Angka pengangguran akibat pandemi virus corona diprediksi akan mencapai lebih dari lima juta orang.

Informasi selengkapnya dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Angka Pengangguran Meningkat Di Masa Pandemik Virus Corona

Pandemi virus corona ini menjadi mimpi buruk bagi khalayak umum, khususnya para pekerja yang jadi menganggur.

Bisa dikatakan semakin lama pandemi virus corona ini ada semakin tinggi angka pengangguran di Indonesia.

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

Menurut prediksi, angka pengangguran terbuka di Indonesia bisa bertambah lebih dari 5 juta orang.

Selasa (21/04) Kepala BKF, Febrio Kacaribu mengatakan angka pengangguran bisa bertambah antara 2,9 juta sampai lebih dari 5 juta orang berdasarkan skenario yang dibuat pemerintah.

Corona Belum Selesai, Kemenaker Sebut 1,9 juta Pekerja Kena Imbasnya - Finansialku

[Baca Juga: Corona Belum Selesai, Kemenaker Sebut 1,9 juta Pekerja Kena PHK]

 

Menurutnya, skenario yang dibuat pemerintah saat ini ada skenario berat dan sangat berat.

Pada skenario berat, pemerintah mempertimbangkan pertumbuhan ekonomi berada di level 2,3% dengan potensi angka pengangguran sekitar 2,9 juta orang.

Sedangkan pada skenario sangat berat, dijelaskan Febrio pertumbuhan ekonomi nasional akan minus dengan potensi angka pengangguran mencapai lebih dari 5 juta orang.

“Dengan skenario ini kita siapkan, kalau bisa bertahan di 2,3%, dampaknya ke kemiskinan dan pengangguran. Dampak berat 2,9 juta pengangguran. Sangat berat bisa sampai lebih dari 5 juta orang,” kata Febrio mengutip dari detik.com.

Perhitungan penambahan jumlah pengangguran terbuka tersebut didasarkan pada sejumlah asumsi.

Di antaranya, pertama, situasi pandemi Covid-19 akan lebih buruk pada bulan Mei 2020 dibandingkan bulan April 2020.

Kedua, dampak pandemi Covid-19 akan berbeda untuk lapangan usaha yang berbeda, status pekerjaan yang berbeda, dan wilayah yang berbeda, baik dilihat dari lokasi provinsi maupun lokasi kota dan desa.

Untuk diketahui, Sobat Finansialku, data per tanggal 16 April 2020, jumlah perusahaan dari sektor formal yang merumahkan dan mem-PHK mencapai 83.546 perusahaan.

Sementara dari sektor informal yang terdampak mencapai 30.794 perusahaan. Sehingga totalnya mencapai 114.340 perusahaan.

Mengutip dari CNBC Indonesia, besarnya angka perusahaan yang terdampak tentu bakal merembet terhadap besarnya angka pekerja.

Dari sektor formal jumlahnya yang di-PHK dan rumahkan mencapai 1.500.156 pekerja. Rinciannya yang terkena PHK sebanyak 229.789 orang dan yang dirumahkan sebanyak 1.270.367 orang.

Sementara itu, dari non formal mencapai 443.760 orang, sehingga pekerja yang terdampak dirumahkan dan PHK menurut catat Kemenaker saja sudah 1.943.916 pekerja.

Angka ini belum termasuk catatan BP Jamsostek dan kementerian lain.

Pengangguran 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kena PHK? Ayo Bangkit Lagi Dengan Tips Keuangan Finansialku!]

 

Menurut Akhmad Akbar Susamto Ekonom CORE Indonesia (Center of Reform on Economics) dalam beberapa pekan terakhir, gelombang Penghentian Hubungan Kerja (PHK) semakin merebak di sejumlah sektor.

Di antaranya adalah sektor manufaktur hingga sektor jasa seperti pariwisata, transportasi, perdagangan, konstruksi, dan lain-lain.

“Ada pula sebagian perusahaan yang saat ini hanya mampu membayar separuh dari gaji karyawannya,” Katanya mengutip dari industry.co.id.

Selai itu, Akhmad Akbar juga mengatakan, jika pandemi ini berlangsung lebih lama, pihaknya mengingatkan akan potensi lonjakan jumlah pengangguran yang sangat tinggi dalam tahun ini.

 

Sobat Finansialku, masa pandemi belum terlihat akan segera berakhir, tapi makin banyak saudara-saudara kita yang terseok-seok memenuhi kebutuhan sehari-hari karena PHK dampak COVID-19. Tidak ada yang bisa membantu mereka, selain kita.

Jika kita tidak mau membantu mereka, apa jadinya dengan keluarga yang harus diberi makan? Bagaimana dengan nasib anak-anak mereka yang kelaparan?

Belum terlambat untuk membantu mereka! Segera klik tombol di bawah ini sekarang untuk memberi Donasi bersama Finansialku, terima kasih…

Finansialku Bangun Empati Di Tengah Pandemi 02

KLIK DI SINI UNTUK DONASI

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel diatas? Kamu bisa berbagi pandanganmu tentang artikel di atas lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Cantika Adinda Putri. 20 April 2020. Waduh! Kemenkeu: Pengangguran Bakal Bertambah 5 Juta Orang Cnbc Indonesia – https://bit.ly/3eCZaEN
  • Astrid Faidlatul Habibah. 20 April 2020. BKF proyeksikan pengangguran di Indonesia bertambah 5 juta orang Antara News – https://bit.ly/2VrWLWe
  • Admin. 20 April 2020. CORE: 4 Hingga 9 Juta Warga Jadi Pengangguran di Kuartal III Republika.co.id – https://bit.ly/2XRaWpb
  • Adinda Pryanka. 20 April 2020. Pengangguran Bisa Bertambah 5 Juta Orang Akibat Covid-19 Republika.co.id – https://bit.ly/3apF65x
  • Candra Mata. 21 April 2020. Waspada, Lonjakan Pengangguran Dalam Skala Besar Akan Teejadi Akibat Pandemi Covid-19. Industry.co.id – https://bit.ly/34WsTo2
  • Hendra Kusuma. 21 April 2020. Pengangguran Bisa Bertambah 5 Juta Gegara Corona Detik.com – https://bit.ly/34WsTo2