Bagaimana cara menulis surat sosial yang tepat? Anda membutuhkan contoh surat sosial agar lebih mudah menulis surat tersebut?

Ternyata, ada banyak hal yang harus diperhatikan agar sesuai dengan aturan. Yuk sama-sama cek info selengkapnya dalam artikel Finansialku berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pengertian Surat Sosial dan Tujuannya

Pengertian surat sosial adalah sebuah surat yang memiliki tujuan untuk mempererat hubungan antara dua individu ataupun kelompok. Surat sosial memiliki cakupan yang luas mengenai penggunaannya.

Surat sosial ini biasanya berkaitan mengenai masalah-masalah sosial serta penanganan yang ada. Surat sosial biasanya hadir untuk memberikan pesan sosial kepada penerimanya.

Dalam penggunaannya, surat sosial memiliki lingkup yang perlu menjadi perhatian. Hal ini tentu menjadi pertimbangan lebih lanjut sebelum mengirim surat sosial kepada pihak yang akan Anda tuju.

Surat sosial memiliki 2 lingkup dalam penggunaannya. Pertama, surat sosial dalam lingkup kegiatan berbisnis.

Surat sosial yang ada dalam ruang lingkup bisnis ini tidak ada kaitannya dengan hal-hal komersial atau mencari keuntungan. Surat sosial dalam ruang lingkup kegiatan bisnis biasanya memiliki tujuan dalam membangun citra yang baik.

Pengertian, Jenis, Format Penulisan dan Contoh Surat Sosial 02

[Baca Juga: Pengertian, Fungsi, dan Contoh Surat Niaga Lengkap Terbaru!]

 

Citra yang baik dari perusahaan tentu akan membuat masyarakat percaya terhadap kredibilitas pihak pengirim surat. Surat dalam ruang lingkup kegiatan bisnis dapat berupa surat klarifikasi atau surat ucapan terima kasih.

Ruang lingkup surat sosial yang berikutnya adalah dalam lingkup masyarakat luas. Sebuah lembaga kemasyarakatan biasanya membuat surat sosial dengan tujuan-tujuan tertentu.

Surat sosial dalam lingkup ini lebih mengedepankan tersampaikannya pesan kepada masyarakat luas. Tidak hanya semata-mata untuk membangun citra baik dalam masyarakat.

Pemerintah dan lembaga sosial sering menggunakan jenis surat sosial untuk mengedukasi masyarakat dan memberi pesan. Surat sosial dalam ruang lingkup ini meliputi surat peringatan atau surat edaran kepada masyarakat.

 

Format Penulisan Surat Sosial

Setelah mengetahui mengenai surat sosial serta berbagai macam hal yang melatarbelakangi  adanya surat sosial. Anda tentu masih bertanya-tanya seperti apa cara penulisan surat sosial yang tepat.

Dalam penggunaan resmi, aturan-aturan baku dalam surat menyurat menjadi sebuah hal yang wajib. Penulisan dan tata letak pun harus mengikuti aturan yang ada sehingga Anda tidak bisa mengutak-atik sesuai keinginan Anda.

Apabila ingin mengirim sebuah surat sosial, sudah seharusnya Anda mengetahui bagaimana format penulisan surat. Format surat merupakan sebuah bentuk yang biasa digunakan pihak yang melakukan kegiatan surat menyurat.

 

Poin dalam Format Penulisan Surat Sosial Resmi

Untuk mengetahui bagaimana menulis surat sosial secara resmi, perhatikan format penulisan surat sosial berikut ini.

Pengertian, Jenis, Format Penulisan dan Contoh Surat Sosial gbr 1

 

#1 Kepala Surat (kop surat)

Kepala surat dalam surat ini berfungsi untuk memberikan informasi identitas apabila pengirim adalah seorang lembaga atau instansi.

Pada umumnya, sebuah kepala surat terdiri atas logo, nama instansi atau lembaga, alamat, nomor telepon/fax, email, dan data lainnya yang perlu untuk tercantum

 

#2 Nomor Surat

Apabila pengirim dari surat adalah suatu lembaga atau instansi, sudah pasti terdapat nomor surat dalam surat tersebut.

Fungsi dari nomor surat ini adalah untuk mengetahui berapa banyak jumlah surat yang telah instansi keluarkan dalam satu bulan.

Dalam nomor tersebut, terdapat kode surat yang menunjukkan jenis dari surat.

 

#3 Tempat, Tanggal Surat

Pelampiran tempat dan tanggal surat tersebut berkaitan dengan informasi terkait kapan dan dimana surat tersebut dibuat.

 

#4 Lampiran

Surat resmi yang ada biasanya melampirkan juga beberapa dokumen lain sebagai sarana penunjang informasi. Apabila terdapat lampiran, Anda dapat menuliskan jumlah lampiran yang tersedia dalam surat yang Anda kirim.

 

#5 Penerima Surat

Nama penerima surat harus ditulis secara jelas dan lengkap berikut sapaan dan jabatannya. Alamat penerima surat juga harus tertera dengan jelas.

 

#6 Salam Pembuka

Salam pembuka dalam sebuah surat resmi berfungsi untuk memberikan sapaan pada pihak yang pengirim tuju. Bentuk dari sapaannya sendiri tidak bisa sembarangan, melainkan harus baku, sopan, dan formal.

Sebuah salam sapaan selalu diawali dengan huruf kapital dan diakhiri dengan koma. Contoh salam sapaan seperti “Dengan hormat,“ dan  “Salam hormat,“.

 

#7 Isi Surat

Isi surat merupakan bagian yang paling utama dalam surat sosial yang resmi. Pada bagian ini, pengirim menuangkan pesannya kepada pihak lain.

Bagian isi surat semestinya harus memuat informasi secara singkat, padat, dan jelas. Hal itu perlu agar tidak terjadi salah persepsi akibat kata-kata pengirim yang terlalu bertele-tele.

Secara umum, sebuah isi surat memuat tiga paragraf yakni pembuka, paragraf inti, dan paragraf penutup.

 

Pada bagian paragraf pembuka pengirim memberikan kalimat pengantar yang menjelaskan maksud dan tujuan. Contoh paragraf pembukaan biasanya terdapat kalimat “Kami beritahukan kepada Saudara bahwa …”.

Setelah paragraf pembuka, terdapat paragraf isi. Pada paragraf ini pengirim perlu untuk menyampaikan pesan kepada penerima secara singkat, lugas, dan jelas.

Yang terakhir yaitu paragraf penutup. Pada paragraf ini pengirim memberikan salam, harapan, terima kasih, dan kesimpulan terkait isi surat.

Contoh dari paragraf penutup biasanya diawali dengan “Demikian surat ini saya sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih …”.

 

#8 Salam Penutup

Jika terdapat salam pembuka yang mengawali sebuah surat, sudah seyogyanya terdapat pula salam penutup yang mengakhiri.

Salam penutup ini menunjukkan kesopanan dari pengirim surat kepada penerima. Sama halnya dengan pembuka surat, huruf kapital selalu mengawali penulisan salam penutup dan koma yang mengakhirinya.

Contoh dari salam penutup seperti, “Hormat kami,” dan “Hormat saya,”.

 

banner -mengupas pentingnya dana darurat

 

Contoh Surat Sosial

Setelah mengetahui bagaimana format penulisan dari sebuah surat sosial, tentu Anda perlu untuk mengetahui seperti apa contoh surat tersebut. Berikut ini akan terlampir beberapa contoh surat sosial.

 

Contoh 1

 

BANK FINA

Jalan Jendral Sudirman No 1240, Bandung

=============================================================

Lampung, 22 September 2018

 

Nomor: R00020/BDI-DIP/0922

 

Dengan hormat,

 

Perihal: Permohonan Maaf

 

Bank Fina mohon maaf atas ketidaknyamanan nasabah yang mungkin timbul berkaitan dengan pemberitaan di sejumlah media. Kami sampaikan bahwa pemberitaan media tentang isu pemecatan karyawan karena melaksanakan ibadah tidaklah benar.

 

Bank Fina menghargai hak setiap karyawan dalam menjalankan kegiatan keagamaannya tanpa diskriminasi sesuai dengan aturan yang berlaku di perusahaan.

 

Kami sangat menyayangkan terjadinya kesalahpahaman antar karyawan dan semua masalah yang terjadi telah diselesaikan dengan baik dan secara kekeluargaan.

 

Demikian, semoga tidak terjadi lagi kesalahpahaman yang meresahkan di masyarakat terkait permasalahan tersebut. Terima kasih atas perhatiannya dan dimuatnya surat ini.

 

PT Bank Fina, Tbk.

Kantor Cabang Bandung

 

Supriyanto

Regional Head Officer

 

Contoh 2

Pengertian, Jenis, Format Penulisan dan Contoh Surat Sosial contoh

 

Contoh 3

PEMERINTAH PROVINSI SUMATERA SELATAN

DINAS PENDIDIKAN

Jalan Merdeka No 56, Palembang, Sumatera Selatan

=============================================================

Palembang, 26 Februari 2018

Nomor      :    185/disdik/II/2018   

Lampiran  :    –

Perihal      :    Pengumuman

 

Kepada

Yth. Bapak/Ibu Kepala Sekolah

Di tempat

 

Dengan hormat,

 

Bersama ini kami sampaikan bahwa guna menambah pengetahuan, wawasan, dan pengalaman yang berkaitan dengan manajemen sekolah, kami akan melaksanakan kegiatan pelatihan dan pemantapan struktur serta implementasi tata kelola sekolah yang benar dan tepat.

 

Melalui pelatihan ini, kami harapkan nantinya, Bapak/Ibu Kepala Sekolah dapat lebih baik lagi dalam pengelolaan dan manajemen mutu pengurus di masing-masing sekolah yang Bapak/Ibu pimpin.

 

Oleh karena itu, mohon dipersiapkan kesanggupannya untuk mengikuti kegiatan pelatihan tersebut. Adapun kegiatan ini akan dilaksanakan pada:

 

Hari, tanggal: Sabtu-Minggu, 7-8 April 2018

Waktu: Pukul 09.00 WIB s/d selesai

 

Tempat: Aula Serbaguna Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan Jalan Merdeka No 56, Palembang, Sumatera Selatan.

 

Susunan Acara:  

  1. Registrasi Peserta
  2. Pengarahan dari panitia
  3. Pemberian modul
  4. Pemantapan dan Presentasi

 

Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kehadirannya kami ucapkan terima kasih.

 

Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan

Kepala

 

 

Herianto Afrozi, S.Pd. M.Pd

 

Sudah jelas dengan materi surat sosial di atas? Ayo bagikan pada orang terdekat agar tak salah dalam membuat jenis surat ini, terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 12 Agustus 2019. Surat Sosial : Pengertian, Format Penulisan, Jenis dan Contoh Surat Sosial Lengkap. Sekolahan.co.id – http://bit.ly/3dtaaqc
  • Si Manis. 26 September 2018. Pengertian Surat Sosial, Format Penulisan, Macam Jenis dan Contoh Surat Sosial Lengkap. co-id – http://bit.ly/2NcbiEb

 

Sumber Gambar:

  • 01 – https://bit.ly/3kbcT8Y
  • 02 – https://bit.ly/3pAY2G1
  • Surat – http://bit.ly/2NiMURn, http://bit.ly/3pFAjoi