Apa kamu adalah salah satu orang yang menjadi korban PHK karena Covid-19? Jangan panik! Kamu bisa mengembalikan situasi!

Baca artikel ini hingga tuntas dan bertindaklah, keuanganmu akan kembali stabil!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Dampak Dari Covid-19

Siapa sih di sini yang tidak merasakan dampak dari Covid-19? Ada yang sudah beraktivitas dari rumah sejak sebulan kemarin, ada yang bahkan menemukan banyak hobi yang baru saat berada di rumah.

Ada juga yang bisnisnya mulai beralih ke online, ada juga bisnisnya yang harus banyak di pending, ada juga teman-teman di sini yang pendapatannya pun berkurang.

The worst scenario, ada juga disini teman-teman yang di PHK atau dirumahkan oleh perusahaan, karena bisnis perusahaan lesu dan juga tidak tahu kapan keadaan ini akan berakhir.

Untuk memangkas biaya operasional, akhirnya pemilik bisnis pun banyak mengambil keputusan yang berat. Salah satunya adalah dengan mem-PHK kan karyawannya untuk menjaga bisnisnya agar tetap berjalan.

Saya yakin, ini merupakan keputusan yang sulit untuk para pelaku bisnis.

Karena mereka pun tahu, mereka juga menanggung kehidupan orang banyak, namun apa yang bisa mereka lakukan selain menyelamatkan bisnisnya dan mulai membenahinya setelah krisis ini selesai?

Corona Akibatkan Ribuan Pekerja di Jakarta Kena PHK 01

[Baca Juga: Sudah Tahu Cara Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 2?]

 

Buat teman-teman yang kena PHK, pasti sudah bingung bagaimana cara mengatur keuangannya. Selama ini hidupnya bergantung pada gaji, lalu gaji tersebut hilang dalam sekejap.

Ingin mencari pekerjaan baru pun, di jaman yang krisis ini, perusahaan mana yang membuka lowongan kerja? Pastinya banyak dilema yang dihadapi oleh teman-teman yang sedang berjuang menghadapi krisis ini.

Tapi tenang, kamu tidak perlu stres menghadapi keadaan ini.

Sekarang, kamu harus memiliki strategi untuk bertahan hidup ke depan sampai menemukan pekerjaan yang baru, atau bahkan kamu bisa gunakan kesempatan ini untuk membuat usaha baru.

Sebelum saya memulai bagaimana strategi untuk mengelola keuangan kamu yang sudah terkena PHK dan bangkit kembali, kamu bisa download aplikasi Finansialku terlebih dahulu.

Kenapa aplikasi Finansialku? Aplikasi Finansialku adalah aplikasi yang bisa membantumu menyelesaikan masalah keuangan kamu saat ini. Bagaimana bisa?

Bisa, karena di dalamnya berisi fitur-fitur yang membantumu merencanakan keuangan dari mencatat, menganggarkan, kalkulasi dana, cek kesehatan keuangan, belajar keuangan, hingga konsultasi langsung dengan CFP seperti saya.

Kamu bisa download aplikasi Finansialku dengan cara klik ikon di bawah ini.

playstore icon
appstore icon

 

Strategi Merencanakan Keuangan dan Bangkit Kembali Setelah Di PHK Ala Perencana Keuangan

Menerima kenyataan bahwa kita kehilangan sumber pendapatan memang tidak mudah. Apalagi jika sebelumnya, kamu tidak memahami konsep perencanaan keuangan.

Akan cukup sulit dan menantang untuk membawa keuangan kita kembali seperti sedia kala. Tetapi, kamu bisa mengambil strategi di bawah ini supaya kamu tahu bagaimana caranya kamu bangkit setelah di PHK.

 

#1 Ketahui Kondisi Keuangan Kamu Saat Ini

Hal yang paling sulit kedua adalah mengetahui kondisi keuangan kamu saat ini. Jangankan setelah PHK, sebelumnya pun kamu mungkin tidak memahami kondisi keuangan kamu.

Kamu masih berusaha untuk “denial” bahwa keuangan kamu baik-baik saja di kala masih bekerja. Tetapi sesudah kamu di PHK, ternyata keuangan kamu tidak sebaik yang kamu sangka.

Lalu, bagaimana caranya kamu mengetahui kondisi keuangan kamu?

Caranya adalah dengan cek kesehatan keuangan. Cek kesehatan keuangan di Finansialku ini gratis lho, kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun.

Kamu bisa cek kesehatan keuangan kamu dengan menggunakan aplikasi Finansialku. Kamu tinggal mencari menu financial check up seperti gambar di bawah ini.

Financial Health Check Up Aplikasi Finansialku

Financial Health Check Up Aplikasi Finansialku

 

Setelah itu, kamu akan diarahkan ke pengisian form, lalu isi data per bulan kamu. Setelah itu, kamu akan diberikan hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Result Financial Health Check Up Aplikasi Finansialku

Result Financial Health Check Up Aplikasi Finansialku

 

Enaknya dari aplikasi ini, kamu bisa tanya langsung hasil cek kesehatan keuangan kamu dengan perencana keuangan di Finansialku.

Setelah itu, perencana keuangan akan menganalisis keuangan kamu, apa yang harus kamu lakukan pertama kali. Karena, tidak semua orang memiliki masalah yang sama. Ayo, tunggu apa lagi?

 

#2 Pahami Kebutuhan Penting Kamu

Setelah kamu mengalami PHK, kamu harus merinci kebutuhan penting dan menjadi kewajiban kamu.

Misalkan kamu harus mengeluarkan uang untuk kebutuhan makan kamu sehari-hari, biaya utilitas seperti listrik, air, pulsa dan lainnya.

List juga cicilan dan utang yang kamu miliki. Apakah kamu harus membenahi utang kamu terlebih dahulu? Bisakah utang dan cicilan kamu mengalami penundaan di masa pandemi Covid-19 ini?

bisakah-seorang-karyawan-mencapai-kebebasan-keuangan-dengan-gajinya-1-finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Bebas dari Utang?]

 

Dengan mengetahui kebutuhan, kamu menjadi tahu sebenarnya pengeluaran bulanan kamu berapa dan berapa besar pendapatan yang harus kamu dapatkan setelah kamu di PHK.

Kurangi juga kebutuhan yang tidak penting, jika memang kamu tidak perlu membeli barang tersebut, maka tidak usah melakukan pengeluaran tersebut.

 

#3 Mulai Plot Untuk Pendapatan Kamu Selanjutnya dan Juga Dana Darurat yang Kamu butuhkan

Setelah kamu mengetahui kebutuhan kamu per bulan, sekarang saatnya kamu menghitung kebutuhan dana darurat kamu. Dana darurat ini nantinya akan digunakan sebagai pengganti pendapatan ketika kamu sudah di PHK.

Bagi kamu yang sudah memiliki tabungan, saatnya kamu menghitung berapa lama kamu bisa bertahan dari tabungan.

Besaran dana darurat yang harus kamu miliki, ketika kamu single adalah 3 sampai 6 kali pengeluaran bulanan.

Jika kamu sudah menikah tetapi belum memiliki anak, maka besaran dana darurat yang harus kamu miliki adalah sebesar 6 sampai 9 kali pengeluaran bulanan.

Jika kamu sudah menikah dan memiliki anak, maka dana darurat yang kamu perlukan adalah sebesar 9 sampai 12 kali pengeluaran bulanan.

Dari sini terlihat berapa lama kamu bisa hidup tanpa adanya pendapatan.

Misalkan, biaya hidup kamu per bulan adalah 2 juta rupiah, maka kamu membutuhkan 18 juta rupiah supaya kamu bisa bertahan hidup selama 6 bulan ke depan.

Setelah kamu mengetahui kebutuhan dana darurat kamu, kamu pun menjadi tahu bagaimana kondisi keuangan kamu. Jadi, dana darurat yang kamu punya sudah bisa menghidupi kamu sampai berapa bulan ke depan.

 

#4 Memanfaatkan Hobi

Bagaimana jika setelah kamu menghitung kebutuhan dana darurat dan ternyata tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup?

Coba kamu cek terlebih dahulu keuangan kamu seperti apa, apakah ada yang bisa kamu putarkan sebagai modal awal kamu berbisnis?

Ya, kamu bisa mempertimbangkan untuk membuka bisnis kecil-kecilan dengan modal yang minim. Kamu bisa menggali hobi kamu, misalnya kamu suka memasak, kamu bisa membuka usaha kuliner dengan menggunakan pengantaran online.

Kamu juga bisa menggunakan bisnis reseller atau pre-order. Jenis bisnis ini tidak memerlukan modal yang besar, dengan kamu bermodalkan smartphone saja, kamu bisa membuka bisnis pertama kamu.

Kamu bisa membuka toko di e-commerce atau kamu bisa membuka toko melalui Instagram maupun Facebook.

Bukankah sudah saatnya kamu memikirkan untuk menambah pendapatan kamu dengan hobi atau dengan modal yang minim?

Jangan lupa, ketika kamu berbisnis, pisahkanlah rekening bisnis dan juga rekening personal kamu ya. Kalau mau tahu caranya, kamu bisa baca e-book gratis berikut ini.

GRATISSS Download!!! Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Saatnya Kamu Bangkit, Rencanakan Keuangan Kamu Sebelum Terlambat

Sudah saatnya kamu bangkit setelah kamu mendapatkan berita bahwa kamu di PHK. Kamu juga bisa me-review keuangan kamu, carilah what went wrong in your finances, supaya ke depannya kamu tidak mengalami hal yang sama.

PHK, resign adalah risiko yang tidak bisa kamu hindarkan, maka persiapkanlah dengan baik pada kesempatan berikutnya. Jika kamu masih bingung mengenai perencanaan keuangan, kamu bisa membaca e-book-nya di bawah ini.

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang

 

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Kalau kamu masih ingin bertanya soal keuangan, kamu bisa menanyakan langsung ke perencana keuangan lho.

Caranya:

  1. Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store maupun Apple Apps Store
  2. Gunakan menu Konsultasi Keuangan
Cara Konsultasi Keuangan dengan aplikasi Finansialku

Cara Konsultasi Keuangan dengan aplikasi Finansialku

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin kamu telah mengetahui strategi merencanakan keuangan dan bangkit Kembali setelah kamu di PHK karena Covid-19 Ala Perencana Keuangan.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara kamu yang belum mengetahui tentang strategi merencanakan keuangan dan bangkit Kembali setelah kamu di PHK karena Covid-19 Ala Perencana Keuangan… Semoga bermanfaat!