Punya hobi tapi bikin boros…. yuk pakai cara jitu mengatur keuangan untuk menunjang hobimu sekarang juga! 

 

Cara Cerdas Mengakali Hobi yang Bikin Keki

Dunia hiburan seakan tidak ada habisnya memperlihatkan hingar bingar kehidupan para artis dengan blink-blink kehidupan glamour yang tak jarang memperlihatkan berbagai barang mewah bermerek dan desainer ternama. 

Sebut saja seperti Maia Estianti atau Nagita Slavina yang koleksi tasnya saja bisa seharga ratusan juta. 

Mengatasnamakan sebuah hobi, para artis ini dengan penampilan penuh gaya dan mewah memperlihatkan koleksi barang mahal mereka kepada khalayak. 

Namanya juga hobi, apalagi jika punya uang tak ada serinya seperti para artis tajir Tanah Air, mau harga selangit pun akan dikejar. Tak perlu lihat nominal harga karena duit mereka masih lebih dari cukup untuk membiayai sampai 7 turunan. 

[Baca Juga: Video: Daftar Artis yang Melek Keuangan Di Indonesia]

Terlepas dari hobi para artis, apakah kalian termasuk yang punya hobi menguras kantong? Apakah hobimu mulai mendominasi pengeluaran? 

Punya hobi atau kesukaan itu sah-sah saja guys, apalagi menyalurkan hobi itu berdampak positif bagi kesehatan karena bisa menekan tingkat stres lho

Mengerjakan sesuatu yang disukai, tentu bikin mood semakin enjoy. Tapi masalahnya, apakah hobi itu malah berat di ongkos alias bikin kantongmu semakin jebol? 

Bukannya happy malah jadi keki! Bikin tambah stress donk beiybiii…..

Lantas, gimana sih caranya supaya punya hobi yang gak mendominasi pengeluaran? 

Cek-cek yuk guys cara cerdas buat ngakalinnya!

 

Susun Anggaran Bulanan 

Hal pertama yang perlu kamu lakukan supaya hobimu tetap berjalan tapi ga menguras kantong adalah dengan menyusun anggaran bulanan lebih dulu.

Alokasikan dana kebutuhan pokok menjadi skala prioritas ya, selanjutnya kamu bisa alokasikan sebagian dana untuk menyalurkan hobimu. 

Karena hobi ini masuk dalam kategori konsumsi, pastikan keseluruhan pengeluaran konsumsi tidak melebihi 70% dari total pengeluaran bulanan ya. Membuat anggaran akan membuat kondisi finansial semakin tertata. 

Gimana sih buat anggaran buat yang masih pemula dalam mengatur keuangan? Gunakan saja fitur membuat anggaran dari Aplikasi Finansialku yang bisa kamu unduh dengan gratis. 

Fitur free trial fitur premiumnya bisa kamu pakai selama sebulan lho!

Download Aplikasi Finansialku Sekarang!!

Download Aplikasi Finansialku

 

Manfaatkan Diskon dan Promo

Buat kamu yang hobi belanja, tentu kamu tahu kalau zaman sekarang ini banyak e-commerce yang menawarkan berbagai penawaran diskon, cashback dan juga promo tertentu. 

Buat kamu yang punya hobi apapun itu, kamu bisa melengkapi perlengkapan hobimu dengan membeli barang-barang yang diperlukan yang tentunya sesuai budget dan gunakan fasilitas potongan harga dari e-commerce. 

Hobi tetap tersalurkan dengan biaya yang lebih murah kan? 

 

Pilih Barang Berkualitas dan Tetap Terjangkau

Tak jarang barang-barang yang berkaitan dengan hobi itu punya nilai harga yang tinggi atau berbanding lurus dengan kualitas yang ditawarkan. 

Jika kondisi keuanganmu memang tidak memungkinkan untuk membeli barang yang mahal, kamu tidak perlu memaksakan diri kok!

Kamu bisa cari barang dari brand atau merk lain yang punya kualitas sama atau kurang lebih sama namun harganya lebih murah dan terjangkau kocek. 

Barang dari second hand juga bisa jadi pilihan berikutnya agar hobimu tetap tersalurkan. 

Nah, kembali lagi ke poin pertama, sesuaikan dengan anggaran yang sudah kamu buat ya!

Apabila kamu memang ingin membeli barang berkualitas dengan harga yang sebanding, kamu bisa kok menabung dananya dan masukkan ke dalam pos dana membeli barang. 

Tentunya kamu harus bersabar sambil menunggu dana yang kamu kumpulkan bisa tercapai. 

Fitur dana membeli barang dari Aplikasi Finansialku sangat direkomendasikan lho untuk digunakan supaya membantumu dalam proses menabung dan mengumpulkan dana membeli barang kebutuhan hobimu. 

 

Batasi Diri Dari Info Seputar Hobi

Yang namanya hobi memang tidak bisa dibendung ya! Tapi jika ini malah membahayakan finansialmu, tentu kamu harus berhati-hati ya guys!

Bukan artinya harus diurungkan niatnya untuk menyalurkan hobi, tapi buat kamu yang ga bisa menahan hawa nafsu untuk membeli barang untuk memenuhi hobi namun dari segi finansial belum mencukupi, ada baiknya kamu batasi diri dari informasi seputar hobimu. 

Hal ini setidaknya dapat mengerem keinginan untuk membelanjakan uang yang sebetulnya bukan masuk ke dalam pos membeli barang yang berkaitan dengan hobi. 

 

Menghindari Gaya Hidup yang Tidak Terkendali

Sesekali kamu boleh saja memanjakan diri dengan memenuhi apa yang inginkan.

Tapi ingat ya! Tidak setiap waktu dan hanya sesekali. Jika terlalu sering, maka kondisi finansial bisa gonjang-ganjing guys!

Kamu termasuk orang yang tidak bisa mengendalikan diri untuk belanja dan konsumeristis soal hobimu? 

Yuk kembali ke budgeting awal supaya kamu melek lagi soal prioritas kebutuhanmu!

[Baca Juga: Atur Ulang Cash-Flowmu! Yuk, Kita Frugal Living Bareng-Bareng!]

Kamu juga bisa dengarkan audiobook tentang cara menerapkan kebiasaan keuangan yang baik sesuai prioritas satu ini.

banner -Bagaimana Membantuk Money Habit yang Sehat (1)

 

Bergaul dengan Komunitas yang Tepat

Lingkungan tempat kita bergaul akan sangat mempengaruhi kita. Tidak hanya soal pola pikir, perilaku tetapi juga soal gaya hidup dan juga cara mengelola keuangan

Komunitas yang sesuai dengan hobi memang terasa lebih menyenangkan. Kamu dapat berbagi cerita dan bertukar informasi satu sama lain seputar hobi.

Namun, kamu tetap harus memperhatikan bahwa komunitas kamu juga memiliki kontrol yang baik dalam hal keuangan. Jangan sampai uangmu terkuras habis hanya untuk urusan hobi. 

 

Tekuni Hobi yang Menghasilkan 

Sambil menyelam minum air! 

Kalau ini berkaitan dengan penghasilan, tentunya ini bikin kamu bakal semakin happy sama keuntungan yang berlipat guys!

Hobi yang juga menghasilkan pundi-pundi tentu akan sangat berdampak positif, tidak hanya bagi kesehatan mental tapi juga kesehatan kantongmu. 

Buat kamu yang suka menulis, kamu bisa lho punya royalti dari hobimu menulis novel atau karya tulis tertentu yang dikomersilkan. 

Hobi musik, jalan -jalan atau traveling bahkan hobi makan sekalipun, kamu bisa kok jadi konten kreator atau influencer dalam berbagai bidang yang kamu sukai. 

[Baca Juga: Mendapatkan Uang dari YouTube, Kenapa Nggak?]

 

Ternyata bisa juga lho mengatur keuangan meskipun hobi menguras kantong! Malah semakin untung!

Yuk coba beberapa tips di atas supaya tetap happy dan tentunya menghasilkan money!

Adakah temanmu yang punya hobi menguras kantong? Tunjukin rasa care kamu dengan bagikan artikel ini agar bermanfaat buat hobi dan perjalanan finansial teman kamu!

 

Editor: Eunice Caroline

Sumber Referensi: 

  • Mardella Savitri Murtisari. 6 Juni 2021. Sering Dapat Predikat ‘Sultan’, 6 Artis Ini Dikenal Hobi Koleksi Barang Branded. Liputan6.com – https://bit.ly/3s2Fstu
  • Sinar Mas. Strategi Jitu Mengatur Keuangan untuk Menunjang Hobimu! Banksinarmas.com – https://bit.ly/3rUi3du