Apa saja yang harus Kita lakukan, sebelum berinvestasi? Finansialku.com akan membahas dua hal utama yang harus kita lakukan sebelum berinvestasi.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

2 Hal Utama yang Harus Anda Lakukan, Sebelum Berinvestasi

Apakah Anda dalam waktu dekat ini akan mencoba berinvestasi? Harus diakui memulai investasi adalah keputusan yang tepat, untuk segera mewujudkan tujuan keuangan Anda. Hal-hal apa saja yang harus Anda lakukan sebelum berinvestasi?

 

Lakukan Ini Sebelum Berinvestasi - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Mengenal Reksa Dana untuk Pemula – Slide]

 

Sebelum Berinvestasi, Anda harus Sehat Dulu

Sebelum berinvestasi, pastikan Anda sudah sehat secara keuangan. Anda dapat melakukan pengecekan kondisi kesehatan keuangan (financial health check up). Pengecekan kesehatan keuangan berbeda lho, dengan kuesioner profil risiko. Pengecekan kondisi kesehatan keuangan, dilakukan dengan mengecek rasio-rasio keuangan seseorang.

Dalam pengecekan kesehatan keuangan terdapat beberapa rasio yang harus Anda perhatikan. Tiga rasio utama yang harus Anda perhatikan adalah:

 

Rasio Likuiditas

Rasio likuiditas menunjukkan seberapa banyak aset likuid Anda (seperti tabungan, deposito, emas, reksa dana pasar uang) dapat membiayai pengeluaran bulanan. Ada orang yang bilang rasio likuiditas ini mirip dengan dana darurat.

[Baca Juga: Perencanaan Dana Darurat Keluarga]

 

Rasio Pembayaran Utang

Ayo ngaku, kira-kira berapa besar pembayaran cicilan dan utang bulanan Anda? Coba bandingkan antara pembayara cicilan dengan pendapatan, sudah berapa besar? Kalau lebih dari 30% gaji Anda digunakan untuk bayar cicilan dan utang, artinya kondisi keuangan Anda sedang tidak sehat. Perbaiki dulu komposisi utang dan cicilan Anda.

 

Rasio Tabungan

Berapa besar pendapatan bulanan yang dapat Anda tabung atau investasi? Apakah Anda bisa menabung lebih dari 20% pendapatan Anda? Jika Anda mampu menabung lebih dari 20% pendapatan Anda, maka kondisi keuangan Anda sudah cukup sehat.

[Baca Juga: Cara Mengelola Keuangan Keluarga yang Baik]

 

Finansialku memiliki tools untuk membantu Anda melakukan pengecekan kondisi kesehatan keuangan. Silahkan Anda coba Finansialku health checkup!

 

Sebelum Berinvestasi, Anda harus Mengenal Investasinya

Langkah kedua yang harus Anda lakukan sebelum berinvestasi adalah kenali investasinya. Ada pepatah lama yang mengatakan Tak Kenal, Maka Tak Sayang. Anda harus mengenal betul investasinya sebelum berinvestasi, agar Anda tidak menjadi investor yang berisiko.

[Baca Juga: Perbedaan Risiko dan Berisiko dalam Investasi]

 

Kesimpulan

Jadi ada dua hal utama yang harus Anda lakukan sebelum berinvestasi, yaitu melakukan pengecekan kondisi kesehatan keuangan keluarga (financial health check up) dan mengenal investasi.

 

Bagaimana hasil pengecekan kondisi kesehatan keuangan Anda terakhir, apakah sudah sehat?

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang