Di era teknologi, jaringan internet wifi sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Inilah penguat sinyal Wifi agar Anda makin lancar internetan!

Pada kesempatan kali ini, Finansialku akan memberikan informasi mengenai cara-cara memperkuat wifi, baik melalui aplikasi maupun non-aplikasi.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Cara Memperkuat Sinyal Wifi (dengan aplikasi)

Wifi yang kuat dapat memperlancar aktivitas online Anda. Entah untuk bekerja, bermain atau hanya browsing, pastinya jaringan wifi yang kuat dapat mempercepat aktivitas tersebut.

Coba Deh Penguat Sinyal Wifi yang Bikin Internet Lari Kenceng 02 - Finansialku

[Baca Juga: Dahsyat! Kecepatan Internet Cepat 5G yang Luar Biasa]

 

Terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memperkuat sinyal wifi, salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi penguat sinyal wifi. Aplikasi ini gratis dan dapat memudahkan aktivitas online Anda.

Aplikasi tersebut biasanya tidak hanya bekerja untuk menguatkan wifi tetapi juga mengidentifikasi pengguna wifi sehingga Anda dapat memilih siapa saja yang dapat menggunakan wifi yang sedang Anda gunakan.

Berikut adalah beberapa contoh aplikasi penguat wifi yang dapat Anda unduh:

 

#1 Wifi Manager

Aplikasi Wifi Manager dikembangkan oleh Kostya Vasilyev, pengembang perangkat lunak asal Rusia. Aplikasi ini dapat diunduh dari Google Play Store dengan kapasitas memori sebesar 4,8 MB.

Total pengunduh aplikasi ini telah mencapai 10 juta orang. Aplikasi ini memiliki user interface yang cukup sederhana. Tidak heran pengguna lebih memilih aplikasi ini dibandingkan lainnya.

 

#2 Network Master

Aplikasi yang satu ini dikembangkan oleh Lionmobi Holding Limited yang basisnya ada di Hong Kong.

Berguna untuk menguatkan jaringan internet, aplikasi Network Master juga dapat membantu Anda memberikan koneksi wifi yang aman.

Anda juga dapat mengetahui siapa saja pengguna wifi yang sedang Anda gunakan. Aplikasi ini telah diunduh oleh 10 juta orang. Anda dapat menemukan aplikasi ini dari Google Play Store.

 

#3 Wifi Doctor

Aplikasi penguat wifi ini dikembangkan oleh Picoo Design, dan aplikasi ini telah diunduh sebanyak 1 juta kali.

Selain menguatkan wifi, aplikasi ini dapat mendeteksi jaringan, memeriksa keamanan wifi serta memonitor perangkat yang terhubung dengan hotspot wifi.

 

#4 Wifi Signal Booster + Extender

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini menguatkan jaringan wifi untuk dapat mempercepat koneksi internet Anda.

Aplikasi ini memaksimalkan penerimaan sinyal wifi oleh perangkat sehingga kecepatannya lebih stabil. Aplikasi ini dikembangkan oleh TechDevloppers.

Hanya dengan 10-15 detik, sinyal wifi Anda akan diperkuat oleh aplikasi yang satu ini.

Tidak hanya sebagai penguat wifi, aplikasi ini dapat memberikan informasi mengenai jaringan Wifi mana yang memiliki sinyal kuat atau lemah. Informasi ini dapat membantu Anda memilih jaringan dengan lebih tepat.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#5 Wifi Master Key

Aplikasi penguat sinyal wifi yang pengunduhnya telah mencapai 100 ribu orang, ini dikembangkan oleh LinkSure Network, perusahaan asal Singapura.

Aplikasi ini berguna untuk memperkuat sinyal wifi, serta memberikan informasi tentang kecepatan dan kekuatan jaringan wifi.

Coba Deh Penguat Sinyal Wifi yang Bikin Internet Lari Kenceng 03 - Finansialku

[Baca Juga: Para Orangtua, Sudah Tahu 5+ Cara Berhemat Kuota Internet?]

 

Jika sinyal terdeteksi mencapai 100%, maka itu berarti sinyal wifi Anda cukup bagus. Aplikasi ini juga dapat membantu Anda mencarikan wifi yang sinyalnya lebih stabil.

Selain berguna untuk memperkuat sinyal wifi, Wifi Master Key juga dapat menghemat baterai smartphone.

Bagi Anda yang tidak mengerti bahasa Inggris, jangan khawatir. Aplikasi ini dapat diakses dalam 23 bahasa, termasuk di dalamnya Bahasa Indonesia. Anda dapat mengunduh aplikasi ini melalui Google Play Store.

 

Cara Memperkuat Sinyal Wifi (Tanpa Aplikasi)

Selain mengandalkan aplikasi, sebenarnya Anda juga dapat memperkuat sinyal wifi tanpa menggunakan aplikasi. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memperkuat jaringan wifi:

 

#1 Gunakan Teknologi Terbaru

Saat ini, terdapat 4 jenis teknologi wireless, A, B, G, AC dan N. Teknologi A, B, dan G adalah teknologi yang sudah tergolong lama, sehingga lebih lambat.

Sebaliknya, teknologi N adalah teknologi wireless terbaru dan yang tercepat. Untuk dapat menikmati wifi dengan jaringan yang kencang, maka gunakan teknologi versi N.

 

#2 Posisi Menentukan Kekuatan

Sinyal wifi didistribusikan melalui gelombang radio di udara. Ini berarti posisi yang terbebas dari penghalang seperti pintu, tembok atau jendela akan mendapatkan sinyal wifi yang lebih kuat dibandingkan posisi yang terhalang.

Semakin dekat Anda dengan router wifi, semakin kuat pula koneksi wifi tersebut.

 

#3 Jangan Terlalu Dekat dengan Perangkat Elektronik Lain

Sinyal wifi mudah terganggu apabila dekat dengan peralatan elektronik lain. Ini karena gelombangnya terganggu oleh gelombang radio dari perangkat lain. Contoh perangkat elektronik tersebut adalah router lain dan microwave.

Untuk mengatasinya, Anda dapat mengatur posisi router agar tidak terlalu dekat dengan perangkat tersebut. Cara lainnya adalah dengan menggunakan router dual band agar Anda dapat berpindah frekuensi dengan mudah.

 

#4 Gunakan Channel yang Kosong

Semakin banyak pengguna wifi, maka kualitas sinyal akan menurun. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan channel wifi yang sedikit penggunanya atau lebih kosong. Cara ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan aplikasi inSSider.

Coba Deh Penguat Sinyal Wifi yang Bikin Internet Lari Kenceng 04 - Finansialku

[Baca Juga: 10+ Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan 2019 Lewat Internet]

 

#5 Perbaiki Sistem Keamanan

Jika orang lain ‘mencuri’ jaringan wifi Anda, maka besar kemungkinan sinyal wifi Anda akan menjadi lemah. Cara untuk menghindarinya adalah dengan menggunakan enkripsi WPA2 atau menggunakan password yang lebih rumit.

 

#6 Kontrol Bandwidth

Dengan mengontrol bandwidth, Anda akan mengatur penggunaan bandwidth dan mencegah kebocoran bandwidth yang dapat mengakibatkan koneksi internet lambat.

 

#7 Menggunakan Kaleng Bekas

Cara ini merupakan sebuah trik yang dapat membantu menguatkan sinyal wifi. Seperti yang telah disebutkan di atas, wifi didistribusikan melalui gelombang radio di udara.

Agar sinyalnya tidak tersebar ke sembarang tempat Anda dapat menggunakan kaleng bekas untuk menentukan tujuan sinyal tersebut. Selain kaleng bekas, alternatif lain yang dapat Anda gunakan adalah panic atau aluminium foil.

 

#8 Menggunakan DD-WRT Firmware

Aplikasi DD-WRT Firmware adalah aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk membajak router agar kekuatan internet menjadi lebih tinggi.

Walaupun berbahaya untuk router, aplikasi ini dapat menaikkan kecepatan menjadi 70 mw. Dengan kata lain, jangkauan sinyal router dapat bertambah hingga lebih dari dua kali lipat.

 

#9 Menggunakan Wifi Repeater

Wifi repeater adalah sebuah alat yang dapat memancarkan kembali sinyal wifi untuk menjadi lebih kuat. Wifi repeater cocok dipasang di tempat yang penerimaan sinyal wifi-nya buruk atau sulit.

 

#10 Restart Router Secara Berkala

Tidak jauh berbeda dengan perangkat elektronik lain, jika terlalu lama digunakan router wifi dapat mengalami masalah. Untuk menghindarinya, Anda dapat melakukan reboot ulang agar router kembali ‘segar’.

 

Penguat Sinyal Wifi Bikin Asik Internetan

Diatas sudah dijelaskan cara-cara agar sinya Wifi Anda semakin kuat. Eiitss, tapi jangan sampai karena sinyal wifi semakin kuat membuat Anda terlalu asik internetan sehingga lupa waktu ya! Gunakan sesuai kebutuhan Anda.

Oh iya, Apakah Anda sudah merencanakan keuangan Anda dengan baik? Anda bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Setelah membaca artikel di atas, diharapkan Anda semakin mudah mendapatkan wifi yang kuat dan koneksi internet yang cepat.

Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat. Bagi Anda yang memiliki pertanyaan, silakan tulis di kolom komentar yang telah tersedia. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 8 Februari 2018. Ini Dia 5 Aplikasi Penguat Sinyal WiFi Terbaik Buat Android. Moneysmart.id – https://bit.ly/2WndWWF
  • Reynaldi Manasse. 29 November 2018. 5 Aplikasi Penguat Sinyal Wifi Terbaik Agar Internet Kebut. Jalantikus.com – https://bit.ly/1L0xMJb

 

Sumber Gambar:

  • Sinyal Wifi 1 – http://bit.ly/2vY2Rjy
  • Sinyal Wifi 2 – http://bit.ly/2VZTHl7
  • Sinyal Wifi 3 – http://bit.ly/2Yv0OQ9
  • Sinyal Wifi 4 – http://bit.ly/2VGpMPL