Penjualan Obligasi ORI 014 Telah Mencapai Setengah Target

Penjualan Obligasi ORI 014 (Obligasi Ritel Indonesia) telah mencapai setengah dari yang ditargetkan. Sambutan investor cukup positif terhadap penjualan ORI 014 meskipun kupon yang disediakan tidak terlalu besar.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Pencapaian Target Penjualan Obligasi ORI 014

Penyediaan kupon Obligasi Negara Ritel (ORI 014) yang tidak terlalu besar tidak menghalangi para investor untuk tetap menyambut penjualan ORI 014 dengan positif. Terlihat dari penjualan surat utang atau obligasi itu di sejumlah agen penjual.

Tercatat setidaknya sampai per tanggal 10 Oktober 2017, penjualan Obligasi ORI 014 telah mencapai setengah dari target yang ditetapkan.

Presiden Direktur Bank Central Asia (BCA), Jahja Setiaatmaja mengungkapkan bahwa sampai saat ini penjualan ORI, melalui pihaknya, telah berhasil menjual ORI 014 senilai Rp1,75 triliun. Dengan target penjualan keseluruhan senilai Rp3,1 triliun.

 

Seperti dilansir oleh koran Kontan, Selasa (10/10/17), ungkap Jahja Setiaatmaja selaku Presiden Direktur Bank Central Asia (BCA):

“Tidak ada hambatan sama sekali sejauh ini”.

 

Senada dengan Presdir BCA, Rohan Hafas selaku Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri mengungkapkan bahwa Bank Mandiri telah berhasil memenuhi penjualan ORI 014 hingga 50% dari targetnya yaitu Rp1,5 triliun.

Begitu pula dengan Bank Tabungan Negara (BTN). Penjualan ORI 014 di BTN telah mencapai setengah target dengan target penjualan keseluruhan sebesar Rp500 miliar.

Penjualan Obligasi ORI 014 Telah Mencapai Setengah Target 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mengenal Seluk Beluk Investasi Obligasi]

 

Mengutip dari koran Kontan, Selasa (10/10/17), Randi Anto, Direktur Konsumen Bank Rakyat Indonesia (BRI) mengungkapkan sudah ada 180 Investor yang memesan ORI 014. Randi yakin BRI bisa capai target penjualan ORI 014 sebesar Rp500 milliar.

“Kami memanfaatkan jaringan BRI di luar kota serta melibatkan nasabah prioritas dan aktif menjelaskan manfaat investasi ORI 014” tutur Randi.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Penawaran ORI 014 telah berlangsung sejak 29 September 2017 dan akan berakhir pada tanggal 19 Oktober 2017. Kupon yang ditawarkan sebesar 5,85% per tahun dengan tenor 3 tahun.

Penawaran ORI 014 bisa diperjualbelikan di pasar sekunder, pembayaran kupon pertama akan dilakukan pada tanggal 15 November 2017, dan seterusnya akan dibayarkan pada setiap tanggal 15 atau pertengahan bulan.

Mengenal Seluk Beluk Investasi Obligasi 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para Investor, Ketahui Cara Menghitung Bunga Obligasi Tahunan]

 

Ifan Mohamad Ihsan selaku Kepala Divisi Operasional Indonesia Bond Pricing Agency (IBPA) menilai, penjualan ORI 014 sejauh ini cukup positif.

“Walau tingkat kupon ORI 014 hanya sebesar 5,85%, angka tersebut masih lebih tinggi dibanding rata-rata imbal hasil deposito. ORI 014 bisa diperdagangkan di pasar sekunder. Alhasil, ketika sewaktu-waktu investor membutuhkan dana, maka mereka dapat menjualnya dengan mudah. Selain meraih keuntungan dari kupon, investor pun dapat berpeluang memperoleh capital gain.”

 

Potongan pajak yang lebih rendah dari deposito menjadi kelebihan ORI 014, menjadikan Ifan optimis jika pemerintah bisa memenuhi target penerbitan ORI 014 sebesar Rp15 triliun hingga Rp20 triliun.

 

 

Lain halnya dengan pendapat Anil Kumar, mengutip dari koran Kontan, Selasa (10/10/17):

“Pemerintah perlu waspada kalau target tidak terpenuhi.”

 

Anil selaku Fixed Income Fund Manager Ashmore Aset Management Indonesia, menyebutkan pemerintah harus realistis dengan target penjualan ORI 014.

Anil berpendapat bahwa kupon yang ditawarkan ORI 014 lebih kecil jika dibandingkan dengan obligasi pemerintah lain dengan tenor serupa. Namun Anil memproyeksikan, minimal pemerintah bisa menerbitkan ORI 014 senilai Rp15 triliun.

Sementara itu, iklan penerbitan ORI 014 yang disampaikan oleh Menkeu Sri Mulyani, melalui video ilkan YouTube berjudul ORI 014: Obligasi Negara Ritel – ‘Membangun Negeri untuk Sejahtera Bersama’, terus tayang untuk mendobrak target penerbitan ORI 014.

 

Apakah Anda berencana untuk membeli ORI 014? Tunggu apa lagi, segera dapatkan ORI 014 sebagai investasi untuk Anda.

Berikan komentar dan tanggapan terkait informasi pada artikel ini.

 

Sumber Referensi:

  • Dimas Andi Shadewo. 10 Oktober 2017. Penjualan ORI014 Capai Setengah Target. Koran Kontan.

 

Sumber Gambar:

  • Penjualan Obligasi ORI 014 – https://goo.gl/GfvQA6
  • Obligasi ORI 014 – https://goo.gl/qGkmuz

 

Download Ebook Panduan Berinvestasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

By | 2017-12-10T22:04:40+00:00 October 12th, 2017|Categories: Berita, Obligasi|Tags: , , , |0 Comments

About the Author:

Dendy Agustiyan
Dendy Agustiyan, S.I.Kom. Seorang digital marketer yang terus belajar untuk mengembangkan kemampuannya. Memiliki latar belakang pendidikan S1 Ilmu Komunikasi di Fakultas Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Komputer Indonesia. Dengan pengalaman sebagai online marketing dan tele marketing.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download