satu ini.

Tak hanya itu, ia pun sering diundang di berbagai acara atau pelatihan sebagai pembicara atau pemateri.

Tanpa berlama-lama lagi langsung saja, ini dia pemaparan mengenai digital marketing

 

Apa itu Digital Marketing?

Digital marketing sendiri secara umum dapat didefinisikan sebagai bentuk aktivitas dan upaya pemasaran baik produk maupun jasa menggunakan teknologi digital, termasuk internet.

Tidak hanya itu, digital marketing juga bisa diartikan sebagai suatu usaha untuk mempromosikan sebuah produk atau merk.

Kegiatan promosi tersebut memanfaatkan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu dan relevan.

Tentu saja banyak sekali aspek-aspek yang harus dipelajari untuk menguasai digital marketing, dikarenakan mencakup banyak sekali teknik dan praktik yang terkandung dalam kategori pemasaran internet.

 

Tips Sukses Digital Marketing dari Erwin Panigoro

Nah menurut Erwin Panigoro, dalam menjalankan digital marketing, Anda harus memahami media digitalisasi secara komprehensif.

Namun Anda tak perlu khawatir, ada tips sederhana nih dari Erwin Panigoro dalam mengefektifkan digital marketing untuk pemasaran dan campaign produk barang atau jasa secara digital.

Penasaran apa saja tips-tipsnya? Langsung saja kita bahas satu per satu!

 

#1 Aspek Orang (Konsumen) Sebagai Sasaran Pemasaran

Tentunya dalam memasarkan suatu produk barang atau jasa, entah itu secara konvensional maupun digital, konsumen atau masyarakat adalah sasaran utamanya.

Indikator keberhasilan dalam upaya memasarkan suatu produk dapat dilihat dari ketertarikan konsumen untuk membeli serta seberapa besar tingkat kepuasan mereka dalam menggunakan produk barang atau jasa yang kita jual.

Di sisi lain, kesuksesan dalam segi pemasaran dapat diraih jika kita bisa mengkomunikasikan serta mempengaruhi konsumen dengan baik.

Sehingga untuk mencapai keberhasilan itu Anda harus memahami mengenai perilaku mereka selaku konsumen.

Founder & Money CEO Tram Digital Solution, Erwin Panigoro 03 - Finansialku

[Baca Juga: Gaya Kepemimpinan Egaliter: Pengertian, Contoh, dan Tokoh]

 

Perilaku konsumen atau customer behavior sendiri merupakan tindakan yang dilakukan dalam hal mencari, menukar, menggunakan, menilai, hingga mengatur barang atau jasa yang mereka anggap akan sesuai dengan kebutuhan serta sesuai dengan yang diinginkan.

Tentu di era Industri 4.0 perilaku konsumen memiliki perbedaan yang cukup signifikan dibandingkan dengan era konvensional.

Salah satu perbedaan yang mencolok dan kaitannya digital marketing adalah tindakan mereka dalam mencari.

Konsumen di era sekarang cenderung mencari barang atau jasa yang dibutuhkan dengan memanfaatkan fasilitas internet.

Sehingga Anda perlu mempelajari lebih dalam bagaimana perilaku, minat, serta ketertarikan mereka dalam berselancar di dunia maya.

 

#2 Pahami Kanal yang Akan Anda Gunakan

Kanal, secara bahasa diartikan sebagai sebuah navigasi.

Nah keterkaitannya dengan digital marketing itu berarti Anda harus memahami kanal apa yang akan digunakan dalam memasarkan produk barang atau jasa untuk menyasar segmentasi pasar tertentu.

Banyak sekali kanal atau navigasi yang bisa Anda manfaatkan dalam pemasaran dan campaign digital, salah satu contohnya social media, website, video advertising, dan masih banyak lagi.  

 

#3 Pahami serta Perhatikan Aspek Konten yang Akan Dibuat

Dan selanjutnya dan yang tak kalah pentingnya adalah dalam menjalani pemasaran di dunia digital, maka konten harus diperhatikan dengan sangat baik.

Konten sendiri secara istilah dapat didefinisikan sebagai informasi yang tersedia melalui media elektronik.

Media penyampaian konten pun sangat luas, bisa melalui televisi, radio, website, social media, dan kanal-kanal publik lainnya.

Yang pasti semua media penyampaian tersebut memiliki karakteristik berbeda juga segementasi konsumen yang berbeda pula.

Nah dari perbedaan tersebut, Anda harus menyesuaikan konten dari pemasaran yang akan dibuat dengan kanal yang akan digunakan.

Dan jangan lupa, konten dibuat seinfotmatif mungkin sesuai dengan kebutuhan konsumen.

 

#4 Pahami Algoritma (sebagai Optimalisasi)

Nah tips ini juga sangat penting yakni pahami algortimanya.

Dalam menjalankan proses digital marketing tentu kita membutuhkan kanal sebagai media pemasaran dan campaign.

Oleh karena itu sebaiknya Anda juga harus memahami aspek algoritma sebagai upaya optimalisasi dari kanal-kanal tersebut.

Optimalisasi sangatlah penting dalam digital marketing, sebab langkah ini akan mengefektifkan upaya pemasaran produk yang tengah Anda jalani.

Setidaknya ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan optimalisasi digital, antara lain :

  • Membangun identitas di internet.
  • Data yang lebih terukur.
  • Kemudahan dalam menetapkan strategi dan pengambilan keputusan.
  • Prospek yang lebih menjanjikan.
  • Meningkatkan angka penjualan.

 

Di sisi lain, Anda bisa melakukan optimalisasi secara digital melalui  langkah- langkah berikut, antara lain :

  • Website: upaya optimalisasi yang bisa kamu lakukan adalah membuat website. Website tersebut merupakan representasi dari bisnis yang tengah Anda jalankan dan itu sangat penting.
  • Anda juga bisa mengoptimalkan kembali saat menjalankan website ini seperti SEO dan konten informasi yang dibutuhkan konsumen.
  • Social Media: Anda juga harus aktif di media sosial. Pada platform atau kanal ini, maksimalkan komunikasi maupun interaksi antara Anda selaku pebisnis dengan masyarakat atau konsumen.

Anda juga bisa memaksimalkannya untuk brending bahkan juga untuk selling. Dan jangan lupa, integrasikan antara social media dengan website perusahaan atau bisnis yang telah Anda buat sebelumnya.

  • Aplikasi mobile: Salah satu opsi dalam optimalisasi digital salah satunya membuat aplikasi. Hal tersebut menyikapi perilaku konsumen kita yang kini sangat membutuhkan smartphone dalam kehidupannya. Aplikasi dapat berperan sebagai shortcut bagi konsumen untuk mengakses informasi mengenai produk atau bisnis yang Anda miliki.
  • Banner dan iklan video: Anda juga bisa memaksimalkan media informasi melalui papan banner maupun iklan video di internet. Nah Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas platform advertising seperti Google ads. Sehingga pemasaran akan lebih efektiv.

Founder & Money CEO Tram Digital Solution, Erwin Panigoro 04 - Finansialku

[Baca Juga: Gaya Kepemimpinan Laissez Faire: Pengertian, Contoh, dan Tokoh]

 

Akan tetapi bukan berarti kita harus menguasai aspek-aspek yang berbau teknis serpti pengkodingan atau sejenisnya (pemahaman pemograman merupakan nilai plus).

Melainkan cukup dengan memahami bagaimana optimalisasi terhadap sistem pada platform yang digunakan.

Contohnya, Anda bisa mempelajari mengenai SEO, pemanfaatan Google Ads, Facebook Ads, pemostingan produk di media sosial, pemahaman akan domain dan hosting, dan masih banyak lagi.

 

Pentingnya sebuah Branding dalam Digital Marketing

Baik itu pemasaran secara konvensional maupun secara digital, branding menjadi aspek yang sangatlah penting.

Branding sendiri diambil dari kata brand yang secara bahasa bisa diartikan sebagai merk dan secara istilah dapat didefinisikan sebagai tanda yang dikenakan pada barang sebagai tanda pengenal.

Sehingga branding bisa dikatakan sebagai upaya yang dilakukan untuk memperkenalkan merk/brand kepada masyarakat selaku konsumen.

Dalam pemaparannya, Erwin Panigoro juga menekankan bahwa branding sangatlah penting bagi suatu produk.

Setidaknya ada beberapa manfaat branding bagi bisnis Anda, antara lain :

  • Merk akan dikenal dengan mudah.
  • Memberikan posisi yang kuat terhadap bisnis Anda.
  • Kepercayaan akan meningkat.
  • Mendukung pemasaran merk itu sendiri.

Kemudian secara garis besar dalam melakukan branding dibutuhkan strategi agar upaya tersebut dapat berjalan secara efektif.

Nah berikut ini adalah beberapa strategi branding yang bisa dilakukan dalam melakukan pemasaran digital.

  • Menyematkan logo yang menarik serta sesuai, logo sangat penting bagi identitas brand yang Anda miliki.
  • Pesan brand, langkah ini bisa berupa tagline yang dapat secara ampuh menyampaikan sebuah pesan kepada konsumen.
  • Integrasikan brand, seperti menyematkan logo terhadap kemasan produk, media sosial, iklan, dan media-media lainnya.
  • Soft campaign, langkah ini bisa dilakukan dengan cara penulisan artikel maupun copywriting.
  • Dan yang paling penting adalah harus dilakukan dengan konsisten.

 

Kesalahan dalam Membangun Brand dan Pemasaran

Semua langkah sudah dilakukan, lalu bagaimana dengan hasilnya? Nah dalam menerapkan digital marketing dalam upaya pemasaran, membuat campaign, hingga membangun brand tidaklah instan.

Bahkan hasil dari upaya tersebut dapat dirasakan dampaknya dalam waktu yang tidak singkat.

Erwin Panigoro juga menekankan bahwa untuk aspek ini, anggap saja kita sedang bercocok tanam untuk menuai panen di akhir periode.

Itu artinya impact dari pemasaran digital yang dilakukan dapat dirasakan secara langsung (dalam waktu singkat), atau secara tidak langsung.

Founder & Money CEO Tram Digital Solution, Erwin Panigoro 05 - Finansialku

[Baca Juga: Bukan Jadi Halangan, Ini Tokoh Introvert yang Sukses Dalam Karirnya!]

 

Erwin menambahkan bahwa pada dasarnya digital marketing memiliki periodisasi tertentu.

Umumnya satu periode dapat memakan waktu paling lama tiga bulan. Sehingga apabila campaign pemasaran telah dilakukan selama periode tersebut namun menemui kegagalan, maka Anda bisa melakukan re-strategi kembali.

Nah pertanyaannya adalah mengapa campaign digital yang telah dilakukan menemui kegagalan?

Setidaknya ada beberapa faktor atau kesalahan yang umumnya dilakukan oleh pelaku usaha saat melakukan pemasaran, campaign, dan branding secara digital, yaitu :

 

#1 Penentuan Taget Pasar yang Tak Sesuai

Banyak sekali pelaku usaha bingung dalam menentukan target pasar yang akan dituju. Sehingga proses pemasaran serta campaign berjalan secara tidak optimal.  

Karena pada dasarnya penentuan target pasar merupakan hal mendasar yang harus dilakukan.

Sehingga akan berpengaruh terhadap strategi dan identitas produk.

 

#2 Pemanfaatan Kanal yang Tidak Maksimal

Yang kedua adalah, para pelaku usaha tidak berhasil dalam memanfaatkan kanal pemasaran digital yang digunakan sebagai media pemasaran.

Seperti tidak memaksimalkan adanya platform media sosial, gagal dalam optimalisasi beberapa kanal digital, dan aspek-aspek teknisnya.

Kebanyakan dari para pelaku usaha belum memahami hal tersebut secara keseluruhan.

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

15 Ebook Perencanaan Keuangan 20an

 

Tips-tips Mengatur Keuangan dalam Segi Digital Marketing

Pemasaran digital merupakan upaya yang bisa dilakukan oleh setiap orang selaku pelaku usaha.

Yang pasti aspek-aspek yang telah dipaparkan sebelumnya, bisa Anda implementasikan dalam terhadap bisnis yang tengah dijalankan.

Akan tetapi ada satu aspek yang juga wajib Anda perhatikan yakni aspek keuangan.

Mengingat aspek ini juga sangat penting dalam mensupport upaya dalam pemasaran digital yang akan Anda lakukan.

Contoh sederhananya saja untuk modal advertising, membeli domain/hosting, dan masih banyak lagi.

Founder & Money CEO Tram Digital Solution, Erwin Panigoro 06 - Finansialku

[Baca Juga: Bukan Jadi Halangan, Ini Tokoh Introvert yang Sukses Dalam Karirnya!]

 

Selaku praktisi, Erwin Panigoro juga telah me-mention akan pentingnya aspek perencanaan keuangan dalam menjalankan kegiatan digital marketing.

Ia juga menekankan tiga hal penting yang harus Anda perhatikan dalam hal keuangan yakni mengetahui kapan kita harus membayar, mengetahui untuk apa uang itu digunakan, dan mengetahui apa impact yang akan diperoleh.

Dari 3 hal itu bisa kita simpulkan bahwasannya pengeluaran dalam segi keuangan untuk pemasaran dan campaign secara digital bisa dipertanggungjawabkan dengan baik, sesuai dengan perencanaan dan strategi, serta sesuai peruntukannya.

Dan pada akhirnya kita bisa menjadikannya sebagai bahan evaluasi untuk langkah-langkah yang akan dilakukan berikutnya.

Tentu 3 hal tersebut sangat relate dengan visi dari Finansialku selaku fasilitas dalam perencanaan serta pengelolaan keuangan Anda.

Aspek keuangan menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan, akan tetapi banyak orang sering melupakannya.

Oleh karena itu Finansialku hadir dengan sebuah aplikasi mobile yang bisa memudahkan dan memberikan pengalaman berbeda bagi Anda dalam melakukan perencanaan dan pengelolaan keuangan dengan baik.

Di dalam aplikasi ini terdapat banyak sekali fitur yang bisa Anda gunakan seperti pencatatan pengeluaran, perencanaan keuangan, financial check–up, konsultasi keuangan, investasi, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa membaca banyak sekali artikel menarik yang informatif serta inspiratif lainnya.

Jadi tunggu apalagi, buruan download aplikasinya di PlayStore maupun AppStore!

Download Aplikasi Finansialku Sekarang!!

Download Aplikasi Finansialku

 

Nah itulah pemaparan mengenai digital marketing melalui ilmu yang di share oleh ahlinya, Erwin Panigoro selaku pegiat digital marketing di Indonesia.

Jangan lupa sebarkan artikel ini supaya semakin banyak lagi orangorang yang mendapatkan ilmunya. Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Finansialku. 30 Desember 2019. Erwin Panigoro Founder Tram Digital Solution in one place. Youtube.com/Finansialku – https://bit.ly/3o1zHcq
  • Prisca Akhaya. 10 Juni 2017. Langkah – langkah Optimalisasi Digital marketing Untuk Branding. Qontak.com – http://bit.ly/3aWlcmC

 

Sumber Gambar :

  • Erwin Panigoro 01 – https://bit.ly/3o4FAWs
  • Erwin Panigoro 02 – https://bit.ly/3oEHdu9
  • Erwin Panigoro 03 – https://bit.ly/35Sa339
  • Erwin Panigoro 04 – https://bit.ly/3seXb0t
  • Erwin Panigoro 05 – https://bit.ly/38DxVJg
  • Erwin Panigoro 06 – https://bit.ly/3sjVfno