Apakah Anda setuju bahwa tidak berpendidikan itu jauh lebih mahal dibandingkan biaya pendidikan? Kali ini Finansialku akan membahas sebuah quote dari seorang ahli bernama Claus Moser.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Fin Quotes

 

Tidak Berpendidikan Jauh Lebih Mahal

Seperti yang kita ketahui biaya pendidikan di Indonesia pada saat ini boleh dibilang cukup mahal. Ditambah kenaikan biaya pendidikan yang cukup tinggi, bisa mencapai 10% – 20% per tahun. Kalau Anda mau jujur, tingginya biaya pendidikan di Indonesia, bukan alasan untuk orang tua menyerah dan tidak memberikan pendidikan terbaik untuk anaknya.

[Baca Juga:  Bagaimana Cara Merencanakan Dana Pendidikan Anak?]

 

Banyak usaha yang dapat dilakukan oleh orang tua, salah satunya adalah mulai merencanakan dana pendidikan anak. Apa yang dimaksud dengan merencanakan biaya pendidikan anak? Jadi orang tua dapat mulai menghitung kebutuhan pendidikan anak kemudian melakukan action dengan berinvestasi, menabung atau usaha lainnya.

 

Ada seorang ahli statistik Inggris bernama Claus Moser, yang mengatakan dalam quotenya:

English

Education cost money, but then so does ignorance.

Claus Moser

 

Pendidikan itu Mahal, Tidak Berpendidikan Jauh Lebih Mahal - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

[Baca Juga: Jangan Terlambat Menyiapkan Biaya Pendidikan Anak]

 

Bahasa Indonesia

Pendidikan membutuhkan biaya, tetapi tidak berpendidikan juga membutuhkan biaya.

Claus Moser

 

Pertama kali membaca quote di atas, kami bertanya-tanya apa yang dimaksud dengan Claus Moser. Akhirnya kami menyadari bahwa ternyata seseorang yang tidak berpendidikan membayar biaya jauh lebih mahal dibandingkan dengan orang yang berpendidikan.

 

Contoh Tidak Berpendidikan Jauh Lebih Mahal

Pendidikan di atas tidak melulu dengan pendidikan formal ya, tetapi juga pendidikan non formal. Berikut ini adalah contoh yang paling sering terjadi: Pak Ronald ingin berinvestasi saham. Beliau adalah orang yang awam dengan investasi saham dan belum memiliki pengetahuan sama sekali. Beliau melihat temannya berinvestasi saham dan mendapat keuntungan besar. Pak Ronald berasumsi bahwa investasi saham itu semudah yang dibayangkannya.

[Baca Juga: Lakukan Ini Sebelum Berinvestasi]

 

Singkat cerita, Pak Ronald langsung berinvestasi pada saham tanpa belajar mengenai saham terlebih dahulu. Akibatnya Pak Ronald mengalami kerugian besar dan modalnya pun tergerus. Harus diakui belajar berinvestasi saham, memang membutuhkan waktu, tenaga, pikiran dan biaya. Tetapi  tanpa ada pendidikan biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih mahal. Nah itulah yang dimaksud oleh Claus Moser dalam quotenya.

 

Pendidikan untuk Anak

Bagaimana dengan pendidikan untuk anak? Jika orang tua hanya mewariskan harta kekayaan kepada anak, tentu saja harta tersebut bisa saja habis. Lain cerita dengan orang tua yang mewariskan atau membekali anak dengan pendidikan. Anak bisa hidup mandiri dan membuat hidupnya lebih sejahtera.

 

Apakah Anda setuju bahwa tidak berpendidikan jauh lebih mahal daripada biaya pendidikan?

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang